Persiapan UN SMA Fisika 2014 - Bagian 2

Persiapan UN SMA Fisika 2014 - Bagian 2

Sebelum lo baca tulisan gue di sini, pastiin dulu kalau lo udah baca Persiapan UN  SMA Fisika 2014 Bagian 1. Karena yang ada di sini adalah lanjutan dari artikel yang gue tulis di bagian 1 itu. Untuk yang bagian 2 ini, gue juga ambil soal-soalnya dari UN Fisika SMA 2013, soal nomor 21-40. Soal-soal itu udah gue klasifikasiin juga berdasarkan materi yang harus lo pelajarin. So.. langsung aja yah…

un sma fisika 2

 

1. Gelombang Elektromagnetik

Untuk yang satu ini, pastiin aja kalau lo udah ngerti konsep Frekuensi dan Panjang Gelombang Elektromagnetik. Quick check:

  • Coba lo urutin jenis-jenis GEM dari Frekuensi paling rendah sampai Frekuensi paling tinggi.
  • Apa aja kegunaan dari masing-masing GEM tersebut?
  • Gimana hubungan antara kecepatan, panjang gelombang, dan frekuensi GEM?

Ini contoh soalnya:

Gelombang Elektromagnetik

Kalau lo masih belum bisa jawab pertanyaan-pertanyaan itu, berarti lo harus nonton konsepnya di sini: Gelombang Elektromagnetik.

 

2. Optik

Untuk Optik itu terbagi dua. Yang pertama, Optika Geometri, yaitu tentang cermin, lensa, dan alat-alat optik. Pastiin aja kalau lo udah ngerti tentang cara kerja cermin, lensa, dan alat-alat optik seperti mikroskop, teropong bumi, dan teropong bintang. Coba cek, lo bisa nggak ngerjain soal ini:

Optik Geometri

Kedua, Optika Fisis, contohnya soal tentang Kisi Difraksi berikut ini:

Optik Fisis

 

3. Bunyi

Bab Bunyi ini lo pelajarin di awal-awal kelas 12. Pastin kalau lo ngerti hubungan  v = \lambda f (hubungan antara kecepatan, panjang gelombang, dan frekuensi bunyi), konsep efek dopler, pelayangan bunyi, pipa organa dan dawai, intensitas bunyi, dan taraf intensitas.

Efek Dopler

Efek Dopler

Taraf intensitas

Taraf Intensitas

Kalau lo masih ngerasa belum ngerti, tonton teorinya di sini: Bunyi.

 

4. Listrik dan magnet

Nah, listrik dan magnet ini rada luas. Mulai dari listrik statis, listrik arus searah (DC), kemagnetan, induktansi, kapasitansi, sampai listrik bolak-balik (AC).

Soal nomor 26, 27, dan 28 di UN 2013 ini semuanya tentang

Listrik Statis

Listrik Statis 1

Listrik Statis 2

 

Listrik Dinamis Arus Searah

Listrik Dinamis Searah

Untuk ngerjain soal di atas sih nggak terlalu susah ya karena cuma ada satu loop. Tapi kalau loop-nya lebih dari satu, lo harus bener-bener paham hukum kirchoff.

Energi pada Kapasitor

Energi pada Kapasitor

Magnet

Magnet

Gaya Lorentz

Gaya Lorentz

Nah, semua konsep di atas itu udah ada rangkumannya di Listrik dan Magnet.

GGL imbas dan transormator

GGL

Pembahasan bisa dilihat di video zenius.net tentang GGL imbas dan Transormator (video terakhir)

Arus Bolak-balik (AC)

Arus Bolak-balik AC

Pembahasan bisa dilihat di video zenius.net tentang Arus Bolak-balik (AC)

 

5. Fisika modern

Fisika modern juga lumayan luas. Mulai dari Relativitas Khususnya Einstein, Model Atom, Efek Fotolistrik, Reaksi Fusi/Fisi, sampai Radioisotop. Ini contoh-contohnya:

Efek fotolistrik

Efek Foto Listrik

Model atom

Model Atom

Relativitas khusus

Relativitas Khusus

Reaksi fusi/fisi

Rekasi Fusi

Radioisotop

Radioisotop

Itu semua udah ada rangkumannya di Teori Fisika Modern di zenius.net. Jadi, kalau lo masih ngerasa belum paham di soal-soal itu, mending lo tonton deh teorinya itu.

*  *  *

Nah… beres deh. Berhubung semua soal di atas itu diambil dari UN Fisika 2013, berarti lo bisa lihat semua pembahasan soal itu di  Video Pembahasan Soal UN Fisika 2013. Lo bisa cek hasil jawaban lo di video itu.

Perhatiin kalau di bagian 1, gue ngebagi materi menjadi 8 bagian. Terus di bagian 2 ini, gue ngebagi materi menjadi 5 bagian. Nah, dari total 13 materi itu, berapa persen kira-kira yang udah lo kuasain? Kalau masih banyak kurangnya, berarti harus segera lo kejar sampe bener-bener bisa.

Sebagai penutup, gue mau kasih pesan sedikit tentang UN yang bakalan lo hadapin (cieh). Nilai UN yang lo dapet nanti bisa jadi nggak terlalu penting buat lo (seriously). Katanya sih nilai rata-rata UN sekolah memang berpengaruh di kuota Perguruan Tinggi Negeri, tapi nilai pribadi lo kan nggak ngaruh. Lo juga nggak berencana jalan-jalan sambil pamer berapa nilai UN lo kan. Atau berencana deketin calon pacar sambil bilang “Rata-rata nilai UN gue 9 loh!” 🙂

Kalau gitu, ngapain dong gue belajar UN kalau nilai akhirnya nggak penting? Ya, lo belajar bukan buat nilainya. Hasil UN ini mungkin nggak terlalu berpengaruh dalam hidup lo. Tapi proses belajar yang lo laluin dari kemarin-kemarin, sekarang, dan sampai nanti itu akan berpengaruh banget dalam hidup lo. Seperti kata Om Ralph Waldo Emerson

"Learning is a journey not a destination" - Ralph Waldo Emerson

 

[Catatan Editor : Sebelum baca artikel ini, pastiin juga lo baca artikel sebelumnya tentang Persiapan Belajar UN Fisika SMA 2014 - Bagian 1Kalo ada yang mau nanya-nanya seputar Fisika ke Wisnu bisa langsung tinggalin aja comment di bawah artikel ini. Pastiin lo dapetin voucher zenius.net buat bisa akses seluruh video materi dan pembahasan soal UN SMA Fisika maupun SBMPTN Fisika tahun-tahun lalu!]

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Wisnu adalah CEO Zenius Education dan salah satu tutor pengisi suara di zenius.net untuk pelajaran Matematika dan Fisika. Wisnu mengambil S1 di Departemen Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung.
 
Follow Twitter Wisnu at @wisnuops

  • Putra

    tanya dong kak , untuk seleksi SBMPTN khusus UI apa siswa bisa diterima
    UI itu kudu ngikut tes jenis IPC ya kak nga boleh cuma IPA saja atau IPS
    saja ? misal kalo saya cuma ngambil Teknik berarti tes yang saya ambil nanti IPC supaya berpeluang besar di terimanya .

    • Nicken Azhari

      sorry nih, setau gue ga ada yang kayak begitu. Kalo lo mau teknik, ya pilih aja IPA. Kalo lo mau Akuntan ya pilih IPS. Kecuali lo pilih teknik + akuntan, berarti pilihnya IPC.

      Justru kalo menurut pendapat gue peluang lo makin kecil kalo milih IPC. Masalahnya lo pilih IPA juga, IPS juga. Lo belajarnya jadi ga fokus.

      Kan kalo milih IPC nilainya masing-masing, IPA diurutin sama yang IPA. IPS diurutin sama yang IPS. Ga digabung nilainya. So, pilih jenis SBM menurut jurusan yg lo mau aja. CMIIW yaaa

  • Andi Syafrianda

    Semangat Teman2 seperjuangan !!

  • Gita

    Udh di klik videonya kok gakbisa di play ya?mohon bantuannya

    • Dewiayu Dewang

      mungkin jaringanmu kali yang lagi ga bagus, atau kamu belum punya premium member?

  • Salma Humaira

    thanks banget zenius yang udah sukses bikin aku jadi ga peduli sama UN. alhasil, TO sbmptn aku yg ningkat. doain ya, insya'Allah mau jadi mahasiswi FTI ITB 2014 😀

  • Mulia Fajri Ichzani

    seriously, you are so helpful, Zen! thank you

  • tiara

    kak, mau nanya soal fisika nih, tentang fluida statis...
    soalnya, sebuah kubus terbuat dari kayu dibebani benda 200gr di permukaan atasnya, kubus mengapung di dalam air, bila benda 200gr diambil, diamati bahwa kubus itu naik 2cm ke permukaan air. volum kubus itu adalah ?

    tolong ya kak, penasaran nih...