Panduan Belajar UTBK TPS Penalaran Umum

Artikel ini berisi tips dan panduan belajar untuk persiapan belajar menghadapi soal-soal UTBK TPS Penalaran Umum. Dari pembahasan materi, contoh soal, dan kumpulan soal latihan.

Halo, semuanya! Udah sejauh mana nih persiapan UTBK-nya? 

UTBK 2020 emang beda dari UTBK tahun lalu. Kalau di UTBK sebelumnya kamu harus ngadepin Tes Potensi Skolastik (TPS) sama Tes mata pelajaran jurusan saintek atau soshum, di UTBK tahun ini kamu ‘cuma’ ketemu sama TPS aja. Pengumuman ini diumumkan oleh panitia UTBK (LTMPT) berbarengan sama pengumuman jadwal baru UTBK yang akan dilaksanain 5-15 Juli 2020 nanti. Kalau diitung dari jadwal UTBK, kamu masih punya waktu kurang dari 3 bulan buat mempersiapkan diri. Nah, di sini aku mau bahas sedikit tips buat ngerjain TPS bagian Penalaran Umum.

Kalau ngomongin TPS, sebenarnya ada beberapa jenis materi nih yang perlu kamu siapkan. Salah satunya yang aku mau singgung di artikel ini adalah Penalaran Umum. Dalam TPS Penalaran Umum, biasanya kamu akan ketemu sama soal yang ada informasinya yang disajiin dalam bentuk bisa teks, tabel, grafik, atau bahkan kurva. Kamu diminta untuk menarik kesimpulan yang tepat dari informasi yang tersedia. Inget, soal-soal UTBK biasanya menuntut kamu buat menganalisis, mengevaluasi, sampai menciptakan model penyelesaiannya. Jadi emang ga bisa asal-asalan ngerjain gitu aja. Berikut adalah beberapa tipe soal yang biasanya muncul di penalaran umum.

  • Logika analitik
  • Aritmatika
  • Sebab-akibat
  • Pola bilangan
  • Pola gambar

INGAT! Daftar di atas baru buat TPS Penalaran Umum loh yaa. Masih ada TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum serta Pengetahuan Kuantitatif yang perlu kamu siapkan juga. Cuma kali ini aku mau fokus sama tips TPS Penalaran Umum.

Oiya satu lagi cuyy. Dari sekian banyak materi yang berpotensi keluar pas UTBK nanti, kita ga tahu secara pasti nih materi mana aja yang bakal keluar dan mana yang engga. Materi mana yang bakal lebih sering keluar dan materi mana yang gak terlalu banyak nongol. Dengan kondisi yang kayak gitu, mau ga mau kamu harus mempersiapkan diri buat berhadapan sama semua jenis soal yang keluar nanti. Jadi, jangan cuma fokus buat nguasain satu jenis soal doang yaa. Mumpung kamu masih punya waktu beberapa bulan juga kann. 

 

Tips Belajar UTBK TPS Penalaran Umum – Logika Analitik

Tipe soal yang ini jangan pernah kamu anggap remeh loh ya. Ingat, waktu yang kamu punya buat ngerjain semua soal tuh terbatas. Nah biasanya tuh soal tipe ini akan didahului dengan teks yang cukup panjang yang bakal jadi pegangan buat ngerjain beberapa soal. Contoh soal tahun lalu di bawah ini harusnya udah bisa jadi peringatan buat kamu yang masih nganggap remeh. 

Teks dan tabel yang ada di atas adalah pegangan buat ngerjain 7 soal cuyy. Di sini kamu harus bener-bener mahamin teks sama tabelnya biar kamu ga perlu bolak-balik baca terus. Keseringan baca ulang bisa bikin waktumu makin terbatas. Padahal kamu masih punya soal lain yang butuh dikerjakan juga. 

Aku ada saran nih buat kamu kalau ketemu tipe soal kayak gitu. 

  • Baca bacaan yang dikasih, dan ubah ke dalam bentuk tabel/simbol;
  • Pastiin tabel/simbol yang kamu bikin bener, jadi kamu gak perlu baca bacaannya berkali-kali;
  • Gunakan tabel/simbol yang kamu bikin untuk ngejawab soal berikutnya

Misalnya kayak gini nih buat tabelnya

Pastiin kamu udah paham betul sama informasi yang disajikan biar tabel/simbol yang kamu bikin bisa bener-bener bantuin kamu dan bukan malah bikin kamu salah. 

Kalau kamu penasaran dengan pembahasan lengkapnya, kamu bisa lihat di sini ya:

Pembahasan Soal UTBK TPS Penalaran Umum – Logika Analitik

 

Tips Belajar UTBK TPS Penalaran Umum – Aritmetika

Tipe soal selanjutnya adalah aritmetika. Bentuk soalnya adalah matematika dasar. Misalnya cara ngitung persen, perbandingan, luas, atau keliling benda dengan sedikit modifikasi. Nah ada beberapa tips yang bisa kamu terapin buat belajar ngerjain tipe soal ini. 

  • Belajar berhitung dengan kreatif

Contohnya kayak gini nih. Misalnya, 12 x 25. Tanpa menggunakan cara mengkalikan yang biasa kamu gunain, kamu bisa bikin 25 nya jadi 100/4, di mana 12 dan 4 nya bisa kamu coret, sama-sama kamu bagi 4 dan langsung dapet hasilnya 300.

  • Jeli, bukan teliti

Biar kamu ngeh sama apa yang dimaksud jeli, perhatikan soal berikut deh.

Kalau ga jeli, mungkin kamu bakal langsung ambil kertas buat coret-coret nyari berapa hasilnya. Tapi coba kamu perhatiin lebih detail lagi deh. 639 kan 3 kalinya dari 213. Jadi bisa dong langsung dapet jawabannya tanpa harus nyari cd. Ya kan?

  • Latihan sebanyak-banyaknya.

Tips ketiga adalah latihan dan latihan sebanyak yang kamu bisa. Tujuannya biar kamu jadi terbiasa sama tipe soal ini dan juga ngelatih kejelian kamu. 

Zenius udah sediain latihan soal TPS Penalaran Umum – Aritmetika di sini: 

 

Tips Belajar UTBK TPS Penalaran Umum – Sebab-akibat

Sebelumnya, aku mau ngingetin kalau soal yang ada di TPS tuh biasanya pakai sistem tertutup. Maksudnya, informasi yang dipakai tuh cuma sebatas informasi yang ada di dalam soal tanpa perlu kamu tambahkan informasi dari luar. Misalkan ada soal yang menyatakan kalau “merokok dapat meningkatkan tinggi badan“. Terlepas apakah soal itu ngasih info yang bener atau salah, kamu ga perlu musingin. Fokus sama pernyataan yang ada di dalam soal aja. 

Kalau lagi ketemu soal yang pakai Sistem Tertutup, Kita gak perlu nambahin premis-premis lain atau memasukkan data empiris sendiri, apalagi dihubung-hubungin dengan keadaan yang ada di kehidupan sehari-hari misalnya, pake asumsi juga gak boleh. Pokoknya, harus terbatas dengan premis yang dikasih aja.

Contoh soalnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Nah, kalau kamu perhatiin, soal di atas bukanlah tipe soal sistem tertutup. Why? Karena untuk bisa menyimpulkan bagaimana hubungan sebab-akibat antar keduanya, kita harus mempunyai dukungan data dengan penelitian, yang informasinya berada di luar soal itu sendiri.

Kalo kamu menggunakan logika sistem tertutup untuk mengerjakan soal tersebut, jawabannya simpel: tidak bisa diambil kesimpulan apa-apa dari dua premis yang ada. Jadi, jawabannya adalah: F alias ga ada.

Kalau kamu mau bersikeras bahwa soal tersebut harus ada jawabannya, maka kamu harus memandang soal itu dengan menggunakan sistem terbuka, yang artinya kamu harus mempertimbangkan informasi di luar soal untuk bisa menjawab soal tersebut. Nah, kalo begitu, kamu perlu mengambil data penelitian yang ada di luar sana dulu sebagai informasi tambahan untuk menentukan hubungan sebab-akibat dari kedua premis yang dikasih. Dalam mencari data penelitian, beberapa pertanyaan berikut ini bisa kamu ajukan:

  • Apakah benar ada korelasi antara jumlah siswa yang mengikuti bimbel dengan siswa menyediakan lebih banyak waktu untuk belajar?
  • Apakah korelasi antar keduanya merupakan korelasi positif atau negatif?
  • Kalau positif, maka ada kemungkinan bahwa semakin banyak siswa yang mengikuti bimbel, maka semakin banyak siswa yang menyediakan lebih banyak waktu untuk belajar. Kalau negatif, maka ada kemungkinan bahwa semakin banyak mengikuti bimbel, maka malah semakin sedikit siswa yang menyediakan lebih banyak waktu untuk belajar.

Well, begitulah kiranya kalau berhadapan sama tipe soal sebab akibat. Kamu perlu memakai cara pandang yang benar biar bisa nemuin jawaban yang benar pula. 

Tips selengkapnya bisa kamu lihat di link yang aku taruh di bawah ini ya. 

Tips Mengerjakan Soal UTBK TPS Penalaran Umum – Sebab Akibat

Buat nemenin kamu belajar soal-soal Sebab Akibat, kamu bisa banget cobain soal-soal di bawah ini deh. 

Tips Belajar UTBK TPS Penalaran Umum – Pola Bilangan 

Berikutnya adalah tipe pola bilangan nih guys. Bentuknya bisa bermacam-macam dari yang kelipatan 2 sampai pengurangan dan sebagainya. Contohnya bisa kamu lihat di bawah ini. 

Tipe soal kayak di atas menuntut kejelian yang bisa kamu asah dengan sering berlatih. Aku kasih link soal-soal yang bisa kamu pakai buat latihan deh biar terbiasa sama soal kayak gini. Oiya pada soal di atas kalau kamu jeli, kamu akan menemukan pola ada kelipatan 18 di situ. Dengan demikian jawabannya adalah A

 

Tips Belajar UTBK TPS Penalaran Umum – Pola Gambar 

Sebenarnya tips buat ngerjain soal pola gambar tuh ga beda jauh sama pola bilangan. Kuncinya, kerjain soal sebanyak-banyaknya! Kunci untuk ngejawab soal ini adalah cari polanya dengan cepat dan benar. Kalau kamu banyak latihan soal, kamu bisa ketemu dengan beraneka ragam pola dan akhirnya terbiasa, sehingga pastinya bikin kamu lebih cepat menemukan sebuah pola ketika berhadapan sama pola gambar pas UTBK nanti.

Selain latihan terus menerus, kamu juga perlu memahami soal yang disajikan dengan cara-cara tertentu, misalnya kamu coret-coret soalnya buat baca apa sih informasi yang disajikan di situ. Kayak gini contohnya. 

 

Aku kasih link kumpulan soal pola gambar yang bisa kamu gunain buat latihan di bawah ini yaa. 

 

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini