mm

Apa Itu Masalah Ekonomi dan Kenapa Terjadi?

Artikel ini berisi pembahasan mengenai materi masalah ekonomi yang diajarkan di kelas 10 SMA.

Halo, gaes. Balik lagi sama gue, Saad. Kali ini gue mau bahas secara singkat aja nih mengenai materi pelajaran ekonomi kelas 10 yang lo pelajari di awal tahun ajaran. Nah, gue bakal bahas tentang masalah ekonomi nih gaes. Kalau lo mau belajar lebih lanjut mengenai masalah ekonomi, lo bisa tonton video pembahasan materi masalah ekonomi lewat link yang satu ini yaa. 

Materi Lengkap Permasalahan Ekonomi Kelas 10 SMA

Kenapa sih sampai bisa muncul yang namanya masalah ekonomi? 

Secara sederhananya nih gaes. Akar masalah dari ilmu ekonomi adalah kelangkaan. Apa itu kelangkaan? Kelangkaan adalah kondisi ketika kebutuhan dan keinginan yang sifatnya tidak terbatas bertemu dengan sumber daya yang sifatnya terbatas. 

Eh masa ga terbatas nih? Coba deh lo inget-inget dalam sehari lo makan berapa kali? Anggap aja deh 3 kali sehari. Kebutuhan makan lo yang 3 kali sehari itu anggap aja bisa dicukupi melalui produksi pangan dari lahan seluas 2 meter persegi. Itu baru buat memenuhi kebutuhan lo. Nah sekarang gue tanya nih. Ada berapakah jumlah manusia yang ada saat ini? Sama satu lagi nih, berapa jumlah lahan yang dibutuhkan untuk memproduksi pangan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh manusia tadi? Inget, ga semua lahan yang tersedia itu cukup subur dan bisa ditanami tanaman. Belum lagi ada lahan yang dipakai buat kebutuhan papan dan jumlah manusia yang terus bertambah seiring bertambahnya jumlah kelahiran. Terbatasnya sumber daya dan tidak terbatasnya kebutuhan manusia inilah yang akhirnya mengakibatkan masalah ekonomi. 

Secara garis besar, masalah ekonomi dibagi menjadi 2 gaes. Ada yang namanya masalah ekonomi klasik dan ada juga masalah ekonomi modern. Gue jabarin satu per satu yaa. 

masalah ekonomi

 

Masalah Ekonomi Klasik 

Pertama nih, gue bakal bahas masalah ekonomi klasik terlebih dahulu. Masalah ekonomi klasik ini terlahir berlandaskan pada teori ekonomi klasik. Masalah ekonomi klasik ada 3 nih gaes. 

  • Produksi 

Masalah pertama adalah dalam produksi. Produksi sendiri adalah proses pengolahan sumber daya menjadi sesuatu untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan manusia. Misalnya nih, pengolahan pangan dari padi menjadi beras. 

Masalah pada produksi dapat disebabkan oleh banyak hal nih contohnya kelangkaan lahan, terbatasnya modal, hingga kurangnya SDM.

  • Distribusi 

Persoalan ekonomi klasik selanjutnya adalah distribusi. Distribusi sendiri merupakan proses penyampaian benda yang telah diproduksi supaya bisa digunakan oleh manusia. Contoh masalah pada distribusi misalnya seperti yang terjadi di negara kepulauan seperti kita nih gaes. Untuk menekan ongkos distribusi biasanya barang didistribusikan menggunakan kapal laut. Padahal, untuk melaut tuh butuh lihat dulu nih kondisi arus lautnya, musim, dan faktor lain. Sedangkan kalau mau menggunakan pesawat selain ongkosnya lebih mahal, kemampuan angkut pesawat terbang enggak sebanyak yang bisa diangkut sama kapal laut.

  • Konsumsi 

Oke berikutnya adalah konsumsi nih. Konsumsi yang dimaksud di sini bukan makan atau menggunakan barang ya melainkan proses atau kegiatan untuk mendapatkan benda pemuas kebutuhan atau keinginan misalnya nih kegiatan membeli. Permasalahan dalam konsumsi contohnya adalah saat barang yang ada ternyata tidak mampu dibeli atau ternyata barang yang tersedia tidak cocok untuk digunakan. 

Baca juga: 

5 Pengetahuan Dasar Ekonomi

 

Masalah Ekonomi Modern 

Berikutnya gue mau bahas mengenai masalah ekonomi modern nih. Masalah ekonomi modern ada 3 nih gaes. Berikut adalah ketiga masalah tersebut. 

  • Apa yang harus diproduksi dan berapa banyak?

Masalah pokok pertama yang penting dalam ekonomi modern adalah bagaimana produsen dapat menentukan barang atau jasa yang perlu atau harus diproduksi. Selain itu, banyaknya jumlah produk juga harus diperhitungkan. Kenapa begitu? Hal ini berkenaan dengan untung ruginya produsen dalam produksi. Sudah produksi banyak barang tapi ternyata tidak dibutuhkan atau peminatnya tidak banyak bisa mengakibatkan kerugian gaes. 

  • Bagaimana cara produksinya?

Anggaplah persoalan mau memproduksi apa dan seberapa banyak sudah terpecahkan. Nah, ternyata muncul lagi nih persoalan selanjutnya. Bagaimana barang atau jasa tadi diproduksi? Apakah produksinya mau dilakukan secara padat modal ataukah padat karya? 

  • Untuk siapa produksi dilakukan? 

Berikutnya adalah persoalan kepada siapa barang atau jasa yang telah diproduksi akan dijual? Apakah target pasar yang dituju memiliki kemampuan untuk membeli dengan harga yang ditentukan sehingga harga pokok produksi dapat terpenuhi dan mendatangkan keuntungan? 

Nah itu sih gaes yang mau gue bahas dikit soal masalah ekonomi yang terbagi menjadi masalah ekonomi klasik dan masalah ekonomi modern. Semua berawal dari terbatasnya sumber daya yang berhadapan dengan tidak terbatasnya kebutuhan dari manusia. Nah, kalau ada masalah harusnya ada solusi dong? Of course, tentunya ada 🙂 so, untuk solusi dari masalah ekonomi ini akan dibahas di tulisan lainnya. See u.

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini