mm

Panduan Belajar UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif

Artikel ini berisi tips dan panduan belajar untuk persiapan belajar menghadapi soal-soal UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif. Dari pembahasan materi, contoh soal, dan kumpulan soal latihan.

Gimana persiapan kamu buat menghadapi UTBK 2020? Sudah mulai mempelajari TPS? Pastinya sudah mulai dong ya secara kan yang diujikan di UTBK 2020 kan cuma TPS.

Oke guys, di dalam soal TPS ini ada yang namanya Tes Pengetahuan Kuantitatif, yaitu soal-soal yang menguji pengetahuan kalian mengenai konsep-konsep dasar matematika. Soalnya sederhana dan tiap soal hanya menguji satu topik atau materi. Coba kita lihat contoh soal Pengetahuan Kuantitatif pada UTBK 2019.

Soal di atas hanya membahas satu topik, yaitu himpunan. Himpunan sendiri diajarkan di kelas 7 SMP, sehingga sekali lagi menjadi pengingat nih supaya kamu coba mempelajari juga materi-materi SMP.

Pada UTBK 2019 dari 80 soal TPS, 20 di antaranya merupakan soal Pengetahuan Kuantitatif yang harus dikerjakan dalam waktu 35 menit. Jadi, rata-rata tiap soal harus selesai kurang dari 2 menit. Mungkin terdengar impossible, tapi kalau kamu pakai metode belajar yang benar dan punya strategi buat ngerjain soalnya, percaya deh kamu pasti bisa!

 

Kesalahan umum ketika menghadapi soal UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif

Mungkin kamu mengira karena soal Pengetahuan Kuantitatif merupakan soal TPS, kamu berpikir soalnya lebih mudah. Well, secara teknis memang benar, namun materi yang diujikan di Pengetahuan Kuantitatif ini adalah materi sangat mendasar, yang mungkin secara tidak sadar kamu sudah lupa. Selain itu, cakupan materinya sangat luas dari SMP sampai SMA. Jadi, jangan sampai kamu menganggap remeh ya!

Di Pengetahuan Kuantitatif ini, sense kamu ketika melihat soal yang ada angkanya (kuantitatif) harus kuat. Sense yang kuat itu seperti apa ya? Ketika kamu melihat soal, kamu tahu angka tersebut merepresentasikan apa, dan paham mau melakukan apa dengan angka tersebut. 

Nah, sesuai dengan judulnya, artikel ini akan membahas seluk-beluk soal Pengetahuan Kuantitatif dan tips bagaimana caranya membangun sense ketika mengerjakan soalnya.

 

Kenapa sih Pengetahuan Kuantitatif Dipakai sebagai Tes Seleksi Masuk PTN?

Sebelum aku masuk ke tipsnya, aku mau bahas ini dulu deh.

Sebenarnya kembali lagi karena Pengetahuan Kuantitatif ini adalah dasarnya Matematika Dasar, dan matematika akan ada di setiap jurusan, bahkan untuk jurusan Sosial Humaniora. Contohnya nih kalau kamu kuliah di Ilmu Ekonomi, kamu harus paham berbagai macam kurva yang tentunya ada matematikanya di situ. Di jurusan Politik, kamu juga harus bisa membaca data yang biasanya disajikan dalam statistik untuk menganalisis suatu kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dari contoh tersebut, dapat disimpulkan hampir semua jurusan di semua PTN menginginkan mahasiswanya punya kemampuan literasi matematika yang baik. Dan ini pun juga berlaku di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. 

Nah, sekarang kita masuk lebih dalam ke seluk beluk Pengetahuan Kuantitatif nih. Jadi yang diuji dari soal Pengetahuan Kuantitatif ini adalah sebagai berikut guys:

  • Pemahaman akan sesuatu yang bentuknya kuantitatif (data, angka, grafik)

    • Contoh:

Pada soal ini, kamu harus mampu membaca dan menginterpretasikan angka pada grafik untuk mendapatkan pernyataan yang benar atau melihat pernyataan yang salah. Di dunia kerja atau pasca-kuliah apabila kamu melihat data, kamu dapat dengan mudah mengambil kesimpulan dan membedakan informasi yang benar dan yang salah.

  • Kemampuan mengolah data atau informasi yang ada untuk memecahkan suatu masalah

    • Contoh:

Pada soal ini kamu harus mampu menentukan harga buku dan pensil dari informasi yang diberikan. Informasi yang diolah adalah informasi pembelian dan selisih harga barang. Mungkin kamu berpikir “kenapa ngga tanya penjualnya saja harganya berapa?”, tapi kamu melupakan kalau situasi ini BISA JADI kamu sedang di rumah dengan uang terbatas dan tidak tahu harganya, tapi kamu ingat pernah beli sesuatu dengan harga sekian sehingga kamu bisa memperkirakan harganya. Kemampuan ini tidak hanya untuk hal sepele seperti menentukan harga buku. Dengan kemampuan ini, kamu bisa mengolah data pergerakan harga emas untuk memprediksi kapan harganya akan turun dan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi atau kamu merasakan gempa namun dengan menghitung durasi gempa kamu bisa memperkirakan lokasi pusat gempanya, jika di laut maka kamu bisa memprediksi tsunami dan menyelamatkan nyawa banyak orang.

Dapat kamu simpulkan sendiri ya, kemampuan Pengetahuan Kuantitatif itu penting dimiliki.

 

Strategi Belajar UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif

Berikut adalah strategi yang bisa kamu gunakan saat belajar dan tips & trik saat ujian.

  • Benar-benar pahami konsep, bukan sekadar menghafal rumus

Untuk tiap topik, kamu pelajari dan pahami konsep dasarnya. Caranya bisa menggunakan mind-map, peta konsep, lalu mencoba mengerjakan latihan soal per topiknya. Kalau salah saat mengerjakan latihan soal, pelajari lagi dan lengkapi mind-mapnya. Jika sudah bisa mengerjakan soal-soalnya, pindah ke topik berikutnya dan lakukan hal yang sama.

  • Revisit pelajaran SMP

Karena materi di Pengetahuan Kuantitatif banyak konsep-konsep yang mendasar, kamu bisa mempelajari ulang materi-materi SMP seperti himpunan, aljabar, persamaan garis lurus, fungsi, dan menggambar di bidang-xy. Selain bikin kamu ingat, saat kamu pelajari lagi pelajaran SMP, kamu akan merasakan “Oh!” moment saat materi yang kamu pelajari masih click sama pelajaran SMA atau bahkan bikin tambah clear. “Oh!” moment gw adalah saat gw baca lagi materi aljabar SMP dan baru sadar apa yang sebenarnya dilakukan saat ada yang namanya “pindah ruas”, dan banyak hal tersembunyi lainnya yang ternyata belum gw explore terlalu dalam saat SMP. Coba deh, the journey is fun!

  • Latihan dan latihan

Jangan lupa buat terus latihan yaa biar kamu jadi bisa nyelesaian satu soal dalam waktu kurang dari 2 menit. Ingat! Waktu yang kamu miliki buat menyelesikan soal-soal yang diujiin tuh terbatas. Belum lagi bisa aja ada soal-soal tertentu yang lebih sulit dari soal yang lain. So, terus latihan yaa. Kamu bisa pakai soal-soal yang ada di link yang aku taruh di akhir artikel!!

 

Strategi Mengerjakan Soal UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif

Kalau kamu sudah melakukan tips belajar di atas, maka ketika mengerjakan soal, kamu bisa mencoba beberapa strategi berikut:

  • Kerjakan dari yang termudah

Fungsinya adalah untuk menghemat waktu, dan tidak hanya stuck mengerjakan satu soal. Kerjakan soal yang kamu lewati setelah yang lain selesai

  • Mencoba mengerjakan tiap soal

Jangan takut ketika melihat soal, dicoba dulu menggunakan cara apa saja yang kamu pelajari. Jangan lupa pasang target waktu, misal: “Dalam 30 detik harus mendapatkan ide atau garis besar pengerjaan soalnya, kalau tidak bisa lewati ke soal lain”.

  • Mengenai jawaban “Informasi tidak cukup” 

Biasanya muncul jika yang diketahui lebih sedikit daripada yang tidak diketahui (variables/unknowns). Misalkan soal memberikan x+y=10.000 saja, kemudian yang ditanyakan adalah nilai x. Informasinya hanya satu, namun yang tidak diketahui ada dua, yaitu x dan y, maka informasi tidak cukup karena terlalu banyak kemungkinan untuk x yang mungkin. Atau terdapat lebih dari 1 kemungkinan tergantung kondisi atau pilihan. Misalkan diketahui P>2 dan Q>5, tentukan apakah P>Q, P<Q, atau P=Q?. Terdapat banyak kemungkinan, P dan Q bisa bernilai 6 sehingga P=Q, namun P juga bisa bernilai 3 sehingga sudah pasti Q>P. Karena terdapat lebih dari 1 kemungkinan jawaban, maka informasi pada soal tidak cukup. Ingat ini secara umum, namun tidak selalu, ya! Tiap soal harus dicoba sebelum dapat kesimpulan.

Supaya lebih jelas, gw coba bahas contoh soal dan gw kasih contoh jalan pikiran gw dalam menjawab dan kalau ketemu “Why?”, coba kamu berhenti sejenak dan pikirkan alasannya. Oke, gw coba bahas soal ini:

Yang pertama kali dilihat tentu saja x>2, artinya x suatu bilangan yang lebih besar dari 2, seperti 3 atau 2,1. Kemudian perhatikan P yang bernilai , terdapat selisih bilangan kuadrat. Selisih bilangan kuadrat dapat dipecah menggunakan sifat

=(a-b)(a+b)

Sehingga,

Karena x>2, maka P=1+x2 lebih besar dari 5. (Why?) Jadi P>5

Kemudian perhatikan Q,

Q=2+x

Karena x>2, maka Q=2+x lebih besar dari 4. (Why?) Jadi Q>4

Jadi, kita mendapatkan situasi dimana P>5 dan Q>4. Terlalu banyak kemungkinan karena P dan Q bisa jadi bernilai 6 sehingga P=Q, namun Q juga bisa jadi bernilai 5 sehingga sudah pasti P>Q. Maka jawabannya adalah D. Informasi tidak cukup.

Singkatnya ya Pengetahuan Kuantitatif materinya konsep-konsep dasar yang ada di Matematika yang menguji kemampuan literasi matematismu dan bagaimana mengolah informasi yang ada untuk menjawab suatu persoalan. Coba dilakukan ya saran-sarannya, Semangatz!

Di bawah ini ada link kumpulan soal yang bisa nemenin kamu latihan yaaa

Kumpulan Soal Latihan UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif 1

Kumpulan Soal Latihan UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif 2

Kumpulan Soal Latihan UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif 3

Kumpulan Soal Latihan UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif 4

Kumpulan Soal Latihan UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif 5

 

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini