Persiapan UNBK Matematika IPS 2020

Artikel ini akan membahas tentang strategi belajar dan lingkup materi yang akan diujikan untuk Ujian Nasional Matematika IPS

Hallo temen-teman kelas 12, pada kesempatan ini Zenius Blog akan memberikan informasi khusus untuk anak-anak kelas 12 yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional. Mungkin beberapa di antara kalian sudah mulai resah dan gelisah untuk menghadapi Ujian Nasional. Pembahasan UN kali ini khusus untuk persiapan UN SMA Matematika IPS. Pembahasannya mencakup kisi-kisi, pembahasan soal UN tahun-tahun sebelumnya dan sedikit tips persiapan UN Matematika. 

Pertama-tama kita akan bahas dulu nih UN Matematika IPS 2020 ini nanti akan menggunakan kurikulum apa sih?

Untuk memperjelas kembali kurikulum yang akan dipakai untuk Ujian Nasional tahun ajaran 2019/2020 ini adalah menggunakan kurikulum 2013. Sekadar informasi, tahun 2019 kemarin materi yang dikeluarkan adalah irisan dari K13, K13 Revisi, dan KTSP. Satu lagi, mulai tahun 2018 ada beberapa soal isian singkat atau essay untuk UN SMA Matematika! Jumlah soal essay yang disediakan adalah sebanyak 10% dari 40 soal atau sebanyak empat soal. Kalian cukup mengisi jawabannya saja. Misalkan, ada soal 1+2, terus kalian hanya perlu memberi jawaban berupa angka 3. Jadi kalian gak perlu menjabarkan gimana cara dapetin jawaban itu. 

Panduan Belajar UN SMA Matematika IPS

Agar kamu bisa percaya diri dalam menghadapi ujian, kamu perlu banget yang namanya memperkuat konsep dasar matematika kamu. Bagaimana tidak, seringkali satu materi matematika memiliki kaitan dengan materi lainnya. Karena itulah penguasaan konsep setiap materi menjadi hal yang sangat penting buat dilakukan. 

Buat kalian yang masih belum yakin atau belum maksimal banget dengan konsep matematikanya, ada tautan yang bisa kalian gunakan untuk membantu belajar kalian.

Setelah kalian mulai mengerti materi-materi yang ada pada kedua link diatas, kalian bisa mulai masuk ke materi selanjutnya seperti materi-materi berikut ini

Oke setelah itu, panduan belajar yang kedua adalah kita langsung saja lihat kisi-kisi dari panitia untuk Ujian Matematika IPS 2020 ya! Buat kalian yang belum tahu, setiap tahunnya panitia selalu mengeluarkan kisi-kisi untuk UN per-mata pelajaran. Kamu bisa download langsung dari website resmi kemendikbud. 

Setelah kalian lihat kisi-kisinya gimana nih kira-kira? Materi mana yang kalian belum pahami dan harus perdalam lagi? Buat bantu refresh pemahaman kalian, coba deh tonton video materi di bawah ini.

Kumpulan Soal dan Pembahasan UN SMA Matematika IPS

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini