Zenius Grand Tryout UTBK: Tryoutnya Gratis, Hadiahnya Beasiswa dan Asuransi Milyaran Rupiah

Artikel ini membahas informasi mengenai Grand Tryout UTBK yang diselenggarakan Zenius, mulai dari jadwal sampai total hadiah yang bisa didapatkan.

Gimana persiapan UTBK yang udah lo lakuin selama ini, gaes? Gak kerasa udah masuk ke bulan Juni aja nih yang artinya waktu persiapan UTBK yang lo punya kurang lebih tinggal 1 bulan lagi. Nah di momen persiapan yang tinggal dikit ini adalah hal yang bijak kalau elo ikutan tryout buat mastiin udah sejauh mana persiapan UTBK yang lo lakuin selama ini.

Kabar baiknya, Zenius punya tryout yang bisa lo gunain buat matengin persiapan UTBK lo. Eitssss, tunggu dulu. Emang sih selama ini Zenius udah nyedian tryout yang mungkin beberapa dari lo udah sering ikutan dan selalu nungguin hasil persentil diumumin. Tapi kali ini tryout yang diadain sama Zenius bakal beda. Apa aja bedanya? Dari segi waktu pelaksanaan bakal beda. Kalau biasanya lo punya waktu seminggu atau bahkan lebih buat nyelesaiin satu tryout, kali ini waktunya bakal terbatas banget karena emang disesuaikan sama UTBK aslinya. Dan satu hal lagi nih, di tryout ini, lo bisa dapetin lebih dari nilai bagus. Lo juga bisa dapetin hadiah puluhan juta rupiah yang udah Zenius siapin buat peserta terbaik. So, simak baik-baik info mengenai grand tryout UTBK yang bakal gue jembrengin di bawah ini.

Pelaksanaan Grand Tryout ini didukung oleh Gojek dan Pasar Polis. Dukungan mereka sangatlah membantu kelancaran dari pelaksanaan grand tryout ini.

Grand Tryout UTBK 2020

Di akhir masa persiapan UTBK ini, Zenius bakal ngadain tryout gede-gedean dengan nama ‘Grand Tryout UTBK’. Grand tryout ini bisa dibilang adalah tryout pamungkas sebelum lo ikutan UTBK yang sesungguhnya. Karena emang disiapin buat bantu lo persiapan UTBK, tryout ini akan dibuat semirip mungkin sama UTBK aslinya. Nah gimana sih teknis pelaksanaan yang ada di grand tryout ini nantinya? 

  • Tes Potensi Skolastik dengan setiap komponennya

UTBK tahun ini hanya akan mengujikan Tes Potensi Skolastik (TPS) yang artinya bakal beda sama UTBK atau SBMPTN terdahulu yang juga mengujikan materi rumpun studi baik saintek maupun soshum. Mengacu pada UTBK tahun 2019, ada 4 komponen yang diujikan dalam UTBK. 

  • Penalaran Umum 
  • Pengetahuan Kuantitatif 
  • Pemahaman Bacaan dan menulis 
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum 

Keempat komponen tersebut mengujikan materi-materi dan tingkat kesulitan yang berbeda. Nah, di Grand Tryout UTBK ini, lo bakal ketemu sama empat komponen itu buat nguji udah sejauh mana penguasaan lo terhadapnya. 

  • 80 soal, 2 jam waktu pengerjaan. 

Di Grand Tryout UTBK, lo bakal ketemu 80 soal dengan waktu pengerjaan selama 2 jam atau 120 menit. Artinya, lo punya waktu sebanyak 90 detik untuk setiap soal yang diujikan. Kenapa waktunya mepet banget? Well, UTBK yang asli emang mepet, gaes. Tryout ini emang didesain semirip mungkin sama UTBK asli which is secara durasi pengerjaan juga harus mirip dong. INGAT! Lo cuma bisa ngerjain tryout ini selama 2 jam mulai dari jam 7 sampai 9 malam di tanggal yang gue cantumin di poin selanjutnya. Penting untuk diingat juga kalau nilai maksimal yang bisa lo dapat di Grand Tryout UTBK ini adalah 80.

  • Diadakan sebanyak 4 kali

Nah ini poin yang ga kalah penting. Grand Tryout UTBK bakal diadain sebanyak 4 kali pada tanggal-tanggal berikut ini. 

  1. Grand Tryout UTBK 1: Selasa, 9 Juni 2020
  2. Grand Tryout UTBK 2: Senin, 15 Juni 2020
  3. Grand Tryout UTBK 3: Senin, 22 Juni 2020
  4. Grand Tryout UTBK 4: Senin, 29 Juni 2020

Dengan adanya 4 grand tryout ini, lo punya kesempatan buat persiapan UTBK secara optimal. Terutama nih buat lo yang mungkin belum pernah ikutan tryout sama sekali. Gue saranin ke elo buat ikutan semua grand tryout ini supaya lo bisa ngukur tingkat kesiapan lo. Misalnya nih di tryout 1 lo masih kurang paham di materi tertentu, lo bisa evaluasi dan ngejar ketinggalan lo di tryout selanjutnya. 

Kenapa sih Lo Harus Ikutan Grand Tryout Ini?

  • Soal bervariasi dan disesuaikan dengan tingkat kesulitan UTBK TPS

Poin ini penting karena dengan ikutan tryout, selain lo mengukur kemampuan, lo juga bisa membiasakan diri dengan soal-soal tingkatan soal UTBK yang beda sama ujian di tingkat sekolah. Nah makanya lo harus ikutan grand tryout Zenius karena tingkat kesulitan soalnya disesuaikan sama soal UTBK sesungguhnya. Selain itu, soalnya juga variatif dan bikin lo jadi banyak referensi bentuk-bentuk soal UTBK. 

  • Berhadiah beasiswa puluhan juta

Weits, dengan ikutan tryout, lo jadi punya kesempatan buat dapetin beasiswa yang nilainya puluhan juta. Detailnya gue bahas di bawah deh. Yang jelas, lo harus jadi yang terbaik dong buat dapetin hadiahnya. 

  • Video pembahasan soal

Mungkin lo bakal ketemu sama soal-soal yang ga bisa lo selesaiin. Nah lo bisa lihat gimana pembahasan dari soal itu di video pembahasan soal yang bisa bantu lo buat makin mahamin soal-soal UTBK nantinya. 

  • Grand Tryout-nya GRATIS!

Grand Tryout UTBK ini bisa lo ikutin secara gratis. Ga perlu keluar uang untuk daftar dan ga perlu keluar rumah pula. Udah gratis, ada banyak puluhan juta beasiswa yang bisa lo dapetin pula. Wah kalau gini jangan sampai kelewatan sih bener-bener.

Gimana Cara Ikutan Grand Tryout-nya? 

Oke terus gimana cara ikutannya? Caranya gampang banget. Lo bisa ikutan step-step yang gue masukin di bawah ini. 

  1. Pastikan lo udah set profil Zenius di kelas 12 dan Zenius App lo udah di-update ke versi 2.0.8. Nah kalau udah kelas 12, akan muncul banner Grand Tryout di bagian atas. Klik aja.
  2. Selanjutnya, lo akan masuk ke halaman grand tryout. Di situ, lo pilih ‘Register Now’ dan lo akan masuk ke halaman pengisian identitas. Isi semua kolom yang tersedia ya.
  3. Berikutnya, lo akan masuk ke halaman syarat dan ketentuan. Baca baik-baik dan kalau udah pilih setuju. Nah selamat, lo udah berhasil terdaftar di grand tryout Zenius.

