Persiapan Menghadapi UNBK SMA 2020

Artikel ini berisi tips menghadapi UNBK 2020 serta kisi-kisi soalnya. Selain itu, ada juga kumpulan soal dan pembahasan dari UN tahun-tahun terdahulu.

Halo teman-teman kelas 12 apa kabar? Sebentar lagi kalian akan menghadapi Ujian Nasional. Kira-kira kalian sudah siap belum dalam menghadapi ujian? Nah, agar kalian lebih percaya diri dan semangat dalam menghadapi ujian Zenius blog mau kasi beberapa tips belajar, kisi-kisi soal UNBK 2020 dari panitia dan juga kumpulan soal serta pembahasan UNBK 2020 SMA nih buat kalian dari tahun-tahun sebelumnya.

Jadwal Lengkap UNBK 2020 SMA

Sebelum kita bahas lebih lanjut ada baiknya kita mengetahui dulu nih jadwal UN tahun ajaran 2019/2020. Berikut ini adalah jadwal ujian secara umum:

Jadwal UNBK SMA dan MA
Senin, 30 Maret 2020 Bahasa Indonesia
Selasa, 31 Maret 2020 Matematika
Rabu, 1 April 2020 Bahasa Inggris
Kamis, 2 April 2020 Satu mata pelajaran jurusan yang diujikan

Tips Menghadapi UNBK 2020 ala Zenius

Sebelum kalian menuju pada link-link tersebut, Zenius mau kasih kamu tips untuk menghadapi Ujian Nasional:

  • Susun Rencana Belajar

Dalam kurun waktu yang kurang dari sebulan ini, kalian harus membuat rencana atau pola belajar kalian dengan sebaik-baiknya. Caranya kalian bisa membuat list kecil tentang durasi belajar dari setiap materi atau mata pelajaran, apa yang akan kalian pelajari setiap hari, dalami materi-materi yang belum kalian pahami sesuai dengan kisi-kisi, susun target yang ingin kalian capai setelah belajar, buatlah refleksi tentang apa yang kurang setelah kalian belajar. 

  • Sering Konsultasi dengan Guru 

Dengan sering berkonsultasi dengan guru itu sangat membantu kamu dalam mempersiapkan ujian. Kamu bisa berkonsultasi dengan guru yang sesuai dengan mata pelajarannya dan kamu bisa pilih mata pelajaran mana yang belum kamu pahami. Biasanya guru mata pelajaran akan membantu kamu memperdalam materi yang akan diujikan saat ujian.

  • Jaga pola Hidup Sehat

Untuk mempersiapkan ujian kamu tidak harus ngambis terus, kamu juga harus menjaga pola hidup kamu agar tetap sehat. Karena saat kamu sakit semua kan terganggu, kamu tidak bisa belajar dengan produktif apalagi saat hari ujian sudah dekat. Kamu juga bisa berolahraga atau menjalankan hobi kamu setelah belajar agar kamu tidak stress dan yang paling penting kamu harus menjaga pola tidur dengan baik.

  • Perbanyak Latihan Soal

Dengan berlatih soal, itu akan membantu kamu lebih mudah mengingat materi yang kamu pelajari, selain itu kamu akan menjadi terbiasa untuk mengerjakan soal. Selain itu dengan berlatih soal kamu bisa mengetahui kemampuan kamu dan materi mana yang belum kamu pahami sehingga kamu bisa persiapkan dengan baik. 

UNBK 2020

Kisi kisi UNBK 2020

Kumpulan Soal dan Pembahasan UN dari Tahun ke Tahun

Selain itu, kamu juga bisa akses prediksi soal UN tingkat SMA yang sudah Zenius sesuaikan dengan SKL (Standar Kompetensi Kelulusan) atau kisi-kisi resmi dari Pemerintah. Memang tempat paling komplit deh buat kamu yang sedang persiapan belajar untuk menghadapi UN SMA 2020! Kamu bisa kunjungi pada link berikut :

Melalui link ini kamu juga bisa latihan soal dan download soalnya ya. Sekian dulu pembahasan untuk persiapan UNBK 2020 semoga bermanfaat untuk kalian semangat belajar dan selamat berjuang!

Sebagai tambahan materi dan persiapan untuk kamu, kamu juga bisa kunjungi artikel-artikel berikut ini ya!

Tips Biar Pede Menghadapi Ujian Nasional

Sedikit Tips Belajar Menghadapi Ujian

Penyebab Gagal dalam Ujian dan Strateginya Mengatasinya

Bagikan Artikel Ini!