Persiapan Belajar Menghadapi UN SMA Matematika

Artikel ini membahas tips penting untuk persiapan belajar UN SMA Matematika, dari info seputar topik materi hingga latihan soal & pembahasan sesuai dengan SKL.

Lo pernah bingung nggak sih kalau mau belajar Matematika, bagusnya belajar untuk UN dulu atau belajar untuk SBMPTN? Kalau lo ngikutin tulisan-tulisan kita di blog ini sebelum-sebelumnya (contohnya di tulisan Glenn tentang penyebab utama gagal SBMPTN), tentunya lo tau dong kalau belajar untuk SBMPTN itu penting banget dimulai sesegera mungkin.

Nah, tapi kadang-kadang nih, ketika kita lagi pengen banget belajar buat SBMPTN, ada aja deh urusan lain; mulai dari tugas-tugas, sampai Try Out UN yang diwajibkan oleh sekolah. Nggak bisa dipungkiri deh kalau Try Out UN itu kadang lumayan menyita waktu dan energi kita juga untuk belajar. Iya nggak sih? Dan pastinya bete juga kalau itu bikin kita jadi ngerasa ketinggalan di SBMPTNnya. Nah, di tulisan gue kali ini, gue mau coba ulas dikit gimana caranya mempersiapkan diri kita buat Ujian Nasional, terutama untuk pelajaran Matematika, tanpa ketinggalan di SBMPTN.

UN MATEMATIKA 2014

Sebelumnya, gue perlu ingetin dulu kalau lo jangan takut sama yang namanya UN. Bahkan kalau targetnya cuma lulus aja, lo bisa abaikan UN sama sekali dan belajar untuk SBMPTN aja. Serius gue. Menurut data tahun 2013, tingkat kelulusan UN SMA dan sederajat itu tinggi banget, yaitu 99,48%. Dan jangan lupa bahwa untuk lulus, lo cuma butuh nilai rata-rata 5,5. Kalau lo emang bener-bener ngerti sama materi yang diujikan, harusnya sih bisa dapet nilai di atas itu lah ya.

Tapi, biasanya sih sekolah nggak pengen lo lulus doang di UN. Mereka pasti pengen nilai UN lo setinggi-tingginya, karena nilai UN ini menjadi salah satu tolak ukur untuk melihat kualitas sekolah. Terlebih, bisa jadi rata-rata nilai UN sekolah menjadi salah satu penilaian untuk SNMPTN undangan. Kalau itu bener, berarti lo berkepentingan juga untuk meningkatkan rata-rata nilai UN sekolah supaya peluang lo masuk Perguruan Tinggi Negeri favorit melalui SNMPTN juga makin tinggi.

Okay… kalau gitu… mau belajar buat UN… tapi SBMPTN penting juga… jadi… GIMANA DONG?

Hehe… sebenernya antara UN dan SBMPTN nggak sekontradiktif itu sih. Asalkan, lo ikutin 3 tips di bawah ini.

1. Jangan menghafal tipe soal

Okay ini kesannya sepele, tapi gue serius banget tentang ini. Jadi gini, UN itu dari duluuuu banget sampe sekarang soalnya gitu-gitu aja. Kalau lo hafalin tipe soal yang biasa keluar, pasti survive deh. Makanya nggak heran banyak banget buku, bimbel, atau bahkan guru di sekolah yang ngajar Matematika UN pake rumus-rumus cepat, karena emang soal-soalnya bisa dihafalin dan rumusnya paling itu-itu lagi.

Nah, tapi menghafal tipe soal itu beda sama belajar beneran. Penting nih, jadi gue tekenin sekali lagi: Menghafal tipe soal itu beda sama belajar beneran. Kalau lo belajar dengan cara kayak gini, dijamin bukannya lo suka sama pelajarannya, malah lo eneg gara-gara banyak banget yang dihafal. Efek jangka panjangnya juga nggak bagus: Gara-gara pas SMA belajar dengan cara kayak gini misalnya, lo sampe tua jadi nggak suka belajar dan cenderung cari shortcut aja untuk ngerjain apa-apa. Hmmm… jangan sampe deh. (Note: baca tulisan gue tentang apa yang bikin kita termotivasi deh kalau mau tau kenapa belajar dengan cara ini nggak bikin kita termotivasi secara intrinsik)

 2. Kuasai materi per bab

Next, penguasaan materi per bab ini kuncinya. Di persiapan SBMPTN pun kita berkali-kali menekankan kalau penguasaan materi per bab itu penting sebelum kita latihan soal campuran. Di UN juga gitu. Kalau belajar buat UN, lo harus berusaha untuk bener-bener menguasai materi per bab. Semua bab yang diujikan di UN tentunya juga bab-bab yang perlu lo pelajari untuk persiapan SBMPTN (Tapi nggak berlaku sebaliknya). Jadi, kalau lo belajar UN dengan cara ini, justru akan mendukung persiapan lo untuk tes SBMPTN nantinya.

Nah, untuk mengetahui bab apa aja yang perlu lo kuasai, lo tinggal lihat SKL. Btw, udah tau apa itu SKL lah ya? SKL itu akronim dari Standard Kompetensi Lulusan. Intinya, SKL ini adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah tentang kisi-kisi soal yang diujikan di Ujian Nasional. Jadi dengan SKL ini, lo bisa lihat tuh bab apa aja sih yang akan keluar nanti. Kalau mau melihat SKL untuk semua pelajaran, klik aja link ini.

 3. Kerjain berbagai macam variasi soal

Untuk menguasai materi, tentunya lo harus latihan soal dong. Nah, mentang-mentang belajarnya buat UN, variasi soalnya jangan terbatas soal-soal yang keluar di UN aja. Kalau begitu, nanti ujung-ujungnya lo jadi menghafal tipe soal lagi. Nah, supaya nggak kayak gitu, coba deh kerjain berbagai variasi soal di luar soal-soal yang sering keluar di UN. Karena dengan mengerjakan berbagai macam variasi soal, pengertian lo terhadap bab yang lagi lo pelajari juga makin kuat.

***

Okay. Setelah  baca tips di atas, sekarang kita lihat deh list video di zenius.net yang bisa lo tonton untuk mempersiapkan diri buat UN ini sesuai dengan tips yang lo baca tadi. Terus SKL-nya bisa lo lihat juga dalam bentuk tabel Kompetensi dan Indikator di bawah. Jadi setiap link ke video zenius.net di bawah ini udah dibuat sesuai dengan SKL-nya. So…. tonton aja langsung yah. Ini listnya:

 

Postulat Dasar Matematika

Materi ini nggak ada di SKL, tapi ini konsep dasar matematika yang penting buanget untuk dikuasain. Jadi, gue menyarankan untuk belajar matematika dari sini dulu sebelum belajar bagian lain-lainnya. Setelah ini, baru deh kita masuk ke SKL-nya di bawah ini.

SKL-1

SKL-2

 

SKL-3

SKL-4

SKL-5

 

SKL-6

 

***

Sip. Itu semua adalah list teori dan latihan soal per bab yang perlu lo kuasain. Berikutnya, untuk ngetes apakah lo udah bener-bener siap UN, tinggal kerjain aja soal-soal UN dari tahun-tahun sebelumnya. Di zenius.net juga ada kok soal dan video pembahasan Matematika UN SMA IPA dari tahun 2002-2013. Di link itu juga ada Prediksi Matematika UN SMA IPA 2014. Tinggal dikerjain soal-soalnya, terus tonton deh pembahasannya.

Okay deh gitu aja… Selamat Berjuang yah!

[Catatan Editor: Kalo diantara lo ada yang mau ngobrol atau nanya ke Wisnu, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Buat lo yang belum gabung sama zenius, pastiin diri lo gabung sama kita dengan sign-up zenius.net disini]

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.