5 contoh surat pribadi

5 Contoh Surat Pribadi – Materi Bahasa Indonesia Kelas 7

Halo, Sobat Zenius! Artikel ini membahas materi Bahasa Indonesia tentang 5 contoh surat pribadi, baik berdasarkan tujuan menulis dan individu yang dituju. Oya, karena sejak 2020 kita dilanda pandemi, gue juga mau kasih contoh surat pribadi belajar di rumah karena Covid-19.

Nah di artikel sebelumnya, kita udah bahas mengenai Surat Pribadi yang dipelajari di mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7. Sekarang biar elo semakin paham dan kebayang kayak apa sih surat pribadi itu, yuk baca artikel ini sampe habis buat liat contoh-contoh surat pribadi. Siapa tau elo mau coba tulis buat orang-orang khusus ya kan? 

Di bawah ini gue mau bahas contoh berdasarkan tujuan dari menulis surat pribadi.

Contoh Surat Pribadi untuk Memberi Kabar

Selain untuk memberi kabar, di bawah ini adalah contoh surat pribadi belajar di rumah karena Covid 19.

Jakarta, 1 Januari 2021

Untuk Nurul

Di Manado

Hai teman seperjuanganku, 

Gimana kabarnya? Aku baik, meskipun kamu belum nanya kabar aku haha, btw selamat tahun baruu Nurul!!!! Semoga tahun ini boleh menjadi tahun yang lebih baik ya dari sebelumnya. 

Maaf yaa aku udah lama banget gak ngabarin ke kamu, karena kesibukan aku di Jakarta. Tapi aku gak lupa kan buat tulis surat ke kamu, meskipun agak lama balesnya. 

Rasanya waktu berjalan cepat banget gak sih? Perasaan baru kemaren kita berjuang lulus SMA bareng, belajar bareng, ngerjain PR bareng, bahkan pilih jurusan juga sama ya kan, meskipun kita beda PTN :’). Sekarang udah tahun ke-4 bagi kita sama-sama berjuang di PTN masing-masing dan dua tahun belakangan kita harus belajar di rumah aja gara-gara pandemi.

Oya, aku bulan depan akan sidang akhir lho, doain aku yaa, biar lancar sampe sidang, dan dapat nilai terbaik. Kalo kamu kapan Nurul? Aku yakin kamu juga bentar lagi kan? 

Semoga suratnya bisa nyampe di kamu secepatnya, gak sabar banget nungguin kabar kamu juga, dan juga kangen liat tulisan tangan kamu sih haha. Semoga hari-harimu baik ya di sana, kutunggu balesan suratmu, bye

Salam manis dari yang termanis, 

Sumiyati

Mau tau dong, contoh surat pribadi belajar di rumah karena Covid 19 versi elo. Bisa tulis di kolom komentar di bawah, ya. Tapi sebelumnya, elo udah instal aplikasi Zenius belum? Kalo punya aplikasinya, elo bisa dapet akses ke ribuan video materi belajar dan fitur Zenius secara gratis. Klik gambar di bawah ya buat download aplikasinya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Contoh Surat Pribadi untuk Mengungkapkan Perasaan

Surat yang satu ini adalah contoh surat pribadi tentang Covid. Dalam surat ini, si penulis mengungkapkan perasaan dan situasinya ketika tinggal berjauhan dengan kedua orang tuanya dalam situasi pandemi Covid-19.

Contoh surat pribadi untuk mengungkapkan perasaan.
Ilustrasi surat pribadi. (Dok. Unsplash)

Jakarta, 1 Januari 2021

Untuk Ibu dan Bapak

Di Bandar Lampung

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Selamat tahun baru ibu dan bapak yang sangat aku rindukan. Maaf kalo aku belum bisa pulang  tahun ini ke rumah ibu dan bapak karena masa pandemi yang tak kunjung mereda. Sama halnya dengan kalian, aku pun rindu untuk berkumpul bersama dengan bapak dan ibu. 

Bapak dan Ibu tidak perlu khawatir tentang kesehatanku, karena aku saat ini bekerja dari rumah dan melakukan protokol kesehatan dengan baik. Aku juga rajin minum vitamin dan olahraga di rumah, untuk memperkuat sistem imunku. Namun meskipun demikian tidak menutup kemungkinan jika aku pulang ke rumah bapak dan ibu, aku malah membawa virus itu dari perjalanan, sehingga kita sama-sama harus menahan kerinduan ini demi kebaikan bersama. Tetap patuhi protokol kesehatan ya pak, bu, dan juga tetap di rumah, insya allah kita bisa segera berkumpul bersama lagi jika rantai virus sudah diputuskan. 

Semoga bapak ibu sehat terus dan terhindar dari segala penyakit dan virus ya, dan semoga masa pandemi ini cepat berlalu agar kita bisa bertemu tatap muka langsung.

Salam kangen :),

Nurul

Di bawah ini ada contoh berdasarkan orang yang dituju dari menulis surat pribadi.

Contoh Surat Pribadi untuk Teman

Manado, 5 Januari 2021

Teruntuk teman masa kecilku,

Sumiyati

Di tempat

Hidup Sipil!

Begitulah slogan jurusan ku, terdengar tangguh bukan? Haha. Kamu harus mendengarnya secara langsung kapan-kapan, pasti kamu kaget sejak kita terpisahkan oleh jarak (eaa) karena masuk PTN yang berbeda, seringkali kita jadi sibuk masing-masing, dan fokus pada mimpi kita masing-masing. Tapi tentunya aku sering tiba-tiba kangen masa-masa belajar dan nongkrong bareng kamu, Nurul. 

Udah gak berasa ya emang, kita udah gak ketemu 4 tahun. Seandainya kita satu pulau pasti kita udah meet up dari kapan tau haha. Aku sangat senang waktu aku mendapat surat dari kamu, pasti kamu gak percaya, tapi begitu kenyataannya. Saat ini akupun juga lagi skripsi dan mempersiapkan diri untuk sidang akhir, mungkin beberapa minggu lagi. Namun saat ini belum ada tanggal pastinya, aku akan mengabarimu jika jadwal sidangku sudah keluar, biar kamu juga doain aku, masa aku doang yang doain sidang kamu hahaha.

Semoga skripsimu lancar dan sidangmu juga ya, aku tahu banget sih orang kayak kamu tuh gak mungkin gak lancar jawabnya pas sidang, karena kamu tipe pekerja keras, tapi aku tetap ingin mendoakan yang terbaik buat kamu. 

Salam dari yang lebih manis dari yang termanis,

Nurul.

Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Jakarta, 25 Januari 2021

Kepada Guru yang saya Hormati,

Ibu Andien

Di tempat 

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Apa kabar ibu? Masihkah ibu ingat sama saya, saya Al yang menjadi murid ibu waktu SMA. Gak apa juga sih bu kalo ibu gak inget, saya mengerti karena murid ibu banyak, dan saya bukan siswa yang berprestasi pada saat SMA. Namun saya sangat ingat dengan Ibu Andine, karena cara ibu mengajarkan kami semua sangat membuat saya termotivasi untuk menjadi lebih baik. 

Karena kata-kata ibu waktu itu pada salah satu mata pelajaran ibu, saya akhirnya menentukan dan menetapkan jurusan dan pekerjaan impian saya meskipun orang lain meremehkannya, namun sekarang saya berhasil bekerja di bidang yang sesuai keahlian saya dan yang saya sukai yaitu di bidang teknologi informasi. Oleh karena itu di kesempatan yang langka ini saya ingin mengucapkan terima kasih banyak ibu sudah mengajari saya dan juga memotivasi saya, jasa ibu sangat berarti bagi saya, dan saya yakin teman-teman yang lain juga akan berpikir hal yang sama. 

Sekian surat dari saya bu, saya berharap agar Ibu Andien sehat selalu dan juga senantiasa bahagia, terima kasih 🙂

Murid Ibu Andien, 

Al 

Contoh Surat Pribadi untuk Orang tua

Contoh surat pribadi untuk orang tua
Contoh surat pribadi untuk orang tua. (Dok. Unsplash)

Jakarta, 25 Januari 2020

Kepada Bunda tersayang, 

Di tempat

Hai bun, 

Bunda lagi apa? Aku tahu kalo bunda mau aku tetap tinggal bersama bunda dan kerja di Surabaya aja agar aku tidak perlu tinggal sendirian di ibukota, namun saat ini aku ingin membangun karirku sebaik mungkin. Sudah 6 bulan sejak aku kerja di Jakarta dan semuanya baik-baik saja kok bun, jadi bunda tak perlu khawatir. 

Sebenernya aku tulis surat ini mau ngabarin kalo aku bakal ada pekerjaan di daerah Surabaya selama seminggu, dan hal ini berarti aku bisa mengunjungi bunda untuk beberapa hari. Aku akan ke Surabaya 2 minggu lagi ya bun, aku gak sabar makan masakan bunda lagi dan bantuin bunda beres-beres rumah hehe. Ngomong-ngomong bunda mau nitip apa gak dari Jakarta, nanti aku bawain. 

Kalo surat ini udah sampe, dibales ya bun, biar aku tau juga kabar ibu kayak apa dan ibu mau dibawain apa, sama titip salam ya bun buat nenek, sama abang, bilangin gitu aku kangen hehe.

Salam hangat dari anakmu, 

Ningsih.

Gimana, Sobat Zenius? Mudah banget kan? Sebenernya gak ada kriteria khusus sih untuk menulis surat pribadi, enaknya elo aja kalo ngomong ke temen elo atau ke kerabat elo gimana. Bahkan it’s okay buat pake bahasa gaul sekali pun selama orang yang dituju itu ngerti apa yang elo maksud. Beberapa surat pribadi di atas cuma contoh, ya. 

Kalo elo mau bikin buat orang-orang terdekat, atau orang-orang spesial (coel doi) bisa banget nih, dengan penuh ketulusan pasti orang yang baca seneng kok dapet surat dari elo. Semoga artikel ini membantu elo yaa, selamat belajar! 

5 Contoh Surat Pribadi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 17

Oya, kalo masih mau lihat pembahasan contoh surat pribadi lainnya atau latihan soal, elo bisa klik gambar di bawah ini ya! Nanti elo bisa nonton langkah demi langkah untuk nulis surat pribadi, langsung dari Zen Tutor.

5 Contoh Surat Pribadi - Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 18

Baca Juga Artikel Lainnya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Tanggapan

Cara Menghafal Teks Panjang, Dijamin Ampuh

Belajar Bahasa Indonesia Bersama Zenius

Originally Published: January 27, 2021 
Updated by: Arum Kusuma Dewi

Bagikan Artikel Ini!