Kumpulan Contoh Cerita Fabel Nusantara

Menikmati kumpulan cerita-cerita fabel bisa menjadi aktivitas pilihan yang dapat dinikmati saat akhir pekan. Rutinitas yang mulai membosankan tentunya perlu diselingi dengan kegiatan-kegiatan yang berbeda. Jika kalian sedang tidak bisa keluar rumah karena berbagai alasan seperti hujan, membaca cerita fabel rasanya bisa kalian coba. Kali ini, Zenius Blog menyajikan berbagai contoh cerita fabel yang bisa kamu nikmati secara gratis. 

Singa lari oleh Kambing Betina

Memanfaatkan kelihaiannya, seekor kambing berhasil menggertak seekor singa. Tak ada darah yang tertumpah dan tak ada korban jiwa yang jatuh. Kambing hanya perlu memerah sedikit kemampuan otaknya dan kambing berhasil mengalahkan singa tanpa perlu mengeluarkan tenaga sama sekali. Penasaran bagaimana kambing berhasil mengalahkan singa, baca kisahnya melalui tautan di bawah. 

Fabel Singa dan Kambing Betina di Candi Jago

Kura-kura dan Angsa

Dalam memperjuangkan impian dan harapan, seringkali kita dihadapkan dengan berbagai tantangan. Tantangan-tantangan yang ada tersebut harus kita kalahkan. Jangan sampai justru kitalah yang kalah dan akhirnya tujuan tak pernah terwujud. Hal inilah yang dialami oleh kura-kura. Dalam perjalanannya menuju danau impian, ia harus menelan pahitnya kegagalan lantaran tak dapat menahan diri terhadap godaan yang menerpa sepanjang perjalanan. Tak hanya gagal mewujudkan impiannya, kura-kura tersebut bahkan harus mengalami nasib tragis. Selengkapnya bisa kamu baca di bawah ya. 

Cerita Kura-kura dan angsa di Candi Jago

Bangau yang Mati oleh Ketam

Hayo, siapa yang suka mengkhianati janji? Alkisah pernah pada suatu masa terdapat seekor bangau yang mengkhianati janjinya kepada ikan-ikan di danau. Sebelumnya, bangau berjanji akan membantu para ikan untuk berpindah dari danau yang sedang berada dalam ancaman nelayan ke sebuah danau yang tidak mungkin diganggu nelayan. Dalam perjalanannya, si bangau berkhianat dan malah memakan ikan-ikan yang seharusnya dibawanya ke danau tujuan. Pengen baca kisah lengkapnya? Klik tautan yang ada di bawah ya. 

Cerita Rakyat Bangau Mati oleh Ketam

Singa dan Lembu

Rasa iri bisa menjadi pemicu dari perselisihan yang hanya menghasilkan kerugian. Sebagaimana yang dialami oleh persahabatan antara singa dan lembu. Sebenarnya persahabatan yang mereka jalani tidaklah memiliki masalah sampai akhirnya muncul seekor serigala yang merasa iri terhadap persahabatan keduanya. Berawal dari rasa iri, serigala mencoba untuk menghasut supaya keduanya bertengkar. Upaya yang dilakukan serigala ternyata berhasil. Lembu dan singa terlibat perkelahian yang akhirnya membunuh keduanya sekaligus. Ironisnya, serigala yang awalnya hanya menghasut ternyata juga harus mengalami kematian. Kisah lengkapnya bisa kamu baca di bawah, ya. 

Cerita Rakyat Fabel Singa dan Lembu

Pemburu, Harimau dan Kera

Persahabatan adalah salah satu hal terindah yang ada di dunia ini. Memiliki seorang sahabat sangatlah menyenangkan. Sahabat menemani kita saat suka maupun duka. Saat suka, sahabat akan menyadarkan kita supaya tidak terlarut sehingga lupa akan tantangan-tantangan yang ada di depan. Sedangkan saat duka, seorang sahabat akan mendamaikan hati kita bahwa badai terparah pun memiliki titik akhir. 

Sekuat-kuatnya persahabatan yang dijalin, selalu ada masalah yang bisa datang menerpa. Di situlah kualitas persahabatan diuji. Apakah persahabatan tersebut akan bertahan dan menjadi makin kuat, atau malah runtuh dan berakhir begitu saja. Seperti yang dialami oleh pemburu dan seekor kera. Kisah lengkapnya bisa kamu baca melalui tautan berikut.

Pemburu, Harimau dan Kera

Lembu dan Buaya

Saat masih kecil, para orang tua kerap meminta kita berhati-hati jika berinteraksi dengan orang asing. Pesan yang entah siapa penyebar pertamanya. Pesan ini seolah meminta kita, secara tidak langsung, untuk mencurigai setiap orang asing yang mengajak berinteraksi. Hal yang bagi sebagian orang mungkin bukanlah merupakan hal terpuji. Namun hal ini sepenuhnya akan menjadi masuk akal jika kita membaca kisah yang dialami lembu saat ditipu oleh buaya yang baru dikenalnya. Mau tahu kisah lengkapnya? Baca lewat tautan di bawah, ya.

Lembu dan Buaya

Kisah fabel menyajikan hikmah-hikmah yang dapat dipetik dari perilaku para hewan yang berperan di dalamnya. Hikmah-hikmah yang terkandung pun ada beragam bentuknya. Mulai dari pesan agar tidak malas hingga bahaya laten komunisme dapat terselip di dalam kisah fabel. Inilah salah satu alasan mengapa sebaiknya kamu memperhatikan secara saksama setiap kisah fabel yang kamu temui. 

Jika kamu ingin membaca lebih banyak lagi kisah fabel, ada kumpulan fabel yang dapat kamu akses melalui tautan di bawah ini. 

Repositori lengkap Buku kumpulan cerita fabel


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Daftar Membership Zenius

 

Download Zenius App di sini