Future Tense yang Akan Datang

Suka membicarakan masa depan? Apakah kamu membicarakannya dengan kaidah future tense yang benar? Nah, kalau belum, baca saja dulu tulisan ini. Kalau sudah, baca juga kali aja ada yang kelupaan. Ya, kan?

Manusia berencana, future tense yang mengungkapkan. Yep, future tense memang paling bener kalau dipakai buat ngomongin masa depan beserta rencana-rencana indah kamu yang ingin kamu lakukan bersama dia. Begitulah future tense. Namun tahu gak sih kalau future tense enggak terdiri dari sekadar simple future doang? Ada bentuk-bentuk future tense beserta fungsinya masing-masing yang perlu kamu ketahui. 

Simple Future Tense

Pengertian Simple Future Tense

Simple future tense adalah tenses yang digunakan untuk mengabarkan kejadian ataupun peristiwa yang belum terjadi atau akan terjadi di masa depan dan berakhir di masa depan pula (ya ga mungkin berakhir di masa lalu juga sih). Misalkan kamu ada rencana nih buat naik gunung Latimojong ya kamu bisa pakai tenses ini pas ngobrol sama mantan kamu. 

Rumus Simple Future Tense

Positif : S + will + V1 + O atau S + To Be (is, am, are) + Going To + V1 + O

Negatif : S + Will + not + V1 + O atau S + To Be (is, am, are) + not + Going To + V1 + O

Tanya : Will + S + V1 + O ? atau To Be (is, am, are) + S + Going To + V1 + O ?

Perbedaan penggunaan will dan going to

Meskipun kalau diterjemahkan artinya sama-sama akan, will dan going to pada kenyataannya memiliki fungsi yang berbeda. Will bisa kamu gunakan untuk menyatakan sesuatu perbuatan yang tidak terencana dan tidak dapat diprediksi apakah beneran akan jadi nyata atau tidak. Misalkan kamu ingin menyatakan bahwa Manchester United akan memenangkan liga europa. Kamu sadar bahwa kamu tidak bisa memastikan kejadian tersebut. Maka dari itu kamu perlu menggunakan kata will. Sedangkan going to baru bisa kamu gunakan untuk menyatakan sesuatu yang memang sudah terencana secara matang misalnya kamu akan mendaftar ke oxford. 

Contoh kalimat simple future tense

  • I’m going to marry you in Bandung 
  • Iqbal will not lend you his pen 
  • Are you going to visit your grandma? 

Future Continuous Tense

Pengertian future continuous tense

Future continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan atau peristiwa yang akan sedang terjadi di masa yang akan datang. Kalau simple future hanya mengabarkan bahwa sebuah peristiwa akan terjadi, future continuous menyatakan bahwa peristiwa itu akan sedang berlangsung misalnya pacar kamu sedang berselingkuh nanti malam bersama sahabatmu. 

Rumus future continuous tense

Positif : S + will be + V ing

Negatif : S + will + not + be + V ing

Tanya : Will + S + be + V ing

Contoh kalimat future continuous tense

  • I will be missing you, mom
  • Tya will not be cooking at 7 P.M
  • Will she be cheating on me tonight? 

Future Perfect Tense

Pengertian future perfect tense

Future perfect tense adalah tenses yang dipakai untuk mengisahkan peristiwa atau kejadian yang akan berakhir di masa yang akan datang. Contohnya nih kamu akan menyelesaikan studimu yang gak rampung-rampung itu pada akhir tahun ini. Kamu bisa menggunakan future perfect tense untuk menjelaskannya ke orang tuamu. 

Rumus future perfect tense

Positif : S + will + have + V3

Negatif : S + will + not + have + V3

Tanya : will + S + have + V3

Contoh kalimat future perfect tense

  • I will have finished my study this year 
  • Sarah will not have slept at 10 P.M
  • Will Insi have cheated on you? 

Future Perfect Continuous Tense

Pengertian future perfect continuous tense

Future perfect continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk mengungkapkan bahwa peristiwa atau kejadian akan sudah berlangsung selama sekian waktu pada titik waktu tertentu di masa yang akan datang. Kalau future perfect mengabarkan bahwa peristiwa tersebut telah selesai, future perfect continuous menjelaskan bahwa kejadiannya baru akan selesai. Contohnya adalah kamu baru akan selesai tidur nanti sore. 

Rumus future perfect continuous tense

Positif : S + will + have been + V ing

Negatif : S + will + not + have been + V ing

Tanya : will + S + have been + V ing

Contoh kalimat future perfect continuous tense

  • Adam will have been finishing his work tomorrow 
  • Syifa will not have been arriving on Tuesday 
  • Will you have been eating your meal? 

Future tense memang menarik, guys. Kalau kamu menguasainya dengan baik, kamu bisa menyampaikan segala hal yang ada di masa depan, baik yang akan berakhir atau akan kamu lakukan, kepada lawan bicaramu dalam bahasa inggis. Enjoy. 


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini