Pembahasan Soal SIMAK UI 2019 dan Informasi SIMAK UI 2020

Artikel berikut ini akan membahas tentang berbagai strategi untuk menghadapi SIMAK UI 2020 dengan berbagai pembahasan soal Simak UI dari tahun sebelumnya.

Halo teman-teman kelas 12 yang sebentar lagi akan menghadapi UNBK di bulan maret 2020 mendatang. Sembari mempersiapkan ujian kalian juga harus mulai memikirkan strategi untuk jenjang berikutnya yaitu memilih jurusan dan juga kampus. Nah pada artikel berikut ini akan dibahas berbagai info terkait ujian masuk universitas, khususnya untuk jalur masuk SIMAK UI. 

Untuk artikel kali ini kita akan berfokus pada seleksi mandiri masuk UI yaitu melalui tes SIMAK UI. Agar lebih jelas, kita akan bahas dulu sekilas tentang jalur masuk kuliah SI di UI untuk tahun 2020. Untuk tahun 2020, jenjang masuk S1 dibagi menjadi dua yaitu: 

  • Jalur Prestasi Akademik

Jalur ini adalah jalur undangan, jalur undangan ini adalah penerimaan berdasarkan undangan yang dikirim ke sekolah. Jalur ini sama dengan jalur SNMPTN yaitu penerimaan berdasarkan nilai raport dan prestasi akademik siswa. Pada S1 reguler,  Kemdikbud melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka kesempatan untuk seluruh sekolah kurikulum nasional mengikuti jalur ini dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam kegiatan bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Program pendidikan di UI yang menampung lulusan SMA/Sederajat tidak hanya S1 Reguler, ada pula Program Vokasi, S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional. Program pendidikan tersebut juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi rapor untuk siswa kelas 12 SMA/Sederajat. Seleksi rapor untuk Program Vokasi dan S1 Paralel disebut program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar, sedangkan seleksi rapor untuk S1 Kelas Internasional adalah Talent Scouting.

  • Jalur Ujian Tulis 

UI juga menyediakan tes untuk siswa yang tidak berhasil lolos pada tahap undangan atau SNMPTN. Untuk tes mandiri ini pembatasan tahun lulus SMA/Sederajat hanya berlaku untuk S1 Reguler (maksimal 3 tahun) dan S1 Kelas Internasional (5 tahun). Sedangkan untuk Program Vokasi dan S1 paralel menerima alumni SMA/Sederajat tanpa batasan tahun lulus SMA/Sederajat. S1 Reguler tahun 2020 membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri SIMAK UI. Perlu kalian tahu bahwa untuk tahun 2020 sendiri SIMAK UI memiliki kuota penerimaan mahasiswa baru sebesar 50% yang berarti setengah dari seluruh mahasiswa baru UI tahun 2020 akan diterima melalui jalur ini. Karena itu, kalian perlu mempertimbangkan secara matang untuk mendaftarkan diri sebagai peserta SIMAK UI terutama buat kalian yang berambisi banget buat kuliah di universitas yang pernah menjadi tempat belajarnya sosok Soe Hok-gie ini. 

Jadwal Penting SIMAK UI 2020

  • Vokasi D3

Kegiatan Pendaftaran Ujian Pengumuman
PPKB (Talent scouting) 3 Februari – 6 Maret

2020

8 April 2020
SIMAK UI 2 Juni – 1 Juli 2020 12 Juli 2020 Akhir Juli 2020
  • SI Reguler 

Kegiatan Pendaftaran Ujian Pengumuman
SIMAK UI 2 Juni – 1 Juli 2020 12 Juli 2020 Akhir Juli 2020
  • SI Paralel

Kegiatan Pendaftaran Ujian Pengumuman
PPKB (Talent scouting) 3 Februari – 6 Maret

2020

8 April 2020
SIMAK UI 2 Juni – 1 Juli 2020 12 Juli 2020 Akhir Juli 2020

Selanjutnya untuk sebaran lokasi ujian SIMAK UI 2020 adalah S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi (D3) : Jakarta Pusat/Timur/Barat/Utara/Selatan, Depok (bukan di kampus UI Depok), Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Padang, Palembang. S1 Kelas Internasional : Kampus UI Depok S1 Ekstensi : Kampus UI Depok (pada periode tertentu diselenggarakan di kota besar). 

Ujian diselenggarakan pada waktu yang sama di seluruh Indonesia, jadi untuk wilayah WITA dan WIT, waktu disesuaikan dengan waktu setempat (+1 jam untuk WITA, +2 jam untuk WIT).

Materi yang Diujikan di SIMAK UI 2020

  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Menulis Esai 
  • Kemampuan IPA (KA) : Matematika, IPA, Fisika, Kimia dan Biologi
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi
  • Materi Ujian SIMAK S1 Kelas Internasional terdiri dari: Pilih Prodi IPA maka materi ujiannya mencakup : Mathematics for Natural Science, Biology, Physics, Chemistry Pilih Prodi IPS maka materi ujiannya mencakup : Basic Mathematics, Economy, Sociology, Geography, Indonesia and The World.

Jika kalian mengincar jurusan atau program studi (prodi) IPA, materi ujian yang akan kalian ikuti adalah KD dan KA. Jika kalian pilih prodi IPS, materi ujiannya mencakup KD dan KS. Jika kalian  pilih prodi IPA dan IPS sekaligus (IPC), materi ujiannya mencakup KD dan KA dan KS.

Berikut ini adalah beberapa soal pembahasan dari tahun sebelumnya

Kemampuan Dasar 

Matematika Dasar 

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

Kemampuan IPA (KA)

Matematika IPA

Fisika

Kimia

Biologi 

Kemampuan IPS

Ekonomi

Sejarah 

Geografi

Sosiologi

IPS Terpadu

Melalui link-link di atas, kalian bisa download semua soal SIMAK UI dalam bentuk pdf. Kalo kalian ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma soal SIMAK UI doang, Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa kalian download secara GRATIS, mulai dari SBMPTN, USM STAN, UTUL UGM, dan banyak lagi. Sekian dulu pembahasan kali ini semangat belajar dan semangat berjuang teman-teman.

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini