mm

NaMO, Olimpiade Matematika Online untuk Siswa Sekolah dan Umum

Kamu suka matematika dan lagi cari tempat untuk menyalurkan kesukaan tersebut dalam sebuah olimpiade? Kamu pengen ngerasain vibe olimpiade matematika tapi ga kepilih mewakili sekolah? Atau kamu pengen belajar matematika dari para peraih medali olimpiade sains nasional? Perkenalkan, NaMO (National Mathematic Olympiad) 2020. Sebuah olimpiade matematika online yang bisa kamu ikuti siapapun kamu dan di mana pun kamu berada. 

NaMO adalah kompetisi matematika yang merupakan hasil dari kerjasama Zenius dan Math Q&A. Olimpiade matematika ini bisa diikuti oleh siapa saja. Kamu mahasiswa? Ibu rumah tangga? Karyawan swasta? Guru matematika? Guru sejarah? Siapapun kamu, kamu bisa mengikuti olimpiade matematika yang satu ini. 

Eitss, meski bisa diikuti siapa saja, NaMO tetap dibagi menjadi dua kelompok peserta loh. Peserta NaMo dibagi ke dalam dua kategori: 

  1. Kategori Junior (SD dan SMP)
  2. Kategori Umum (terbuka untuk semua)

Jadi, buat yang masih duduk di bangku SD dan SMP, kamu bisa mendaftarkan dirimu di kategori SD dan SMP. Sedangkan untuk usia di atas SMP, kamu akan bersaing di kelompok peserta kategori umum. 

 

Bukan Sekadar Kompetisi 

Jadi, di NaMO ini, kamu ga cuma bertanding untuk menjadi peserta terbaik gaes. Di sini kamu juga akan mendapatkan pelatihan sebelum mengikuti olimpiadenya. Pelatihan yang kayak gimana tuh? Sebelum mengikuti olimpiade matematikanya, kamu akan mendapatkan pelatihan matematika yang diisi oleh orang-orang hebat yang jago matematika. Tim pelatihan matematikanya terdiri dari tim Math Q&A, tutor Zenius dan 3 orang medalis OSN Matematika. 

Well, ini adalah kesempatan langka yang bisa kamu manfaatin nih gaes. Dengan ketemu langsung sama medalis OSN, kamu bisa tanya-tanya tuh tentang matematika dari cara belajarnya dan gimana sih para medalis itu berjuang sampai akhirnya bisa mendapatkan medali di olimpiade sains nasional. 

Oke, ada pelatihan dan olimpiade, pertanyaannya, gimana teknis pelaksanaannya? 

NaMO terdiri dari 2 pelatihan dan 2 kali olimpiade. Teknisnya, kamu akan menjalani masa pelatihan tahap pertama terlebih dahulu sebelum mengikuti olimpiade tahap pertama. Setelah olimpiade, kamu akan kembali menjalani masa pelatihan sebelum akhirnya kembali menghadapi olimpiade tahap kedua. 

Adanya dua pelatihan dan dua kali olimpiade tuh menarik banget sih. Kamu jadi punya kesempatan buat evaluasi. Misalkan nih di olimpiade tahap pertama kamu menampilkan performa yang kurang memuaskan, kamu bisa mengejar apa yang harus dikejar dan menampilkan penampilan maksimalmu saat menghadapi olimpiade tahap kedua. Wow, menarik, bukan?

Selain pelatihan dan olimpiade matematika, NaMO masih punya kegiatan lagi loh. Di akhir rangkaian kegiatan NaMO, akan diadakan webinar yang diisi oleh orang-orang keren nantinya. Di antaranya adalah Jerome Polin dan Jehian Panangian. Selain itu, akan hadir Bang Sabda PS yang juga akan membagikan ilmunya dalam webinar. 

Daftar NaMO di sini

Pelatih olimpiade matematika

 

Hadiah-hadiah untuk Pemenang NaMO

Berikut adalah daftar hadiah yang bisa kamu menangkan di NaMO nih gaes. Hadiahnya dibagi ke dalam dua kategori ya, umum dan junior. Berikut adalah daftar hadiahnya: 

Kategori Umum

  • 1 Medalis Emas: Iphone 12 + e-sertifikat + Zenius Merch
  • 2 Medalis Perak: Masing-masing Rp1.500.000 + e-sertifikat + Zenius Merch
  • 3 Medalis Perunggu: Masing-masing Rp750.000 + e-sertifikat + Zenius Merch
  • 15 Honorable Mention: Masing-masing Rp500.000 + e-sertifikat

Kategori Junior 

  • 1 Medalis Emas: Xiaomi redmi note 9 + e-sertifikat + Zenius Merch
  • 2 Medalis Perak: Masing-masing Rp750.000 + e-sertifikat + Zenius Merch
  • 3 Medalis Perunggu: Masing-masing Rp400.000 + e-sertifikat + Zenius Merch
  • 5 Honorable Mention: Masing-masing Rp250.000 + e-sertifikat

Buat yang belum berkesempatan untuk jadi pemenang, kamu ga akan pulang dengan tangan kosong. Kamu akan mendapatkan e-sertifikat, naskah soal beserta pembahasannya, dan tentunya pengalaman bersaing dengan orang-orang dari seluruh penjuru Indonesia. Pengalaman yang sangat berharga sih. Aku jadi ingat pengalaman saat SMA dulu di mana aku ikutan liga fisika. Saat itu aku tidak menang tapi pengalaman berpartisipasinya sangatlah berharga. Di sana aku menyaksikan orang-orang yang bersemangat dalam belajar yang akhirnya menular ke aku juga. So, kamu perlu banget sih ikutan NaMO ini. 

 

Syarat Pendaftaran NaMO

Untuk bisa ikutan seluruh rangkaian kegiatan NaMO, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar 17ribu rupiah. Iya bener kamu ga salah baca. Dengan 17ribu, kamu bisa ikutan acara keren bertabur manfaat ini. Selain biaya pendaftaran yang harus kamu bayarkan, ada syarat lain yang harus kamu penuhi. 

  • Daftarkan diri kamu melalui link di bawah ini. Ingat, satu email cuma bisa digunakan untuk sekali mendaftar yaa. 

Daftar jadi peserta NaMO

  • Setelah mendaftar, kamu akan diarahkan untuk menghubungi nara hubung via whatsapp sesuai kategori ke nomor berikut ini:
  • Saat menghubungi nara hubung, pastikan kamu sudah menyiapkan kelengkapan pendaftaran sebagai berikut: 
    • Bukti pembayaran (bisa via transfer ke BRI dengan nomor rekening 090601044346533 a/n Mohammad Ilham atau via OVO/Go-pay/Dana 087888749408 a/n Mohammad Ilham
    • Bukti screenshot re-story poster NaMO 2020 ke akun instagram pribadi kamu
    • Bukti screenshot comment kamu di post NaMO 2020,dengan menuliskan “Yuk ikutan olimpiade matematikaterhitz!” dan tag 5 teman kamu

 

Tanggal Penting Kegiatan NaMO

Di bawah ini adalah tanggal-tanggal penting terkait pelaksanaan NaMO. Jangan sampai ketinggalan kegiatannya loh yaa. 

  • Pendaftaran : 24 Oktober 2020 – 22 November 2020
  • Pelatihan Tahap 1 : 30 November 2020 – 4 Desember 2020
  • Olimpiade Tahap 1 : 5 Desember 2020
  • Pelatihan Tahap 2 : 6 – 11 Desember 2020
  • Olimpiade Tahap 2 : 12 Desember 2020
  • Pengumuman pemenang, Webinar, dan penutupan : 20 Desember 2020

Webinar jerome polin

 

Silabus Olimpiade Matematika NaMO

Apa aja sih materi matematika yang diajarkan selama pelatihan dan dipertandingkan dalam NaMO? Tenang, ada bocorannya kok hehe. Kamu jadi bisa siap-siap dari sekarang deh buat ngadepin olimpiade sama pelatihannya. Daftar materinya bisa kamu lihat di bawah ini yaa. 

Kategori Junior Kategori Umum
Aljabar dan Polinomial Trigonometri
Barisan dan Deret Aljabar dan Polinomial
Binomial Newton Barisan dan Deret
Eksponen Binomial Newton
Fungsi Aljabar Deret Tak Hingga
Geometri Deret Teleskopik
Kombinatorika Fungsi Ceiling
Logaritma Fungsi Floor
Logika Matematika Geometri
Peluang Integral Tak Wajar
Perbandingan Integral Tentu
Persamaan Garis Kombinatorika
Teori Bilangan Limit Fungsi Aljabar
Trigonometri Logaritma
Logika Matematika
Modulo
Nilai Mutlak
Notasi Sigma
Teori Bilangan
Trigonometri
Turunan dan Aplikasinya

Sekian deh informasi mengenai NaMO. Yuk buruan daftarin diri kamu sekarang dan jadilah peserta olimpiade matematika online keren yang satu ini. Siapa tahu kan kamulah yang akan jadi pemenang. 

Daftar NaMo di sini

zenius gratis

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini