Ngomongin Masa Lalu Pakai Past Tense

Kita semua memiliki masa lalu. Terkadang, kita suka menceritakannya kepada orang di sekitar. Supaya cerita yang disampaikan jadi lebih keren, hindari kesalahan berbahasa. Gunakan past tense dengan benar.  

Untuk dapat menyampaikan pesan dengan benar dalam bahasa Inggris, ada aturan-aturan tertentu yang harus ditaati. Ada tata bahasa yang perlu dipelajari dan dipahami. Ngomongin tata bahasa dalam bahasa Inggris, kita ga boleh sampai melupakan tenses. Tenses sendiri adalah tata bahasa yang ditujukan untuk menjelaskan keterangan waktu kejadian suatu peristiwa. Dengan menggunakan tenses, kita jadi bisa menjelaskan kapan tepatnya peristiwa yang kita ingin sampaikan terjadi. Sederhananya, tenses dapat dibagi menjadi tiga yaitu past tense, present tense, dan future tense. Kali ini kita akan fokus membahas past tense. Kita awali dari masa lalu terlebih dahulu.

Simple Past Tense

Pengertian Simple Past Tense

Simple past tense adalah tenses yang dipakai untuk menyatakan kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau dan telah berakhir atau selesai di masa lampau. Jadi, kejadiannya sudah tidak terjadi di saat sekarang. Misalkan kamu memasak pekan lalu atau kamu membaca novel Harry Potter bulan kemarin.

Rumus Simple Past Tense

Positif : S + Verb 2 + O

Negatif : S + did not + Verb 1 + O

Tanya : did + S + bare infinitive / be (was/were) + S

Contoh Kalimat Simple Past Tense

  • Insi watched a movie last week 
  • Last year, Iqbal did not visit Bali 
  • Did Anis join Zenius Education?

Past Continuous Tense

Pengertian Past Continuous Tense

Past continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi pada masa lalu. Kalau simple past tense digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang telah terjadi, past continuous menjelaskan peristiwa yang sedang terjadi tetapi di masa lalu. Misalkan kamu sedang membaca komik Superman bulan lalu. 

Rumus Past Continuous Tense

Positif : S + was/were + V ing 

Negatif : S + was/ were + not + V ing 

Tanya : Was/ were + S + V ing

Contoh Kalimat Past Continuous Tense

  • Yason was seating on his chair yesterday 
  • Was Sarah cooking when she called?
  • Iqbal and Iyan were not studying when I came last night

Past Perfect Tense

Pengertian Past Perfect Tense

Past perfect tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu kegiatan atau peristiwa telah selesai pada suatu titik di masa lalu sebelum aksi yang lainnya terjadi. Jadi, kamu bisa menggunakan tense ini untuk menjelaskan bahwa telah terjadi suatu peristiwa sebelum peristiwa lainnya terjadi di masa lalu. Contohnya kamu pernah memiliki sebuah sepatu air jordan tetapi sepatu itu akhirnya tak lagi kamu miliki karena rusak. 

Rumus Past Perfect Tense

Positif : S + had + V3 + O

Negatif : S + had + not + V3 + O

Tanya : Had + S + V3 + O

Contoh kalimat Past Perfect Tense

  • I had a pair of Air Jordan shoes for years before it broke down.
  • I thought he had not changed his hairstyle.
  • Had you painted a picture?

Past Perfect Continuous Tense

Pengertian Past Perfect Continuous Tense

Past perfect continuous adalah tenses yang berfungsi untuk menyatakan bahwa suatu kegiatan atau peristiwa memiliki durasi waktu tertentu di masa lampau sebab kegiatan tersebut telah dimulai dan masih berlangsung tetapi di waktu kini sudah tidak terjadi lagi. Jadi, kita bisa menggunakan tenses untuk menjelaskan kegiatan yang sedang terjadi dalam durasi tertentu di masa lalu yang berarti sudah tidak terjadi lagi.

Rumus Past Perfect Continuous Tense

Positif : S + had + been + V ing / present participle

Negatif : S + had + not + been + V ing / present participle

Tanya : Had + S + been + V ing / present participle

Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense  

  • Your mom had been waiting for you for three hours.
  • The doctor had not been visiting the patient. 
  • Had my teacher been looking for me? 

Ada empat bentuk past tense (sebagaimana di atas) yang perlu kamu kuasai. Well, kalau kamu sudah menguasainya, kamu tak perlu lagi mengalami kesulitan untuk menjelaskan peristiwa yang pernah kamu alami. Kamu bisa menceritakan masa lalumu kepada pacar kamu dengan menggunakan kaidah berbahasa yang benar. Bagaimana tidak seru, kamu bisa curhat sekaligus memperlancar kemampuan berbahasamu. 


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Daftar Membership Zenius

Download Zenius App di sini