Ragam Kata Ini Akan Kamu Jumpai Saat Belajar Bahasa Indonesia

Dalam artikel kali ini, Zenius blog membahas mengenai jenis-jenis kata yang dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita sering membaca, mendengar ataupun mengucapkan kalimat. Untuk membuat kalimat itu menjadi sempurna, kita dapat memilih kata yang sesuai dengan maksud dari kalimat tersebut. Tapi, apakah kamu tau apa itu kata? 

Kata adalah kumpulan dari beberapa huruf yang membentuk sebuah makna tertentu. Menurut KBBI, kata adalah unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa. Jenis-jenis kata dapat dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan bentuk dan kategorinya. 

Jenis kata berdasarkan bentuknya dapat dibagi menjadi:

  1. Kata Dasar

Kata dasar adalah kata awal sebelum mengalami perubahan bentuk, fungsi dan makna, atau belum memiliki imbuhan. Untuk contoh dan bagaimana perubahannya, kamu dapat membacanya disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/273/kata-dasar

  1. Kata Ulang

Kata ulang adalah kata yang mengalami pengulangan, bisa dalam bentuk asli ataupun perubahan suku kata dan imbuhan, yang mengubah makna kata sebelumnya. Untuk bentuk-bentuk dan contoh kata ulang, kamu dapat membacanya disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/951/kata-ulang

  1. Kata Majemuk

Kata majemuk adalah gabungan dua kata yang kemudian membentuk makna baru. Jika kata majemuk dipisahkan, kata tersebut akan kembali dengan makna aslinya. Kata majemuk dibedakan sesuai dengan bentuk penulisan dan maknanya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai kata majemuk dapat kamu baca disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/271/kata-majemuk

  1. Kata Serapan 

Kata serapan adalah kata yang berasal bukan dari Bahasa Indonesia (bahasa daerah/bahasa asing) yang diintegrasikan dalam Bahasa Indonesia untuk menambah kosa kata. Beberapa cara bahasa asing diserap ke dalam Bahasa Indonesia beserta contoh katanya dapat kamu pelajari disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/283/kata-serapan

 

Berdasarkan kategori, jenis kata dapat dibagi menjadi:

  1. Kata Keterangan

Kata keterangan adalah kata yang menerangkan atau memperjelas kata kerja, kata sifat dan kata keterangan lainnya, namun tidak menerangkan kata benda dan kata ganti nama. Kata keterangan dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu, kata keterangan waktu, kata keterangan tempat, kata keterangan alat, kata keterangan syarat, dan kata keterangan sebab. Untuk mengetahui perbedaan dan contohnya, kamu dapat membacanya disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/586/kata-keterangan

  1. Kata Sifat 

Kata sifat atau adjektiva adalah kata yang menerangkan kata benda dan kata ganti nama. Kata sifat terbagi menjadi dua jenis, yaitu kata sifat bertaraf dan kata sifat tak bertaraf yang didalamnya terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Tidak hanya sebagai keterangan, kata sifat juga dapat digunakan sebagai predikat. Untuk pembagian dan contohnya, kamu dapat membacanya lebih lanjut disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/281/kata-sifat

  1. Kata Sambung 

Kata sambung atau konjungsi adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat ataupun paragraf dengan paragraf agar saling berkaitan. Ada banyak jenis kata sambung yang memiliki maksud berbeda-beda. Untuk mempelajarinya, kamu dapat membuka ini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/282/kata-sambung

  1. Kata Ganti 

Kata ganti adalah kata yang menggantikan kata benda yang sudah diketahui sebelumnya agar tidak disebut berulang kali. Kata ganti bisa menjadi subjek atau objek dalam suatu kalimat. Untuk pembagian jenis kata ganti dan contoh-contoh dari setiap jenis, kamu dapat mempelajarinya disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/280/kata-ganti

  1. Kata Depan 

Kata depan adalah kata yang berada sebelum kata benda, kata kerja dan kata keterangan lain yang memiliki hubungan makna. Kata depan terbagi memiliki beberapa jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kamu dapat membacanya disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/279/kata-depan

  1. Kata Bilangan 

Kata bilangan adalah kata yang menyatakan jumlah benda, atau urutan benda dalam suatu deretan. Terdapat beberapa jenis kata bilangan dengan contohnya yang dapat kamu pelajari disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/277/kata-bilangan

  1. Kata Benda 

Kata benda adalah kata yang menyatakan wujud atau kebendaan yang dapat dibagi menjadi kata benda umum dan kata benda khusus. Beberapa pembagian jenis kata benda lainnya beserta ciri-ciri kata benda dapat kamu pelajari disini.

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/276/kata-benda

  1. Kata Sandang

Kata sandang adalah kata yang membatasi kata benda yang tidak memiliki makna jika digunakan sendirian seperti si, para, dll. Untuk pembahasan dan contoh lainnya dapat kamu baca disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/275/kata-sandang

  1. Kata Seru

Kata seru adalah kata yang mengungkapkan rasa hati atau ekspreksi dari pembicara. Biasanya, kata seru terdapat dalam kalimat dialog. Untuk pembahasan dan contoh lainnya kamu dapat pelajari disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/274/kata-seru

  1. Kata Kerja 

Kata kerja adalah kata yang menyatakan tindakan. Ada dua jenis kata kerja, yaitu kata kerja transitif dan kata kerja intransitif. Untuk pengertian dan contoh katanya, dapat kamu pelajari lebih lanjut disini

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/272/kata-kerja

  1. Kata Berimbuhan 

Imbuhan atau afiks adalah kata kecil yang memiliki arti dan selalu digabungkan pada kata lain. Secara posisi, afiks dibagi menjadi empat: prefiks sebagai imbuhan yang berada diawal kata, infiks sebagai imbuhan yang berada di tengah kata, sufiks sebagai imbuhan yang berada di akhir kata, dan konfiks sebagai imbuhan yang berada di awal dan di akhir kata disebut. Namun berdasarkan jenisnya, afiks dibagi menjadi dua yaitu, asli dan serapan. Untuk mempelajari prefiks, infiks, sufiks dan konfiks kamu dapat langsung membukanya disini. 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/269/infiks

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/278/kata-berimbuhan 

https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/270/konfiks

 

Kata juga dapat digabung menjadi dua kata atau lebih yang memiliki makna baru yang disebut dengan frasa. Frasa memiliki beberapa jenis dan ciri yang dapat kamu perdalam disini https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/285/frasa

 

Agar kamu lebih mengenal jenis-jenis kata diatas, yuk latihan soal di bawah ini!

Bentuk -nya yang berfungsi sebagai pembentuk kata benda terdapat dalam kalimat ….

(A) rupanya hari ini akan turun hujan

(B) Ayah menitipkan uang itu kepadanya

(C) rumahnya sedang diperbaiki

(D) indahnya Pantai Kuta menarik wisatawan

(E) kado itu dibungkusnya dengan kertas yang paling baik

 

Bagaimana membedakan bentuk -nya dalam kalimat diatas? Untuk penjelasannya, kamu dapat simak video berikut ini.

Jangan lupa untuk selalu berlatih dan memahami konsep dari masing-masing jenis kata. Semoga artikel ini membantumu mengakses ribuan pelajaran di Zenius.net dan berhasil mendapat nilai terbaik saat ujian!

 

==========CATATAN EDITOR===========

Buat kamu yang mau nanya lebih lanjut seputar Bahasa Indonesia, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Daftar Membership Zenius

 

Download Zenius App di sini