Cara Belajar Bahasa Asing

Lemot dalam Belajar Bahasa Inggris: Gimana Dong Ujian Gue?

Bagaimana cara efektif untuk belajar bahasa Inggris? Pertanyaan ini dijawab di sini disertai dengan tips belajar bahasa Inggris untuk menghadapi soal UTBK berbahasa Inggris.

Nah, untuk lo yang masih ngerasa lemot abis dalam Belajar Bahasa Inggris, gue mau ngasih good news dan bad news. Bad news-nya? Bahasa Inggris itu adalah salah satu skill yang paling susah ditingkatin dibandingkan pelajaran-pelajaran sekolah lainnya. Good news-nya? Dengan belajar dan latihan yang sering lo bisa banget ningkatin skill bahasa Inggris lo.

Jadi yang pertama: Let’s say goodbye to SKS (Sistem Kebut Semalam). Lalu sebelum kita ngomongin next step-nya, ayo kita lihat dulu apa aja yang harus kita kuasai dari bahasa Inggris.

Lemot dalam Belajar Bahasa Inggris: Gimana Dong Ujian Gue? 9

Grammar dan vocabulary sebagai fondasi belajar bahasa Inggris

Untuk bisa belajar bahasa Inggris dengan baik (termasuk untuk UTBK), dasarnya itu adalah grammar dan vocabulary*.

Seperti apa sih yang dipelajari dalam grammar? Kebanyakan kita belajar pattern atau pola. Pertama, susunan kalimat. Contohnya: (a). I like your book. (b). Like I book your. Dalam grammar, (a) dianggap benar. Kedua, grammar juga mempelajari bentuk dari vocabulary. Contohnya adalah “eat” dan “ate”. Dalam bahasa Inggris, “eat” menunjukkan “makan” dalam bentuk present; “ate” menunjukkan “makan” dalam bentuk past.

Kalo vocabulary mempelajari grup kata-kata mulai dari maknanya, asal-usul kosakata, kata khusus-kata umum, pergeseran makna kata, dan masih banyak lagi.

Kedua skills grammar dan vocabulary ini adalah dasar kita untuk berkomunikasi aktif dan pasif dengan akurat dan jelas, sampai kita bisa mengerti dan menyampaikan informasi dengan ok banget. Harus kita kuasai. Banget.

Reading, writing, listening, dan speaking skills?

Jadi, kita udah ngomongin skills dasar, yaitu grammar dan vocab. Sekarang kita akan kenal skills lainnya: reading, writing, speaking, dan listening skills. Apa sih hubungan antara kedua skills dasar dan keempat skills tambahan ini?

Ternyata kemampuan kita dalam skills dasar grammar dan vocab itu sangat membantu kesuksesan kita untuk menguasai keempat skills tambahan ini. Gitu loh.

Tapi, tetap aja karena masing-masing skills di atas berbeda, kita nggak cukup sekadar nguatin dasar grammar dan vocab doang. Skills yang tambahannya juga wajib dipelajari secara spesifik. Kalo mau jago listening, selain punya dasar grammar & vocab yang bagus, kita juga harus latihan untuk listening in English sesering mungkin dan serutin mungkin. Begitu pula dengan reading, speaking, maupun writing skills.

Karena topiknya sekarang adalah menghadapi UTBK bahasa Inggris, mari kita tengok dulu ujian SBMPTN 2013 sebagai contoh.

Soal SBMPTN/UTBK kayak apa sih?

Kalo dulu SBMPTN ngasih 15 soal yang nguji kemampuan reading bahasa Inggris, SBMPTN 2013 (dan kemungkinan tahun setelahnya) tinggal 12 soal yang seperti itu. Tiga soal lainnya adalah soal yang mengisi titik-titik.

Secara keseluruhan, tipe soalnya seperti ini:

  1. Reading 1Gambar 1 Inggris SBMPTN

Soal yang macam ini udah ada dari zaman dulu UMPTN, SPMB, sampai ke zaman SIMAK sekarang. Biasanya kita diminta mengisi titik-titiknya dengan pilihan:

–        vocab yang tepat,
–        grammar yang bener,
–        serta kalimat yang nyambung sama paragrafnya.
 
  1. READING 2

    Gambar 2 Inggris SBMPTN

  2. Reading 3

    Gambar 3 Inggris SBMPTN

    Soal reading 2 & 3 ini biasanya ngasih teks panjang sekitar 2–4 paragraf. Kita diuji kemampuan dalam memahami informasi secara umum, spesifik, maupun informasi yang berupa tebakan, misalnya:

Informasi umum: Ide utama, topik, hubungan antarparagraf, penyusunan paragraf, kesimpulan, dst.

Informasi spesifik: Maksud/makna kalimat secara eksplisit maupun implisit, pernyataan kembali (dengan arti yang sama), sinonim, informasi yang benar atau salah dari teks, dst.

Informasi tebakan: Maksud, pandangan, asumsi si penulis, tebakan isi dari paragraf yang mendahului teks tersebut, dst.

4. READING 4Gambar 4AB Inggris SBMPTN

Soal reading tipe ini pertanyaannya mirip dengan tipe Reading 1 & 2. Yang ditanya adalah informasi umum, spesifik, dan informasi tebakan. Tapi yang membedakan tipe soal ini adalah kita wajib membandingkan antara teks A dan teks B. Contohnya:

  • Apa perbedaan ide utama dari teks A dan teks B?
  • Informasi yang mana yang benar yang ada di kedua teks?
  • Topik dari kedua teks adalah…

Lo bisa download soal SBMPTN Bahasa Inggris 2013 dan melihat video pembahasan soal sbmptn bahasa inggris 2013 

Skills bahasa Inggris tadi disebut kan ada 6, yang relevan sama SBMPTN/UTBK yang mana? Caranya gimana?

Sebelum lo baca, gue kasih peringatan dulu bahwa nomor (1) dan (2) di bawah ini bukan urutan, ya. Keduanya bisa dipelajari berbarengan kok.

1. Fondasi belajar bahasa Inggris: grammar & vocabulary

Wajib kita kuasai nih. Alasannya? Tadi udah disebutin di atas tuh.

Cara belajar grammar?

Siswa-siswa tuh biasanya paling males belajar grammar. Katanya gara-gara ribet dan repot. Memang sih, untuk awal-awal pasti ribet, banyak hafalannya. Dan susah sih. Tapi jangan salah Men, susahnya cuma di awal doang loh. Biasanya kita orang Indonesia suka kesulitan belajar grammar di awal soalnya kita gak mengenal tenses, konjungsi, dll dalam bahasa kita. Kalo lo udah bisa ngelewatin tembok tinggi di awal belajar grammar, tembok berikutnya tuh udah gampang.

CARA BELAJAR VOCAB

Ini  hafalannya jauh lebih banyak lagi dibanding sama grammar. Satu resep dalam menghafal vocab: semakin sering kita pakai vocab tersebut, semakin hafal loh.

Untuk kepentingan SBMPTN, nanti vocab yang lo pelajari akan semakin tinggi tingkatnya. Kita kemungkinan besar akan menemukan vocab yang lebih susah dibandingin buku SMA lo, bahkan dibandingin sama UN lo.

  • Coba immerse diri lo dengan tools berbahasa Inggris mulai dari film, buku, koran, radio, lagu, video games dan lain-lain. Kalo lo gak amnesia, harusnya sih vocab lo nambah banget.
  • Lo juga bisa belajar 1 vocab tapi hafalnya jadi 3. Rahasianya? Lo bisa belajar yang namanya word extension. Coba sekarang lo bikin word extension sendiri kalo nemu vocab susah, pasti vocab lo makin kaya deh. Buat belajar word extension coba lo liat salah satu materi di zeniusenglish berikut ini 
  • Belajar vocab dari asal-usul katanya bisa membantu loh! Coba deh nonton video tentang vocab di zenius.net berikut ini.
  • Jangan lupa kalo abis punya vocab baru ya dicatet dan dibaca secara rutin. Kalo gak dicatet nanti lupa loh.

 2. READING SKILL

Bentuk bacaan dalam SBMPTN itu (selain vocab-nya lebih sulit) akan lebih kompleks daripada bacaan SMA lo. Jadi lo akan kerja dobel: pertama memahami struktur bahasanya (di sinilah grammarvocab bermain); kedua memahami ide dari kalimat itu sendiri.

Cara meningkatkan reading skills:

Dengan membaca sering dan latihan soal yang sering, kita jadi lebih cepat untuk memahami suatu informasi (dan makin cepat ngerjain ujiannya :D).

Kita juga wajib lebih berani memilih topik bacaan. Kata siapa anak IPA gak bisa baca sejarah? Kata siapa anak IPS gak bisa baca biologi? Justru dengan memperluas topik bacaan, kita terbiasa dengan berbagai macam teks dan vocab dalam ujian. Selain untuk ujian, ini juga bagus untuk memperkaya knowledge lo.

Gue garis bawahi nih ya: Belajar bahasa Inggris apa pun, mulai dari grammar, vocab, reading skills, etc. nggak ada yang namanya kilat. Dan, kalo lo lakuin jarang-jarang biasanya lo lupa juga ujung-ujungnya. So, lo wajib belajar rutin dan sering. Berat sih, tapi if you want to be great, you have to pay the price.

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Bahasa Inggris dari Zenius

3 Hal Tentang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Yang WAJIB Lo Tahu!
5 Ungkapan Maaf Dalam Bahasa Inggris
5 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Anti-Bosan
7 Salah Kaprah Penggunaan Bahasa Inggris
Idiom dalam Bahasa Inggris
Siapa Bilang Bahasa Inggris itu Ribet
Tips Ngerjain Soal Reading pada UTBK Bahasa Inggris
Greetings: Menyapa dalam Bahasa Inggris

Begitulah tips dalam menghadapi SBMPTN Bahasa Inggris. Kelemotan lo dalam belajar bahasa Inggris bisa diobati dengan cara belajar di atas, secara sering dan rutin. Harusnya, kalo lo lakuin dari sekarang sih nggak terlambat untuk menghadapi SBMPTN!

* Vocabulary dan grammar itu tidak mutually exclusive. Beberapa bagian dari vocabulary juga merupakan domain dari grammar.

[ Catatan Editor : Seperti biasa kalo ada yang mau nanya, komentar, atau ngobrol sama Donnita tentang persiapan SBMPTN Bahasa Inggris, bisa langsung tinggalin comment aja di bawah artikel ini. Buat lo yang belum gabung jadi rgistered account di zenius.net, pastiin lo gabung sama kita dengan cara daftar registered account di zenius.net]

Bagikan Artikel Ini!