Tips Belajar UN SMA Bahasa Indonesia

Artikel ini berisi tips belajar efektif untuk persiapan UN SMA Bahasa Indonesia, lengkap dengan pembahasan tipe-tipe soal dan contoh-contoh soal dengan pembahasannya.

Hai Temans, wah, nggak terasa ya UN SMA sebentar lagi akan segera tiba. Gimana, nih, persiapan kalian sejauh ini? Sudah matang atau masih setengah matang? *nggoreng telur, kali, yah…  🙂

Kali ini, gue akan ngasih tips-tips buat kalian, khususnya kelas 12 SMA yang sebentar lagi akan menghadapi UN Bahasa Indonesia untuk tingkat SMA. Berikut tips-tipsnya. Disimak yaaa….

UN SMA BAHASA INDO copy

Kenali Konteks Materi

Pertama-tama sebelum memulai ujian kita harus mengetahui dulu materi yang diujikan, di antaranya paragraf (wacana); karya sastra (prosa, drama, puisi); surat; tata bahasa (ejaan, tanda baca, imbuhan, kalimat); pidato; karya tulis (laporan ilmiah, jurnal ilmiah); dan iklan/poster. Pembahasan lebih lanjut akan dijelaskan setelah tips-tips ini selesai dibahas.

Banyak Membaca dan Menyerap Informasi dari Berbagai Media 

Membaca di sini bukan hanya membaca buku teks pelajaran bahasa Indonesia, melainkan banyak menyerap informasi/berita dari berbagai media, seperti televisi, radio, maupun internet. Mengapa? Karena soal yang berhubungan dengan teks wacana biasanya nggak jauh-jauh dari berita yang lagi marak saat ini (teksnya up to date); misalnya tentang bencana banjir, maraknya perdagangan anak di Indonesia, atau berita seputar hukum dan kriminal. Percaya, deh, soalnya nggak jauh-jauh dari itu.

Meringkas Materi

Apa guna meringkas? Meringkas akan mempermudah kalian mengingat informasi/hal-hal penting berkaitan dengan isi teks/wacana. Selain itu, meringkas akan mempermudah kita menyimpulkan isi teks.

Baca buku Tata Bahasa (EYD & KBBI)

Dengan baca buku ini, kalian akan mudah menjawab soal-soal yang berkaitan dengan pemakaian tanda baca, penulisan kata serapan yang tepat, penulisan lambang bilangan, serta nama geografis. Pokoknya, hal-hal yang berkaitan dengan ketatabahasaan (linguistik). Nah, kalo nggak punya bukunya gimana? Gampang, kalian tinggal men-downloadnya dari internet, ada kok…

Banyak Latihan Soal!

Hal ini penting dilakuin karena dengan banyak berlatih soal, kalian akan bisa secara otomatis melatih memori mengingat hal-hal yang berkaitan dengan soal tersebut. Jangan lupa, perhatikan juga kurikulum yang berlaku dalam buku tersebut (pilih yang terbaru!)

Banyak berlatih teknik membaca skimming dan scanning

Apa beda skimming dan scanning? Skimming digunakan untuk memperoleh informasi dalam wacana (bacaan) sedangkan scanning digunakan untuk membaca tabel, grafik, dan jadwal perjalanan.

 

TIPE SOAL BAHASA INDONESIA DALAM UJIAN NASIONAL

A. PARAGRAF

Materi ini mencakup menentukan ide pokok paragraf, gagasan utama + gagasan penjelas, menentukan kalimat untuk melengkapi paragraf, menyusun paragraf padu, dan pertanyaan yang berhubungan dengan paragraf tersebut.

Khusus untuk soal ini, kalian nggak perlu ngabisin waktu berlama-lama untuk membaca seluruh isi teks karena waktunya akan habis terbuang hanya untuk membaca teks itu. Cukup dengan memperhatikan judul dan kalimat utama paragraf tersebut (biasanya ada di paragraf pertama kalimat pertama). Gimana kalo ternyata kalimat utamanya ada di tengah-tengah atau akhir paragraf? Ingat, gunakan teknik membaca skimming (membaca sekilas dan cepat untuk mengetahui isi pokok bacaan). Hal ini akan menghemat waktu kalian untuk mengerjakan soal. Jangan lupa, pake juga teknik 5W + 1H (What, Why, Who, When, Where, dan How). Keenam kata kunci ini bakal ngebantu kalian ngejawab soal.

Kalian bisa nemunin tipe-tipe soal seperti ini di website zenius.net berikut ini

 

B.  KARYA SASTRA

(Prosa, Puisi, dan Drama)

Dalam menjawab soal ini, kalian tidak hanya memerlukan nalar, tetapi juga naluri. Mengapa? Karena jawaban dari pertanyaan soal yang berhubungan dengan karya sastra tidak selamanya tersurat (tertulis), melainkan juga tersirat (tidak tertulis).

Contoh:

Dengan peluit di mulutmu
Dan aba-aba dengan tanganmu
Engkau atur pemakai jalan
Agar tidak terjadi kecelakaan
 

Tokoh dalam puisi tersebut adalah….

  1. Tukang Parkir
  2. Polisi Lalu Lintas
  3. Prajurit
  4. Pahlawan Negara

Nah, kalau kita hanya menggunakan nalar, bisa saja kita memilih jawaban A, akan tetapi, jika kita perhatikan lagi dengan saksama pada baris ketiga (Engkau atur pemakai jalan)…jawaban itu sudah menyiratkan tokoh Polisi Lalu Lintas.

Soal-soal yang berkaitan dengan karya sastra bisa kalian lihat di

 

C. SURAT, TATA BAHASA, EJAAN

Seperti yang dikatakan dalam pengantar, membaca buku tata bahasa akan membantu kita mengerjakan soal-soal UN. Demikian juga dengan soal-soal yang berkaitan  surat, tata bahasa, dan ejaan. So, sering-seringlah baca buku tersebut, ya, temans… Untuk soal-soal yang berkaitan dengan surat, tata bahasa, dan ejaan bisa kalian lihat di link-link berikut di:

 

D. PIDATO, DISKUSI, DAN WAWANCARA

Pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan soal jenis ini adalah seputar pikiran utama pidato, kalimat tanggapan diskusi, dan kalimat melengkapi teks wawancara. Untuk jenis soal ini, kalian gunakan teknik membaca cepat (skimming) dan juga banyak berlatih mengerjakan soal dari modul atau kumpulan soal UN.

Nah, untuk soal yang berhungan dengan tema-tema tersebut, kalian bisa juga lihat di www.zenius.net di link berikut:

E. KARYA TULIS

Materi ini mencakup : Laporan Pengamatan, Laporan Ilmiah, dan Laporan Kunjungan.

Jenis pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan hal ini antara lain: struktur laporan, kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan, dan ciri-ciri laporan. Tips: banyak membaca artikel dari surat kabar atau internet (khusunya mengenai laporan ilmiah)! Soal mengenai karya tulis bisa dilihat pada link berikut:

F. FAKTA DAN OPINI

Bagaimana membedakan fakta dan opini? Fakta sifatnya objektif dan nyata (benar-benar terjadi), sedangkan opini sifatnya subjektif dan relatif (belum tentu sesuai kenyataan/belum pasti kebenarannya). Contoh :

FAKTA : Pada hari Sabtu, 01/02/2014 terjadi kecelakaan lalu lintas di Jl. TB Simatupang.

OPINI : Kecelakaan tersebut diperkirakan memakan delapan korban jiwa

G. PETUNJUK PEMAKAIAN OBAT ATAU BARANG

Biasanya yang sering muncul di soal ini adalah melengkapi kalimat petunjuk pemakaian sesuatu atau petunjuk pemakaian sesuatu yang disusun secara acak. Tips: bacalah dengan teliti (baca dengan saksama petunjuk tersebut, dan temukan kata kunci yang mengindikasikan untuk memulai sesuatu).

Contoh:  Petunjuk Obat Tradisional untuk Sakit Gigi

  1. Setelah itu, masukkan ke dalam air hangat dan tambahkan sedikit garam
  2. Pakailah ramuan ini untuk berkumur
  3. Ambil setangkai serai yang bagus
  4. Saringlah airnya, buang ampasnya, lalu pakai air tersebut untuk berkumur
  5. Cucilah yang bersih, lalu tumbuklah hingga halus

Urutan yang benar adalah: 3-5-1-4-2

Di antara kata-kata dalam kalimat petunjuk pemakaian tersebut, yang menjadi kata kunci adalah Ambil; sedangkan kata-kata lainnya mendapat imbuhan –lah yang menandakan kalimat imperatif (kalimat perintah).

H. JADWAL PERJALANAN, TABEL, GRAFIK

Untuk menyelesaikan soal jenis ini, gunakan teknik membaca memindai/membaca tatap (scanning); tujuannya untuk memperoleh informasi dengan sangat cepat. Kalian juga dapat mempelajari soal jenis ini di link berikut:

I.  MENEMUKAN PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ISI TEKS

Gunakan teknik membaca layap (skimming) untuk memperoleh informasi dalam kedua teks bacaan. Selain itu, ingat rumus 5W+1H untuk memperoleh kata kunci yang bisa mempermudah menjawab soal.

 ======================================================================

Buat yang mau liat pembahasan soal buat UN Bahasa Indonesia, bisa juga latihan di zenius.net :

Buat yang mau lihat prediksinya, bisa juga liat di zenius.net

Sekian tips-tipsnya untuk persiapan belajar UN Bahasa Indonesia SMA, selamat belajar, dan semoga bermanfaat!

 

[Catatan Editor : Oke, kalo ada yang mau nanya-nanya seputar Bahasa Indonesia ke Lia bisa langsung tinggalin aja comment di bawah artikel ini. Pastiin lo dapetin voucher zenius.net buat bisa akses seluruh video materi dan pembahasan soal UN SMA Bahasa Indonesia maupun SBMPTN tahun-tahun lalu]

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Hendra Bani

    ka artikel bagus.. tapi saya alumni nih.. di tunggu artikel bahasa Indonesia buat sbmptn y 🙂

  • Darien Theodric

    puisi nih suka salah", sama kalimat esaaaaaae juga, tiap try out ada aja yang salah ._.
    btw soal yg jwbnnya polisi lalu lintas gw sekilas jawabnya tukang parkir, krn kebiasaan liat di jalan begitu O_O #plak

  • Shiddiq

    Kak bahasa kan pelajarannya relatif tergantung pola pikir dan sudut pandang pembuat soal. gimana sih mendapatkan sudut pandang yang pas tersebut? soalnya sering kali guru bahasa sendiri memiliki jawaban berbeda untuk 1 soal. saya sering mendebatkan soal yang setiap ditanyakan ke guru yang berbeda punya jawaban berbeda.

    trims

  • Reza Abidin

    Luar biasa, bermanfaat banget buat referensi juga mbak.
    Ditunggu rtikel-artikel selanjutnya 🙂
    #salam hangat

  • Monica

    Nice , ini ngebantu banget , Thanks udah di post 😀 bakal sering2 cek website ini nih 😀

  • Imam

    Saya heran kak sama nilai Bahasa Indonesia, mau udah di cek berapa kali nilai tetap di kisaran sama gaada peningkatan, udah coba try out sendiri beberapa kali tapi kok ya salahnya di tempat yang ga tentu, akhirnya gabisa revisi. Masalah saya kira2 apa ya kak? Cuma satu poin aja kak yang memang saya tau selalu salah di setiap try out, tentang suasana puisi (kata temen sih saya gabisa bawa perasaan kalau ngerjain jadinya nilai segitu2 aja). Ada solusinya gak kak selain latihan soal terus?

  • Fahmi Aujar Shidiq

    Sangat membantu, ditunggu tips buat SBMPTN Indonesianya

  • Muning

    kak kasih tips dong buat ngerjain soal UN sastra melayu klasik? gue stuck banget ngerjainnya gregetan sendiri liat bahasanya yang susah dicerna