Ingat, lo harus punya akun Zenius dulu biar bisa masuk ke Zenius app atau Zenius web. Buat lo yang belum punya akun, langsung cus bikin akun dulu yaa. Jangan lupa setelah daftar buat verifikasi nomor HP lo juga.

Hadiah Buat Peserta Grand Tryout Terbaik

Pemilihan pemenang dilakukan berdasarkan nilai tertinggi dari semua tryout dan waktu menyelesaikan tryout.

Apakah harus ikutan semua grand tryout buat menangin hadiahnya? Sebenernya sih enggak. Gue nyaranin lo ikutan semuanya biar lo makin mateng aja persiapannya. Peserta terbaik di sini maksudnya adalah peserta dengan nilai terbaik di setiap tryout baik tryout 1,2,3, atau 4. Jadi, nanti setelah semua tryout selesai dilaksanain, pesertanya akan diranking tuh dari nilai yang tertinggi. Misalkan lo dapat nilai 100 di tryout ketiga dan dapat 70 di tryout keempat, nanti di ranking keseluruhan berarti nilai tryout keempat lo akan ada di bawah tryout ketiga. Satu lagi. Selain mengacu pada skor yang diperoleh peserta, peringkat peserta juga ditentukan dengan durasi pengerjaan. Nah misalkan ada 3 peserta yang sama-sama dapat 100 nih (Amiin!), ranking ketiga peserta tadi akan ditentukan berdasarkan siapa yang lebih cepat dalam menyelesaikan tryout-nya. 

Dengan adanya 4 grand tryout ini sebenarnya lo diuntungin juga karena lo jadi punya beberapa kesempatan buat ningkatin nilai dan durasi waktu pengerjaan yang lo dapetin dari satu tryout ke tryout berikutnya. Intinya, manfaatin kesempatan yang ada deh biar persiapan lo makin maksimal. 

Oke buat hadiah yang bisa lo dapetin dari grand tryout ini, gue jabarin di bawah yak. 

  1. Peringkat 1-10 berhak mendapatkan beasiswa pendidikan masing-masing sebesar 30 juta rupiah.
  2. Peringkat 11-30 berhak mendapatkan beasiswa pendidikan masing-masing sebesar 10 juta rupiah. 
  3. Peringkat 31-100 berhak mendapatkan beasiswa pendidikan masing-masing sebesar 5 juta rupiah. 

*Untuk kamu yang memiliki kode referral, silakan cek syarat dan ketentuannya di sini.

Syarat dan Ketentuan Buat Ikutan Grand Tryout UTBK Zenius

  1. Peserta merupakan lulusan SMA atau sederajat dengan usia maksimal 25 tahun. 
  2. Menggunakan identitas asli yang dapat dibuktikan dalam bentuk KTP atau NISN. 
  3. Peserta bukan karyawan Zenius dan bukan karyawan partner Grand Tryout Zenius. 
  4. Peringkat akan ditentukan berdasarkan skor tryout dan durasi pengerjaan. 
  5. Peringkat dapat dilihat di papan skor sementara dalam menu di halaman Tryout Zenius App
  6. Hanya peserta terbaik dengan catatan waktu terbaik saja yang akan dinominasikan sebagai pemenang.
  7. Pemenang akan diumumkan setelah identitasnya dikonfirmasi
  8. Selengkapnya mengenai syarat dan ketentuan bisa dilihat di sini

Gimana, gaes? Udah kebakar kan semangatnya buat ikutan Grand Tryout? Banyak banget kan hadiahnya? Banyak dong, ya. Nah maksudnya beasiswa pendidikan tuh gimana? Jadi, nanti kalau elo jadi peserta dengan nilai terbaik atau masuk ke 100 besar, lo bakal dapat uangnya dalam bentuk beasiswa yang akan dibayarkan ke perguruan tinggi tempat lo kuliah nantinya. Wah enak banget kan. Tryoutnya gratis, hadiahnya bisa bantu kamu kuliah. Yok bisa yok.

 

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini