mm

5 Tips Memaksimalkan Kegiatan Belajar di Rumah

Halo, teman-teman sebangsa dan tanah air. Kali ini gue mau kasih beberapa tips nih buat kalian yang masih merasakan kesulitan dalam belajar online bareng Zenius. Buat yang belum terbiasa sama bimbel online, belajar online yang lo ikutin mungkin masih belum efektif nih gaes. Nah, lo bisa cobain tips-tips belajar di rumah yang gue tulis di bawah ini yaa. Mudah-mudahan lo jadi kebantu dan belajar online lo bisa makin maksimal dan membuahkan hasil sebagaimana yang lo harapkan ūüėé

 

Perlakukan Belajar di Rumah Sebagaimana Belajar di Sekolah

Meskipun lo ga harus datang ke kelas dan bertemu dengan guru, ada baiknya lo tetap mempersiapkan belajar online selayaknya lo mempersiapkan diri buat belajar secara tatap muka. Kalau biasanya sebelum belajar lo biasa melakukan kegiatan seperti mandi, makan, dan berpakaian rapi, coba deh lakuin hal serupa sebelum lo ikutan belajar online. Siapkan juga catatan dan hal-hal lain yang biasa lo siapin buat belajar secara tatap muka. Perlakukan belajar online benar-benar layaknya belajar tatap muka. 

Tujuannya adalah untuk membangun vibes belajar di rumah lo. Kalau suasana yang dibangun tuh nyantai dan cenderung bikin lo malas-malasan, hal ini bisa berpengaruh ke kualitas belajar lo. Lo jadi pengennya malas-malasan dan belajar pun jadi ga fokus. Nah makanya nih coba deh satu tips ini biar belajar lo lebih fokus karena suasana yang lo bikin didesain sedemikian rupa supaya bikin lo fokus dan bisa belajar efektif. 

Oiya ada satu tips dari gue nih yang biasa gue terapin selama work from home. Gue membangun suasana serius salah satunya dengan cara memisahkan mana tempat buat santai dan mana tempat buat serius bekerja. Gue milih tempat santai di ruang keluarga dan menempatkan tempat serius di ruang tamu. Nah, mungkin lo bisa nyoba cara yang sama nih atau lo punya kiat-kiat lo sendiri. Buat yang punya saran lain, coba deh lo taruh di kolom komentar tentang gimana sih lo membangun suasana serius saat belajar online terutama belajar bareng bimbel online ya. 

Baca juga: 

3 Hal Penting dalam Belajar

 

Manajemen Waktu yang Baik 

Bimbel online kayak Zenius menawarkan ke elo kebebasan buat belajar kapan aja lo mau belajar. Tapi di satu sisi ini juga jadi tantangan buat lo juga. Kebebasan milih waktu di satu sisi bisa lo manfaatin buat melakukan kegiatan lain, tapi di sini lo juga jadi harus bisa manajemen waktu supaya belajar lo tetap optimal tanpa bertabrakan sama jadwal kegiatan lain lo. Nah, buat manajemen belajar di rumah, gue ada beberapa tips nih yang bisa lo ikuti. 

  • Perhatikan Kurikulum Sekolahmu¬†

Oke, di sini lo tetap harus memperhatikan kurikulum sekolah lo biar belajar lo bisa menunjang materi pelajaran yang sedang diajarkan di kelas. Jadi kalau pembahasan di kelas sedang berada di materi Indonesia pasca reformasi, lo bisa manfaatin bimbel online Zenius buat lebih mendalami materi tersebut. 

Nah, di sini gue mau ngingetin juga nih. Meski lo perlu memperhatikan jadwal belajar yang berlangsung di sekolah, lo tetap bisa eksplorasi materi. Lo bisa ngulang materi yang belum lo pahami dan bisa juga mempelajari materi yang belum diajarkan biar lo makin siap nanti saat pelajaran di sekolah sampai di bab itu. 

  • Buat Jadwal Berkala

Berkala yang gue maksud adalah lo perlu bikin jadwal mingguan atau bulanan. Di sini, belajar yang lo lakuin berlandaskan pada target nih sifatnya. Misalkan lo punya target dalam 2 minggu udah menguasai materi cerpen dari mendengar sampai dengan analisis. Dengan adanya jadwal ini, waktu yang lo gunain bisa lebih maksimal dan ga habis buat stuck terlalu lama pada satu materi.  

  • Disiplin

Oke, strategi udah dibikin. Selanjutnya yang harus banget lo lakuin adalah disiplin sama jadwal dan rencana yang udah lo rumusin sebelumnya. Buat yang merasa kesulitan berdisiplin, gue ada satu saran nih. Sarannya apa? Set your target. Kenapa sih lo harus belajar? Misalkan lo belajar karena lo merasa masih kurang dalam memahami pelajaran padahal lo pengen kuliah di UGM jurusan Teknik Nuklir. Dengan lo punya target, lo jadi ga punya alasan buat bermalas-malasan. Kalau lo udah punya target dan lo masih aja malas, mungkin target lo gak sebegitu berharga buat diperjuangkan.  

Baca juga: 

Tips Membuat Jadwal Belajar Efektif UTBK SBMPTN

 

Jauhi Distraksi 

Salah satu tantangan belajar di rumah adalah banyaknya distraksi yang seringkali menjadi penghalang. Distraksinya pun ga cuma datang dari hp lo atau fokus lo yang tiba-tiba hilang. Distraksi juga bisa datang dari orang yang tinggal serumah sama lo. Misalnya nih lo lagi asyik-asyiknya nyimak materi ikatan kovalen, eh tiba-tiba mama minta dibelikan detergen di warung. Di sini lo harus benar-benar mencari cara biar belajar efektif bisa lo lakuin. 

Buat menghindari distraksi, ada beberapa cara yang bisa lo lakuin. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Bikin Kesepakatan

Bikin kesepakatan di sini artinya lo perlu bikin kesepakatan sama diri lo dan orang-orang di sekitar lo. Bikin kesepakatan sama diri sendiri kapan nih boleh buka notifikasi di hp, berapa waktu belajar yang harus lo lakuin dalam sehari, dan kesepakatan lainnya yang berkaitan sama diri lo. Selain ke diri sendiri, bikin kesepakatan juga sama orang rumah. Kapan sih lo butuh waktu buat belajar, kapan bisa main sama adik, di tempat mana lo belajar, dan lain sebagainya. Dengan demikian, belajar di rumah pun bisa jadi lebih nyaman.

  • Alokasikan Waktu Untuk Istirahat

Ga bisa dipungkiri kalau sekarang tuh hp udah jadi teman yang selalu nempel di tangan. Karenanya, lo perlu bedain waktu kapan hp buat belajar di rumah dan kapan berfungsi menjadi tempat cari hiburan. Selain itu, alokasikan waktu juga buat istirahat dari belajar di hp. Sayangi kesehatan lo. Mata kan juga butuh istirahat tuh. Nah di sini lo perlu mendisiplinkan diri. 

Baca juga: 

Cara Belajar Efektif

 

Cari Gaya Belajar Efektif Ternyaman Versimu

Orang-orang punya gaya belajar yang beda-beda. Belajar di rumah sama belajar di luar rumah juga beda nih treatment-nya. Di sini lo perlu cari gaya belajar bimbel online yang nyaman versi lo. Apakah lo merasa lebih nyaman dengan belajar online di meja belajar yang ada di kamar atau malah di ruang keluarga. Apakah lo lebih fokus belajar jam 8 malam atau lebih nyaman belajar jam 5 pagi. Cari yang menurut lo paling nyaman dan bisa bikin lo fokus belajar ya. 

 

Jadilah Peserta yang Aktif

Tips berikutnya mengenai belajar efektif di rumah adalah jadilah pelajar yang aktif. Kebetulan banget nih di Zenius ada bimbel online live interaktif sehingga lo bisa nanya langsung sama tutor yang lagi ngejelasin materi. Di bimbel live dan bimbel interaktif ini, lo jadi bisa berinteraksi sama tutornya dan ga cuma nonton video penjelasannya aja. Dengan menjadi peserta yang aktif, lo bisa nanya nih materi yang sekiranya masih kurang jelas. Gak cuma materi yang kurang dipahami aja. Lo juga bisa aktif buat ngasih tahu kendala teknis misalnya gambar yang dibikin sama tutornya kurang jelas, penjelasannya terlalu cepat, dan hal-hal lainnya. Tujuannya, lo bisa lebih fokus dan nyaman dalam belajarnya. 

Sekian dulu ya tips belajar online di bimbel online dari gue. Kalau lo punya tips sendiri yang bisa lo share, tulis aja ya di kolom komentar. Sampai jumpa di tulisan gue berikutnya.

Beasiswa Belajar dari Zenius dan Telkomsel

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini