Klasifikasi Kingdom Animalia - Materi Biologi Kelas 10

Klasifikasi Lengkap Kingdom Animalia – Materi Biologi Kelas 10

Hi, Sobat Zenius. Di artikel ini, gue mau ngajak elo buat ngebahas materi klasifikasi kingdom animalia kelas 10, mulai dari jenis hingga peta konsepnya.

Sebelumnya, gue mau tanya dulu nih, siapa di sini yang pernah ke kebun binatang? Pasti sebagian besar pernah ya. Hewan- hewan yang ada di sana masuk dalam satu klasifikasi yaitu kingdom Animalia, lho.

Kira-kira apa sih pengertian kingdom Animalia dan siapa aja anggota yang tergabung di dalamnya? Kenapa manusia dimasukkan ke dalam kingdom yang satu ini ya? Penasaran? Yuk, kita simak bersama-sama!

Apa Itu Animalia?

Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan kingdom
Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan kingdom. (Arsip Zenius)

Nah, sebelum gue masuk ke dalam bahasan klasifikasi kingdom Animalia lebih jauh, ada baiknya kita memahami dulu pengertian dari kingdom ini. 

Animalia adalah kingdom yang mencakup manusia dan berbagai jenis hewan. Wah, tentu saja pembahasan dari kingdom ini sangat luas ya, guys. 

Kayak yang elo tahu, hewan ada banyak macamnya, ada hewan yang berukuran kecil seperti semut hingga yang besar seperti gajah. Ada yang di daratan seperti kucing, di lautan seperti ikan, bahkan ada yang bisa terbang seperti burung.

Aduh, pasti bakal banyak banget ya, pusing nggak sih buat mengelompokkannya?

Oh tentu saja tidak. Para ahli zoologi udah punya acuannya dalam mengelompokkan berbagai hewan yang terdapat dalam kingdom Animalia ini. Ada yang dikelompokkan berdasarkan rongga tubuhnya, simetri tubuhnya, lapisan embrional, dll.


Materi Video Pengenalan Animalia dan Perkembangan Hewan

Untuk tahu dasar dari materi ini, tonton gratis video Apa Itu Animalia? dan Perkembangan Hewan di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Pelajari lebih lanjut
Masih ingat kan, kalau Animalia itu masuk dalam pembahasan Klasifikasi Makhluk Hidup? Buat yang mau baca lagi materinya, klik link berikut: Ciri dan Klasifikasi Makhluk Hidup – Materi Biologi Kelas 10

Ciri-Ciri Kingdom Animalia

Sebelum lebih jauh bahas klasifikasinya, gue mau ajak elo belajar ciri-cirinya dulu, nih.

Saking banyaknya anggota kingdom Animalia, kita harus paham sama ciri-cirinya. Hal ini untuk mempermudah elo dalam mengklasifikasikan anggota-anggotanya nanti.

Coba deh elo bayangkan, kenapa kucing dan ikan sama-sama disebut hewan? Padahal kan keduanya sangat berbeda. Nah, jawabannya bakal elo dapatkan setelah tau ciri-ciri kingdom Animalia. Berikut ini merupakan ciri-ciri dari anggota Animalia:

  • Merupakan organisme eukariotik, yaitu memiliki membran inti.
  • Bersifat multiseluler, yaitu memiliki sel banyak.
  • Heterotrof, artinya tidak dapat membuat makanan sendiri, sehingga membutuhkan bahan organik lain untuk kebutuhan nutrisinya.
  • Motil, yaitu bisa bergerak.
  • Umumnya bereproduksi secara seksual, namun ada yang dengan cara aseksual.

Itulah yang membedakan anggota Animalia dengan kingdom lainnya. Kalau dilihat dari ciri-cirinya tentu saja Animalia lebih kompleks.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Klasifikasi Kingdom Animalia

Pengklasifikasian secara umum pada kingdom Animalia didasarkan pada keberadaan tulang belakangnya, yaitu invertebrata (tanpa tulang belakang) dan vertebrata (dengan tulang belakang).

Setelah dibagi berdasarkan tulang belakang, kingdom Animalia ini dibagi kembali menjadi 9 filum (divisi), yaitu: Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata, dan Chordata. 

Biar makin paham, elo bisa lihat peta konsep kingdom animalia pada gambar di bawah ini ya:

Peta konsep kingdom Animalia (dok: exploringnature.org)
Klasifikasi kingdom Animalia (dok: exploringnature.org)

Invertebrata

Invertebrata merupakan klasifikasi kingdom animalia yang tidak memiliki tulang belakang. Berikut ini merupakan filum-filum atau divisi-divisi dari Animalia yang termasuk dalam invertebrata.

Porifera

Porifera juga sering disebut sebagai hewan berpori atau spons. Hal ini karena sebagian besar spesiesnya memiliki kerangka dari serabut spongin, sehingga bagian tubuhnya seperti spons. 

Dengan ciri-ciri filum animalia di atas kira-kira elo bisa nggak kamu bakal menerka apa saja hewannya? Yap, betul sekali, mereka adalah terumbu karang atau bunga karang.

Banyak yang mengira filum hewan yang satu ini adalah tumbuhan, namun mereka termasuk hewan, lho. Mereka memakan bakteri dan plankton yang dicerna secara intraseluler. Tentu saja habitatnya di perairan, sebagian besar perairan laut.

Kelas invertebrata filum porifera diklasifikasikan menjadi Calcarea, Hexactinellida, dan Demospongiae. 

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Porifera yang lebih komplit, klik link berikut: Terumbu Karang (Porifera), Hewan atau Tumbuhan?.


Materi Video Porifera

Tonton gratis video materi Porifera mulai dari Struktur hingga Fungsi Tubuhnya di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Coelenterata

Filum hewan invertebrata yang satu ini memiliki dua bentuk tubuh, yaitu polip atau bentuk tabung, dan medusa atau berbentuk payung dan memiliki tentakel pada tepinya. 

Elo tahu ubur-ubur kan? Yup, organisme tersebut termasuk filum coelenterata. Mereka hidup di perairan, laut maupun tawar. Hidupnya heterotrof, mereka memangsa plankton dan hewan kecil lainnya di perairan.

Klasifikasi dari filum Coelenterata, yaitu: Hydrozoa, Scyphozoa, dan Anthozoa.

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Coelenterata yang lebih komplit, klik link berikut: Berkenalan dengan Hewan Coelenterata, Yuk!.


Materi Video Coelenterata

Tonton gratis video materi Pengenalan Coelenterata dan Struktur Dasarnya di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Platyhelminthes

Contoh anggota Platyhelminthes atau cacing pipih berdasarkan klasifikasinya. (dok: exploringnature.org)
Contoh anggota Platyhelminthes atau cacing pipih berdasarkan klasifikasinya. (dok: exploringnature.org)

Platyhelminthes diambil dari bahasa Yunani, yaitu platy yang artinya pipih dan helminthes yang berarti cacing.

Dari artinya aja elo mungkin udah bisa tebak ya, cacing termasuk hewan yang berada di filum ini. Lebih tepatnya anggota dari filum ini pasti percacingan yang bentuknya pipih. 

Kalau dibandingkan dengan kedua filum di atas (porifera dan coelenterata), platyhelminthes merupakan yang paling sempurna. Mereka termasuk dalam hewan triploblastik atau memiliki tiga lapisan sel, yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm.

Klasifikasi dari filum platyhelminthes, yaitu: Turbellaria (cacing getar), Trematoda (cacing hati), dan Cestoda (cacing pita).

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Platyhelminthes yang lebih komplit, klik link berikut: Yuk, Kenalan Sama Platyhelminthes – Materi Biologi Kelas 10.


Materi Video Platyhelminthes

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton materi lengkap Platyhelminthes mulai dari Struktur Dasar, Klasifikasi, Siklus Hidup, dan Reproduksinya di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Nemathelminthes

Hampir sama seperti sebelumnya, nemathelminthes berasal dari bahasa Yunani, yaitu nema yang berarti benang dan helminthes yang berarti cacing. 

Terus apa yang membedakan filum kingdom animalia yang satu ini dengan filum yang sebelumnya? Meskipun sama sama percacingan tapi terdapat perbedaan bentuk, lho.

Bentuknya bulat panjang, seperti benang gitu deh, guys. Oh iya, nemathelminthes udah punya rongga tubuh yang semu ya, makanya sering juga disebut sebagai hewan pseudoselomata.

Klasifikasi dari filum nemathelminthes, yaitu: Ascaris lumbricoides (cacing perut), Ancylostoma duodenale (cacing tambang), Oxyuris vermicularis (cacing kremi), Wuchereria bancrofti (cacing rambut), Trichinella spiralis.

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Nemathelminthes yang lebih komplit, klik link berikut: Cacing Gilig (Nemathelminthes), Siapakah Dia?.


Materi Video Nemathelminthes

Tonton gratis video materi Nemathelminthes (Nematoda) dan Siklus Hidupnya di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Annelida

Annelida juga termasuk jenis cacing lho, Sobat Zenius. Kalau di bahasa latin, annulus artinya cincin. Contoh dari filum Annelida adalah cacing gelang.

 Mereka mempunyai segmen pada tubuhnya. Anggota annelida sudah memiliki rongga tubuh sejati (selomata).

Klasifikasi dari filum annelida, yaitu: Polychaeta, Oligochaeta, dan Hirudinea.

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Annelida yang lebih komplit, klik link berikut: Ciri-Ciri Hewan Annelida (Cacing Bersegmen) & Contohnya.


Materi Video Annelida

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton materi lengkap Annelida mulai dari Struktur Dasar hingga Klasifikasinya di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Mollusca

Contoh hewan yang termasuk dalam filum Mollusca. (dok: exploringnature.org)
Contoh hewan yang termasuk dalam filum Mollusca. (dok: exploringnature.org)

Mollusca, dalam bahasa latin adalah molluscus yang berarti lunak. Karena tubuhnya yang lunak itulah membuatnya dilindungi oleh cangkang, ya meskipun tidak semuanya.

Cara hidupnya sama seperti Animalia lainnya, yaitu heterotrof dengan memakan udang, ikan, ganggang, maupun sisa-sisa organisme lainnya. Habitatnya di perairan dan di darat.

Klasifikasi dari filum mollusca, yaitu: Gastropoda, Pelecypoda, dan Cephalopoda.

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Mollusca yang lebih komplit, klik link berikut: Definisi dan Klasifikasi Mollusca – Materi Biologi Kelas 10.


Materi Video Mollusca

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton materi lengkap Mollusca mulai dari Struktur Dasar, Klasifikasi, hingga Contoh Soalnya di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Arthropoda

Contoh anggota Arthropoda berdasarkan klasifikasinya. (dok: wikipedia.org)
Contoh anggota Arthropoda berdasarkan klasifikasinya. (dok: wikipedia.org)

Filum hewan invertebrata yang satu ini disebut sebagai Arthropoda. Arthropoda merupakan hewan berbuku-buku atau bersegmen. 

Selain memiliki ciri bersegmen, ciri lainnya adalah memiliki kutikula keras yang membentuk kerangka luarnya.

Klasifikasi dari filum arthropoda yang paling umum, yaitu: Arachnoidea (laba-laba), Myriapoda (kaki seribu), Chilopoda (kelabang), Crustacea (udang), dan Insecta (serangga).

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Arthropoda yang lebih komplit, klik link berikut: Arthropoda, Filum Terbesar dalam Animalia – Materi Biologi Kelas 10.


Materi Video Arthropoda

Tonton gratis video materi Arthropoda dan Struktur Dasarnya di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Echinodermata

Echinodermata merupakan hewan yang berduri. Mereka tidak ada yang bersifat parasit lho, guys. Kulitnya terdiri atas zat kitin, dan mereka memiliki sistem pencernaan yang sempurna.

Klasifikasi dari filum echinodermata, yaitu: Echinoidea (bulu babi), Holothuroidea, Asteria (bintang laut), Crinoidea, Ophiuroidea, 

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Echinodermata yang lebih komplit, klik link berikut: Contoh Hewan Echinodermata, Ciri-Ciri & Klasifikasinya.


Materi Video Echinodermata

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton materi lengkap Echinodermata mulai dari Struktur Dasar, Klasifikasi, hingga Contoh Soalnya di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Vertebrata

Sekarang gue bakal ajak elo mengenal klasifikasi kingdom animalia yang memiliki tulang belakang atau nama lainnya vertebrata. 

Vertebrata ini merupakan subfilum dari chordata. Berikut ini adalah klasifikasi vertebrata.

Pisces

Kelompok ikan ini merupakan jenis vertebrata yang hidup di perairan atau termasuk dalam organisme akuatik. Permukaannya licin dan bernapas menggunakan insang.

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Pisces yang lebih komplit, klik link berikut: Mengenal Ciri-ciri Ikan (Pisces) Beserta Keluarga Besarnya.


Materi Video Pisces (Ikan)

Penasaran gak sih, kenapa ikan bentuknya kayak ikan? Hahaha, tonton gratis video materinya di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Amfibi

Contoh hewan Amfibi berdasarkan klasifikasinya. (dok: wikipedia.org)
Contoh hewan Amfibi berdasarkan klasifikasinya. (dok: wikipedia.org)

Amfibi merupakan hewan yang hidup di dua alam, yaitu daratan dan di air. Filum kingdom animalia amfibi melakukan pembuahan di luar tubuh, karena mereka melepaskan telur dan spermanya di dalam air. 

Saat masih berupa berudu, mereka bernapas menggunakan insang, namun saat dewasa mereka bernapas menggunakan paru-paru.

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Amfibi yang lebih komplit, klik link berikut: Ciri dan Klasifikasi Hewan Amfibi – Materi Biologi Kelas 10.


Materi Video Amfibi

Tonton gratis materi tentang Amphibi yang meliputi Ciri, Karakteristik, dan Sistem Organnya di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Mamalia

Mamalia merupakan hewan yang memiliki kelenjar susu dan menghasilkan anak dengan cara melahirkan. 

Mereka bernapas menggunakan paru-paru, memiliki jantung dengan empat bilik dan berdarah panas (homoiterm). Filum ini juga memiliki ciri khas yaitu memiliki kelenjar keringat dan minyak pada tubuh mereka.

Contoh hewan dari filum ini tentunya elo udah nggak asing lagi, deh. Coba tulis di komen ya!

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Mammalia yang lebih komplit, klik link berikut: Ciri dan Klasifikasi Hewan Mamalia – Materi Biologi Kelas 10.


Materi Video Mamalia

Tonton gratis materi Karakteristik Mamalia dan Bedanya dengan Kelompok Hewan Lain di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Aves (Burung)

Burung merupakan hewan yang memiliki sayap sebagai alat geraknya. Sama seperti Mamalia divisi Burung atau filum Aves adalah hewan berdarah panas dengan tubuh ditutupi oleh bulu.

Ciri lainnya adalah mereka memiliki empat bilik jantung, bernafas melalui paru-paru dan berkembang biak secara bertelur. 

Semua burung diklasifikasikan di bawah filum ini. Contohnya adalah Burung Beo, Gagak, dan Burung Unta.

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Aves yang lebih komplit, klik link berikut: Mengenal Ciri-ciri Burung (Aves) Beserta Klasifikasinya.


Materi Video Aves

Tonton gratis video materi Aves yang meliputi Struktur Dasar dan Sistem Organnya di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Reptil

Contoh hewan reptil berdasarkan klasifikasinya. (dok: exploringnature.org)
Contoh hewan reptil berdasarkan klasifikasinya. (dok: exploringnature.org)

Reptil adalah hewan berdarah dingin, yang memiliki sisik di tubuhnya. Mereka bernapas melalui paru-paru. 

Pada sebagian besar hewan ini, jantungnya memiliki tiga bilik, kecuali buaya, yang memiliki jantung empat bilik. Contohnya adalah Ular, Kura-kura, Buaya, dll.

Pelajari lebih lanjut
Untuk baca materi Reptil yang lebih komplit, klik link berikut: Ciri dan Klasifikasi Hewan Reptil – Materi Biologi Kelas 10.


Materi Video Reptil

Tonton gratis materi Karakteristik Lengkap Reptilia di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Nah, itu tadi penjelasan gue mengenai klasifikasi kingdom Animalia. Gimana, mudah kan ternyata memahaminya?

Kalo misalnya elo mau lebih paham mengenai materi Klasifikasi Kingdom Animalia ini atau materi Biologi kelas 10 semester 2 lainnya, elo bisa langsung belajar dengan materi ter-update dan terlengkap dari Zenius. 

Caranya tinggal klik banner di bawah ini doang kok! 

Pelajari materi Biologi di video materi belajar Zenius

Biar makin mantap, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

SKU-BELI-PAKET-BLJR

Elo juga bisa menonton cara jitu belajar Biologi dan pembahasan materi Biologi lainnya di Youtube Channel Zenius ya:

Originally Published: March 30, 2022 
Update by: Silvia Dwi & Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!