Materi senyawa hidrokarbon (Arsip Zenius)

Mengenal Senyawa Hidrokarbon – Materi Kimia Kelas 11

Hi, Sobat Zenius! Di kesempatan kali ini gue akan ajak elo cari tau tentang materi senyawa hidrokarbon kelas 11. Simak selengkapnya di artikel ini yuk!

Elo pernah gak mengamati bahan bakar dan bahan mentah seperti minyak bumi, gas alam, plastik, karet, pelarut, bahan kimia industri, bahkan bahan peledak? 

Kira-kira apa sih persamaan dari bahan-bahan tersebut? Yap, persamaannya terletak pada struktur kimianya, yaitu sama-sama tersusun dari atom karbon dan hidrogen yang disebut dengan senyawa hidrokarbon.

Kali ini gue bakal mengajak elo untuk mengenal senyawa tersebut. Mulai dari pengertiannya, hingga contoh senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari. Lanjut!

Apa Itu Hidrokarbon?

Hidrokarbon itu apa sih? Senyawa hidrokarbon adalah senyawa yang tersusun atas unsur utama yang terdiri dari atom karbon (C) dan hidrogen (H). 

Atom karbon bergabung untuk membentuk suatu kerangka senyawa, kemudian atom hidrogen menempel dalam berbagai konfigurasi yang berbeda, seperti ini komponen keduanya: CxHy.

Selain senyawa hidrokarbon banyak terdapat pada materi yang telah disebutkan di pendahuluan, ada juga lho yang terdapat pada pohon atau tumbuhan. Misalnya struktur kimia yang terdapat pada karoten dalam wortel dan daun hijau. Elo bisa lihat struktur karoten berikut ini.

senyawa hidrokarbon
Senyawa hidrokarbon pada karoten dalam wortel

Sebelum lanjut belajar materi hidrokarbon kelas 11, di-download dulu yuk aplikasi Zenius. Elo bisa tuh nonton materi belajar, atau push rank ZenCore semuanya cukup dengan login doang. Gratis dong tentunya, makanya klik banner di bawah ini aja deh!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Klasifikasi Senyawa Hidrokarbon

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, seorang ahli kimia pada abad ke-19 membuat klasifikasi senyawa hidrokarbon secara umum dibedakan menjadi dua jenis, yaitu alifatik dan aromatik. Alifatik merupakan senyawa ini yang diperoleh dari lemak atau minyak.

Sedangkan, Aromatik merupakan senyawa yang diperoleh dari ekstrak tumbuhan yang menghasilkan bau harum. Hidrokarbon aromatik memiliki tingkat stabilitas yang lebih baik.

Senyawa Hidrokarbon Alifatik

Senyawa hidrokarbon alifatik terbagi menjadi tiga, yaitu alkana, alkena, dan alkuna. Ketiganya dibedakan berdasarkan ikatan yang dikandungnya. Nah, di sini akan dibahas ketiga jenis senyawa tersebut.

Alkana

Alkana adalah jenis hidrokarbon alifatik yang semua ikatannya tunggal. Contohnya adalah metana (CH4), etana (C2H6), dan propana (C3H8). Yap, dari ketiga contoh senyawa tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa penggalan akhir dari senyawa Alkana adalah –ana. Rumus umum Alkana adalah, sbb:

rumus alkana hidrokarbon

Alkena

Alkena biasa juga disebut sebagai olefin adalah jenis hidrokarbon yang memiliki dua rangkap ikatan. Alkena dan alkuna masuk ke dalam hidrokarbon alifatik tak jenuh. Penggalan akhir dari senyawa Alkena adalah –ena. Rumus umumnya adalah, sbb:

rumus alkena hidrokarbon

Senyawa hidrokarbon berikatan rangkap berikut yang dapat dipolimerisasi adalah senyawa hidrokarbon tak jenuh seperti Etena di atas.

Alkuna

Alkuna atau biasa disebut asetilena merupakan jenis hidrokarbon yang memiliki ikatan rangkap tiga. Penggalan akhir dari senyawa Alkuna adalah -una. Rumus umumnya bisa elo lihat sbb:

rumus alkuna hidrokarbon

Senyawa Hidrokarbon Aromatik

Aromatik yang paling sederhana adalah Benzena (C6H6). Senyawa tersebut diperoleh dari degradasi kimiawi getah benzena, memiliki aroma yang dipancarkan dari pohon. Selain itu, ada juga toluena (C6H5CH3) yang berasal dari zat pada pohon Amerika Tengah dan biasa digunakan untuk wewangian.

Kedua senyawa tersebut menghasilkan aroma meskipun tidak berbau harum. Sehingga, istilah aromatik diartikan sebagai senyawa yang diturunkan dari benzena. Ikatan yang mengandung cincin disebut benzenoid dan yang tidak mengandung cincin disebut non-benzenoid.

Senyawa aromatik atau Arena mengandung cincin benzena. Selain benzena, contoh lain dari senyawa ini adalah toluena dan naftalena. Berikut ini merupakan contoh Arena.

senyawa hidrokarbon aromatik

Bisa dilihat pada struktur tersebut bahwa masing-masingnya terdapat cincin benzena. Berarti Benzena, Toluena, dan Naftalena masuk ke dalam benzenoid.

Aplikasi Senyawa Hidrokarbon dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah elo mengetahui pengertian dan jenisnya, sekarang giliran elo mengetahui aplikasi senyawa ini dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini contoh yang biasa kita temukan.

senyawa hidrokarbon
Lilin parafin termasuk pengaplikasian senyawa hidrokarbon (Dok. pixabay.com/Ri_Ya)

Gas Alam dan Bahan Bakar

Senyawa hidrokarbon paling banyak digunakan sebagai sumber bahan bakar alami lho, Sobat Zenius.

Contohnya gas LPG, kerosin atau minyak tanah, solar, dan minyak pelumas. Elo tentu tau kalau minyak bumi termasuk hasil dari penguraian bahan-bahan organik dari tumbuhan dan hewan (makhluk hidup) di darat dan di laut yang telah berlangsung selama berjuta-juta tahun.

Di sinilah mikroorganisme pengurai berperan untuk mengubah senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana atau menjadi hidrokarbon. Akibat tekanan dan pengaruh suhu, maka terbentuklah minyak bumi.

Plastik

Zat plastik yang elo gunakan saat berbelanja atau menyimpan sesuatu merupakan monomer rantai panjang petrokimia yang termasuk dalam senyawa yang memiliki sifat berikatan dengan dirinya sendiri atau katenasi ini.

Aspal

Aspal atau bahasa lainnya adalah bitumen, merupakan cairan kental berwarna hitam yang biasa digunakan untuk mengikat dan mengeraskan dalam pembangunan jalan. Aspal juga merupakan senyawa hidrokarbon dengan mengandung sedikit sulfur, oksigen, dan klor.

Parafin

Lilin parafin adalah nama umum senyawa hidrokarbon alkana. Tadi elo udah belajar tentang rumus umum alkana, ‘kan? Molekul parafin yang paling sederhana adalah CH4 atau metana.

———-

Nah, demikian penjelasan mengenai senyawa hidrokarbon yang ternyata sering kita temukan di kehidupan sehari-hari ini. Elo udah paham belum? Bisa donk elo sebutkan penyusunan senyawa hidrokarbon ini dalam kehidupan sehari-hari? Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk elo ya, Sobat Zenius. 

Pembahasan senyawa hidrokarbon banyak terdapat pada materimateri kimia lain, bisa langsung klik banner di bawah ini ya, terus ketikkan materi yang elo cari di kolom pencarian.

Mengenal Senyawa Hidrokarbon - Materi Kimia Kelas 11 17

Biar makin mantap, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Mengenal Senyawa Hidrokarbon - Materi Kimia Kelas 11 18

Baca Juga Artikel Materi Kimia Lainnya

Sistem Periodik Unsur

Jenis Ikatan Kovalen

Struktur Atom

Elo juga dapat menonton materi kimia lain lengkap dengan penjelasan di di Youtube Channel Zenius ya:

Originally Published: February 22, 2021
Updated By: Arieni Mayesha & Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!