Apresiasi Gurumu yang Berjasa Selama Pandemi COVID-19, Ikuti Lomba Zenius #THRuntukGuru

Punya cerita menarik tentang perjuangan guru kamu selama pandemi? Coba ikutan lomba #THRUntukGuru dan dapetin hadiah buat kamu dan guru kamu. Syarat dan ketentuannya bisa kamu baca di artikel ini. 

Pandemi COVID-19 yang mulai menyerang Indonesia pada bulan Maret 2020 memberikan berbagai macam dampak. Salah satunya adalah pemindahan kegiatan belajar mengajar dari sekolah ke rumah. Kebijakan ini diambil oleh pemerintah untuk mencegah penularan virus corona secara lebih luas. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka di dalam kelas tidak bisa dilakukan lagi. Sebagai gantinya, belajar mengajar dilakukan secara online baik dengan menggunakan Zoom, Google Classroom, atau bahkan melalui WhatsApp. 

Ada berbagai adaptasi yang mesti dilakukan sebagai dampak dari perubahan ini. Jika di dalam kelas bapak atau ibu guru bisa menyaksikan muridnya satu per satu untuk memastikan mereka telah memahami penjelasannya, kini harus memutar otak untuk mencari cara melakukan hal serupa tanpa adanya kehadiran murid di depannya. Belum lagi dengan persoalan teknis seperti stabil apa tidaknya sinyal internet hingga keterbatasan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi. 

 

Konsep Lomba #THRuntukGuru

Pastinya perjuangan yang dilakukan oleh guru-guru yang mengajar kamu berbeda-beda. Di sini Zenius ingin mengajak kamu semua untuk mengapresiasi perjuangan mereka dalam lomba bertajuk #THRUntukGuru

#THRUntukGuru adalah wujud apresiasi dari Zenius untuk guru-guru yang telah berjuang dengan segala tantangan yang dihadapinya selama mengajar. Zenius mengajak para murid untuk mengangkat kisah perjuangan gurunya dalam mengajar di tengah pandemi supaya kita makin menghormati guru-guru kita dan perjuangan mereka untuk dapat terus mengajar meski tidak bisa bertatap muka secara langsung di sekolah sebagaimana biasanya. 

 

Cara ikutan lomba #THRUntukGuru

Guru-guru memiliki cara berjuang yang berbeda-beda dalam kegiatan mengajar selama pandemi. Kamu bisa pilih cerita gurumu yang menarik buat ikutan lomba ini. Cara ikutannya adalah sebagai berikut:

  1. Follow akun medsos Zenius Education di medsos yang akan kamu gunakan untuk menceritakan kisah gurumu. 
    1. Instagram Zenius
    2. Twitter Zenius
    3. Facebook Zenius
  2. Posting foto gurumu yang mempunyai cerita perjuangan yang ingin kamu angkat di medosmu (Instagram, Twitter, atau Facebook)
  3. Awali caption-mu dengan tagar #ZeniusIniGuruku dan tutup dengan tagar #THRUntukGuru. Sertakan nama kamu, nama sekolah, dan nama guru kamu di dalam caption. 
  4. Jangan lupa untuk tag akun medsos Zenius.

 

Periode Lomba #THRUntukGuru

Lomba #THRUntukGuru ini berlangsung mulai dari tanggal 14 Mei sampai 25 Mei 2020 dan pemenang akan diumumpan pada tanggal 31 Mei 2020. 

 

Kriteria Pemenang #THRUntukGuru

Buat bocoran nih buat kamu yang ingin menangin lomba ini dan ngasih hadiah ke guru kamu. Ada kriteria-kriteria penilaian yang bisa kamu ikuti biar kemungkinan menang kamu makin besar

  1. Taati syarat dan ketentuan yang sudah disediakan.
  2. Kualitas cerita yang kamu angkat.
  3. Kreativitas dalam konten yang kamu posting
  4. Cara kamu bercerita di dalam postingan kamu. 

 

Syarat dan Ketentuan #THRUntukGuru

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu taati buat ikutan lomba ini. Ada syarat buat kamu sebagai peserta dan ada juga syarat untuk guru yang ceritanya mau kamu angkat. Detailnya seperti ini:

Syarat dan ketentuan untuk peserta

  1. Peserta merupakan WNI yang masih bersekolah (SD-SMA) atau baru lulus pada tahun 2020. 
  2. Peserta harus memposting foto disertai caption tentang perjuangan gurunya dalam mengajar selama masa pandemi COVID-19 di akun medsosnya (Instagram, Twitter, atau Facebook) dan harus tag akun medsos Zenius. Caption diawali dengan tagar #ZeniusIniGuruku dan ditutup dengan tagar #THRUntukGuru.
  3. Peserta harus menyertakan nama peserta, nama sekolah, dan nama guru di dalam postingan yang dibuat. 
  4. Peserta harus mem-follow akun medsos Zenius
  5. Pemenang akan dihubungi melalui DM. 

Syarat dan ketentuan untuk guru yang ceritanya diangkat

  1. Guru merupakan WNI dengan usia minimum 18 tahun dan berdomisili di Indonesia 
  2. Guru yang ceritanya hendak diangkat boleh mengajar baik SD, SMP, maupun SMA. 
  3. Guru harus terdaftar mengajar di sekolah formal, baik negeri ataupun swasta, boleh berstatus guru tetap ataupun honorer. Tim Zenius akan melakukan verifikasi ke pihak terkait.
  4. Guru yang kisahnya dinyatakan sebagai pemenang harus mengambil foto bersama hadiahnya dan membuat video testimoni. 
  5. Pemilihan dan penentuan postingan atau tulisan cerita dalam lomba ini sepenuhnya ditentukan oleh Zenius dan tidak dapat diganggu-gugat oleh Peserta ataupun Guru.

 

Juri Lomba #THRuntukGuru

Foto dan caption yang kamu unggah di medsos kamu akan dinilai oleh tim juri dari Zenius yang beranggotakan :

  1. Wisnu Subekti, President Zenius
  2. Amanda Witdarmono, Chief of Education Initiative Zenius
  3. Prasdianto, Head of Tutors Zenius

 

Hadiah #THRuntukGuru

Baik kamu ataupun guru yang kamu angkat kisahnya akan mendapatkan hadiah jika menang. Hadiahnya adalah sebagai berikut. 

  1. Peserta terbaik pertama akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah) dan merchandise Zenius. Guru akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah) dan merchandise Zenius. 
  2. Peserta terbaik kedua akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) dan merchandise Zenius. Guru akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah) dan merchandise Zenius.
  3. Peserta terbaik ketiga akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) dan merchandise Zenius. Guru akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah) dan merchandise Zenius.

Syarat dan ketetntuan selengkapnya mengenai #THRuntukGuru bisa kamu lihat di bawah ini yaa.

 

 

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini