Kegiatan Belajar dialihkan ke Rumah, Apa Manfaatnya?

Pemerintah Italia telah menutup kegiatan belajar di Sekolah demi mencegah semakin meluasnya persebaran virus corona. Tak hanya kegiatan belajar mengajar di sekolah saja, pemerintah Italia juga menginstruksikan supaya pelaksanaan pertandingan Serie A (liga sepakbola kasta tertinggi di Italia) dilakukan secara tertutup tanpa kehadiran penonton. 

Tak hanya di Italia, wabah corona juga membuat pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menutup kegiatan belajar di sekolah dan menginstruksikan para siswa untuk belajar dari rumah dengan menggunakan kelas virtual. 

Selain Italia dan Arab Saudi, beberapa negara seperti Korea Selatan, Iran, Jepang dan Prancis juga memutuskan untuk menutup sementara sekolah-sekolah mereka dari kegiatan belajar mengajar. Setidaknya, hampir 300 juta murid di seluruh dunia ‘dirumahkan’.

Jika negara-negara lain telah memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah demi mencegah penyebaran coronavirus, bagaimana dengan pemerintah Indonesia? Apakah pemerintah juga akan menetapkan kebijakan serupa demi menghindari pencegahan corona di lingkungan sekolah? Apakah ribuan atau bahkan jutaan murid akan merasakan pengalaman ‘homeschooling’ untuk sementara waktu? 

Sejauh ini, belum ada pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah baik dari presiden maupun menteri pendidikan dan kebudayaan. Namun melihat dari kebijakan yang diambil oleh beberapa negara di luar sana, tidak menutup kemungkinan pemerintah Indonesia akan mengambil kebijakan yang sama. Meski demikian, tidak ada salahnya kok kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi keadaan tersebut. Bahkan kamu dapat merasakan manfaat dari belajar di rumah. Manfaat-manfaat ini adalah sesuatu yang dapat diperoleh oleh murid-murid yang menjalani sekolah rumah (homeschooling) sebenarnya. Namun karena kali ini kamu berkesempatan untuk menjalaninya juga, kamu perlu mengetahui manfaat tersebut. 

Dalam artikelnya yang dipublikasikan dalam situs Psychology Today, Dona Matthews Ph.D. menjabarkan manfaat dari mengikuti program homeschooling. Berikut adalah di antaranya. 

  • Efisiensi

Kemampuan satu murid dengan murid lain dalam memahami suatu pelajaran biasanya berbeda-beda. Ada murid yang dapat memahami materi lebih cepat dibandingkan murid lainnya. Sebaliknya, ada juga murid yang pemahamannya cenderung lebih lambat. Dengan belajar di rumah, kamu jadi bisa menentukan sendiri waktu belajarmu. Jika kamu murid yang cepat menyerap materi, kamu bisa langsung belajar ke materi berikutnya tanpa harus menunggu murid-murid lainnya paham. Jika kamu cenderung lebih pelan dalam menguasai materi, kamu tidak perlu takut ketinggalan penjelasan. Kamu bisa lebih memperdalam pemahamanmu terlebih dahulu sebelum lanjut ke materi berikutnya. 

Sebagai murid yang biasa belajar di kelas, kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi jika kegiatan belajarmu dipindah ke rumah. Salah satunya bisa jadi dikarenakan intensitas tatap muka dengan guru yang menurun. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa belajar bareng Zenius supaya kamu tidak ketinggalan materi pelajaran. Konten-konten belajar Zenius disesuaikan dengan kurikulum yang ada, jadi kamu tidak perlu khawatir ketinggalan pelajaran meski harus belajar di rumah. 

  • Fleksibilitas

Let’s say kamu harus belajar di rumah tanpa pendampingan seorang guru. Di satu sisi ini dapat menjadi kendala terutama buat kamu yang merasa lebih mudah menguasai materi jika diterangkan secara langsung. Namun di sisi lain hal ini juga dapat menjadi kesempatan buat kamu untuk melakukan eksperimen metode belajar. Siapa tahu kamu malah lebih mudah menguasai materi jika belajar di tempat yang tenang dan dalam keadaan sendirian. Jadikan keadaan ini sebagai sebuah kesempatan, bukan sebagai halangan. 

  • Kebebasan dalam membuat jadwal belajar

Kalau biasanya kamu jam setengah 8 sudah harus duduk di kelas, belajar di rumah memberimu kesempatan untuk mengatur sendiri kapan sebaiknya kamu belajar. Misalkan kamu adalah anak yang lebih suka belajar siang atau bahkan malam. Kamu bisa fleksibel dalam mengatur jadwal belajarmu. Intinya sih jangan karena fleksibel kamu malah lalai dan enggak belajar. 

  • Kehangatan keluarga

Berapa jam waktu yang biasanya kamu habiskan untuk sekolah setiap harinya? Belum lagi dengan bimbel yang kamu ikuti. Banyaknya waktu yang kamu habiskan untuk belajar boleh jadi membuat waktu untuk keluarga tidaklah banyak. Pagi hari kamu sudah harus berangkat dan malam harinya kamu sudah kelelahan dan membuatmu memutuskan untuk tidur cepat. Kesibukan yang kamu jalani tersebut bisa membuat waktu bersama keluarga jadi lebih pendek. Dengan menjalani kegiatan belajar di rumah, kamu jadi bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga. 

Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari menghabiskan waktu bersama keluarga. Dalam tulisannya, seorang psikolog bernama Dr. Jozelle Miller menjabarkan beberapa manfaat dari menghabiskan waktu bersama keluarga. 

  1. Menghabiskan waktu bersama keluarga dapat meningkatkan self-esteem (penghargaan atas diri sendiri) pada anak. 
  2. Mempererat ikatan dalam keluarga. 
  3. Kebersamaan keluarga dapat membantu menciptakan perilaku positif. 
  4. Waktu yang kamu habiskan bersama keluarga dapat meninggalkan memori yang indah dalam ingatanmu. 
  5. Jika hubunganmu dengan orang tuamu selama ini kurang baik, menghabiskan waktu bersama dapat menjadi salah satu solusi untuk memperbaikinya. 
  • Kebebasan

Terkadang, sekolah tidak dapat menyediakan segala hal yang dibutuhkan oleh muridnya. Misalkan kamu lebih mudah dalam memahami pelajaran jika kamu belajar sambil mendengarkan musik klasik tetapi hal tersebut tidak dapat dipenuhi oleh sekolah karena kebanyakan murid lebih nyaman belajar dalam suasana yang tenang. Kebutuhan khususmu tersebut dapat kamu penuhi saat menjalani kegiatan belajar di rumah.

Pemerintah memang belum mengumumkan apakah siswa di Indonesia harus memindahkan kegiatan belajarnya dari sekolah ke rumah. Meski demikian, tidak ada salahnya kamu bersiap. Ada sekian manfaat yang bisa kamu peroleh jika kebijakan tersebut ditetapkan. Kamu bisa memanfaatkan Zenius App sebagai teman belajarmu tentunya. Zenius memiliki video materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru. Ada juga tryout dan latihan soal beserta video pembahasannya yang bisa kamu manfaatkan untuk melatih kemampuanmu.


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini