Tips Belajar Menghadapi UN SMA

Semua yang diperlukan untuk mempersiapkan diri menghadapi UN SMA ada di sini, dari tips belajar, prediksi soal dan juga pembahasan soal semua mata pelajaran.

Halo semua, nggak kerasa udah bulan April aja yah. Bulan April ini selalu jadi bulan yang sakral buat lo yang duduk di bangku kelas 12 SMA. Yup, apalagi kalo bukan penyelenggaraan Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat!

Okay, sebelum gua mulai artikel ini, ada baiknya gua ingetin lo lagi hari peperangan yang lo bakal tempuh di bulan ini.

Catatan: Jadwal berikut adalah jadwal untuk UN 2014. Jadi, lo perlu cek dan sesuaikan dengan jadwal UN tahun ini.

1-jadwal-un-sma-ma

Buat lo yang udah ngikutin blog Zenius secara konsisten, kemungkinan lo udah  tau bahwa di artikel-artikel blog Zenius sebelumnya, kita udah pernah bahas buanyaak banget persiapan UN per mata pelajaran, update prediksi soal, pembahasan soal-soal tahun lalu, tips-tips belajar, dan masih banyak lagi..

Naah, tapi nih.. kayaknya masih ada aja siswa-siswa yang masih belum familiar sama blog Zenius atau zenius.net. Jadinya tiap kali gua posting tentang persiapan materi UN SMA mata pelajaran tertentu (misalnya fisika ), eh suka ada aja yang nanya :

“Kok cuma fisika doang, yang kimia mana nih? biologi juga doong..!”

Jiaah… padahal sebetulnya untuk mata pelajaran kimia dan biologi juga udah launching artikelnya di blog Zenius minggu lalu atau sebelumnya.. contohnya kayak gambar di bawah ini (kalo gak kebaca, klik gambarnya buat zoom)

Social Media

astaga

Jadi kadang gua bohwat juga ngeliatin comment di FB kayak gini, padahal tinggal scroll ke bawah atau ngulik dikit di search box juga nemu -_-”

Tapi ya sudahlah, berhubung gua orangnya penyabar dan tidak sombong, jadi gua bikin solusinya dengan ngegabungin semua link dan artikel blog Zenius yang relevan sama persiapan UN SMA di artikel ini. Moga-moga jadinya gak bakal ada yang protes lagi kayak gini :

“Buat UN Sejarahnya mana nih?” << Grr… Sejarah nggak ada UN-nya !!

persiapan un sma 2014

UN SMA MATEMATIKA

UN SMA BIOLOGI

UN SMA KIMIA

UN SMA FISIKA

UN SMA BAHASA INDONESIA

UN SMA BAHASA INGGRIS

UN SMA GEOGRAFI

UN SMA EKONOMI

UN SMA SOSIOLOGI

****

Okay, sekarang peluru dan amunisi lo udah lengkap deh buat menghadapi UN SMA tahun ini. Gua harap sih lo juga bisa bantu temen-temen, sodara, atau bahkan guru lo di Sekolah dengan ngasih link artikel ini mereka supaya makin banyak temen-temen lo bisa sama-sama lulus UN SMA tahun ini.

Buat lo yang SMK, sorry yah tahun ini kita belum bisa bikinin persiapan UN SMK. Bukannya SMK di-anak-tiri-kan atau gimana, tapi emang harus diakui kita harus mikir berulang kali buat bikinin materi SMK, soalnya buaanyak banget kategorinya… padahal sebetulnya materinya itu sama-sama aja dengan SMA, cuma beda urutannya aja..   But, we’re all working on it! Moga-moga di season depan kita udah bisa siapin materi buat SMK secara lengkap.

Nah, pesen terakhir dari gua singkat aja hadapi aja UN ini dengan tenang, nggak usah terlalu panik atau parno menghadapi UN (apalagi kalo lo udah ngejalanin seluruh amunisi yang gua kasih di atas). Dari data tahun lalu, tingkat kelulusan UN SMA mencapai 99,48% sedangkan untuk SMK mencapai 99,95% , masa sih lo masih harus panik dengan persentasi peluang kelulusan sebesar itu? Vini, vidi, vici !

[Catatan Editor : Pastiin lo sign in dulu di zenius.net buat bisa akses seluruh link video materi dan pembahasan soal UN SMA di atas. Selain itu, dengan jadi member lo juga bisa punya akses buat seluruh materi dan pembahasan soal SBMPTN tertulis dari tahun-tahun lalu]

Bagikan Artikel Ini!