Tips Belajar Mandiri di Rumah

Demi mencegah meluasnya penyebaran virus corona, beberapa pemerintah daerah memutuskan untuk memindahkan kegiatan belajar dari sekolah ke rumah. Buat kamu yang masih merasa bingung dan enggak nyaman dengan kebijakan tersebut, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti supaya belajarmu tetap optimal meski lokasinya tidak lagi di sekolah.

Terapkan S.M.A.R.T

S.M.A.R.T (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Timely) adalah metode balajar yang bisa bikin belajar kamu jadi spesifik, terukur, realistis, punya target, dan bisa dievaluasi secara berkala atau dalam jangka waktu yang kamu mau.

Contoh penerapan S.M.A.R.T bisa kayak gini guys. Kamu punya waktu belajar di rumah selama 14 hari nih. Dalam waktu 14 hari tersebut kamu tergetin buat nonton video materi geografi dan ekonomi yang ada di Zenius. Selama 14 hari itu  juga kamu menargetkan buat ngerjain 7 paket latihan soal UTBK tahun-tahun sebelumnya. Nah dari terget itu nanti bisa kamu evaluasi deh tingkat keberhasilan belajar kamu. Jangan lupa kalau bikin target, bikin target yang realistis sehingga ga memberatkan kamu.

Buatlah jadwal

Ada baiknya kamu membuat jadwal kegiatan harian. Keberadaan jadwal harian bisa mendatangkan manfaat. Barbara Markway Ph.D, seorang psikolog sekaligus penulis beberapa buku psikologi, menyebutkan manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menerapkan jadwal kegiatan harian dan berikut adalah di antaranya.

Zenius siap bantu kamu buat bikin jadwal belajar, klik di sini yaa.

  • Membantumu mengatur waktu

Pernahkah kamu merasa waktu 24 jam sehari tidaklah cukup untuk mengerjakan segalanya? Jika jawabannya iya, bisa jadi hal itu terjadi karena kamu tidak mengatur kegiatanmu dengan baik. Di sinilah keberadaan jadwal kegiatan akan membantu. Kalau bisa, buatlah jadwal sespesifik mungkin. Misalkan hari Senin adalah jadwal belajar Bahasa Indonesia dengan materi puisi selama 1 jam dan belajar Geografi selama 2 jam materi litosfer. Dengan membuat jadwal yang spesifik, kamu bisa meminimalisasi adanya materi yang terlewatkan.

  • Meningkatkan produktivitas

Ketiadaan jadwal bisa membuatmu melewatkan beberapa hal. Terlebih lagi jika kamu adalah orang yang mudah lupa. Walhasil, produktivitasmu pun turun. Dengan membuat jadwal yang jelas kamu bisa mengatur kapan melakukan sesuatu dan kalau ada waktu yang tersisa kamu bahkan bisa memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan lain seperti olahraga.
Membantu meminimalisasi pemicu stress
Stress dapat muncul dengan berbagai pemicu. Salah satunya adalah ketika kamu merasa ada terlalu banyak hal yang harus dikerjakan dalam satu waktu. Keadaan tersebut dapat menjadi pemicu kepanikan yang juga dapat membuatmu jadi stress. Untuk meminimalisasinya, kamu bisa mengatur semua kegiatan tersebut dan membagi waktu kapan untuk mengerjakan yang ini dan kapan buat yang itu.

Ciptakan lingkungan belajar yang membuatmu nyaman

Lingkungan rumah dan sekolah seringkali tidaklah sama. Di sekolah, kamu dapat menemukan kursi-kursi dengan papan tulis di depan. Keadaan di rumah tentunya berbeda. Untuk memaksimalkan belajar, cobalah untuk mengatur setting tempat belajar yang bisa buat kamu nyaman.

  • Manfaatkan musik

Penggunaan musik dalam belajar perlu kamu perhatikan dengan baik. Karena oh karena ternyata tidak setiap saat musik dapat menjadi teman belajar yang baik. Keberadaan suara rendah (yang lebih menyerupai bisikan) dapat mengganggu konsentrasi. Gangguan yang terjadi secara terus menerus tersebut dapat menjadi pemicu timbulnya kortisol. Kelebihan kortisol dapat menyebabkan gangguan fungsi prefrontal cortex. Gangguan pada prefrontal cortex dapat memicu gangguan pada kemampuan perencanaan hingga penalaran.
Meski suara rendah dapat menjadi gangguan, temuan berbeda terjadi pada musik klasik. Dalam sebuah penelitian, mendengarkan musik klasik dapat membantu meningkatkan kemampuan menghafal tetapi ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa mendengarkan musik dapat menjadi gangguan saat sedang belajar terutama yang berkaitan dengan hafalan.
Pada akhirnya semua kembali ke kamu sih. Jika kamu merasa nyaman untuk belajar dengan latar belakang musik tertentu, just do it. Akan tetapi jika keberadaan musik malah mengganggu konsentrasi, tinggalkan.

  • Perhatikan pencahayaan

Pilih sumber cahaya yang membuatmu nyaman. Jika kamu terbiasa dan merasa lebih nyaman untuk belajar dengan cahaya dari matahari, kamu bisa belajar di ruangan dengan kaca besar atau bahkan di luar ruangan sekalian. Jika kamu lebih nyaman dengan cahaya yang bersumber dari lampu, pastikan lampu yang kamu gunakan tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu redup.

  • Kurangi distraksi

Belajar sendirian membutuhkan fokus dan tekad yang kuat supaya belajar bisa terus fokus. Distraksi seperti notifikasi dari HP kamu bisa sangat mengganggu fokus belajar kamu. Salah satu trik yang bisa kamu coba buat menghindari distraksi adalah dengan metode podomoro. Metode ini membagi waktu belajar dan waktu istirahat. Misalnya kamu bagi tuh waktu belajar 20 menit dan istirahat 5 menit. Kamu bisa setting waktu belajar pakai alarm sepanjang 20 menit. Setelahnya, kamu bisa istirahat selama 5 menit dan kemudian ulangi lagi metode tersebut.

Libatkan orang lain

Kamu bisa belajar bersama teman-temanmu atau bahkan orang tuamu. Meski kegiatan belajar di sekolah dialihkan ke rumah, tidak ada salahnya kamu mengundang temanmu untuk belajar bersama. Tentunya setelah memastikan bahwa mereka dalam keadaan sehat dan tidak menunjukkan gejala suatu penyakit. Belajar kelompok sendiri memiliki berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan.

  • Membantu mengurangi prokrastinasi

Saat belajar sendirian mungkin beberapa dari kamu punya kebiasaan menunda-nunda. Dengan melibatkan orang lain, kamu bisa mengurangi kebiasaan buruk tersebut karena ada orang lain di situ dan kamu tidak bisa sesuka hati membuat kegiatan sendiri.

  • Menghadirkan sudut pandang berbeda

Dengan melibatkan orang lain, kamu bisa mendapatkan sudut pandang baru yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Misalkan saat belajar sejarah kamu melihat Ir. Soekarno sebagai sosok presiden yang hebat tanpa kekurangan. Ternyata dari temanmu kamu jadi tahu bahwa Ir. Soekarno pernah berselisih paham dengan Bung Hatta yang berakhir dengan berpisahnya dwi tunggal tersebut. Kamu pun akhirnya melihat Ir. Soekarno sebagai manusia biasa yang juga bisa berselisih paham.

  • Mengembangkan kemampuan baru di luar pelajaran

Bisa jadi selama ini kamu memiliki bakat untuk mengatur keuangan yang tidak tereksplorasi. Saat kamu memutuskan untuk membuat kelompok belajar ternyata kamu baru menyadari potensi tersebut ketika kelompokmu memutuskan buat patungan membeli camilan.

Ikutan tryout online

Biar kamu bisa tahu udah sejauh mana persiapan kamu menghadapi ujian, kamu bisa ikutan tryout. Namun semenjak muncul imbauan untuk mengurangi aktivitas luar ruangan, ada baiknya kamu mengikuti tryout yang diadakan secara online. Salah satu tryout online yang bisa kamu ikuti adalah tryout bareng Zenius. Tryout yang diadakan mulai dari UTBK sampai UNBK. Selain ikutan tryout, kamu juga bisa nonton video pembahasan soal tryoutnya biar kamu tahu di bagian mana kamu masih kurang.

Sekian tips belajar mandiri di rumah yang bisa kamu terapkan selama keadaan ini. Selamat menjalani masa belajar di rumah dan jangan lupa buat belajar bareng Zenius.


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini