mm

4 Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester (UAS) atau yang sekarang dikenal dengan istilah Penilaian Akhir Semester (PAS) udah deket banget nih gaes pelaksanaannya. Beberapa dari lo bahkan bisa jadi malah udah jalanin itu ujian. Buat yang belum mulai ujian akhir semesternya dan pengen bisa maksimal ngerjainnya, gue ada beberapa tips yang bisa lo ikutin nih. 

Kenapa sih harus ngotot di ujian akhir semester? Well, meski lo ga disarankan buat terlalu berharap ke SNMPTN, ada baiknya lo tetap memaksimalkan setiap peluang yang bisa mendatangkan nilai buat lo dan salah satunya adalah melalui UAS atau PAS ini.

Gue harap dengan baca tips ujian dari gue ini, lo bisa dapet hasil maksimal di UAS lo nanti. So, ini ya gue kasih 4 tips persiapan menghadapi ujian akhir semester. Selamat membaca dan good luck buat penilaian akhir semesternya.  

 

Jaga Kesehatan dan Kondisi Tubuh 

Gue cukup yakin pandemi COVID yang terjadi sekarang ini berpengaruh ke cara pandang lo terhadap kesehatan. Mungkin yang sebelumnya ga peduli-peduli amat sama kebersihan tangan sekarang jadi suka cuci tangan setiap mau menyentuh makanan atau habis ngelakuin sesuatu. Yang sebelumnya kalau bersin ya bersin aja sekarang jadi ngeh kalau bersin tuh ada cara benernya buat menghindari penyebaran penyakit. 

Meski gue yakin lo udah lebih aware sama isu kesehatan, gue tetep mau ngasih beberapa saran biar kesehatan lo tetap terjaga saat menghadapi ujian akhir semester nanti. 

Lihat juga: 

Kumpulan Latihan Soal Ujian Akhir Semester Matematika SMA Kelas 12

  1. Atur pola tidur dari satu minggu sebelum ujian, jangan begadang!

Hayo siapa yang kalau malam bukannya tidur malah main game online? Kalau lo termasuk golongan gamer yang suka ngalong buat push rank, sudah saatnya kebiasaan itu lo kurangin dulu dan mulai fokus ke ujian. Hasrat main gimnya lo tahan-tahan dulu deh. Nanti lo bisa lanjut main pas libur semester setelah ujian selesai. 

  1. Makan yang teratur dan minum multivitamin

Siapa yang rutin konsumsi vitamin selama pandemi? Yak kalau lo termasuk orang yang kayak gitu, kita segolongan, tos! Selain minum vitamin buat bantu jaga daya tahan tubuh, lo juga perlu makan secara teratur biar kesehatan lo tetap terjaga dan terhindar dari diare dan penyakit-penyakit lainnya.

  1. Jangan melakukan kegiatan olahraga secara berlebihan

Pertanyaan berikutnya, siapa nih yang rutin sepedaan selama pandemi? Hurray gue ga sendirian. Nah, buat yang suka sepedaan ataupun olahraga lainnya, saatnya menjaga porsi olahraga biar ga berlebihan dan malah bikin cedera. Ga asik sih ngerjain ujian sambil nahan rasa nyeri gara-gara cedera. Ya meski ujiannya dikerjain di rumah sih ya berhubung pandemi. 

belajar untuk persiapan ujian

Persiapkan Semua yang Dibutuhkan Menjelang Ujian Akhir Semester

Pastikan semua yang lo butuhin buat ngerjain ujian tersedia biar lo bisa fokus ngerjain ujian. Kalau biasanya lo butuh let’s say pulpen dan beberapa benda lain karena ujiannya di sekolah, sekarang pastiin sinyal stabil, kuota internet masih cukup, dan ada listrik berhubung ujiannya online. 

Pokoknya pastiin sampai detail terkecil. Saran gue, lo bikin list barang-barang apa aja yang harus ada dan lo contreng barang yang udah tersedia biar makin mantep dan ga ada barang yang kelewatan. 

Lihat juga:

Kumpulan Latihan Soal Ujian Akhir Semester Matematika SMA Kelas 11

 

Hindari Konflik Emosional 

Oke ini mungkin lebay sih tapi menurut gue ini isu yang krusial. Jangan sampai lo jadi ga fokus ujian gara-gara lagi berantem sama pacar. Kalau di jaman gue dulu sih pas mau UN sering banget tuh ada celetukan kayak gini, 

“Kayanya kita udah ga bisa bersama, deh. Aku mau fokus ujian”

Iyesss, kalimat putus andalan menjelang ujian. Bayangin lo diputusin pas mau ujian, wah kacau sih. Bisa-bisa lo ga cuma tidak fokus ujian tapi malah jadi skip ujian gara-gara saking sedihnya. Dulu gue ga pernah ngalamin yang kayak gitu sih, maklum lajang hehe. Hehe. 

 

Siapkan Strategi Menghadapi Ujian Akhir Semester 

Berapa orang di antara lo yang suka skip soal-soal yang sebenarnya gampang tetapi ga lo kerjain karena waktunya udah keburu habis? Nah, buat menghindari hal ga asik seperti itu, ada baiknya lo nyiapin strategi buat ngadepin ujian akhir semester. Berikut beberapa strategi yang bisa lo terapin. 

  1. Begitu dapet soal, analisis dulu soalnya kayak gimana

Lo cek tuh mana soal-soal yang gampang dan mana soal yang menuntut lebih banyak waktu buat nyelesaiinnya. Dari situ lo bisa deh mendahulukan soal-soal yang gampang terlebih dahulu dan dilanjut ngerjain soal yang lebih rumit setelahnya. 

  1. Ngerjain soal ga harus urut

Yang namanya ngerjain soal ujian ga harus urut kok kecuali memang sistem ujian yang dipakai menghendaki seperti itu. Nah kalau ga harus, santai, lo bisa mulai ngerjain dari yang gampang dulu gitu deh. 

  1. Jangan kelamaan berkutat di soal yang udah mentok

Memuaskan nafsu ngerjain soal di soal yang lo udah ga tau cara mecahinnya bisa bikin lo kehabisan waktu gaes. So, kalau lo ketemu soal yang emang lo udah merasa buntu, langsung move aja deh baru nanti kalau ada sisa waktu lo bisa balik ke soal itu. 

Nah itu tadi beberapa tips dari gue buat lo sebelum ketemu sama UAS atau PAS nanti. Good luck buat ujiannya dan jangan lupa beristirahat yang cukup ya!

Lihat juga: 

Kumpulan Latihan Soal Ujian Akhir Semester Matematika SMA Kelas 10

zenius gratis

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini