Tips Persiapan Belajar SBMPTN Biologi

Artikel ini membahas berbagai tips dan strategi belajar untuk persiapan SBMPTN Biologi, lengkap dengan pembahasan materi dan latihan soal, dan pembahasan SBMPTN Biologi tahun-tahun lalu.

Mungkin ada di antara lu yang sekarang ini udah coba iseng liat-liat buku persiapan SBMPTN di toko buku terdekat. Sebenernya apa sih yang lu lihat di buku itu? Buku yang isinya kumpulan soal dan kunci jawaban atau pembahasan singkat yang kadang nyebelin. Kenapa nyebelin? Karena ada beberapa soal yang butuh penjelasan detil kenapa jawabnya A, B, C, D, atau E. Tapi di buku-buku itu ditulis cuma 2 kata “Sudah jelas”. Nyebelin, kan??

Pembahasan soal-soal tahun lalu jelas membantu kita untuk memetakan atau meraba gimana bentuk ujiannya. Selain itu, lu mungkin juga bisa sekalian menganalisa gimana pola soal-soal tersebut dan mungkin coba-coba memprediksi soal yang bakal keluar di ujian berikutnya.

Cara semacam itu bisa jadi efektif kalo lu mau coba tempuh ujian masuk kampus luar negeri semacam test SAT atau A-Level. Kenapa? Karena mereka punya silabus yang jelas untuk materi apa saja yg akan diujikan. “Lah, jadi gampang donk ujiannya?” Engga juga sih, tapi yang jelas akan lebih fair untuk peserta ujian.

Terus gimana dengan format ujian PTN di Indonesia? Masalahnya, ujian PTN di Indonesia semacam SBMPTN gak punya pakem dan silabus yang jelas seperti ujian masuk kampus luar negeri. Itulah kenapa, cara ngeliat pola soal dari ujian-ujian sebelumnya, bukan cara yang paling tepat dan efektif untuk belajar SBMPTN. Wah, terus gimana dong caranya? Nah, pada artikel ini gua kan mengupas tips untuk persiapan menghadapi SBMPTN Biologi.

Sebelum masuk ke tips pembahasan SBMPTN, gua mau coba kasih gambaran 3 kekurangan tes masuk PTN di Indonesia dulu:

  1. Cakupan materinya ga dikasih tau. Yang ada adalah pemberitahuan bahwa yang dites pelajaran Matematika dasar, Sains, Bahasa Indonesia dan lain-lain. Tapi sampe sedalam apa?
  2. Nggak ada batas apa yang bakal dites. Bagian ini menurut gw yg parah. Soal tes Biologi bisa nanya lapisan ova ketika ditembus sperma, sampai prognosis demam karena malaria, atau nama spesies bakteri yang mungkin ahli mikrobiologis pun ga bisa jawab. Bahkan kalo gw liat, ada beberapa soal SIMAK UI yang diambil dari buku-buku teks kuliah berdasarkan data percobaan.
  3. Ngga ada kunci jawaban resmi. Ini yang paling parah. Coba lu tanya sodara, bahkan bokap nyokap lu yg pernah ikut tes PTN. Ada nggak kunci jawaban resmi dari panitia tes PTN dari zaman dulu? ENGGAK ADA.

Jadi, dengan 3 kelemahan yang ada di tes-tes PTN, dan nggak efektifnya belajar cuma dari soal aja, trus gimana donk caranya bisa lulus? Simpel (yang kadang nggak terlalu simpel juga sih), yaitu belajar lagi dari dasar-dasarnya atau dari fondasi konsep  tiap pelajaran.

Berikutnya, gw akan elaborasi kenapa belajar dasar-dasar penting sebelum belajar latihan soal. Coba kita lihat ilustrasi yang gw buat berikut…

ddd

Nah sedikit gw terangin maksud dari illustrasi gambar di atas!

  • Area kotak warna Kuning : Seluruh materi pelajaran Biologi yang udah lo dapetin selama 3 tahun di masa SMA, yang (seharusnya sih) jadi bahan materi yang ditanyakan di SBMPTN.
  • Batas Garis Biru : batas waktu perkiraan yang lo butuhkan buat belajar Ilmu Biologi. Kalo dilihat ada 3 garis yang gw buat, 3–5 bulan, 1 tahun, dan seumur hidup. Nanti penjelasan lebih rincinya gw terangin di bawah.
  • Tanda Panah merah dan putih. tanda panah itu nunjukin area yang jadi prediksi soal yang ditanyain di SBMPTN.
  • Area di luar kotak hitam dan kuning – yg warna putih, adalah pengetahuan luar materi SMA Biologi – yang mungkin aja ditanyaain sama pembuat soal.
  • Kotak warna hitam (blackbox) : Intisari dari materi Biologi SMA yang perlu lo fokusin dan prioritaskan buat belajar untuk persiapan SBMPTN dengan waktu yang tersisa.

Sekarang kalo lu perhatiin ada sebagian tanda panah yang berada di area luar warna kuning. Artinya ada sebagian kecil dari soal SBMPTN yang cakupannya di luar pengetahuan SMA? Yup betul sekali ! Dari pengalaman gw lihat soal-soal Tes PTN Biologi, ada aja 3-4 soal yang cakupannya bukan lagi pengetahuan SMA. Kok jahat gitu sih yang bikin soal?? Yah memang begitulah realita yang gw lihat, ibukota aja kalah kejam sama pembuat soal.

So, berapa lama yang dibutuhkan buat ngabisin materi biologi SMA? Menurut gw, satu tahun aja udah lebih dari cukup. Tapi masalahnya, soal biologi SBMPTN terkadang menguji soal-soal di luar materi SMA. Masalahnya untuk mempelajari semua materi Biologi di luar cakupan SMA, menebusnya dengan waktu seumur hidup aja belum tentu cukup !

Oke terus sekarang jadi harus gimana dong? Good news-nya adalah, sebenernya materi Biologi yang utama itu nggak banyak. Untuk nguasain ini, lo butuh waktu 3-5 bulan aja kok. Nah, di sini udah gw pilihin intisari materi Biologi SMA di dalem kotak hitam itu. So, saran strategi belajar dari gw simple aja, dengan ngeliat waktu yang tersisa sekarang ini nih, lo fokusin prioritas belajar di intisari dari materi biologi yang gw illustrasikan dengan kotak warna item di atas !

Terus apa donk intisari dari materi biologi di atas? Naah.. kalo di pesawat terbang ada black box untuk tau semua data penting penerbangan, kalo isi blackbox dari bahan materi SBMPTN Biologi gua jabarkan secara lengkap di bawah ini :

ISI DARI BLACKBOX

Ada 6 bab dasar yg pernah gw tulis di blog pribadi gw. Disini gw coba kasih rangkuman singkat dan peta konsep untuk masing-masing bab dasar yang gw maksud.

Biologi SBMPTN

Oke, kalo kita lihat dari mind-map di atas, materi SBMPTN untuk mata pelajaran Biologi bisa dibagi menjadi 5 bagian, yaitu :

  1. Sel
  2. Biokimia
  3. Genetika
  4. Taksonomi
  5. Ekologi dan Evolusi

Kita coba bahas satu per satu dengan lebih detail di bawah ini

 

1. Materi SBMPTN Biologi : Sel

Sel

Satuan fungsional hidup ini harus lu ubek-ubek deh. mulai dari beda sel prokariotik dan eukariotik, tumbuhan dan hewan, spesialisai sel, Organel di dalamnya, transportasi zat masuk dan keluar. Sitologi adalah pengenalan yang bagus buat Biologi. Sel tuh kaya miniatur tubuh mahluk hidup. Sitologi kita kuasai, semua sistem tubuh mahluk hidup bakalan ngikut. Ada 5 subbab yang penting lu kuasai. Nantinya bakal enak kalo belajar sistem tubuh klo dasar-dasar Sitologinya bener.

Teori Pembahasan Lengkap Materi Sel

Teori Pembahasan Lengkap Pembelahan Sel

Latihan Soal Materi Sel

 

2. Materi SBMPTN Biologi : Biokimia

Biochemistry

Bab apa nih? Emang ada di SMA? Ada !! Cuma nggak ngeh aja dan cuma diselipin antarbab. Coba lu tanya orang-orang yg kuliah kedokteran, Biologi, keperawatan atau life science lainnya. Kuliah apa yg paling nyusahin di awal semester? jawabnya Biokimia. Padahal Biokimia adalah lanjutan dari Sel. Kalo kita udah paham sel, kita bakal penasaran akan banyak hal. Apa sih arti fosfolipid? kenapa sih mitokondria tuh double membrane? Maksud sintesis protein dari asam amino tuh gimana? Batu-bata pertama dari molekular sains dimulai di biokimia.

Biokimia intinya simpel, cuma belajar: Karbohidrat, Lipid, Protein, Asam Nukleat dan…. Air. Lu ga bakal bingung dan takut sama istilah dan nama asing molekul kimia yang muncul di soal.

Teori Pemabahasan Lengkap Materi Biokimia

 

3. Materi SBMPTN Biologi : Genetika

genetika

Gw sendiri ngefans banget sama genetika. Awal ketertarikan gw sama genetika pas nonton Jurassic Park waktu kecil . Tapi sayangnya minat itu agak luntur pas belajar genetika di SMP dan SMA. Kebanyakan soal-soal genetika berkutat di perhitungan probabilitas hasil persilangan tanpa kita tahu dasar-dasar probabilitas matematika dan apa gen itu sendiri.

Nggak heran jadinya banyak yang jago ngerjain persilangan, tapi pas soalnya diubah dikit jadi bingung. Untungnya pas di kuliah, Genetika jadi menarik banget untuk dipelajari.. Genetika gw bagi jadi 3 sub bab penting, yaitu: Genetika Mendel, Genetika Molekular dan Genetika Populasi. Detilnya bisa dilihat di mind map di atas.

Pembahasan Teori Genetika Molekular

Pembahasan Teori Genetika Mendel

Latihan Soal Genetika

 

4. Materi SBMPTN Biologi : Taksonomi

Inti dari Taksonomi adalah bukan menghafal  (tuh ampe di Bold, Italic dan Underline ) tapi belajar sistem dikotom. Yaitu klasifikasi berdasarkan ciri-ciri yang diwariskan dari generasi sebelumnya. Kalau sistem klasifikasi udah ada di otak, kita bakal dengan mudah menarik informasi itu dari otak tanpa harus tahu detilnya. Sama kayak, kita punya 250 buku dan kita taroh sembarangan di kamar. Nyarinya susah kalo butuh. Tapi kalo kita susun secara sistematis, dalam waktu singkat kita gampang nyarinya. Karena terlalu banyak Mind Map untuk bab ini, lu bisa liat di pembahasan soal-soal taksonomi.

Pembahasan Teori Materi Taksonomi

Latihan Soal Taksonomi 1

Latihan Soal Taksonomi 2

Latihan Soal Taksonomi 3

 

5. Materi SBMPTN Biologi : Ekologi

Ekologi

Menurut gw, ekologi tuh penting untuk ngeliat biologi sebagai sistem yang bertautan di Bumi. Semua pengetahuan Biologi diterapkan di ekologi. Selama kita belum eksplorasi ke planet lain, ya Bumi inilah rumah kita. Terlebih lagi kata Ekologi berasal dari dua kata Oikos yang artinya “Rumah” dan Logos, ilmu. Berbeda dengan Oikosnomos atau Ekonomi. Di Ekologi, aturan dan pola yang ada di alam agak sulit dirumuskan dengan gamblang. Kompleksitas sistem rumah kita, yakni Planet Bumi, membuat Ekologi membutuhkan disiplin dari cabang sains lainnya. Kita harus tau berbagai macam sistem, biotik dan abiotik beserta interaksinya di atas (bahkan di dalam) Bumi.

Teori Lengkap Konsep Ekologi

Latihan Soal Materi Ekologi

 

6. Materi SBMPTN Biologi : Evolusi

Teori Evolusi

Singkat kata, evolusi adalah puncak pemahaman kita di Biologi. Kayaknya trend soal-soal tes PTN mulai banyak yang bahas evolusi. Baguslah menurut gw, karena Biologi jadi beranjak dari sekedar hafalan ke arah analisis soal yg lebih berbobot. Pahami mekanisme dasar Evolusi yakni Mutasi dan seleksi alam. Jangan lupa baca-baca juga tentang orang-orang yang berkontribusi dan perannya apa aja, Darwin, Wallace, Lamarck, Weismann, Urey, Haldane, Spallanzani, Pasteur. Terakhir, kuasai gimana persamaan Hardy Weinberg bisa ngasih bukti terjadi di populasi dengan lihat contoh-contoh soal.

Teori Lengkap tentang Konsep Evolusi

Soal Latihan Materi Evolusi

 

Lalu, gimana sama soal-soal Fisiologi manusia macam sistem pencernaan dengan enzim-enzimnya? Atau sistem saraf dengan hafalan 12 pasang saraf kranial? Hmm akan lebih mudah untuk bagian fisiologi manusia belajar dari soal. Ketika kita udah punya dan paham konsep-konsep dasar yang baru aja gw sebutin, soal Fisiologi manusia akan terlihat lebih mudah untuk dipahami.

Singkatnya, gw buatin tabel untuk ceklist, bab mana atau subbab mana yang lu belum kuasai. Kalo lu luangin waktu sekitar 2 minggu untuk tiap bab besar, untuk dalemin teori dan konsep dasarnya. Dampaknya akan terlihat ketika lu ngerjain soal-soal latihan atau TO. Lu akan tambah cepet dan teliti untuk jawab soal-soal yg mudah. Ditambah nggak frustrasi dan PD untuk eliminasi jawaban soal-soal yang susah.

Biologi SBMPTN

Kalau teori dan konsep udah dipahamin, trus latihan soal per bab juga udah 80% bener. Baru deh kita lanjut analisis soal-soal SBMPTN yang lampau. Linknya udah ada di bawah ini:

Walaupun kita nggak bisa prediksi gimana soal yg keluar dari liat soal-soal yang lalu. Paling enggak, lu bisa lihat gaya soal dan yang terpenting, lu familiar dengan format soalnya. Ok cukup panjang kali ini gw nulisnya, mudah-mudahan bisa membantu persiapan lu untuk SBMPTN nanti !

—————————CATATAN EDITOR—————————

Catatan Editor : Kalo di antara lo ada yang mau ngobrol sama Pras, langsung aja kasih comment di bawah artikel ini. Buat yang mau serius belajar SBMPTN, pastiin lo juga baca artikel Zenius sebelumnya tentang Apa Penyebab Utama Gagal SBMPTN dan 7 Langkah Efektif Belajar SBMPTN.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.