mm

Persiapkan Peluang Lulus SNMPTN Lebih Awal, Ini Caranya!

Mau lolos ke PTN ternama? Tapi males harus ikut UTBK yang ribet? Ada jalur tanpa tes kok, namanya SNMPTN. Gimana caranya kamu bisa punya peluang untuk lulus SNMPTN? Baca artikel ini sampai habis!

Untuk bisa berkuliah di PTN, kamu bisa menggunakan beberapa jalur seleksi. Ada jalur seleksi yang menggunakan ujian (UTBK dan Ujian Mandiri) dan ada juga yang tidak menggunakan ujian (SNMPTN). Masing-masing jalur ada tipsnya sendiri-sendiri yang bisa kamu manfaatin untuk meningkatkan peluang lolos. Di artikel kali ini, aku akan fokus membicarakan tips lulus SNMPTN.

Kalau kamu masih belum familiar SNMPTN itu apa, baca artikel ini dulu ya:

Info Penting yang Wajib Kamu Tahu Seputar SNMPTN 

 

Tips Lulus SNMPTN: Optimalkan Diri dan Eksis di SMA!

“The best preparation for tomorrow is doing your best today.

― H. Jackson Brown Jr

Banyak yang bilang kalau masa SMA itu adalah masa-masa yang indah. Masa-masa main sama teman se-geng, romantisan sama gebetan, dan banyak kejahilan lainnya. Nah, coba bayangin kalau kalian bisa melakukan itu semua, tapi tetap sambil “menabung” modal buat SNMPTN? Emang bisa?

Ngaku deh. Sebenarnya pas masih duduk di bangku sekolah, kita tuh masih punya banyak waktu luang di luar sekolah. Sayang banget kalau waktu luang itu cuma diisi buat rebahan aja guys. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi masa SMA yang bisa berbuah manis di penghujung kelulusan. Kalian bisa melakukan banyak kegiatan berfaedah, sambil terus bisa eksis di pergaulan. 

Kutipan di atas rasanya pas banget nih buat menggambarkan hal yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan peluang lulus SNMPTN. Yap, optimalkan dirimu semasa SMA. Optimal di sini bukan cuma di kelas aja ya, tapi juga di luar kelas misalnya di bidang olahraga, organisasi, atau kegiatan lainnya yang bisa mendatangkan prestasi. 

Kenapa sih fokusnya ga di kelas aja dan harus di luar kelas? Nah, ini ada kaitannya sama komponen penilaian yang menjadi bahan seleksi SNMPTN itu sendiri. Panitia SNMPTN ga cuma menyeleksi lewat nilai rapor tapi juga lewat prestasi selama kamu di SMA. 

Oke, dari sini kita catet dulu nih dua hal yang harus diperjuangkan selama SMA adalah: 

  • Nilai rapor

Nilai rapor di sini meliputi rapor dari semester 1 sampai semester 5. Nah, makanya kalau mau memperjuangkan SNMPTN, itu harus dari kelas 10-11 ya guys. Kalau di kelas 12, udah agak telat. 

  • Prestasi selama SMA

Prestasi di sini mencakup prestasi di tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional, sampai internasional. 

Nah, dari dua komponen di atas, aku akan bedah satu per satu nih gimana caranya biar kamu bisa memaksimalkan prestasimu di dua komponen tadi. Aku akan mulai dari nilai rapor dulu dan baru kemudian prestasi di luar kelas ya gaess. 

tipe murid calon lulus snmptn

 

Gimana sih supaya punya nilai rapor bagus?

  • Belajar efektif 

Satu materi yang kamu pelajari biasanya memiliki kaitan dengan materi lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu banget nih buat memahami setiap materi yang diajarkan di kelas. Memahami loh ya, bukan menghafal! Jadi, kalau kalian udah ngerti satu bab, belajar bab lain itu bakal lebih gampang. Karena itu tadi, suatu bab itu ada kaitannya dengan bab lainnya. Terus, kalau kamu udah paham bener sama konsep materinya, mau ketemu soal yang gimana pun kamu bisa santai babat habis karena kamu udah tahu konsep kenapa sih ada soal kayak gitu. 

Dengan memahami konsep, kamu cukup review materi yang sebelumnya udah kamu pahami pas mau ketemu ujian mau PTS atau PAS. Jadi, ga ada lagi deh belajar dadakan tiap mau ujian yang seringnya sih apa yang udah kamu hafalin malah ga keluar pas ujiannya. 

Udah lah capek ngafal, ga keluar pas ujian, kelar ujian langsung lupa. Terus diulang gitu lagi di ujian berikutnya. Capek kan? Ga efektif banget belajarnya. Kebayang ga sih berapa banyak waktu kebuang untuk mengulang lingkaran setan ini aja?

Nah, mau tahu cara belajar efektif itu gimana? Coba deh baca satu tips belajar efektif yang satu ini ya. 

Tips Belajar Efektif 

  • Maksimalin performa di setiap ujian 

Mau ulangan harian, PTS, atau PAS, pastiin kamu menampilkan performa terbaikmu. Gimana caranya? Ya dengan belajar efektif yang fokus ke pemahaman konsep tadi. 

Intinya, di setiap kesempatan mendapatkan nilai, manfaatin kesempatan itu sebaik-baiknya. Lagipula, ulangan sekolah tuh relatif lebih mudah loh daripada UTBK. Ulangan yang ada di sekolah kan ditujukan buat mengetes pemahaman kamu atas materi yang udah diajarkan, di sini kamu sebenarnya cukup simak baik-baik penjelasan materi di kelas. 

Beda sama UTBK di mana UTBK ditujukan sebagai seleksi untuk mendapatkan peserta terbaik. Biar kamu bisa tahu gambaran perbedaan tingkat kesulitan soal ujian sekolah sama UTBK, kamu bisa coba ngerjain beberapa contoh soal yang ada di link berikut ini deh. 

Gimana soalnya? Mana yang menurutmu lebih sulit?

Umumnya sih soal ulangan sekolah tuh lebih mudah daripada soal UTBK.  Jadi, kalau kamu malas ketemu sama soal UTBK yang super ribet, mending maksimalin aja nilai di ulangannya. 

Kalaupun setelah melakukan semua ini ternyata kamu masih ga lolos SNMPTN. Setidaknya kamu ga kaget lagi dengan soal UTBK, karena udah terbiasa belajar efektif pake konsep. Ini tuh dibutuhkan banget supaya bisa ngadepin soal UTBK. 

Nah, pastiin kamu selalu memperhatikan penjelasan dari guru ya biar paham bener sama materi yang diajarkan. Jangan malu buat nanya kalau ada materi yang kamu masih belum paham. 

 

Gimana caranya bisa punya prestasi di luar kelas?

  • Manajemen waktu yang baik

Oke setelah ngomongin tips buat ningkatin prestasi di rapor, sekarang kita bahas mengenai prestasi di luar kelas. Sebagaimana aku sebutin di atas tadi, yang jadi komponen penilaian tuh ga cuma nilai rapor aja tapi juga prestasi kamu di luar kelas. 

Ketika kamu udah berhasil mengaplikasikan tips di atas sebelumnya, percaya deh, belajar efektif pake konsep itu bikin beban belajar kalian itu berkurang. Waktu yang kalian butuhkan buat belajar juga lebih efisien. Nah, kalian bisa manfaatin waktu luang yang ada buat eksplorasi hal yang kalian suka. 

Dan buat yang mau alasan kalau dirinya udah terlalu sibuk belajar sehingga ga punya waktu buat ngejar prestasi di luar kelas, please, emang iya kamu tuh sesibuk itu ya? 

Jangan-jangan kamu tuh selama ini cuma ga bisa ngatur waktu aja sampai-sampai kamu merasa kalau kamu tuh selalu sibuk. Kalau memang itu yang jadi persoalannya, kamu bisa banget nih baca artikel Zenius tentang manajemen waktu. Linknya aku taruh di bawah ini yaa. 

Tips Mengatur Waktu 

Ini yang pertama ya gaes. Pastiin kamu udah bisa atau seenggaknya tau cara ngatur waktu. Tujuannya adalah biar niat baikmu mengejar prestasi di dalam dan luar kelas malah jadi buyar karena saling berebutan waktu. Bikin pembagian yang baik antara kapan kamu harus belajar materi sekolah dan kapan harus ngejar prestasi di luar kelas. 

Manajemen waktu itu juga penting supaya kalian tetap bisa mengalokasikan waktu buat rebahan, gaul sama teman, atau bahkan pacaran. Zen juga ga pengen kamu jadi anak ambis yang ga punya banyak waktu buat eksis di kehidupan sosial. Rebahan itu enak kok, tapi jangan kebanyakan. Gaul itu penting. Pacaran juga bagus asalkan dijalankan dengan positif. 

Manajemen waktu akan membantu kalian mengisi masa SMA mengimbangi kegiatan berfaedah dan kenangan manis yang bikin kalian bisa berkembang sesuai usia sebagai remaja. 

  • Fokus ke satu bidang

Tergabung dalam beberapa organisasi tuh bagus, di situ kamu bisa kenal banyak orang dan memperluas jejaring. Tapi, pada akhirnya kamu sebaiknya memutuskan mau fokus di bidang mana. Energi yang kamu miliki terbatas. Belum lagi kalau dari banyak organisasi itu memiliki waktu kegiatan yang berbenturan. Jangan sampai niat hati mencari pengalaman sebanyak-banyaknya malah berakhir dengan ga dapat apa-apa atau lebih buruk lagi kamu malah jatuh sakit saking kecapekannya. 

Masa SMA yang berlangsung tiga tahun tuh ga lama loh. Jadi pikirkan matang-matang sejak awal masuk gaes kamu mau fokus ke bidang apa. Pilih bidang yang emang kamu suka, merasa punya bakat atau pengalaman di situ. Kalau kamu beneran suka, kamu bakal lebih rajin ngulik, dan prestasi akan mengikuti dengan sendirinya. Misalnya kamu sejak SMP udah ikutan penelitian atau yang di zamanku dulu namanya Karya Ilmiah Remaja (KIR), kamu bisa milih fokus di situ deh. 

Kalau dulu di zamanku pas masa orientasi sekolah ada tuh dijelasin organisasi atau ekskul apa aja yang ada di sekolah. Dari situ kita bisa sedikit dapat gambaran prestasinya gimana dan anggota yang ikut siapa aja. Lebih lanjutnya kenalan dan tanya-tanya lebih lanjut sebelum memutuskan untuk gabung. 

Fokus ke satu bidang yang kamu pilih dan jadilah yang terbaik di sana!

Memiliki prestasi di dalam dan luar kelas gak cuma bisa ningkatin peluang kalian buat lolos SNMPTN. Lebih dari itu, dengan semua usaha yang udah kamu lakukan, kamu telah mengembangkan kemampuanmu sampai tahap yang mungkin kamu sendiri gak percaya kalau kamu bisa berada di level itu. Di samping itu, kamu juga punya kenangan manis nan membanggakan selama SMA. 

Nah, kalau kamu beneran niat mau memperjuangkan SNMPTN, berjuanglah dari kelas 10 dan 11 ya. Karena kalau udah di kelas 12, udah agak telat sih. Kalau kamu mau makin meningkatkan peluangmu lulus SNMPTN, ini taktik saat pendaftarannya ya:

Gimana Caranya Memaksimalkan Peluang Saat Mendaftar SNMPTN?

 

Catatan Penting!

Meski tips-tips di atas bisa membantumu buat ningkatin peluang lulus SNMPTN, ada baiknya kamu tetap tidak berekspektasi secara berlebihan di jalur ini dan tetap mempersiapkan diri menghadapi UTBK. Jangan sampai karena terlalu berharap ke SNMPTN kamu jadi malas-malasan belajar buat UTBK dan kalau ternyata (semoga tidak) gak lolos, persiapan UTBK-mu jadi serba dadakan dan malah ga maksimal. 

FYI aja nih, salah satu kesalahan umum orang-orang yang gak lulus UTBK adalah mereka terlalu berharap sama jalur SNMPTN yang secara ga sadar bikin mereka lengah mempersiapkan diri menghadapi UTBK. So, be wise ya gaesss. 

Oiya, buat nemenin belajarmu selama SMA, kamu bisa banget nih belajar bareng Zenius Optima. Di Zenius Optima, kamu bisa belajar bareng tutor-tutor kece Zenius secara live dan interaktif. Ga cuma bahas materi pelajaran aja loh ya, kamu juga bisa ngikutin sesi pembahasan soal yang mana kamu bisa nanya-nanya tuh ke tutor Zenius terkait soal-soal yang kamu masih merasa kesulitan buat menyelesaikannya. Atau misalnya kamu lagi sibuk di kegiatan ekskul, trus ada materi yang kamu ketinggalan, bisa banget kamu kejar ketinggalannya lewat live class Zenius Optima. Selengkapnya mengenai Zenius Optima bisa kamu lihat lewat link berikut ini ya gaes. 

Belajar Materi Pelajaran Live dan Interaktif di Zenius Optima

Sekian tips lulus SNMPTN yang bisa kamu manfaatin dan selamat berjuang.

Beasiswa Belajar dari Zenius dan Telkomsel

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini