Info Penting Seputar SBMPTN

Catatan: Artikel ini membahas SBMPTN 2014. Tapi, ada informasi yang masih relevan dengan SBMPTN tahun ini.

Hola amigos.. Nggak kerasa ya tiba-tiba UN udah kelewat begitu aja. Padahal rasanya baru-baru kemaren aja nih lo pada masuk kelas 12.

Oia cerita2 dong gimana nih UN kemaren, lancar nggak nih?

Nah, setelah selesai UN boleh lah kita santai-santai sejenak dulu sebelum nanti belajar abis2an buat lanjut ke SBMPTN. Ya, tapi jangan kebablasan juga nyantainya ye, ntar yang ada lo malah ga lolos SBMPTN karena ketinggalan sama temen lo yang lainnya 😀

Btw, udah pada tau belum kira-kira SBMPTN nanti soalnya bakal kayak gimana sih? Lebih sangar mana nih sama UN kemaren? Atau jangan-jangan sama aja? Nah, kalo pengen tau apa sih bedanya soal UN dan SBMPTN coba deh baca dulu tulisan ini "Bedanya UN dengan SBMPTN".

Nah lanjut nih, sebelum lo belajar untuk persiapan SBMPTN-nya alangkah baiknya lo juga cari informasi juga nih tentang SBMPTN nanti, soalnya ternyata ada beberapa perubahan lho si SBMPTN tahun 2014 ini kalo dibandingkan dengan SBMPTN tahun lalu.

Apa aja tuh informasi terbaru tentang SBMPTN 2014? Untuk menjelaskan hal tersebut, gue secara khusus ngundang Ari, admin twitter @info_SNMPTN, sebagai guest blogger di blog zenius. Jadi dia nih yang bakalan jelasin tentang informasi SBMPTN 2014 terbarunya. So.. langsung aja ye, gue panggilin nih orangnya Ariiiii @info_SNMPTN :

===================================================================

info snmptnHalo, gimana kabarnya nih? Buat yang kelas 12, bagaimana perasaannya setelah menjalani Ujian Nasional? Pasti lega dan deg-degan nunggu hasilnya kan?  Nah sambil nunggu hasil UN dan SNMPTN, entah apapun hasilnya nanti, yang akan diumumkan akhir Mei, alangkah baiknya kamu mempersiapkan diri untuk SBMPTN bulan Juni nanti.

Selain persiapan materi pelajaran, pemahaman tentang sistem dan aturan SBMPTN juga ga kalah penting. Gue disini akan menulis tentang Sistem SBMPTN tahun 2014 ini dan perbedaannya dengan sistem SBMPTN tahun lalu.

SBMPTN (seleksi bersama masuk PTN) merupakan seleksi nasional berupa ujian tertulis untuk menjaring calon mahasiswa baru dengan nilai terbaik sesuai dengan kuota masing-masing PTN.Ada ujian tambahan yang disebut dengan ujian keterampilan khusus bagi kamu yang mengambil kelompok jurusan seni dan olahraga.Tidak seperti di SNMPTN, persaingan di SBMPTN juga melibatkan alumni lulusan 2 tahun kebelakang (lulusan 2013 dan 2012), selain itu, seleksi ini tidak dipengaruhi oleh kualitas sekolah.

Beberapa poin penting dalam ketentuan SBMPTN 2014 yang harus kamu pahami:

1. Pendaftaran

Pendaftaran SBMPTN akan dibuka secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id mulai tanggal 12 Mei – 6 Juni 2014. Jadi misal kamu ga diterima di SNMPTN (pengumuman tanggal 27 Mei 2014) ada kira-kira 10 hari bagimu untuk mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN, meskipun daftar SBMPTN sebelum tanggal 27 Mei juga nggak masalah.

Pendaftaran dibuka untuk lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2012, 2013, dan 2014. Biaya Pendaftaran sebesar Rp100.000,- dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Kantor Pos setempat, atau ATM Bersama.

2. Pelaksanaan Ujian

Ujian tertulis SBMPTN rencananya akan digelar selama 1 hari tanggal 17 Juni, bersamaan waktunya dengan pelaksanaan daftar ulang bagi siswa yang telah diterima melalui jalur SNMPTN 2014. Daftar ulang SNMPTN tidak bisa diwakilkan, jadi misal kamu diterima SNMPTN tetapi ingin mengikuti SBMPTN, pilihannya ada 2:

  1. Tidak daftar ulang SNMPTN (yang berarti melepas status diterima SNMPTN) untuk mengikuti SBMPTN.
  2. Daftar ulang SNMPTN sehingga tidak bisa ikut SBMPTN.

Perlu diketahui juga bahwa melepas status diterima SNMPTN mungkin dapat mengurangi index penilaian sekolahmu di PTN yang telah kamu tinggalkan.

3. Materi Ujian

Materi ujian tertulis tersebut terdiri dari:

  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), yang terdiri atas soal Tes Kemampuan Verbal, Numerikal, Figural, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu pengerjaan 105 menit;
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), yang terdiri atas soal Matematika IPA, Kimia, Fisika, dan Biologi, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu 105 menit; dan/atau
  • Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum), yang terdiri atas soal Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, masing-masing 15 soal dengan alokasi waktu pengerjaan 75 menit.

4. Kelompok Ujian

Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

  1. Kelompok Ujian Saintek  dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek
  2. Kelompok Ujian Soshum  dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum
  3. Kelompok Ujian Campuran  dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran tanpa dibatasi penjurusan di sekolah asal.

5. Pemilihan Jurusan/Prodi

Setiap peserta dapat memilih prodi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti. Peserta kelompok ujian Saintek dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 prodi Saintek, peserta kelompok ujian Soshum dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 prodi Soshum, dan kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 Prodi yang merupakan campuran dari kelompok Saintek dan Soshum.

Peserta yang hanya memilih 1 prodi dapat memilih prodi di PTN manapun, sedangkan bagi peserta yang memilih 2 prodi atau lebih, maka salah satu pilihan prodi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Peserta dibebaskan memilih lokasi ujian yang paling mudah diakses olehnya. Tempat ujian tidak menjadi kriteria penerimaan.

Pembagian wilayah sesuai dengan aturan SBMPTN:

  1. Wilayah 1 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sumatera, Kalimantan Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat;
  2. Wilayah 2 meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta;
  3. Wilayah 3 meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur; dan
  4. Wilayah 4 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua.

6. Beberapa perbedaan SBMPTN 2013 dan SBMPTN 2014

blog1

7. Hal yang sering salah dipahami

Selama menjadi admin di @info_SNMPTN, ada beberapa pertanyaan yang sangat sering ditanyakan dan kesalahpahaman dalam hal tersebut, antara lain:

1) Pemilihan jurusan, jenis tes dan wilayah

Kesalahpahaman ini mungkin disebabkan karena sebagian besar siswa menganggap sistem SNMPTN dan SBMPTN sama. Padahal ada beberapa perbedaan cukup mendasar. Oleh karena itu, gue membuat bagan di bawah sebagai gambaran tahapan-tahapan dalam SBMPTN

SBMTPN 2014 Info

Beberapa item yang harus dibedakan diantara kedua jalur tersebut:

  1. SBMNPTN tidak peduli asal dan jurusan sekolahmu dulu. Jadi entah kamu dari SMA IPA, SMA IPS atau SMK kamu bebas memilih jurusan kelompok saintek atau soshum, cuma ya seperti dalam bagan diatas, jurusan yang kamu pilih akan mempengaruhi jenis ujian yang akan kamu jalani. Misal nih, contoh si Frieska anak SMK Farmasi, trus dia pas SBMPTN milih jurusan Farmasi UNAIR (Saintek-wilayah III), Kimia ITS (Saintek-wilayah III) dan Manajemen UGM (Soshum-wilayah II), maka jenis ujian yang dia harus jalani adalah kelompok campuran, karena jurusan yang diambil Frieska terdapat jurusan kelompok saintek dan soshum.
  2. Wilayah tidak sama dengan provinsi. Di SNMPTN terdapat aturan bahwa salah satu jurusan yang dipilih harus berasal dari PTN yang berada satu provinsi dengan asal sekolah. Nah di SBMPTN ini ada aturan yang semisal, cuma memang benar-benar beda. Di SBMPTN aturannya salah satu jurusan yang dipilih harus berasal dari PTN yang berada satu wilayah dengan panlok tempat peserta mengikuti ujian.  Wilayah disini tidak sama dengan provinsi, wilayah merupakan gabungan dari beberapa provinsi, yang tentu scopenya lebih luas. Dalam contoh nomor 1 di atas, Frieska bisa mengikuti ujian di wilayah II dan III, karena jurusan yang dia pilih berasal dari PTN di kedua wilayah tersebut.

 2) Kesalahpahaman tentang passing grade

Passing grade (batas minimal) merupakan fenomena tersendiri yang popular bagi calon mahasiswa baru.Terdapat kesimpulan umum yang keliru bahwa passing grade merupakan batas minimal agar diterima di sebuah PTN. Yap keliru, karena pada dasarnya PTN maupun panitia SNMPTN (tahun depan namanya SBMPTN) tidak pernah menggunakan passing grade dalam penerimaannya.

Pertimbangan diterima adalah nilai-nilai terbaik yang disesuaikan dengan kuota. Misal kuota jurusan Teknik Kimia PTN X tahun ini 50 anak, maka 50 anak dengan nilai terbaik yang mendaftar PTN X yang akan diterima.

Referensi:
http://sbmptn.or.id
http://simak.ui.ac.id/pengumuman/sbmptn-2014.html
http://edukasi.kompasiana.com/2014/03/24/informasi-penting-tentang-sbmptn-2014-641183.html

===================================================================

Untuk informasi dan tips tambahan tentang SBMPTN, lo juga bisa nih baca tulisan-tulisan kita tentang SBMPTN yang sebelumnya :

7 Langkah Strategis Untuk Belajar SBMPTN
Apa Sih Penyebab Utama Gagal Tembus SBMPTN?
Tips SBMPTN dari tutor-tutor zenius
Kupas Tuntas Soal SBMPTN 2013

Nah jadi begitulah informasi-informasi penting seputar SBMPTN 2014 nanti. Trus kalo kira-kira masih ada yang mau lo tanyain atau masih ada yang kurang paham, bisa nih langsung comment di bawah ini, biar kita bisa obrolin bareng deh, okee?

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Egy Adhitama

    cerita UN gue nih.

    jujur,gue malah seneng kalo soal UN setara dengan PISA atau TIMSS apalah gue gak tau. meski kita tau peringkat berapa Indonesia tercinta ini di PISA.

    Soal UN taun ini memang menantang

    gue mikirnya malah soal yang out of the box harusnya malah bikin kita berpikir, selama ini ngapain aja di SMA. bukan untuk mention mendikbud (lagian kagak ditanggepin juga sih)

    Yang salah dari anak anak di Indonesia adalah belajar untuk soal "yang
    di prediksi keluar di UN". Terbukti pada teriak teriak waktu liat
    soalnya susah dan gak sesuai sama TO yg udah di jalanin.

    Esensi belajar itu bukan nilai, tapi bisa apa enggaknya. Nah, indikator bisa apa enggaknya ya dari nilai.

    Tapi sedih juga gue liat temen temen banyak yang bilang cuma bisa ngerjain setengah dari soal yg dikasih. Bahkan di kaskus ada yg bilang cuma bisa 8. Sedih banget.

    tapi ada yg bikin jengkel nih. Lagi lagi kebocoran UN. Rasanya pengin nangkep tuh oknum, masukin ke karung, buang ke laut.

    Kemarin buka grup "Ikatan Guru Indonesia" di fb, banyak banget kecurangan kecurangan.

    • aditya pratama G

      gue setuju sama lo men,, kebanyakan siswa NGAFALIN soal tahun sebelumnya aja,yang mereka pikir soalnya akan sama PERCIS (Cuma Beda Angka). Alhasil ketika soalnya agak beda padahal dengan konsep yang sama, Mereka kocar-kacir.
      Untuk SBMPTN nih,,,
      Kuatin fondasi konsepnya... Jangan NGAFALIN soal

      • CINDY AISYAH FIRDIAH

        waaah belajar konsep ya? tapi saya masih kurang paham nih "gmn belajar konsep yang bener" tapi di bimbel juga ngga nge-konsep banget sih hehe

        • Syifa

          Di Zenius bisa belajar konsep juga, kok. Dr ketahui big picture, mind map, imajinasi, dll juga bisa. << tau dari Zenius.

    • Bella

      iya sih jujur walau agak gelagapan gue suka sama tipe soal kayak gini. tapi tetep aja menurut gw salah banget kalo dijadiin sebagai soal ujian yang fungsinya sebagai penentu kelulusan.
      apalagi pas try out ga pernah dikasih yang kayak gini (bukan anak jakarta nih hehe). Karena ga ada bayangan soalnya bakal kayak gini yah jadi pada nyante dan males mendalami konsep deh :v

      • anonim

        Bener nih soalnya anak jakarta try out nya sama kaya soal un

        • ul

          h-1 minggu UN gelagapan ngerjain soal mkks dki jkt ternyata ada yg keluar 😡

    • arya suhendar

      you're right si sebenernya.. gua juga ngerasa soal UN nya gampang" aja . klo buat gua si fine fine aja soal dari pisa ya wlpn indonesia negara yg terpuruk ngerjain soal pisa yg kaya analitik itu kebanyakan. tp gua kasian aja ngeliat temen" gua yg lain kluar ruangan lngsng nangis pas mtk gila.. tp ya mikirnya gini aja klo ngerti konsep wlpn soalnya mau di jungkirbalikin kaya mana juga tetep aja bisa, ya bener jg tuh zenius ngeluarin jurus deliberate practice haha. mostly gua yakin org kita ini kbanyakan latihan soal" UN bkn buat nambah ngerti scara konseptual tapi malah jd ngapalin jenis soal. pdhl bukan gitu arti banyak" ngerjain jenis soal selain salah satunya fungsinya itu yakan. tp kemendikbud juga salah soal" jenis PISA tuh bukan setara buat evaluasi UN cuman org" yg dipilih doang yg ngerjain soal bgituan dan itu jg buat sample makanya di susahin kali. tp kan ini semua ank sma yg ikut dan isi otak org beda" wkwkwk.. piss "tapi yang jelas semangat SBMPTN YA good luck" thank zenius for every infonya haha

      • Salma Humaira

        iya juga sih, kasian sama yg suka ngapalin soal. tapi kata ibu aku mah ga usah kasian juga. siapa tau tembakan mereka pada bener, dan nilainya jadi gede *maaf kalo oot

        • Fardhan Zaka

          Wkwk tenang aja yang merasa tidak mampu sudah dapet bocoran kok wkwk *ngawur*

          • Salma Humaira

            haha dasar. tp alhamdulillah di sekolahku mah ga ada kunci jawaban 😀

          • Salma Humaira

            btw komenan lu bikin gue rada curiga di jkt ada bocoran. -_-

          • Salma Humaira

            *peace 🙁

          • Fardhan Zaka

            banyak banget bro 🙂 tergantung iman masing2 aja

            semudah membeli es teh manis di warung

    • Salma Humaira

      setujuuuu banget.. istilahnya mah kita jadi bisa tau kemampuan kita di tingkat internasional.

      • haloooo ini salma temen smp gue bukan ya? wwkwkwwk

        • Salma Humaira

          iyaa bener haha cie ketemu di sini, mau lanjut kemana? *kepo 😀

          • ke unpad makk standarlah ;;)

          • oiya salma SMA manasihhhh lupa ehehe

          • Salma Humaira

            aduh unpad mah favorit atuh >< di man 2 bandung :)) ke jurusan apa? 😀

          • rahasia ilahi ah makk, tar aja ya dikasi taunyaa ;')

          • Salma Humaira

            haha iya sip, 🙂 btw aku bukan mak mu hahaha

          • gomen, ga nikmat aja kalo manggil "ma" =))

          • Salma Humaira

            ahahah

    • Fardhan Zaka

      Gila. Setuju parah!
      Nah kalo di sekolah gue sebagian guru2 gue di sekolah
      kalau
      "Ah.. UN gak sampe kesitu"
      "UN tuh simpel"
      "Gakluar ntar di UN tenang aja"
      dijawab setiap ada temen-temen gue yang nanya ke mereka..
      mereka jadi mikir kalo UN tuh emang untuk meluluskan siswanya aja gak menyeleksi siswa yang layak lulus SMA.
      Dan karena hal itu juga gue jadi korban nya, gue sangat ngikutin perkembangan try out disekolah sampe try out terakhir. Dan alhasil kepepet bgt ngerjain soal yang butuh pemahaman konsep.
      Entah apa reaksi guru2 gue setelah tau kalau UN tahun ini sangat jauh dari apa mereka prediksikan.

      -Zenius lover

      • Salma Humaira

        ah iya bener banget, tp semoga dg UN yang kayak gini. kualitas guru meningkat. hehehe

        • Fardhan Zaka

          amin banget

        • Muhammad Dicky

          tapi kita yang jadi korbannya

          • Salma Humaira

            hmm sabar ya, keep calm aja sih sebenarnya. lulus mah in sya' Allah. dan kalau pun nilainya jelek, jeleknya bareng-bareng, xixixix

      • wah ternyata yang respon komenan gue banyak juga ya.

        gue mau cerita nih liat komen lu.

        Saat persiapan menjelang UN, sekitar H-1 bulan, gue kan sering dijadiin bengkel sama temen temen ane (re : belajar bareng), nah gue ngejelasinnya bener bener pake konsep dan latihan soalnya juga susah dan rumit.

        Temen temen gue pada bilang "belajarnya jgn ini ah, kagak bakal keluar soal rumit ky gini di UN".

        didalem hati gue jawab "yaudah sih".

        eh ternyata tingkat kerumitan soalnya sama kaya yg UN.

        kayaknya perlu di jelasin jauh jauh hari nih esensi UN bukan hanya untuk mengetes lulus atau tidaknya siswa.

        btw, gue jadi sedih liat temen temen gue pada sedih.

        • Salma Humaira

          iya bener :' tapi da gimana ya udah berlalu

        • Fardhan Zaka

          duh gua banget wakakak
          gue make zenius jadi bahan ketawa anak2 sekelas 🙂

    • Guriel AMP

      yoi, lagipula harusnya juga lebih asik kalo dapet soal yang menguji pemahaman kita terhadap konsep pelajaran kan dibandingkan dengan soal2 yang bisa dikerjain cuma dengan menghafal. 😀

    • Syifa

      Walaupun sy juga nggak bisa sukses ngerjainnya terutama kimia T.T tapi sy seneng karena soalnya tambah susah ^^

    • Dion Teddy Sebastian

      iya nih emang kampret UN masih aja bocor dan gua juga kesel bro,dan yg lebih bikin kesel mendikbud masih ngotot mau pake nilai UN buat penerimaan PT

    • Mikir mudah aja aja ya, mikir 'easy'. Sekolah itu tempat belajar. Jadi kudu belajar! Pahami semua pengetahuan agar bisa mampet di otak. Bukannya dihapalin agar bisa melewati tes. Ntar abis tamat SMA, gak tau lagi ilmunya. Masa, teman gue ada yang gak tau ibukota Jerman. Udah kelas 3 padahal. Intinya ujian apapun itu, menguji PENGETAHUAN kita. Kita bukan dituntut untuk menghafal, tapi kita sendirilah yang harus punya rasa ingin tahu. Soal Geografi tahun ini di UN nya gampang banget. Bagi gua, soalnya odong-odong banget, masa sih nanya apa itu evaporasi. Gilaaaa banget, ya bakal kocar kacir deh bagi yang gak ngerti bahasa Inggris. Zaman sekarang kita harus serba tau. Ngejawab soal geografi aja mudah gitu gue kemarin -__- tapi teman2 bilang "OMG, susah banget! Anjir susah banget! Haduhhh gila ini! Bisa gila gue! BERLEBAYHAN WOI

  • Gita

    Kalo misalnya kita milih 3 jurusan misalnya di jakarta 2 jurusan dan bandung 1 jurusan dalam wilayah 1 bisa kan kak?

    • Fardhan Zaka

      Bisaa

  • said firdaus

    sebenernya sih.. bukan karna soalnya ga sesuai TO/prediksi yaa. kalo lo mau liat soal TO DKI itu kluar semua Fisika Kimia 100% SAMA PERSIS beda angka doang, malah ada soal yg bnr2 PERSIS ga beda sama sekali. dan gua bingung kenapa harus DKI aja yg di kasih soal begitu. emang sih di buat pasti lulus. tapi apa lo semua ga bingung knp di buat biar kalo dpt nilai serendah2nya tapi ttp lulus? yg gua tau sih kemendikbud di jakarta, dan jakarta itu 'ibu kota'. ya kota mana lagi sih yg lebih dari jakarta di indonesia?
    apa yg dipikirin kemendikbud dengan cuma ngasih TO yg sama persis dengan UN cuma ke DKI?

    jadi gua saranin buat yg UN tahun depan buat belajar dari MKKS TO DKI *WAJIB!!

    *Anda yg menilai

    kalo gua sih lancar lancar aja. guru les gua ngasih tau kalo soalnya tuh pure dari TO DKI jadi yaa alhamdulillah lancar abis.. guru les gua tau dari ank2 jakarta yg pada di kasih tau sekolah nya masing masing..

    • said firdaus

      No offense. my opinion and sharing only

      • Rizki Nagari

        ah kalo gw tau gw juga kerjain TO DKI.. percuma gw buang2 waktu TO UN yg invalid, mnding gw bljr pondasi SBMPTN kmrn .

    • Salma Humaira

      waah.. asa gimana gitu ya.. mestinya jangan cuma DKI yang dikasih :/

      • dede

        setuju nih, kasian yang bukan anak dki -.- wkwkk

        • Salma Humaira

          iya nih curangmor ..*lho

          • Irene Zuma. Pr

            haha
            #sabbaram ya

          • Salma Humaira

            iya :')

      • Fardhan Zaka

        engga kok tenang aja itu jauh soalnya dari prediksi try out DKI.
        Gue hapal try outnya dari paket A-D 31-35 tapi cuman 20% dan itupun tingkat kesulitannya dinaikin drastis

        • anonim

          Jauh dari hongkong orang sama kaya gitu soalnya, ya minimal mirip lah 90%. Ga adil banget

          • Fardhan Zaka

            mungkin berbeda paket -..- jujur soal gue beda banget

        • Salma Humaira

          are you sure? :/ can you give me a proof?

          • Fardhan Zaka

            sori itu opini gue. kalo salah ya salah gue maap
            gue gabisa ngasih bukti gue udh lupa.

          • Salma Humaira

            oh iya sip, maap maap

  • Doni Setya

    Saya mau tanya nih kk, tentang perbedaan pemilihan jurusan & wilayah dlm mengikuti sbmptn & snmptn. Kmaren kan kalau snmptn diperbolehkan memilih 2 wilayah berbeda, satu dari luar dan satunya lagi dari wilayah sendiri. Nah kalau Sbmptn gimana nih kk? Misalkan sekarang saya tinggal di daerah sumatra, trus saya pengen milih kuliah di daerah jawa timur, sama di jawa tengah. Apa saya harus milih dgn format pilihan misal : 1.ITS 2.Undip 3.xxx(ptn wilayah sumatra). Mohon penjelasannya kk..:) thanks..

    • CINDY AISYAH FIRDIAH

      kalo SBMPTN Bukan berdasarkan tempat tinggal kok tapi tempat kamu test, misalnya kamu mau di ITS(wilayah 3) dan Undip(wilayah 2) berarti kamu harus test disalah satu wilayah tersebut misalnya wilayah 2, nah wilayah 2 itu nanti ada pilihan lagi tempatnya testnya yang pasti sekitar Jawa tengah dan Jogja, semoga membantu:)

      • Doni Setya

        Berarti saya harus terbang ke jawa donk buat tesnya. Yaelah.. 😀 makasih banyak kk infonya 🙂

  • CINDY AISYAH FIRDIAH

    jadi pilihannya 2 prodi 2 Universitas kan ya, kakak kakak?

  • tribuana tungga dewi

    di tkpa masih ada tes logika gak kak? 😀

    • Angga Madang Wijaya

      mgkn iya kali ya, pelajarin aja materi2 TPA yg keluar tahun2 kemaren

  • Angga Madang Wijaya

    gue mau nanya nih bang, informasi tentang jumlah soal, materi, waktu pengerjaan soal TKPA dan TKD Saintek maupun soshum pada SBMPTN 2014 ini t dapet sumber dari mana sih, cz di situs resminya SBMPTN 2014 aja gk ada informasi tentang itu??

  • Adam

    urutan jurusan yang dipilih waktu sbmptn berpengaruh ngga?
    contoh : si A naruh ITB di pilihan 2,dan si A dapet "PG" 60%. Lalu ada si B naruh ITB di pilihan 1,terus si B dapet "PG" 55%. Kira2 yang masuk ITB si A atau si B ?

    • Fardhan Zaka

      Jelas si B biasanya *pengetahuan gue*
      Misal kuota untuk pilihan pertama itu 80% kursi dan dipilih siswa terbaik
      Sedangkan kuota untuk pilihan kedua itu 20% kursi dan dipilih siswa terbaik
      Jadi pilihan pertama itu diutamakan karena nilai-nilainya masih tergolong tinggi

  • Syifa

    Berarti 3 PTN beda boleh dong? Asal ada yang dari wilayah ujian. Maaf saya msh bingung.

    • Fardhan Zaka

      Yap betul

      Minimal memilih 1 jurusan di universitas dalam satu wilayah *bukan provinsi
      Wilayah 1 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sumatera, Kalimantan Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat;
      Wilayah 2 meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta;
      Wilayah 3 meliputi seluruh PTN yang berada di Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur; dan
      Wilayah 4 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua.

      • Syifa

        Terima kasih

  • Bella

    oooh, jadi sbmptn emang seleksinya murni nilai tes ya? oke, dari kemarin banyak yang bilang katanya seleksi sbmptn juga mempertimbangkan daerah sama alumni yang di sana :v

    • Fardhan Zaka

      Murni kemampuan calon mahasiswanya 😀

  • Sarah Arruum D

    buat admin zenius: buat SBMPTN 2014 belajarnya yang edisi baru/edisi lama/dua-duanya.

    • Fardhan Zaka

      emang ada yang baru ? -telat

  • Yusuf Effendy

    Bang gue mau tanya nih, kan gue dah jadi member premium zenius tuh, menurut gue belajar di zenius udah cukuplah buat sbmptn. lah tapi kan di zenius gak ada try out, apa gue juga perlu ikut bimbel biasa aja (bukan zenius x, jauh dari jakarta) ya
    ? kan bimbel gitu tiap minggu ada try out tuh... gimana menurut lu? juga seberapa besar sih pengaruh try out?

    • up!! up!!

    • Fardhan Zaka

      kalo kata bang sabda di Deliberate Practice :
      Jangan latihan soal campuran dulu
      kita kuasain dulu bab per bab sampe mateng banget
      kalo udh dapet konsepnya, baru pindah bab.

      boleh aja sebenernya latihan soal campuran.
      tapi gaboleh terpaku sama soal, karena gaefektif juga ngapalin soal.
      jadi mending matengin materi perbabnya aja dulu 😀

      kalo gue pribadi, ikut bimbel juga sama zenius juga.
      soalnya emang udh dapet pas les buat kelas 12 sekalian intensifnya 🙂
      sukses

    • Yusuf Effendy

      sebenernya saya juga udah review dan ngerjain soal per bab di zenius udah tinggal beberapa bab lah... tapi di postingan zenius kan dijelasin kalo pengalaman (try out) juga bukan berarti gak perlu sama sekali, nah yang saya tanyakan seberapa perlukah try out itu? soalnya takutnya udah daftar bimbel (buat bisa try out kan harus daftar bimbel/ngeluarin duit yg gak sedikit) gak taunya gak gitu ngaruh? :}

      • Fardhan Zaka

        Kalo pengaruh dan gak pengaruh tergantung masing-masing menyikapi Try Out itu gimana.
        Kalo ditempat bimbel gue emang sering diadain Try Out tapi dari situ buat menguji aja kemampuan sampe dimana, dan gak berpatok sama soalnya.
        Kalo gue misal gak ngerti ini trus gue bukan cuman ngapalin tuh soal aja tapi langsung nge-zenius lagi ngedrill lagi bab-soalnya. Gitu :3

    • Salma Humaira

      kan suka ada yg ngadain TO umum 😀

  • enak banget woy anak jakarta-__-

    • Fardhan Zaka

      Jangan langsung simpulin anak jakarta dong ._.
      gue dan sekolah gue gak merasa terbantu dengan adanya TryOut2 itu.. yang beda banget levelnya sama UN.

      • iya mayoritas anak jakarta maksud gue bung, lagian temen2 gue yg anak jkt sih ngakunya TO mereka persis UN. yagitu deh

        • ul

          iya bener -.-

  • Physics

    Kak mau nanya, apakah benar ya tahun ini ITB lewat jalur sbmptn tidak menerima calon mahasiswa dari SMK?

    • Fardhan Zaka

      bukannya sbmptn bebas ya ._.
      maksutnya tidak melihat asal sekolah.
      karena murni hasil tes _.

      • Physics

        Nah itu, tapi ada temen yang bilang klo ITB udah ga nerima anak SMK lagi, pertamanya sih ga percaya tapi dia buktiin sndiri disuruh ke website SBMPTN.or.id dan cek sndiri dan ternyata... dilihat dari syarat SMTAnya cuma SMA/MA ipa aja ga ada SMK.

        • Fardhan Zaka

          Oiya.. yang syarat (1 dan 2) ya? berarti UI juga dong?
          yang boleh itu (4) wah..

          • Physics

            Iya yang syarat SMTA(1),(2),(3),....
            Klo UI sih di sbmptn.or.id syaratnya cuma (1) doang, yaitu SMA/MA ipa, tapi klo di simak.ui.ac.id jalur tulis(SBMPTN) itu buat SMA/MA/SMK/Sederajat... tau dahhh bikin pusinggg makanya nanya juga xD butuh kepastian haha

          • Fardhan Zaka

            kayanya sesuai sama yang tertera disitu bro 🙁
            karena emang gue sendiri setiap pendaftaran ngeliat syarat fisik nya beda2 di tiap jalur *kasusbutawarna*

  • min, sbmptn ada SKL kayak UN gitu gaakk?

  • Syevira Salsabila Isnaini

    haloo kak mau nanya dooong, sedikit lost nih eheee
    jadi semisal si A mau daftar
    1. fku univ x (wilayah II)
    2. fku univ y (wilayah I)
    3. gizi univ x (wilayah II)
    boleh ngga ya kaak?
    makasii kaaak semoga dijawab :))

  • Willy Abdul Ghany

    Maaf bang, mau tanya. Kalo Lulusan SMK yang ingin milih jurusan di UI untuk jalur SBMPTN 2014 ga boleh ya ? Soalnya di website resminya ga dicantumin SMK. Apakah tahun-tahun sebelumnya kayak gitu juga ? Mohon penjelasannya yaa bang admin, Makasih.

    • Guest

      sss

    • Guriel AMP

      bisa men untuk lulusan SMA/MA/SMK/MAK, ada kok tulisannya di webiste resminya

      • Willy Abdul Ghany

        Oh ternyata sekarang udah dirubah. perasaan kemaren itu cuma SMA IPA aja yang boleh masuk UI. hehe makasih yah bang admin. maaf ngerepotin 😀

  • rachmadio

    DiohmaMauhmadio nanya apakah sbmptn 2014 ini durasi pengerjqaan soalnya lebih lama 15 menit atau waktu 15 menit itu waktu buat isi ljk?

    • Fardhan Zaka

      Teknis kaya gini dipengaruhin sama banyak faktor
      1. Beda pengawas beda kebaikan
      2. Siap-siap aja dengan waktu yang disesiakan gimana bisa manajemen waktu ngerjain ljk biar waktu ngerjain soalnya lama lama

      Sumber : guru les

  • ayunisa

    Jadi, masalah wilayah? Misal, saya ke upi bdg haruskah saya ke bandung?

    • Fardhan Zaka

      "ke upi" itu maksudnya memilih universitas upi di bandung ?

  • kak, nanya dong masih gak ngerti untuk bagian yang ini

    "Peserta yang hanya memilih 1 prodi dapat memilih prodi di PTN manapun,
    sedangkan bagi peserta yang memilih 2 prodi atau lebih, maka salah satu
    pilihan prodi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah
    dengan tempat peserta mengikuti ujian."

    intinya kalau kita fokus pilih 3 prodi di ptn yang sama itu bisa gak?

    • Fardhan Zaka

      Kalau kita pilih 2 atau 3 jurusan prodi

      maka salah satu prodi nya harus di PTN dalam satu wilayah

      Berarti bisa 3 prodi dalam satu PTN yang berarti PTN itu ada di dalam satu wilayah

  • Ardi Holmes

    Wilayah 1 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sumatera, Kalimantan Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat;

    berarti klo gw tes nya di lampung tapi pilihan prodi semuanya di luar lampung atau di jawa barat boleh ya bang ?

    • Fardhan Zaka

      Boleh, yang penting dari semua prodi di luar lampung tersebut
      ada salah satu prodi yang terdapat di ptn dalam satu wilayah

      • Danil

        broh, gua mau ambil klompok soshum. jdi yang di ujikan TKPA sama TKD Soshum yah. Trus ga ada Matematik, B. indo, sama B. Inggris dong kaya taun kmaren??

        • Fardhan Zaka

          Bisa kayanya. Coba tanya ke Panlok nya ajaa

      • Ardi Holmes

        contoh gw ambil psikologi UI,psikologi UIN sama geografi UI,boleh ?

  • Imam Fauzan

    bang sorry upload ke zenius dong pembahasan simak ui 2013

    • Guriel AMP

      oke ntar kita coba bikinin ya.

  • Cahyani

    Kak, ITB gak terima lulusan SMK :'( :'(

    • Physics

      Iyaaa 🙁 sayang sekali padahal udah belajar gila-gilaan buat masuk ITB sampe ngejar seluruh materi yang ada di SMA ehhh malah ga bisa masuk ITB, sedih banget sama kecewa berat T_T

      • Cahyani

        ayoo semangat!!!!! ITB terbuka untuk SMK 🙂

    • Physics

      Ehh tadi baru aja ke website sbmptn.or.id syarat SMTAnya udah diganti, anak SMK boleh pilih ITB lewat jalur SBMPTN. Ayo makin semangat!!

      • Cahyani

        iyaa syukurlah.... *terharu*

  • Khasyfil Aziz Pambayun

    Bang kok geografi belom banyak nih materinya...

    • Fardhan Zaka

      Setuju bgt Sosio nya juga!!

  • Muhammad A’raaf

    Statmen yang ini beneran??

    "Daftar ulang SNMPTN tidak bisa diwakilkan, jadi misal kamu diterima SNMPTN tetapi ingin mengikuti SBMPTN, pilihannya ada 2:

    Tidak daftar ulang SNMPTN (yang berarti melepas status diterima SNMPTN) untuk mengikuti SBMPTN.

    Daftar ulang SNMPTN sehingga tidak bisa ikut SBMPTN."

    trus gmana sistematikanya kalo semisal mau mengundurkan diri, trus mau ikut SBMPTN? padahal harinya sama??

    • Fardhan Zaka

      Kalo tidak daftar ulang SNMPTN dianggap mengundurkan diri dari SNMPTN

      dan hari itu mengikuti SBMPTN.

  • Muhammad Najieb Haitami

    Bisa pilih 3 PTN ga? masing-masing 1 jurusan gitu..

  • Rizaldi Prasetya

    admin, numpang tanya. katanya Tpa thn ini cuma verb, num, figural. trus kayak logika penarikan kesimpulan sama analitik -yang biasanya soal urutan duduk atau tampil- sama deret gak keluar ya? tolong dibales ya. thanks a lot min

    • Fardhan Zaka

      logika masih ada, penarikan kesimpulan juga keluar, deret keluar, urutan duduk itu termasuk soal logika masih keluar (source:Nurul Fikri)

      • Rizaldi Prasetya

        thanks a lot bro! 😀

  • yumna

    udah pernah ngerjain soal masuk univ swasta? itu kan pake waktu, misal TPA waktunya 30 menit, terus kalo udah habis 30 menit masuk soal Bahasa Inggris, terus yg TPA gaboleh dikerjain lagi. SBMPTN kayak gitu ga?

    • Fardhan Zaka

      Engga. Yang penting dalam 105 menit mengerjakan soal TKPA.

  • Sheila Rahmi Syafitri

    Saya masih bingung pemilihan prodi/jurusan pas sbmptn nanti. Misalnya milih 3 prodi di 3 PTN itu bisa gak atau gimana ya? Tolong penjelasannya. Makasihh:)

  • anis

    min, mau nanya..
    TKPA = TPA apa engga? Trus SBM 2014 kn g ada TKDU nya tuh? Brarti g ada b.indo & b.inggris yah?

    • Fardhan Zaka

      TKPA itu Tes Kemampuan Potensi Akademik, didalamnya itu termasuk (TPA dan TKDU) hanya soal TPA nya saja yang dikurang. dan dijadikan dalam 1 waktu ujian selama 105 menit total 90 soal

  • 。gesang

    Gan, saya masih bingung di bagian "Kelompok Ujian" itu gmn ya? (Bisa kasih contoh) Terimakasih.

  • Nisrina Afifah

    kak kalo misalnya SMA saya di wilayah 1, milih PTN di wilayah 2 semuanya, bisa kan kan kak? asal saya tes nya di wilayah 2?

  • mayesa akiro

    penilaian TKPA sma TKD saintek sma kyak tahun kmarin gak. 30 dan 70 persen? ato gimna?

  • Mediantari Oktavianti

    kak, kalo misalnya nanti kita itu lulus snmptn trs ga kita lepas (ga ikut sbmptn) boleh ga kalo kita ikut simak UI, UM UGM atau sejenisnya itu?

  • adrian

    apakah waktupendaftaran sbmptn itu berpengaruh terhadap wilayah test? apakah semakin lama mendaftar, kuota wilayah akan semakin penuh dan dpt dilempar ke tmpt lain?

  • kak, numerikal dan figural itu maksudnya kayak baris dan deret trus pernyataan dan tarik kesimpulan gitu ya?

    • Arif Jatmiko

      Dari TO yg gw ikutin di bimbel sih(Bukan Zenius-X ya jauh men dijakarta) Numerikal itu kayak pola angka yah barder dan sebangsanya terus itungan dasar lah kayak persentase, penjumlahan pecahan yg angkanya ga sederhana,dll
      Kalo Figural sih bisa Pola gambar,Perbandingan,Ngitung Volume,ngitung berapa jumlah gentong/kubus yg ga keliatan gitu loh wkwkwkwk

  • Muhamad rizal muharom

    kalo pas UN kmren aja udah ngeluh soal UNnya susah banget apalagi SBMPTN -__-

    • Arif Jatmiko

      Move on bro! haha
      jangan mikir kebelakang terus 🙂

      • Fardhan Zaka

        SETUJU BANGET !!

  • bayuaji

    thanks bro pertanyaan gw terjawab, doain calon MABA FTSL ITB 2014 YA!!

  • Dwiky Rulendi

    gimana sih ingin pindah lokasi tesnya/ soalnya kartu tinggal di cetak

  • Bunga Christiani

    mau nnya nih soal pemilihan jurusan , gue denger dr salah satu lembaga les gtu sih bilang klo msalnya kita milih passing grade yg rendah dulu bru yg tinggi , otomatis yg tinggi bakalan angus ,

    misalnya aja nih ya ,

    gue pilih 1. Sastra Rusia Unpad , 2. ILKOM UNS , 3. HI UNS ,

    klo diliatnya dr passing grade, sebetulnya urutannya 1.ilkom uns ,2.hi uns , bru 3.sasrus unpad.

    Ok skrg critanya kondisi gue dengan pilihan yg awal itu , yg sastra rusia nomor satu.

    nah , klo msalnya grade gue di atas sasrus unpad , bsa mencapai hi uns , ttep aja gue di sasrus unpad , karena prioritas utama sasrus unpad , lalu yg bawah itu ibaratnya "angus" benarkah begitu ?

    gue juga minta saran nih , gimana tak tik ambil jurusan dan univ yg tepat , klo jurusan ya hrusnya udah ada bayangan lah ya, mungkin lebih ke univ , biar ga salah pilih , lbih baik memilih liat dr kuotanya atau gimana , trus urutan itu ngefek ga sih sebetulnya , ky msalnya gue milih dr kuota yg sdikit ke bnyk , atau sebaliknya , butuh info bgt nih soal ini .

  • Dewi Wiranda Sari

    kak, mau nanya nih. saya kan lulus snmptn manajemen unand di kampus 2 payakumbuh tapi akreditasinya C dan ternyata orgtua saya tidak setuju saya disana. jadi saya memutuskan ikut sbmptn dan memilih ptn di unand dgn jurusan ekonomi pmbngunan. apakah saya tidak akan diterima karna memlih unand lagi? tapi kampusnya beda kak UNAND sama UNAND kampus 2 nya?

  • Muhammad Fadhil Ayyasy

    Wah, habis baca ini jadi agak lega....

    Gue kepingin melawan arus di sbmptn tahun depan, takut gak bisa, ternyata bisa ya, hehe....

  • fei alfi

    min, itu dah pasi klo soal sbmptn tahun ini totalnya segitu???

  • Jhonatan Girsang

    masalah gue ini min. pass daftarin sbmitu, gua pilih ptn yang gua tuju, truss tanpa meliat passing grade nya, truss.. kata temen" kau udh slah, kau buat passing grade paling tinggi itu di bawah, harusnya diatas kata temen"., apa berpngaruh gak passing grade kita itu untuk menerima kita di ptn min, pliss jawab min,

  • heny

    tolong informainya yaa..
    misalkan saya ikut SMBPTN pilih jurusan Farmasi di ke-3 PTN tersebut apa boleh?
    terus apakah salah satu PTN nya harus di wilayah I, karna saya dari wilayah I.
    tolong dijawab yaa. makasih 🙂

  • hardian

    min sbmptn thn ini pilih 3 univ berbedaa semua boleh ga ya kog banyak issue cuma boleh pilih 2 kampus di jurusan ya thx