mm

8 Rekomendasi Buku Bacaan Buat Belajar Sejarah

Artikel ini berisi daftar rekomendasi buku bacaan yang berkaitan dengan sejarah. Kalau kamu memiliki referensi yang menarik, kamu bisa sampaikan di kolom komentar

Setelah berdiskusi sama tutor sejarah Zenius yang keren, gue mau bagiin ke kalian semua nih gaes 8 buku rekomendasi dari mereka buat lo yang pengen belajar sejarah. Buku-buku ini bisa bantuin lo buat belajar materi sejarah SMA loh baik buat kelas 10,11 atau 12. Buat yang ngerasa belajar sejarah itu ga asik, tenang nih. Buku-buku yang gue bahas di sini asyik-asyik dan beberapa di antaranya udah gue baca dan emang seru loh. Ada juga novel yang masuk ke daftar ini karena novel tersebut beneran bisa menggambarkan kondisi di masa tersebut sehingga tetap bisa dijadiin sebagai referensi bacaan yang bagus juga. Well, mari kita mulai dari buku yang pertama.

 

  • Komik Peradaban karya Larry Gonick 

Komik Peradaban Larry Gonick
Sumber: goodreads.com

Buku sejarah yang pertama adalah komik peradaban yang ditulis oleh Larry Gonick. Komik dengan judul asli The Cartoon History of the Universe ini memiliki banyak seri yang cocok banget buat lo yang anaknya lebih seneng baca buku yang banyak visualnya. Serial ini bahas banyak hal tentang sejarah secara berseri dari mulai sejarah peradaban kuno seperti kebudayaan Mesopotamia, Indus, Inca, dan banyak lagi peradaban lain. 

Di serial ini lo juga bisa mempelajari bagaimana runtuhnya kerajaan Romawi, Renaissance, dan banyak lagi lainnya. Buat yang suka baca komik dan pengen baca komik yang ‘serius’, serial ini cocok banget buat lo. Selain itu, buku ini bisa jadi modal buat belajar materi Sejarah Peradaban Dunia Kelas X di bagian Sejarah Peminatan.

Baca juga: 

Materi Sejarah Peminatan Kelas 10 SMA

 

  • Max Havelaar karya Multatuli 

buku max havelaar
sumber: goodreads.com

Buku yang satu ini bukan cuma bagus tapi bagus banget. Ga cuma bisa bawa lo seolah berada di Pulau Jawa abad-19, buku ini adalah buku yang mengubah pandangan orang-orang Belanda terhadap penjajahan yang dilakukan di Hindia Belanda pada masa itu. 

Buku ini juga bagus karena menyajikan informasi sejarah yang out of the box. Buat lo yang udah belajar di sekolah mungkin ngiranya penjajah itu jahat banget. Nah di Max Havelaar lo bakal disajiin cerita kalau ga semua orang Belanda itu jahat dan ga semua pribumi itu baik. Secara ga langsung buku ini juga ngajarin bahwa orang yang berpendidikan itu ga selalu tercerahan. 

Max Havelaar pertama kali diterbitkan pada tahun 1860. Dan fyi aja nih, Max Havelaar baru diterbitkan secara utuh dalam bahasa Indonesia pada tahun 1972 yang saat itu penerjemahannya dari Bahasa Belanda dilakuin sama salah satu tokoh sastra Indonesia, Hans Bague Jassin. 

 

  • Seri Buku Tempo 

buku Soe hok gie
sumber: goodreads.com

Buku sejarah selanjutnya adalah seri yang beberapanya gue punya karena emang seru banget plus layak dikoleksi. Seri tokoh tempo ini ngebahas tokoh-tokoh sejarah secara pribadinya loh. Lo akan dibawa buat kenalan sama tokoh-tokoh sejarah dari sisi kehidupan pribadinya. Pas gue baca seri tokoh Tempo yang bahas Sutan Sjahrir barulah gue tau kalau ternyata Bung Kecil, sapaan Sutan Sjahrir, wafatnya di Zurich, Swiss. Gue juga jadi tau kalau ternyata Bung Tomo selepas peristiwa 10 November menjalani kehidupan yang bisa dibilang biasa banget. Dan masih ada banyak lagi tokoh-tokoh sejarah lain kayak misalnya Bung Karno, Bung Hatta, Soe Hok Gie, Muhammad Yamin, sampai tokoh-tokoh seperti Yap Thiam Hien. 

Buat lo yang pengen kenalan dan mengidolakan para bapak bangsa, lo bisa mulai belajar buat lebih mengenal mereka melalui buku ini sih menurut gue karena bahasanya ringan dan gak tebel loh. Bahkan, beberapa ada yang diterbitkan dalam bentuk buku saku yang bisa lo bawa kemana-mana tanpa makan banyak tempat. Lah gue jadi promosi kan saking semangatnya ngebahas seri tokoh Tempo. Haha. 

Oiya, seri tokoh tempo bisa jadi teman belajar yang asyik buat nemenin lo belajar materi tentang perjuangan kemerdekaan yang ada di Sejarah Wajib Kelas 11

Baca juga: 

Materi Sejarah Wajib Kelas 11 SMA

 

  • Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer 

tetralogi buru
sumber: goodreads.com

Gue lupa sih kapan pertama kali kenalan sama buku ini. Pas awal kenalan gue males banget bacanya karena astaga tebal sekali. Udah tebal, ini ada 4 buku cuyy. Yaudalah gue ga mau baca dulu haha dan gue nyesel akhirnya karena ga baca buku ini sejak pertama kali jumpa. Buku ini keren banget dan bisa ngasih gambaran buat kita tentang keadaan Hindia Belanda di awal abad 20 yang emang lagi banyak pergolakan terutama setelah organisasi pergerakan mulai bermunculan. Meski ga bisa dijadikan sebagai rujukan utama buat belajar sejarah (secara ini kan novel gaes), seenggaknya lo jadi dapat gambaran gimana sih Hindia Belanda di era itu. Selain itu, lo juga bakal ketemu sama tokoh-tokoh yang emang beneran eksis kehadirannya di sejarah. Nah, dari situ gue saranin ke lo buat eksplore sendiri nih dari tokoh-tokoh yang dihadirkan dalam cerita. Waktu gue tracking tokoh-tokoh tersebut ternyata gue dapat banyak kejutan dong :). 

 

  • Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia karya R. Moh. Ali 

buku pengantar ilmu sejarah
sumber: goodreads.com

Nah kalau buku sejarah yang satu ini ditujukan buat lo yang emang pengen mendalami konsep sejarah. Di buku ini lo akan mempelajari pengertian sejarah menurut beliau yaitu: 

  1. Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.

Selain itu, lo juga akan ketemu sama konsep-konsep lainnya juga. Bisa dibilang buku ini agak lebih berat kalau dibandingin sama buku-buku yang sebelumnya gue sebutin di atas. Ya gimana ya. Buku ini mengandung rekaman tentang perdebatan di kalangan sejarawan Indonesia mengenai penyusunan sejarah Indonesia di masa awal pembentukannya. Tapi buat lo yang emang pengen ndalamin konsep sejarah, ini buku cocok banget buat lo. 

 

  • Sejarah Rempah: Dari Erotisme sampai Imperialisme karya Jack Turner 

buku sejarah rempah
sumber: goodreads.com

Omgg kalau buku sejarah yang satu ini sih highly recommended banget. Coba deh lo ke dapur dan cari pala yang ada di sana. Kalau ga nemu coba deh lo googling pala aja. Buahnya sih ga gede ya. Tapi kebayang gak sih lo kalau pala dan rempah-rempah lainnya pernah menjadi prestige bagi seorang raja? 

Meski pembahasannya serius, buku ini dibawain dengan cara yang santai. Penjelasannya juga menarik banget dan buat lo yang pengen tahu lebih banyak soal sejarah terutama soal rempah, lo harus banget deh baca ini buku.  

 

  • Sarinah karya Bung Karno

buku sarinah karya bung karno
sumber: goodreads.com

Buat yang belum tau, Bung Karno punya banyak karya tulis yang sampai sekarang masih bisa lo temui di toko buku kesayangan lo. Salah satunya adalah Sarinah. Pas pertama ketemu buku ini gue ga nyangka kalau ternyata Presiden Pertama kita tuh emang sekeren itu. Dalam buku Sarinah, Panglima Besar Revolusi membahas sejarah eksistensi perempuan dari masa ke masa. Nama Sarinah sendiri berasal dari nama perempuan yang mengasuh Putra Sang Fajar saat dirinya masih kecil. 

Sebelum baca buku ini, gue menghormati Bung Karno sebagai salah satu bapak bangsa. Setelah baca buku ini, gue jadi makin menghormati beliau dan gue mencoba mencari karya beliau yang lain yang kemudian bikin gue makin kagum lagi sama Bung Karno. Well, lo harus baca buku ini sih menurut gue. 

 

  • Indonesia Dalam Arus Sejarah (IDAS)

Oke, sebagai pamungkas, di nomor 8 ini ada buku sejarah berjudul Indonesia Dalam Arus Sejarah. Lo ngerasa asing gak nih sama judulnya? Jadi, sebenarnya ini adalah buku yang terdiri dari 9 jilid dengan jumlah halaman mencapai ribuan. Nah, kalau lo pengen belajar tentang sejarah Indonesia, lo bisa banget nih namatin dari jilid 1 sampai 9 yang membahas mulai dari kondisi pra sejarah di Indonesia sampai keadaan pasca tumbangnya Orde Baru. 9 buku ini ga ditulis sama satu orang aja btw, jadi ditulis oleh banyak sejarawan dari berbagai perspektif. Oke banget sih kalau di rumah ada 9 jilidnya. 

Delapan buku yang gue sebutin di atas adalah rekomendasi buku yang bisa lo baca. Masih ada banyak banget sebenarnya yang bisa dimasukkin karena emang bahas sejarah tuh kayak ga ada habisnya. Ada banyak sekali buku lain yang bisa lo baca kayak misalnya Sejarah Kecil Indonesia karya Rosihan Anwar yang kalau ga salah inget ada 7 buku. Dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Nah, kalau lo punya rekomendasi lainnya, coba deh lo share di kolom komentar ya.

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini