mm

Ceritain Pengalaman UTBK-mu Bareng Zenius di Lomba Blog #CeritaZenius

Zenius kembali mengadakan kompetisi. Kali ini, kompetisinya adalah lomba menulis blog #CeritaZenius yang syarat dan ketentuan serta hadiahnya bisa dibaca dalam artikel ini.

Halo halo halo, saudara sebangsa dan setanah air. Bagaimana kabar kalian saat ini? Gimana nih kemarin UTBK-nya? Dapat hasil yang diharapkan kah? Atau malah lebih dari yang diharapkan? Gue yakin sih ada banyak cerita yang kalian alami ga cuma pas UTBK yang biasanya dipenuhi ketegangan, tetapi juga selama persiapan UTBK yang biasanya diisi kebingungan seperti “belajar UTBK tuh mulai dari mana sih?”. Belum lagi perubahan kebijakan yang diakibatkan oleh adanya pandemi COVID-19 yang memaksa pelaksanaan UTBK buat ditunda. Well, gue yakin masing-masing dari kalian punya ceritanya masing-masing. 

Mungkin di antara kalian ada yang punya cerita betapa kagetnya saat mengetahui bahwa UTBK diundur dan materi yang diujikan hanya TPS. Ada juga mungkin yang saking seringnya begadang buat persiapan UTBK bareng Zenius jam tidurnya jadi berantakan, lupa makan, dan cerita-cerita lainnya. Nah, Zenius kali ini ngadain lomba nulis di blog #CeritaZenius yang bisa lo jadiin wadah untuk menuangkan cerita-cerita menarik lo seputar gimana Zenius menemari lo menghadapi UTBK 2020 kemarin. 

 

Konsep Lomba Menulis Blog #CeritaZenius

Di lomba menulis blog #CeritaZenius ini, lo bisa cerita gimana sih Zenius hadir sampai akhirnya menjadi teman lo selama berjuang menghadapi UTBK 2020. Ceritain kisah lo di blog pribadi lo (WordPress, Blogspot, atau Tumblr). Buat yang belum terbiasa nulis nih, tenang aja. Ada contoh artikel yang bisa lo jadiin sebagai referensi, Gue taruh daftarnya di bawah ini yak. 

Kompilasi Pemenang Lomba Blog: Belajar Berkelanjutan karena Zenius!

Kompilasi Pemenang Lomba Blog: Nyesel Pake Zenius

Kompilasi Pemenang Lomba Blog: Zenius for the Love of Learning

 

Syarat Lomba Menulis Blog #Cerita Zenius

Cuma ada 1 syarat untuk bisa mengikuti lomba blog ini. Di cerita yang lo tulis, lo harus menyertakan hyperlink ke domain Zenius di artikel yang lo buat. Hyperlink yang lo sisipin bisa lo ambil dari zenius.net (bisa link materi secara spesifik, misalnya link ke materi TPS, atau link halaman utama zenius.net). Atau lo juga bisa masukin hyperlink artikel Zenius Blog yang menurut lo udah membantu proses belajar. Atau kalau menurut lo konten yang ada di aplikasi Zenius lah yang lebih membantu lo belajar buat UTBK, lo bisa dapetin linknya lewat tombol share/bagikan yang ada di setiap konten. Setelah pilih tombol bagikan, lo akan dapat link yang bisa lo sisipin ke tulisan lo. 

Eh eh, hyperlink ini maksudnya apaan sih?

Nah, buat yang masih bingung caranya bikin hyperlink di artikel blog, lo bisa klik link video youtube tentang cara memasang hyperlink yang gue taruh di bawah ini ya gaes

Cara Memasang Hyperlink di Blog

Cantumkan hashtag #CeritaZenius di Dalam Artikel

Jadi, lo harus nyantumin hashtag tersebut di dalam artikel lo ya. Apakah boleh nyantumin di dalam judul? Boleh dan silakan tetapi ha harus di judul loh ya. Lo boleh nyantumin di awal cerita, pertengahan, maupun di akhir cerita.

 

Cara Submit Artikel untuk Ikut Lomba Blog #CeritaZenius

Setelah tulisan yang lo bikin dipublikasikan, jangan lupa buat daftarin diri lo lewat Google form yang linknya ada di bawah ini. Di situ, selain lo masukin daftar diri dan informasi penting lainnya, lo juga akan diminta buat milih salah satu hadiah buku yang detail bukunya apa aja akan gue jelasin di bawah. Link pendaftarannya ada di sini ya. 

Formulir pendaftaran lomba menulis #CeritaZenius

 

Kriteria Pemenang Lomba Menulis Blog #CeritaZenius

Biar kemungkinan menang lo bertambah, gue saranin ke lo buat menuhin kriteria penilaian berikut ini deh. Kriterianya ga banyak kok, cuma ada dua aja. Kriterianya apa aja? Baca baik-baik ya. 

  • Cerita yang Ditulis

Kriteria penilaian pertama adalah cerita yang lo angkat di tulisan lo. Tulis cerita yang menurut lo menarik banget untuk diceritain. Misalnya lo punya pengalaman seru pas persiapan UTBK seperti harus belajar di atap rumah buat dapetin sinyal biar live class yang lo ikutin gak buffering. Cari pengalaman belajar sama Zenius yang menurut lo menarik dan seru nih buat diceritain. 

  • Kreativitas 

Kriteria berikutnya adalah kreativitas tulisan yang lo bikin. Kreativitas di sini bisa lo aplikasikan misalnya di sudut pandang cerita, diksi yang lo pilih, alur, dan banyak lagi yang lainnya. Lo bisa menggunakan kreativitas lo biar tulisan yang lo bikin jadi lebih menarik buat dibaca. 

 

Periode Pelaksanaan Lomba Menulis Blog #CeritaZenius

Berikut adalah tanggal-tanggal penting Lomba Menulis #CeritaZenius yang perlu lo perhatiin biar lo ga kelewatan atau terlambat buat submit karya lo. 

Periode lomba: 14 – 28 September 2020 

Pengumuman pemenang: 12 Oktober 2020

 

Hadiah Lomba Menulis Blog #CeritaZenius

Di lomba kali ini, Zenius menyediakan hadiah untuk 5 peserta terbaik nih. Nah, masing-masing pemenang akan mendapatkan:

  • Tumbler Zenius 
  • Buku bertandatangan Sabda PS dan tutor Zenius. Lo bisa pilih salah satu dari 5 buku di bawah ini saat mengisi formulir pendaftaran. 
    • Mantappu Jiwa – Jerome Polin
    • Sarjana Kertas – J.S. Khairen
    • You(th) – Peachy Liv
    • Kitab Suci Kuliah – Andhika Sudharman
    • Filosofi Teras – Henry Manampiring
  • Saldo Gopay sebesar 500rb rupiah.

Widih keren kan hadiahnya? Makanya nih ayo langsung mulai ceritain pengalaman UTBK-mu di #CeritaZenius dan dapetin hadiah-hadiah yang udah gue mention di atas. Buat yang belum baca buku-buku yang bisa lo menangin di lomba ini, berikut gue kasih ulasan singkat mengenai isi dari buku-buku tersebut yang keren-keren asli. 

buku jerome polin

Mantappu Jiwa – Jerome Polin 

Buku keren karya Jerome Polin ini berisi kisah perjuangan Jerome sampai akhirnya bisa jadi seperti sekarang. Buat lo yang kepo bin pengen kuliah di luar negeri, buku ini cocok banget buat lo baca. Di sini, Jerome ngejembrengin gimana perjuangannya sampai akhirnya bisa kuliah di Waseda University. Gak cuma bahas itu juga, Jerome juga ceritain gimana dia membangun channel Nihongo Mantappu yang sekarang subscribersnya udah jutaan. 

Nah, terkhusus buat para penggemar Jerome baik di Twitter maupun di Youtube, lewat buku ini kalian bisa lebih mengenal Jerome terutama kehidupannya yang gak tertampilkan di depan layar. Buku ini keren dan sangat layak untuk diperjuangkan melalui lomba ini. 

buku sarjana kertas

Sarjana Kertas – J.S. Khairen 

Buku yang menarik banget buat dibaca terutama buat para mahasiswa baru dan para pegiat pendidikan pada umumnya. Sebuah novel berisi kritik yang membuat pembacanya berpikir keras tentang arti dari pendidikan yang selama ini dijalani. Tak hanya menarik dibaca karena kritik yang diusungnya, buku ini juga ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan ringan. Sampai-sampai, tau-tau udah beres aja. 

Yup, kisah 7 orang mahasiswa universitas swasta dalam novel ini bisa menjadi sumber bacaan yang menggugah. Sebuah karya yang sebaiknya jangan sampai dilewatkan kesempatan untuk memilikinya ini.

buku you(th)

You(th) – Peachy Liv

Buku yang sebaiknya dimiliki sendiri daripada meminjam (makanya ikutan lomba ini ya biar bisa punya). Kenapa gitu? Karena buku ini bisa lo corat-coret nih. Coret dengan impian-impian dan rencana yang pengen lo wujudin. Buku yang bisa bantu lo buat merencanakan masa depan gitu.  

Jadi, gaes. Kalau lo punya keinginan dan ngerasa susah buat ngewujudinnya yang bisa karena kurang PD, males keluar dari zona nyaman, atau alasan-alasan lainnya, gue sih nyaranin lo buat milih buku ini sebagai hadiah buku pilihan lo. Buku yang bisa diajak berinteraksi dan banyak rencana atau plan yang bisa lo buat bareng buku ini. 

buku kitab suci kuliah

Kitab Suci Kuliah – Andhika Sudharman

Andhika Putra Sudarman, sosok pria keren yang berkuliah di almamater yang sama dengan Barack Obama. Oke, gue gak perlu ngasih tahu lah ya siapa Barack Obama itu? Yups, buku ini ditulis oleh seorang lulusan Harvard Law School. Buku yang berisi pengalamannya berkuliah di Jurusan Ilmu Hukum Universitas Indonesia. Di buku ini, sesuai judulnya, lo bisa merenungkan dan merencanakan akan seperti apa kuliah yang lo jalani. Buku yang bagus banget dan sangat cocok terutama nih buat yang udah keterima kuliah tapi malah jadi blank karena terlalu fokus mempersiapkan diri ikut ujian penerimaan eh malah lupa merencanakan habis keterima mau ngapain, hehe.

gambar buku filosofi teras

Filosofi Teras – Henry Manampiring

Buku yang menerima penghargaan dari Ikapi pada tahun 2019 sebagai Book of The Year ini bukanlah buku sembarangan. Membaca buku ini bisa bikin lo berpikir “iya, buku ini pantes banget buat dapet penghargaan.” Stereotip buku filsafat yang biasanya ditulis dengan bahasa membosankan dan sukar dipahami tidak berlaku untuk buku ini. Filosofi Teras bisa dipahami dengan mudah dan gak cuma dipahami, isi dari buku ini juga tidak sulit untuk diaplikasikan. Sungguh sebuah buku yang bagus. 

Dan, ya, kalau gue bisa ikutan kompetisi ini, buku ini akan sangat sulit untuk tidak dipilih. Meskipun buku-buku lainnya juga menarik sekali untuk dibaca, tapi godaan buat baca buku ini memang sebegitu besarnya. Well, setelah gue pikir-pikir, tantangan dari lomba menulis ini gak cuma nulis ceritanya tapi ternyata memilih hadiahnya pun juga menantang soalnya emang buku-buku yang dijadiin hadiah emang ketje-ketje gitu, brayy. 

Nah, sekian informasi terkait lomba menulis blog #CeritaZenius. Langsung tancap cyiin pilih cerita paling menarik yang lo alami selama persiapan UTBK sama Zenius. Gue tunggu karya terbaik dari lo!

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini