Persiapan UNBK Matematika IPA 2020

Artikel berikut ini akan membahas tentang persiapan belajar UN SMA Matematika IPA lengkap dengan pembahasan kisi-kisi UN dan pembahasan soal tahun-tahun sebelumnya

Ujian Nasional SMA akan diselenggarakan pada bulan Maret-April mendatang. Untuk teman-teman kelas 12 pasti sedang sibuk-sibuknya dengan jadwal belajar yang lebih padat dan biasanya berapa sekolah mulai mengadakan jam tambahan belajar untuk membahas materi-materi kurang dipahami. Pada artikel kali ini zenius blog akan membahas tentang Ujian Nasional SMA Matematika IPA 2020.

Kisi-kisi UNBK Matematika IPA 2020

Level Kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa dituntut untuk bisa mengidentifikasi, membandingkan, menentukan, menghitung, mengklasifikasi, menjelaskan. Materi yang diujikan meliputi berikut ini

  • Aljabar
  • Kalkulus
  • Geometri dan Trigonometri 
  • Statistika dan Peluan

Sebenarnya ada tiga level yang akan diujikan diantaranya adalah kognitif, aplikasi, dan penalaran. Untuk 2 level berikutnya kalian bisa langsung dari kisi-kisi yang diterbitkan langsung oleh kemendikbud yang akan dicantumkan di bawah ini:

Nah berikut ini zenius blog juga sudah merangkum seluruh daftar materi yang merupakan irisan antara KTSP, K13, dan K13 Revisi yang bisa membantu kamu lebih mudah belajar sesuai dengan kisi-kisi di atas. 

Ada pula beberapa materi terkait yang bisa kamu pelajari yaitu:

Setidaknya itulah topik-topik yang harus dikuasai/dipelajari sebagai bahan persiapan UN Matematika IPA 2020 nanti. 

Strategi Belajar Untuk Persiapan UN SMA Matematika 2020 

  • Kuasai konsep dan jangan sekadar menghafal

Tipe soal UN dari tahun ke tahun tidak banyak berubah. Karenanya, untuk menghadapi Ujian Nasional 2020 kalian tidak bisa hanya menghafal saja kalian harus benar-benar memahami konsep dari masing-masing materi yang akan diujikan karena tipe-tipe soalnya akan menguji kemampuan nalar dan kemampuan kamu untuk berkreasi. 

Oleh karena itu, daripada menghafal tipe soal, mending kalian berusaha benar-benar mengerti setiap konsep dari topik-topik yang sedang dipelajari. Dengan begitu, apa yang kalian pelajari akan terus nempel dan bahkan bisa dipakai untuk UTBK nanti dan ujian masuk mandiri berbagai perguruan tinggi.

  • Pelajari dan pahami konsep masing-masing bab

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan memahami konsep dari masing-masing bab kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal di setiap masing-masing bab. Alasan lain mengapa mempelajari masing-masing bab itu penting adalah karena satu bab materi dengan bab lainnya seringkali berkaitan. Satu soal matematika biasanya membutuhkan lebih dari satu materi untuk memecahkannya. 

  • Uji kemampuan dengan mengerjakan soal ujian tahun-tahun sebelumnya

Untuk bisa mengetahui hasil belajarmu selama ini dan sejauh mana kesiapanmu dalam menghadapi UN nanti, caranya adalah dengan mencoba mengerjakan soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya. Setidaknya, coba kerjakan soal-soal UN enam tahun terakhir.

Kalian bisa lihat daftar soal-soal UN Matematika IPA selama enam tahun terakhir :

Kalian bisa menonton video pembahasan soal-soal tersebut dan kalian juga bisa download langsung soalnya. Kira-kira itulah yang bisa zenius blog bagi mengenai panduan belajar untuk UN SMA Matematika IPA 2020 nanti. Selamat belajar dan semangat berjuang!

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini