Catatan Perjuangan Tutor Zenius Menempuh SBMPTN - Part 01

Catatan Perjuangan Tutor Zenius Menempuh SBMPTN - Part 01

Hei.. Nggak terasa ya kalo 3 hari lagi udah bulan Februari 2014, artinya sisa 5 bulan lagi nih waktu lo untuk mempersiapakan diri buat SBMPTN. Mungkin ada di antara lo yang mikirnya masih “Ahh santai, masih 5 bulan lagi ini” . Inget men ini SBMPTN, bukan UN, yg dengan lo bisa ngerjain 60% dari soal-soalnya aja udah dipastiin lo lulus. Emangnya kayak gimana sih soal SBMPTN itu? Sesusah itukah?

Nah kalo pengen tau lebih jelasnya tentang bedanya soal UN dan SBMPTN lo bisa nih baca dulu artikel tentang bedanya SBMPTN dengan UN. Intinya sih, semakin jago lawan tanding lo di SBMPTN, semakin susah juga buat lo bisa tembusin tuh SBMPTN. Sadis ye? Ya tapi emang begitulah adanya. Hehe..

Nah sebagai bahan perkiraan lo aja nih, sebenernya apa aja sih yang sedang dilakuin lawan-lawan tanding lo buat SBMPTN sekarang-sekarang ini? Gue bakal kasih beberapa contoh dari cerita tutor-tutor zenius nih. Anggep aja kalo mereka adalah saingan-saingan lo di SBMPTN nanti, berarti lo harus bisa lebih jago dong dari mereka, caranya? Macem-macem, ada yang ngorbanin waktu main, ada yang ampe mutusin pacar, ada yang bikin group belajar, dll. Kalo gue sendiri sih biasanya suka dengan trik "nyolong start belajar", ya mungkin kalo lo mau tiru boleh tuh.. Di saat temen-temen lo yang lain masih ngerasa belum perlu belajar SBMPTN, disitulah saatnya lo harus mulai supaya bisa lebih siap.

Nah, langsung aja nih ya lo dengerin sharing dari tutor-tutor zenius gimana perjuangan mereka waktu menempuh SBMPTN :

Donnita

DONNITA

Gue dulu anak IPA. Ketika gue SBMPTN (dulu namanya SPMB), gue milih pilihan pertama Akuntansi UI dan pilihan kedua Manajemen UI. Dua-duanya IPS tuh jurusannya. Nah gue berhasil masuk ke dan lulus dari Akuntansi di UI. Gue bisa masuk ke jurusan tertinggi passing grade-nya se-IPS, bukan gara gara beruntung loh.

Kebetulan untuk Kemampuan Dasar, semua anak IPA-IPS sih dapet materi ini, jadi udah gak istimewa lagi lah ya. Tapi karena gue anak IPA yang milih jurusannya IPS murni, ini baru tantangannya.

Nah waktu dulu gue kelas XII, gue bener bener kerja keras untuk ngejar semua materi IPS yang ada. Soalnya gue tahu bahwa pengetahuan IPS gue NOL BESAR dibandingin anak-anak IPS di luar sana. And I wouldn't accept failure at that time. Gue coba baca buku ringkasan, tapi gak pernah masuk ke otak (soalnya isinya hafalan semua, gak ada konsep dan ceritanya). Lantas gue fotokopi semua buku-bukunya anak IPS dan gue pelajarin tentunya bab demi bab dari Ekonomi, Sejarah, maupun Geografi.

Di mana dan kapan belajarnya?

Gue belajar mandiri di sekolah (biasanya pas belajar biologi dan kimia) maupun di rumah sepulang sekolah, dan tentunya pas liburan. Gue juga bimbel untuk ngasih drill soal. Gue belajarnya juga rutin tuh. Alhasil gue berhasil ngedapetin skor 65 dari SPMB gue.

Nah sekarang gue punya tips untuk kalian yang pindahan dari IPA yang mau masuk jurusan IPS.

  1. Lo wajib aware sama skills lo dalam Kemampuan Dasar. Wajib asah yang kurang. Sebaiknya belajar dari akarnya dan bukan asal hafal rumus/hafal cara ngerjain soal. Soal Kemampuan Dasar yang ada sekarang itu standarnya udah jauh lebih tinggi daripada pas SPMB gue dulu. Akan bagus banget efeknya (gak cuma buat ujian PTN) buat lo untuk belajar dari dasarnya.
  2. Untuk pelajaran IPS, akan makan waktu yang agak lama karena materinya banyak. Waktu adalah harga yang lo bayar untukunderstanding materi ini. Bagus loh kalo lo belajar dari materi-materi per Bab dari tiap pelajaran yang ada di zenius.net karena udah lengkap dan ok. Sebaiknya jangan hanya ngandalin buku ringkasan maupun latihan soal per se. Lebih bagus lagi kalo lo bisa cari informasi tambahan sendiri dari wikipedia berbahasa Inggris, ini bisa memperkuat konsep lo tanpa asal hafal. 😀

Wisnu OPS

WISNU OPS

Kalau ditanya gimana perjuangan gue dulu waktu SMA, sebenernya gue agak bingung mau cerita dari sudut pandang apa. Tapi kira-kira gini deh. Waktu SMA sebenernya gue nggak pernah bener-bener tau mau masuk jurusan apa. Gue cuma tau kalau:

(1) Gue suka Fisika

(2) Kayaknya ITB keren

Btw, Fisika yang gue suka itu bukan Fisika pelajaran sekolah. Bahkan, nilai Fisika di sekolah gue jelek-jelek. Hehe.. (Jaman gue, belum ada SNMPTN undangan. Jadi gue bisa agak cuek sama nilai sekolah.) Yang bikin gue suka sama Fisika itu adalah buku-buku di luar buku pelajaran sekolah. Kadang-kadang minta surat izin ke nyokap buat nggak sekolah, terus gue cabut aja ke Gramedia, baca-baca di sana. Ada yang gue beli juga tentunya, terus baca di rumah. Tapi banyak juga yang cuma baca di sana sampai habis 🙂

Jadi... gue suka Fisika, dari dulu. Selain itu, gue juga suka nge-Band. Waktu SD posisi gue di bass, SMP pindah ke gitar, SMA balik ke bass lagi. Nge-band itu menurut gue asik banget. Mulai dari ngulik lagu, latihan sendirian di rumah, latihan di studio sama temen-temen, ketawa-ketawa bareng, ikut audisi, manggung di berbagai tempat, dll. Itu seru abis. Di rumah, gue punya bass. Biasanya bass itu gue pakai untuk ngulik lagu, latihan sendirian, atau main-main aja. Gue bisa menghabiskan waktu berjam-jam di kamar cuma buat main bass.

Nah, tapi pas kelas 12 nih... gue rasa gue harus fokus belajar supaya bisa masuk ITB. Meskipun belum tau pasti mau ambil jurusan apa, tapi gue tau pasti kalau gue harus masuk ITB. Dan kalau gue mau fokus belajar, kayaknya harus ada kegiatan gue yang dikorbanin: nge-band. Jadi, selama satu tahun itu gue nggak nge-band sama sekali. Bahkan, gue minjemin bass gue ke temen gue selama satu tahun penuh. Soalnya gue tau, kalau ada bass itu di kamar, bawaannya pengen main melulu. Bisa berjam-jam gue main bass, terus nggak belajar. Hehe...

Belakangan gue tau sih bahwa minjemin bass ke temen gue itu adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah gue buat. Karena dengan kita meng-eliminasi distractions, kita jadi bisa lebih menahan godaan untuk nggak ke-distract dan tetep fokus sama hal yang lagi kita kerjain. Kalau mau, cobain aja. Apa distraction terbesar lo dalam belajar? Hilangin itu, nanti performa belajar akan meningkat.

Di kelas 12 ini, gue awalnya nggak terlalu mikirin mau ambil jurusan apa. Kalau ada orang-orang yang nanya, paling gue jawab "Fisika ITB kayaknya". Itu aja sama guru-guru SMA udah dianggap tinggi banget. Maklumlah, dari SMA gue yang bisa masuk ITB biasanya nggak lebih dari 2 orang. Yang masuk Elektro ITB apa lagi. Dulu, yang gue lakuin cuma belajar maksimal aja, sama persis sama tips yang ditulis Glenn di 7 langkah belajar SBMPTN. Gue ngerjain tes PTN tahun-tahun sebelumnya, bahkan sampai soal-soal tahun 1978 juga gue kerjain. Hehe..

Di awal-awal kelas 12, nilai try out gue nggak terlalu bagus. Tapi lama-kelamaan, performance gue meningkat. Di semester dua, nilai try out gue udah bagus banget. Dan kalau dibandingin sama anak-anak dari sekolah lain (terutama anak-anak SMAN 8 yang juga milih ITB), ternyata nilai gue juga termasuk sangat tinggi.

Pas mau milih jurusan. Akhirnya gue tanya-tanya ke beberapa kenalan. Lewat telp aja. Ada kenalan gue yang kuliah di Teknik Elektro, ada yang di Teknik Fisika, dll. Gue tanya-tanya aja seru nggak di sana, dsb. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya gue memilih Teknik Elektro ITB di pilihan pertama, Fisika ITB di pilihan ke dua. Eh, ternyata diterima di Teknik Elektro ITB.

Yaudah, sekian cerita gue 🙂

PS: Setelah itu, temen gue ngembaliin bass gue. Gue pun bisa dengan enjoy main bass di kosan, dan mulai nge-Band lagi. Yeah 🙂

Wisnu Prasetya (WisPras)

WISNU PRASETYA

Jadi dulu kalau gue pas SMA, persiapan yang gua lakuin untuk menghadapi SNMPTN waktu itu sih cuma nonton zenius multimedia aja. Tapi selain itu juga banyak juga waktu yang dikorbanin soalnya kan emang butuh waktu lumayan banyak buat abisin zenius multimedia. 

Cara ngeluangin waktu biar lebih banyak waktu itu sih ada beberapa waktu itu: Pertama, Suka ijin & bolos dari sekolah (ini beneran serius, gua ijin dan kadang bolos sekolah buat belajar sendiri SBMPTN!). Selain itu, gua  juga bahkan suka bolos dari bimbel zenius supaya bisa dalemin sendiri materi pake CD zenius (jaman gue belum ada zenius.net, baru ada CD). Nah terakhir, gua juga ngurangin main dan sosialisasi yang gak perlu.

Kalau untuk memaksimalkan proses belajar gue sendiri waktu itu juga ada beberapa:

  1.  Banyak-banyak sosialisasi yang nge-support mood & semangat belajar (sosialisasi sama temen-temen yang bisa diajak belajar bareng, sosialisasi sama temen yang bisa ngasih support)
  2. Pastiin semua komponen lingkungan ngerti akan kondisi gue (lagi fokus buat ngehadepin SNMPTN)
  3. Pastiin tujuan akhir gue tuh emang yang gue pengen banget
  4. Pastiin ada mood booster (bisa keluarga, temen, pacar, PS3, film series, makanan enak, apa pun lah yang rewarding)
  5. Kalau belajar tuh selalu inget konteks general akan apa yang dipelajarin walau pun lagi belajar hal yang detail banget (jadi gak pongo aja mantengin layar berusaha ingetin apa yang tutor zenius bilang kata per kata)

Paling itu aja sih. Dan jangan lupa percaya diri aja, kalau engga ngaco juga tuh pikiran bisa kemana-mana. Dalam upaya gue nembus SNMPTN (sekarang namanya SBMPTN), gua 2x diterima, pertama STEI ITB (2010), kedua Fakultas Kedokteran (International) Universitas Indonesia(2011).

Wilona Arieta

WILO

Jadi, gue ikut SPMB 2 kali. Tahun pertama gue gak dapet, trus nganggur setahun, baru tahun kedua dapetnya. Nah, selama setahun gue nganggur, gue cuma ikut bimbel aja. Kebetulan ikut bimbelnya di zenius-X kelas Alumni. :p

Di tahun pertama, gue ngerasa gue udah belajar gila-gilaan tapi nilai TO gue selalu berkisar di angka 40-an, pernah dapet 50-an cuma sekali. Ahahaha. Tapi gue tetep nekat milih FKUI. Yakali deh bakal dapet :p Jadi, dulu gue orangnya delusional gitu, dan itu juga sejujurnya ada pengaruh dari guru bimbel gue dulu yang bilang kalo

“Ada kok anak yang TO-nya biasa-biasa aja, tapi pas SPMB ternyata dapet di pilihan pertama. Jadi, tenang aja.”

Yak! Dan gue berharap gue-lah “anak” itu. Rasanya jadi pengen ketawa lagi kalo inget-inget.

Nah, dulu gue kemakan tuh sama motivasi-motivasi yang salah. Lo jangan sampe ada yang gitu ya. Sebelum lo menghadapi tes masuk PTN, lo mesti bener-bener tau dulu kemampuan lo itu di mana. Dan nggak ada tuh yang namanya santai-aja-nanti-juga-dapet. (Kalo lo yang tipenya kayak gue ya, yang emang belum menguasai pelajarannya. FYI, gue cuma jawab 3 soal Fisika di SPMB tahun pertama dan itu juga ada yang salah)

Lo harus emang gila belajarnya kalo lo mau dapet PTN yang emang lo pengen. Kecuali kalo lo nggak punya PTN yang lo mau banget ya beda lagi ya. Hehe.. Pas gak dapet di tahun pertama, barulah gue sadar bahwa gue tolol dan gue nggak sadar akan hal itu sebelumya. :p Dan akhirnya gue memaklumi diri gue sendiri.

Akhirnya, gue lebih bersemangat deh di tahun kedua. Dan mulai memperbaiki cara belajar gue yang salah.

Di zenius-X gue mulai belajar dengan benar. Pelajaran yang gue paling gak bisa (Fisika) mulai gue pelajari dari awaaal banget, bener-bener dari konsep dasar. Kayak bedanya kecepatan dengan percepatan apa, dst. Dan bab-bab yang tadinya gue skip gak gue baca karena susah, mulai gue pelajari sedikit-sedikit. Sampe akhirnya gue mulai ngerjain soal-soal SPMB dari tahun 1994-2006 tanpa ada yang gue skip. Kalo ada yang gak tau, gue cari sampe dapet atau kalo udah mentok ya nanya. (dulu pas jaman gue belom ada  persiapann sbmptn di zenius.net soalnya, jadi susah kalo mau cari penjelasannya. Hehe)

Nah buat Matematik. Karena gue suka banget, jadi target gue bisa jawab semua soal dengan bener.

Awalnya, gue ngerasa udah ngerti, tapi pas dikasih soal yang diplintir, gue ternyata gak bisa. Trus gue nemu obat yang mujarab, gue ngerjain buku “I am What I am” (modul dari zenius-X) yang isinya Kapita Selekta Matematika. Soal-soal di buku itu sekarang udah ada di zenius.net.

Nah tiap hari, kapanpun, di manapun gue selalu ngerjain buku itu sampe 2 kali. Gak tau kenapa tapi gue ngerasa jadi pinter abis. Ahahahah seneng banget loh. Dan jangan cepet-cepet buat liat/ nanya pembahasannya dulu sebelum lo nemuin sendiri. Karena menurut gue, kalo lo ngerjain soal yang emang bagus dan bisa nemu jawabannya sendiri, konsep dan runutan berpikirnya akan lebih ketanem di otak lo dan susah buat lupa. Kalo jawabannya cuma lo denger dari orang lain kan bisa aja saat itu lo ngerti, tapi besok-besok lupa.

Udah deh. Tahun kedua akhirnya gue bisa masuk Universitas Indonesia lewat jalur SPMB.

Jadi intinya, ada anak-anak yang emang nggak perlu effort terlalu banyak dalam menghadapi SPMB karena udah jenius lah gue sebutnya (cara mikirnya udah bener dan hampir udah gak bermasalah di pelajaran), tapi itu bukan berarti mereka gak belajar. Sebelumnya mereka udah belajar duluan, dan udah ngerti, dan nggak lupa. Jadi, bisa keliatan agak santai pas mau tes PTN.

Buat lo yang emang butuh effort buanyak kayak gue, jangan kebawa sama orang-orang yang gue sebut di atas. Mereka emang udah menguasai materinya, jadi hadiahnya ya bisa santai. Nah, lo dan gue WAJIB untuk belajar lebih gila. Mulai pelajarin materi-materi yang lo takut. Jangan ditumpuk karena semakin banyak yang lo gak ngerti, semakin lo puyeng. Mulai aja pelajarin satu per satu. Kalo konsep udah oke, mulai ngerjain soal-soalnya.

Dan catatan satu lagi dari gue. Berkuliahlah di tempat yang emang pilihan lo. Bukan karena ngikut temen, dipilihin guru, dipilihin ortu, dll. Kalo lo berencana untuk nggak kuliah dulu kayak gue, pastiin lo udah ngobrolin hal itu ke ortu lo karena biasanya kan suka nggak boleh dan disuruh kuliah di tempat cadangan dulu dan biasanya banyak anak-anak yang setengah-setengah ngejalaninnya.

Pokoknya, kalo lo punya suatu goal, jangan tanggung-tanggung buat mencapainya. Jangan setengah-setangah dan jangan cuma pengen-pengen doang tapi nggak ada usaha lebih.

OKE.

GOOD LUCK yaa semuanya. May the force be with you.

======================================================================

Nah, itulah sedikit catatan perjuangan masa lalu  dari para tutor kalian dengan SBMPTN. Bisa jadi, kira-kira hal yang sama juga lagi dilakuin sama saingan-saingan lo sekarang buat nembus SBMPTN.

Nah sekarang, kalo lo emang pengen banget masuk PTN favorit lo itu, kira-kira apa aja nih yang bakalan lo lakuin di 5 bulan waktu tersisa lo ini?

Ya apapun rencana lo buat SBMPTN nanti usahain bisa lebih keren dari saingan-saingan lo ya, dan jangan lupa, mumpung di zaman lo sekarang ini udah ada zenius.net yang siap bantu lo untuk persiapan SBMPTN, gunakanlah itu semaksimal mungkin, Oke? Hehe..

Goodluck guys!

[ Catatan Editor : Sedikit catatan dari gue (Glenn), kalo lo liat ada satu kesamaan dari setiap perjuangan para tutor-tutor di atas, yaitu adanya PENGORBANAN. Nah, sekarang apa aja sih yang udah lo perjuangkan dan korbanin buat masa depan lo sendiri?

Kalo ada yang mau ngobrol sama tutor-tutor zenius, lo bisa langsung tinggalin pesen di bawah artikel ini. Buat lo yang belum gabung jadi premium member zenius.net, lo bisa dapetin voucher zenius.net disini supaya bisa akses seluruh video pembahasan materi dan soal SBMPTN lengkap dari tahun 2002]

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Guriel adalah Online Marketing Officer di Zenius Education. Guriel mengambil gelar Sarjana di Fakultas Teknik Informatika Bina Nusantara University.
 
Follow Twitter Guriel at @gurielAMP

  • Hilmy Adam Jieta Pradana

    yg bakal gua lakuin ya berdo'a sekaligus belajar gila atau kalo gak gila belajar Semangat FTI ITB 2014!

    • Guriel AMP

      semangat men haha :))

      • Hilmy Adam Jieta Pradana

        Oke men, makasih ya 🙂

    • Salma Humaira

      wah kita saingan

      • Hilmy Adam Jieta Pradana

        tenang kuotanya ratusan, mudah2n bisa lolos bersama. Keep fair play aja 🙂

        • Salma Humaira

          aamiin, sipp 🙂

          • aldi

            Applause buat mereka berdua, 2 tahun yang lalu ngomen ini dan keterima dua-duanya 😀

          • Salma Humaira

            Kok tau sih? Wkwkwkw
            Iya nih skrg jadi kenal sama hilmi wkwkwk

          • Yudika

            really? keren bro..

          • Annisa Sofa

            kerennya mereka berdua

          • Annisa Sofa

            ih seriusan?keren bgt yo

        • keren hahaha

  • rahmadina

    hmm emang btuh prjuangan bgtt oke FKUI gw datengg!!! USAHA, DO'A..okee

  • Citra

    jujur ya kak gue salah satu anak ipa yang mau berubah haluan ke ips, pengen HI UNPAD nih. Beberapa org bilang materi ips tuh banyak banget dan (mungkin) gak bakal kekejar dalam waktu 5 bulan ini, yah gue agak hopeless sih tapi pas baca artikel diatas semangat gue mulai bangkit lagi walau sedikit. Makasih ya kak artikelnya keren dan bikin semangat lagi, mohon doanya 🙂

    • Donnita Safiera

      Halo Citra, materinya emang banyak sih. Kalo mau ngorbanin waktu lo, masih bisa dikejar. Coba liat tipsnya di komen yang gue tulis di atas.

  • Haifa Adawiah

    ini keren bgt artikel nya, bikin semangat doong :9 makasih kak :))

  • MIIIN 

    Merindiingg gue bacanya, Kaak. Suntikan semangat bgt ini mah! Hehe, soalnya semangat belajar buat SBMPTN suka pasang-surut sih 🙁 Thanks Zenius!!

  • Giva

    gue mau nanya dong ke Kak Donnita, gue kan jg anak ipa mau milih akuntansi ui, kira2 kalo gue baru belajar ips 5 bulan dr skrg telat gak sih kak?

    • Donnita Safiera

      Tergantung belajarnya gimana kalo itu sih. Kalo belajarnya ekstra keras sih bisa. Ideally:

      1. Sebelum elo intensif (post-UN, pre-SBMPTN): Lo harusnya udah ngabisin materi SMA IPS per babnya. Ngabisin yg dimaksud adalah arti ngerti konsep dan ceritanya. Kalo udah ngerti, di IPS emang ada hafalan yang memang perlu dihafal. Coba alokasiin waktu misalnya untuk belajar 1-2 bab per harinya (tergantung kesulitan materi). Ambil waktu main lo untuk belajar tuh. Gak rugilah kalau ngurangin waktu main selama setahun doang kan?

      2. Ketika waktu intensif tiba: Lo harusnya fokus di drill soal. Kalo ada yang lupa? Gak masalah. Tinggal ulang aja materi yang lupa. Yang penting konsepnya udah pernah lo pelajari di beberapa bulan sebelumnya, jadi lo pas masa intensif udah bisa fokus sama yang kurang-kurang. Poin plusnya, kecemasan dan deg-degan lo berkurang jauh juga dibandingin yang belajarnya SKS.

      3. Jangan lupa, mentang mentang mau ke jurusan IPS, bukan berarti Kemampuan Dasar lo tinggalin yah. Ini super duper amat sangat penting lho!

      • bela

        kemampuan dasar apa kak maksudnya?

        • Donnita Safiera

          Ituloh yang dites hari pertama: Matematika Dasar, English, Bahasa Indonesia. 🙂

          • IB

            kak donita dri ipa ke ips ambil ipc atau ips?
            sbenernya klo buat sbmptn 2014 itu klo kita ank ipa mau ambil jurusan ips aja brarti gag perlu ambil ipc? jdi kita blajar ips aja yah kak?

          • Donnita Safiera

            @IB gue langsung ke IPS waktu dulu, karena dulu gak ada jurusan IPA yang gue minati.

            Kalo lo mau ambil jurusan IPS 'saja', ya berarti gak perlu ambil IPC. IPC itu buat ambil jurusan IPA dan IPS.

          • IB

            kak donita help gw anak ipa tpi sbmptn ambil ips. kmampuan ipa gw jelek, jdi
            kudu fokus unas bner{klo g, bneran g lulus gw -_-''}, bru hbis unas bsa
            blajar sbmptn ips? apa kyak bgitu g papa?

      • Syifa

        SKS di sini semalam atau dua bulan?

      • Anisa Toybah

        ka bonitaa aku mau nanya. aku baru mau sbmptn taun depan. hehe. gpp kali yah.
        aku sama kaya kakak. mau crossing path ke ips. bedanya aku mau ngambil sastra inggris unpad. berhubung aku mau masuk ips, belajar buat un juga jadi kurg semangat, di tambah nnti kan hasil un yg gede jg ga bakalan ngaruh. pikiran fokusnya ke sbmptn mulu. bagaimana ini kak ?? .__.

  • Ardi Holmes

    kadang gue suka jenuh dan bosen nih ngeliat angka" pas belajar pake di xpedia ,gimana ya bang ???

    • Guriel AMP

      ini kyknya masih berhubungan sama artikelnya @wisnuops:disqus deh yang tentang motivasi, coba deh lo baca dulu http://www.zenius.net/blog/2166/apa-sih-yang-bikin-kita-termotivasi

    • samsul

      mungkin lo butuh refreshing men.
      woles lah, kan masih ada tahun depan

      • Ardi Holmes

        ini juga udah nunggu satu tahun bro 😀
        makanya pelan pelan udh h mulai di biasain berpatu dengan angka hehe

  • -therealevanleo-

    Waaaaah, gila dah inspired banget Kak WisPras, Kak Donnita, Kak Wilona, Kak Wisnu. Semoga gua bisa nyusuk kek kak Wilona, dah. Sama loh kak, gue masih bloon banget matkimfis(kalo gue) agak takut sih 5 bulan lagi, baru kenal zenius tuh kemaren dan sekarang cuma member premium doang. Takut pasti, tapi harus semangat!!!!! Masa cewe aja bisa, cowo gak bisa?hehe;-) doain aku ya kak tutor;)

    • Guriel AMP

      zeniusnet juga gue rasa udah bisa sangat ngebantu kok, asal lo bener2 tontonin tuh videonya dan jgn lupa sering2 latihan soal biar makin oke.

  • Bayu Satria Darmawan

    bang, tutor zenius ada yang dari informatika itb ga???

    • Ada. Itu sabda, yang ngisi rekaman Matematika, Fisika, dll untuk persiapan SBMPTN. Dia Informatika ITB.

  • January Arka

    waah saya juga lagi jalanin kaya kak wilona arieta. ceritanya mirip sama yang gw alamin 😀 waah semoga bermanfaat deh udah baca artikel ini 😀 thx zenius 😀

  • Mokhamad Arif Saifullah

    psikologi UI aamiin!! btw, maksudnya belajar keras tuh kalau berdasarkan pengalaman kalian gimana sih ? apakah harus belajar nonstop 24 jam ? hahaha soalnya gw kalau lagi semangat abizzz suka lupa waktu tidur,makan, dll..

    • Guriel AMP

      buset, kalo 24jam nonstop mah gue bisa jamin kalo hidup lo ga bakal bisa bertahan sampe SBMPTN nanti 😀

  • ubaidillah

    wkwkwk gua baru sampai mana ya???

  • Azzzka

    Kok nggak ada ceritanya kak Sabda? Yang rank dikelasnya dibawah banget tapi masuk STEI ITB itu? :3 :3

    • Guriel AMP

      nah itu ntar ya di artikel selanjutnya

      • Ridhwan

        ditunggu bang haha

  • maya

    gangguan terbesar gue adalah internet kak,kalo udah buka satu website aja ntar gak kerasa aja gua udah ngbisin waktu berpetualang entah ke mana2 dan zeniusnya gua lupa-.-

    tapi kalo gua korbanin internet gimana gue mau belajar zenius.net ? -_-

    • Hehe... mungkin lo bisa coba nge-block beberapa website yang lumayan mengganggu. Jadi tetep bisa buka zenius.net dan nggak kegangu dengan browsing-browsing. Barusan gue googling dikit ketemu cara nge-block website. Lihat aja kalau mau coba.

  • Aulia Fusiana Ornawati

    kak, nich aku lulusan SMK jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). kira-kira klau gue kuliah ambil jurusan manegemen syariah gmana yach ?
    lumayan seneng ama pelajaran matematika sich. smpai wktu UN nilai matematika ku dpet 10. hehehe (gk mksud pamer nich..) gue udah lulus 1 tahun yg lalu. nyambung gk yach, ama jurusan kuliah yg gue pilih ? mohon saran nya donk kak.. terima kasih 🙂

    • Donnita Safiera

      @auliafusianaornawati:disqus
      Ini nyambung-gak nyambung perihal lo milih jurusan itu kan?
      Kalo menurut gue, lo tinggalin urusan nyambung-menyambung ini kalo kita mau milih jurusan.

      Kalo menurut gue ya, ambil aja jurusan yang emang ilmunya kepingin lo gali --terlepas dari nyambungnya jurusan itu sama past experiences lo. Menurut gue rasa penasaran/rasa suka sama sesuatu adalah modal yang besar untuk kita milih jurusan.

  • sari

    kak kalo gangguan terbesar gue itu smartphone, brarti gue harus ngindarin smartphone sesering mgkin ya?
    apa gue harus tuker sm hp yg fiturnya biasa aja, yg cuma buat nelpon dan sms?

    • Guriel AMP

      nah ini rada susah juga sih, paling lo bisa titipin ke siapa dulu gitu smartphone lo pas lo lagi belajar. tapi kalo itu ga efektif juga dan emang ngerasa harus tuker sama yg bs cm tlp/sms, ya mau gimana lagi? 😀

  • fadil

    kak mau tanya apa pas sbmptn nanti ngambilnya itu harus linier?. Soalnya ku dapet info di koran kalo smk tata boga ga boleh ngambil politik , Ipa pas sma harus ngambil prodi ipa kalo yang ips gitu juga.

  • Amin

    bang wisnu, kenapa lo lebih milih teknik elektro ketimbang teknik fisika ? apa aja yg lo pertimbangin waktu itu?

    • Lupa euy. Hehe... Paling yang gue inget adalah cerita kenalan gue yang di Teknik Elektro itu lebih seru dibanding cerita kenalan gue yang di Teknik Fisika. Kalau nggak salah, dari awal masuk Teknik Elektro pun gue udah kebayang kalau mau ambil subjurusan Teknik Telekomunikasi, Sementara kalau jurusan lain belum terlalu kebayang. Jadi, yaudah deh... ambil Elektro aja.

  • Aziz

    kalo lagi ada ujian2 kayak praktek atau akhir sekolah gmn cara nya biar ada waktu buat belajar yaaa? sumpah masih ngerasa kurang persiapan di banding anak2 lain yang memanfaatkan waktu nya skrg ini..

  • Samudera

    kalau gue baca ini tuh, jadi inget posisi gue sekarang, jadi gue udah 2x ikut snmptn (sbmptn) dan gagal, ngerasa bego sih, pake banget, taun pertama gue masih ngerasa bego banget, klo guru ngajar tuh ngerti tapi klo nemu soal yang ribet dikit ya tetep aje. Taun kedua gue nemu zenius, mulai deh gue ulik di zenius.net, lumayan gue nemu cara belajar yang bener sama paham dah konsepnya, tapi gue belum sempet belajar latihan soal yang banyak, soalnya gue nemu zenius iu sekitar 5bulan sbelum sbmptn, tapi gue diterima di politeknik negeri yang jurusan nya kata orang keren, gue ambil trus bertahan ampe skarang, seru sih tapi gue sering boring sama matkul yang ada, jadinya stengah2 juga, jurusannya itu bukan yang bener2 gue mau, minta sarannya dong mending gue coba taun ini atau gue tunggu ampe gue lulus baru gue ambil kuliah lagi? *Haha curcol banget

  • Nur Tri Wibowo

    Tahun lalu cuma ikut tes SBMPTN: gagal karena gak belajar dan lebih mentingin kerjaan. Setelah ngumpulin niat buat kuliah dan beli voucher zenius saya jadi belajar rajin banget di https://www.zenius.net/cg/45/sbmptn-snmptn-simak-ui-ujian-mandiri. Terima kasih zenius. :v

    Ditunggu cerita tutor-tutor yang lainnya. 🙂

  • Muhammad Mugni Hadi

    Kak, kalo mau masuk Fasilkom jurusan Sistem Informasi UI berarti perlu garap materi yang IPS juga gak? agak bingung soalnya yang ini

    • Donnita Safiera

      @muhammadmugnihadi:disqus

      Kalo Fasilkom bukannya SBMPTN IPA yah? Kalo iya, berarti lo diuji kemampuan IPA.

      Belajar IPS buat iseng sih boleh aja 😉

  • barby

    nunggu artikel tentang persiapan SBMPTN dari bang sabda.. 🙂 tapi memang akan dibuat kan artikelnya bang/kak?.. :/

  • Muhammad Ghudafa Taufiq Akbar

    Catatan perjuangannya gak termasuk kakak tutor seniornya, Kaya kak Yoki sama kak Prasdianto juga kak Sabda. . Update dund

    • Guriel AMP

      yoi, ntar yg itu nyusul men.

  • ayu

    kak, saya anak ipa, kalau mau mengejar waktu 5 bulan untuk belajar ipa terutama fisika dan biologi, materinya dapet semua ga? soalnya tugas dari sekolah juga banyak,

  • Hinsa Simatupang

    Hahahaha Sankyuuuu 3:D

  • Duma

    gak nyangka ternyata tutor zenius juga dulunya pake zenius 😀 baru tau, oiya bang gue pengen banget nih tembus kedokteran UNPAD taun ini, udah mulai belajar pake zenius,net dr januari tp ada mulu distractionnya -__- kaya komputer rusak lah atau yg lain. 5 bulan menjelang sbmptn ini bakal cukup ga yah buat ngabisin semua video bagian sbmptn di zenius.net??

  • Duma

    ditunggu ceritanya bang sabda, inspired bgt cerita2nya pas gua dengerin di bagian zenius learning and xpedia guide.. 😀

  • Ifan afiansa

    mau tanya sama Kak Wisnu ops, kalo kata kakak harus ngurangi distraction, ya secara karena gue udah kuliah dan pengen coba SBMPTN lagi taun ini, apa kuliah itu termasuk distraction juga ? gue buat ngadepin SBMPTN taun ini sampe ngerelain ngambil SKS dikit, cuma ngambil 16 dari 24 SKS, menurut lo kak keputusan gue yang udah gue ambil udah bener ? ada tips lain nggak khusus buat yang udah kuliah tapi pengen nyobain SBMPTN lagi ? thanks 🙂

  • Trisyana Kurnia

    Mau tanya nih sama Kak Donnita, gimana ngebagi waktu belajar buat UN yang IPA sama SBMPTN yang IPS? apalagi ditambah rumor UN tahun ini bakal lebih susah karna ada campur tangan PTN dan nentuin buat SNMPTN undangan. Kan materi IPS banyak materi UN juga belum menguasai. Soalnya gue juga mau pindah haluan ke IPS kak, thankyou

    • Donnita Safiera

      @trisyanakurnia:disqus Kalo zaman dulu sih emang gue suka motong waktu belajar IPA di kelas buat belajar IPS. Kalo gurunya lagi galak, ya gue sefokus mungkin belajar IPA di kelas untuk minimalisir pengulangan di rumah. Gimana pun juga bukan berarti pelajaran IPA ditinggal samsek. Gue lebih fokus belajar IPA di bimbel karena mirip belajar private aja (belom ada zenius.net dulu). Kalo pake zenius.net juga enak tuh materinya udah mencakup materi UN IPA tanpa harus repot-repot belajar dari buku IPA sekolahan. (Bukannya gue bilang buku itu gak bermanfaat yah, tapi kan keadaan gue terbatas waktu karena harus ngejar materi IPS).

      • Trisyana Kurnia

        Thankyou kak masukannya 🙂 iya gue udah pantengin zenius.net tiap hari kok lebih efisien hehe

  • Fajar

    Suka banget sama ceritanya Ka Wisnu. Kurang ceritanya Ka Sabda aja ni ! hehe

  • Mr.Einstein

    Wah, Menarik banget tuh, Inspiring banget Ceritanya kak Donnita, Gua juga anak IPA yang mau Crossing ke IPS, Nah itu dia kak Udah tinggal 5 bulan tapi gua baru belajar Materi IPS baru 1/4nya trus Kemampuan dasar gue juga baru dapet target 50% , minta Tipsnya dong kak Donnita gimana Bagi waktu ngejar Babnya, Kalo gua sih "OPTIMIS" lah Pasti sesuai target, Soalnya gua udah ngorbanin waktu tidur Gua dari Bulan Januari kemarin, Gua cuma luangin waktu buat tidur 5 Jam aja, Tapi Gua butuh tipsnya nih Buat bagi waktunya tu Materi (antara Materi IPS dan nyelesain Kemampuan dasar).
    Thank you kak 😀 !!

    • Mr.Einstein

      Jawab please kak 😀
      Thank you !!

      • Donnita Safiera

        @Mr.Einstein

        Kemampuan Dasar gak ada excuse apa pun untuk ditinggal yah, hehehe. Ini fokus utama banget. Cara belajar bisa banyak Di kelas wajib super-fokus, di zenius.net wajib khatam (khatam konsep yah, bukan khatam ngafal :D), wajib haus terus akan soal, coba pecahin soal rame-rame, dan coba ngajarin temen lo. Kalo lo berhasil ngajarin orang, efeknya bagus banget buat understanding lo sendiri loh akan konsep yg lo ajarin.

        Belajar Kemampuan dasar bisa dilakuin secara paralel sama belajar IPS. Kalo gue dulu sih pas pelajaran IPA di kelas (Bukan pas pelajaran Mat, Indo, Inggris), tapi ati ati jangan sampai UN IPAnya keteteran juga. Dan ati ati sama guru killer tentunya. Kalo ga sempet gue pelajarin di kelas, gue akan belajar itu setiap malem sampai habis 1-2 bab per hari tergantung kesulitan materi. Pas weekend bisa lo kejar 2-3 bab per hari tergantung kesulitan materi dan tingkat kejenuhan lo. Btw lo bisa belajar dengan banyak hal, kayak denger video, mencoba ngeringkas, coba jelasin orang lain, dst.

        Kalo bagi waktunya, gue akan pelajarin dua-duanya secara bersamaan. Tapi alokasi waktu gue akan gue banyakin buat yang Dasar.

        Dan hati-hati dengan jam tidur. Orang beda-beda sih, tapi kalo gue tidurnya kedikitan gue selalu lemot paginya. 😀

        • Mr.Einstein

          Hemm , Gitu ya kak

          Emang ya sih dalam Satu Hari itu Gua juga pelajarin Baik Kemampuan Dasar(Semua matri kemp.Dasar) sama IPS(semua matri IPS)nya tapi kadang karena banyak :"makan" materi dari beberapa subject pelajaran itu bikin gua agak ngeBlank Pas mau Ngulang tuh materi di hari besoknya kak, .
          Emang sih belajar tu yang penting Kualitasnya bukan Kuantitas kan kak? Jadi ada masukan gak Kak, misal gua putusin bkin jadwal gini dlm satu hari gua ckup belajar:
          1.kemampuan dsar (mtk,indo, inggris)
          2. salah satu Subjek IPS(ekonomi/geogrfi/sejrh/sosio)
          menurut Ka Donita tu udah cukup efektif gak sih Mengingat Materi IPS itu Seabreg(gak juga sih menurut gue asal mau baca :D) dan Gua Cuma punya Pegangan di Ekonomi aja karena waktu kelas 10 Gua beberapa kali ikut Olimpiade Ekonomi dan konsepnya masih nempell banget 😀

          Thanks kak Donnita 😀 !! Mohon dijawab ya !

          • Donnita Safiera

            @Mr. Einstein.

            Iya kualitasnya penting. Maksud gue juga sebenernya sehari belajar Dasar dan IPS bukan berarti semua materi Dasar dan semua materi IPS sih :p kayaknya kalo kayak gitu lo bisa masuk rumah sakit deh. Hahaha

            Jadwal yg lo buat sih ok aja, tapi efektif or nggaknya akan tergantung sama elonya. Kalo jadwal di atas ternyata gak bekerja dgn baik, lo harus eksperimen ubah ubah gaya belajar/proporsi jadwal belajar itu sendiri.

            Bagus kalo emang ada pegangan di salah satu materi IPS, that's a plus and it will save some time. :))

          • Mr.Einstein

            Sipp Kak Donnita, keren dech !! 😀
            Emm diatas kakak bilang metode meringkas? emng itu efektif kak? kalo boleh tau Dulu Waktu belajar IPS buat SPMB kakk Pake metode belajar kek gimna kak? soalnya gua Masih kesulitan "Makan" satu bab materi geografi dalam sehari tuh keknya harus baca berulang-ulang mulu gitu baru dapet konsepnya , Bagi metode bljrnya dong kak hheee 😀

            Satu lagi nih, Hemm apa yang ada di Benak kakk waktu dulu Plih Akun atw Manajemen UI ? secara kan Bagi anak IPA ,Ekonomi tuh tabu banget kak? atw dari kelas X tw XI kakk emang udah lirik Itu jurusan kak???

            Tolong di jawab ya kak 😀 Thank you !!! (y)

          • Mr.Einstein

            Please Jawab Koment aku diatas ya Kak Donnita 😀
            Sama pengin tahu nih ceritanya Sabda kok gak diPosting sih 😀 ditunggu dah 😀 !!!

  • sandy p

    cerita bang sabdaps nya mana nih mau denger

  • andinia

    mau nanya dong ke kak wisPras..msdnya kakak thn 2010 kuliah di STEI ITB trs thn 2011 nya pindah ke FK UI? atau ngambil dua duanya? sakti banget! amazing! hehe. sekarang udah lulus kak dari FK UI nya?

  • samsul

    kenapa semua nya pada penasaran dengan cerita sabda?

    • andinia

      soalnya dia keren

  • Chandra

    Mw tanya nih, cara ngatur waktu belajar UN sama SBMPTN gimana sih? Gw anak ipa tpi mw ambil jurusan ips bingung banget belajarnya, mw belajar SBMPTN.. materi UN belum mantep, klu belajar UN SBMPTNnya ga kesentuh.. kasi solusi dong tentor'' / yg punya masalah sama kyk gw tapi udh dapet solusi 🙂

  • Ardi Holmes

    mbk @donnitasafiera:disqus dulu cara bagi waktu untuk belajarnya gimana tuh yg pas ? 🙂 gue juga anak IPA yang kepengen ambil prodi IPS soalnya hehe

    • Donnita Safiera

      @ardiholmes:disqus

      Coba lihat reply komen gue untuk @Mr.Einstein di bawah atau @trisyanakurnia:disqus deh 🙂

      • Ardi Holmes

        oke thx 🙂

  • Noviliani Berthilda Ina Tokan

    saya mau nanya sama kk Wilona Arieta,jadi gini kk saya kemarin ikut SBMPTN 2013 dan gk lulus alhasil saya akhirnya nganggur setahun ini,tapi nganggur dalam 1 tahun ini saya gunakan untuk belajar dengan zenius. Meskipun udah belajar mati-matian bayang2 kegagalan di tahun lalu itu masih saja menghantui saya,padahal di bandikan dengan tahun lalu,tahun ini penguasaan materinya udah lebih bagus,yang mau saya tanyakan ..Gimana sih caranya kk buat lupain kegagalan dalam SBMPTN yang tahun lalu ? dan apa sih yang buat kk bisa bangkit dan percaya diri lagi untuk ikut SBMPTN lagi ? makasih kk 🙂

  • Aziz

    kira2 kalo mulai belajar dari skrg telat ga sih? soalnya kan skrg udh 5 bln sebelum sbmptn?

  • dilla

    kak dulu aku ipa..aku lulusan th 2013, aku kuliah,tp semester 2 ini aku cuti kak,kira2 aku bisa masuk teknologi pangan ugm gak ya??klo belajar mulai dr sekarang kak??

  • Hanny

    Btw gua sih anak ips, sekarang masih kelas 11. Tapi gua les ipa :''''') dan udah mulai kumpulin buku2 ipa sejak kelas 10-11 semester satu,
    ipa kelas 11 semester 2 nya gua dapet dari tempat les gua.
    Nah sekarang gua juga mulai nyiapin strategi buat sbmptn,
    doain bisa tembus yahhh.

    So, for everyone who read this. Doakan aku masuk FK UI yak mwah^^

  • sari

    gue mau nanya ke Kak Wilona dong, kakak cara bagi waktu yg efektif gimana ya? Mungkin kakak bisa ceritain gimana kakak bagi waktunya pas persiapan SBMPTN dulu. Tolong dibalas ya kak hehe 🙂 Gue jg ngulang setaun sm kayak kakak nih

  • Ihwan

    kak kalok dari IPS mau ngambil Arsitek harus ke IPA kan,, belajar yang gimana nih ka yg paling bener?

  • Muhammad Sidiq

    mau tanya nih buat mba, atau kak wilona, pas ikutan tes lagi, ngambil pilihan pertamanya jadi FKG?

  • unknown

    sabda nya mana gimana sih ga pro bgt nih kata nya mau di angkat cerita sabda kecewa nih

  • Millati Azka

    Mau nanyaa... kalau pembahasan geografi sama sosiologi yang di zenius.net itu udah lengkap belum? aku anak ipa, lg belajar ips nih hehe makasih..

  • Jangka rulianto

    soft copy nya soal kapitaselekta ada nggak ya kak soalnya d paketku cman ada pembahasan kapita selekta n soft copy soal sbmptn

    ??? bisa d donwload apa beli?

  • afi

    kalo ninggalin les piano buat belajar gmn nih? kalo ga diulang-ulang tangannya bisa kaku lagi-.-

  • kurniawan

    waduh udh tinggal brpa bulan lagi kira-kira kekejar gak ya buat blajar intensif untuk sbmptn sedangkan materi dari sekolah kurang sekali karena saya smk?

  • Daniel

    kalo yg suka ngisi suara video matematika sma siapa ya namanya?

  • Isnah

    Kak, gue anak IPA tapi rencananya mau nembak jurusan IPS pas SBMPTN. SNMPTN gue juga nembak jurusan IPS. Yang mau gue tanya, sekarangkan nilai UN juga dijadiin bahan penilaian buat SNMPTN, jadi mendingan gue fokus buat UN atau fokus ke SBMPTN aja?

  • doni

    kaka kasih tau perjuangan hidup joni dong

  • doni

    ceritanya jonii doongg. btw kak donita cantik...

  • Mutyaz Nur Sabila

    eliminasi distractions : gw udah deactive akun twitter...

    jadi saban mau sign in zenius.et kudu ketik email dulu

  • CINDY AISYAH FIRDIAH

    terinspirasi yaaa 🙂 tapi ini mau fokus UN dulu nih kakak kakak 😉

  • Regga Salman

    teknik mesin UI 2014 ....!!!

  • tiara

    bang, mau tanya dong... agak banyak nih, gpapa ya 😀
    buat sbmptn, bagusnya tuh kita belajar matdas dulu, atau mat ipa dulu ya?

    trus kak, saya agak bingung.. isinya matdas yg ada di zenius.net sm yg di isi konten xpedia 2.0 sm yg diblog kak glen yang 7 langkah Strategi belajar SBMPTN itu, kok isinya beda2 ya kak? sebenernya matdas itu yg bener yg mana kak?

    udah itu ajaa, tlong djawab ya kak! pleaassee 😀

  • Adiguna Wibowo

    Waahh.. bener2 ini ngemotivasi gua banget.
    Cuman gua masih bingung nih, secara.. materi SBMPTN itu banyak banget. Jadi bingung harus mulai belajar dari mana dulu ? Bagusnya gimana ya ?

  • terima kasih pjuangannya kakak tutor tuk psiapan latihan soal sbmptn

  • nisa yuliastri

    ka aku lulusan taun kemaren, dan berniat banget mau ikut SBMPTN taun sekarang. soalnya aku pengen banget masuk FKG. udah nyicil belajar dari zenius sih, tapi kemaren2 aku baru belajar matem. nah, kalo udah belajar matem terus latian soalnya dan jawabannya ga ketemu tuh suka gemes sendiri, dan lama2 jadi sebel yang pada akhirnya jadi di skip terus belajar matemnya, malah suka pindah ke pelajaran yang lain. padahal pengen banget nguasain materi, tapi yaaa suka ngerasa gemes sendiri gitu kalo ga dapet isinya. solusinya gimana tuh ka?

    • lha kan di zenius udah ada seluruh pembahasan soalnya. kalo gak ketemu, boleh gemes bentar, kalo udah yang langsung aja ditonton video pembahasannya, terus evaluasi bagian mana yg gak ngerti

  • Ridho Handoko

    bang kira-kira persiapan 4 bulan cukup nggak?
    soalnya gua baru nyadar bahwa ini semua penting untuk masa depan

    • manfaatkan aja waktu yg tersisa ini sebaik2nya. sementara kamu kelamaan galaw mikirin masih sempet belajar atau nggak, para pesaing kamu yang lain lagi sibuk belajar 😀

  • Ruslan Lee Ouichiro

    Gagal sekali di SBMPTN emang nyakitin banget. Apalagi pas lo gagal dan nganggur. Jadi merasa beban orang tua. Dan akhirnya mutusin buat kerja. Untungnya waktu itu gw inget kalo tujuan utama gw itu buat kuliah. Akhirnya beberapa bulan sebelum ujian SBMPTN yg kedua kalinya gw memutuskan untuk keluar dari tempat kerja buat belajar. Dan Alhamdulillah akhirnya berhasil.

  • ari handoko

    kak kak kalau belajarnya cuma 5 bulan ini ke kejar nggak ?

  • Isen Renaldo

    Assalamualaikum wr wb

    saya anak dari smk informatika , walaupun demikian . saya alhamdulillah sekarang bisa kuliah di teknik geofisika upn jogja . tetapi saya ingin pindah ke teknik geologi . baik itu di itb , ugm atau upn . Awalnya saya agak santai atau bisa dibilang santai banget sampe maen game terus di 4,5 bulan sebelum sbmptn . Tapi setelah tau sbmptn sebentar lg saya belajar terus setiap hari di zenius sampe2 materi kuliah ada yg ga kekejar . Makasih banget zenius , saya menjadi enak belajarnya dan ngerti konsepnya . Apa ada trik yg bisa buat saya fokus belajar dan gak males2an ? karena saya selalu ingin main dota bila didepan komputer hehehe . makasih semuanya . Semoga kita sukses

    Dan saya minta doanya ya biar bisa lulus ke teknik geologi 😀

    Aminnn

    Wassalamualaikum wr wb

  • Trian Verson Tumanan

    Memangnya knp kak dona nga mau pilih jurusan ipa? Masih menjadi misteri...
    Hahahah

  • Trian Verson Tumanan

    Hahaha,, knp bisa mirip dgn kak wisnu..
    Yg pertama itu sy suka fisika dan itb itu keren, dan yg kedua itu sy juga suka main band dan sy juga megang bass waktu pertama main band, lalu ganti drum, dan yg terakhir itu jadi gitar sambil vokalis hahahaahaha......
    Tapi saya drmh bukan hanya punya bass doang, tapi semua alat band ada ahahahahaha,, jadi apapun sy mainin dehh..
    Tapi saya masih kelas 2 SMA skarang jadi masih lama lagi sbmptnnya,, jadi bisa di bilang hampir sama dgn kak wisnu deh ahahahhaah....

    Dan pertanyaanku yg terakhir itu knp kak dona nga milih jurusan ipa?? Masih menjadi sebuah misteri...
    Hahhahahahahahaha

  • Fadhil Alfajri

    buntu men -___- gue anak smk yang sangat buntu pelajaran anak IPA , yaa mau gimana lagi gue jurusan teknik gambar bangunan di smk , dan pengen lanjutin ke jurusan arsitektur yang ada di UB , tapi yaaa gtu , gatau harus mulai dri mana belajarnya -,-

  • Dewinta Windya Kasvi

    Kak, gua dr IPA pengen ngambil soshum nanti sbmptn tp gua baru mau belajar materi soshum. Kira2 menurut lo gua langsung ngerjain soal2 tahun lalu atau gua baca dulu materi apa aja yg di pelajarin? Thanks kak

  • davin haryono

    kerrenn,darah didalam tubuh w serasa mendidih dan bertanda semangat meraih FASILKOM UI bertambah waktunya berdo'a,berjuang dan belajar fokus target FASILKOM UI PASTI BISA !!!

  • Julaiha Maha

    AKU PENGEN FK UGM !! SEMANGAT... !!

  • Elfrida Asfiya

    yeaa aslii deh gua naik nih motivasi,mudah mudahan keputusan gua nunda taun lalu dan bisa tembus UI bisaaaa doain gue zennnn,but gila deh hal yg bikin gua kesel tuh pas belajar dengerin bang sabda ngomong deuhhh bang suaramuuu saking merdunya kali yak gua ketiduran mulu hihiii

  • Yessica

    Wah makin semangat nih, doain gue masuk ITB 2016, amin!

  • Annisa Sofa

    gue kan pengen bgt masuk AGH IPB sm Sastra Inggris(blm tahu univ mana)gitu kan nah berarti gue pas sbm ngambil'a yg IPC kan?cara ngebagi waktu belajar gue buat kedua"nya gimana?apalagi waktu'a kurang lebih cuma 5 bulan

  • Nurdya Ningsih

    kak lioren, minta sarannya untuk bisa nguasain matpel yang kita belum bisa dong (contoh nya : Inggris dan Sejarah) saya suka sebel kalau belum faham akan sesuatu hal tapi kan butuh waktu juga untuk fahaminya. Sedangkan waktu menuju tes tersebut tinggal bentar lagi (menurut saya)

  • vita

    mo nanya nih kak, sory kalo pertanyaannya gak nyambung sama topik. kenapa ada beberapa video di zenius yang nggak bisa di putar setelah kitanya login? malahan pas belom login bisa diputar, pas log in, eh malah gak bisa.

  • Sri Murdiani

    Kak boleh minta kontak personnya kak wilona arieta? Klo bisa emailnya ya

  • Fahmi Aditya Riza

    artikelnya inspiratif meskipun gue baru baca sekarang , itu bang WisPras gag ribet tuh STEI ITB ama FK UI? kykny FK itu bakal sibuk sama praktek , minta jawabannya bang soalnya gue targetnya masuk FK sama FMIPA

  • Enma

    Kak Donita mau tanya2 lagi lebih jauh ni soal sbmptn n akuntansi di ui, personal chat bisa dmn kak??
    Need ur information

  • Faridatul Hidayah

    Kak Donita, maksudnya 'Gue belajar mandiri di sekolah (biasanya pas belajar biologi dan kimia)' apa? Bolos gitu? (Udah 3 th yang lalu, masih bs kejawab gak ya..)