Pembahasan Soal Ujian Nasional tahun 2013

Berikut adalah kumpulan pembahasan soal Ujian Nasional SD, SMP, dan SMA tahun 2013 untuk semua mata pelajaran.

Hey, ketemu lagi sama gua di minggu yang sama!

Nah, kemaren gua sempet nanyain tuh di twitter gimana persiapan kalian buat ujian nasional. Yaaa.. seperti yang udah gua duga lu pade kebanyakan pada belom nyiapin dan belom mulai nyicil buat UN taon depan. -_-

Emang bener sih, sekarang aja masih awal bulan November dan ujian nasional tuh masih jauuuh… banget dan kita masih punya waktu buanyak buat nyiapin segala hal buat menghadapinya. Nah, tapi justru karena kita masih punya waktu banyak dari sekarang, makanya gua ingetin lu lagi buat mulai nyiapin dari mulai sekarang. Jangan sampe nih lu nunda-nunda terus (gua tau deh.. kebiasaan nunda belajar tuh emang penyakit kronis kalian, ngaku aje!) akhirnya, belajar mepet terus nggak maksimal waktu ujian. Jadi, nantinya kayak gini:

exam-meme-funny-reaction copy

Nah selaen dari itu… ada satu alesan lagi kenapa gua saranin mending lu udah mulai cicil dari sekarang – terutama buat kalian yang udah kelas 12 SMA. Gini, gua ingetin aja yah, apa yang akan kalian hadepin di tahun depan tuh bukan cuma ujian nasional doank, tapi juga SBMPTN tertulis, SIMAK UI, atau bisa juga Ujian Mandiri buat masuk universitas. Dan perlu gua tekanin lagi, bahwa SBMPTN tertulis dan UM itu levelnya jauuuh lebih susah daripada Ujian Nasional !

Jadii.. mendingan sih menurut gua lu udah mulai persiapin buat belajar UN dari sekarang, nanti sisa waktunya justru kalian kejar buat nyiapin SBMPTN dan Ujian Mandiri. Nah, buat yang udah kelas 12 SMA, gua saranin banget lu mampir sebentar ke artikel gua sebelumnya tentang “Apa Bedanya Persiapan Belajar buat UN dengan SBMPTN“.

Oke deh, gua coba mulai nyicil dari sekarang, terus gua harus mulai belajar dari mana?

Nah, biasanya kalo lu mulai belajar gimana? Dari mulai ngumpulin bahan dari kelas 10–11 terus dibikin rangkuman dan catetan, tandain bahan-bahan yang penting, gitu kan? Hati-hati aja lu kalo mau ngerangkum, seringnya ujung-ujungnya malah kayak gini, hehe..

Summarizing-before-an-exam

Yup, untungnya di zenius.net para tutor kalian tuh udah enak banget bikin pembahasan mata pelajaran per bab, jadi kalian tinggal nonton ulang aja deh apa aja pembahasan per bab-nya. Naah, tapi sebelum kalian mulai dalemin materi tiap bab di zenius.net, menurut gua gak ada salahnya lu mulai belajar dengan nyoba nyicipin “battleground” yang akan kalian hadapi dulu, supaya kalian kebayang level kesulitan soal Ujian Nasional.

Buat lo yang udah member di zenius.net, nih para tutor zenius kasih hadiah berupa pembahasan lengkap Ujian Nasional 2013. Langsung aja coba kalian kerjain, terus kalo udah mentok, bisa langsung kalian lihat video pembahasannya. Check this out !

Pembahasan Ujian Nasional SMP 2013

 

Pembahasan Ujian Nasional SMA 2013

 

Pembahasan Ujian Nasional SD 2013

 

Nah, kalo udah, kalian coba ulik pembahasan UN 2013 di atas. Kalian bisa gali lebih dalem lagi pembahasan UN tahun-tahun sebelumnya di zenius.net. Berikut adalah link pembahasan UN dari SD–SMA

 

Nah, coba lu abisin deh tuh segudang soal dan pembahasan yang udah disiapin sama para tutor-tutor kalian yang tercinta . Oya, pastiin lu ngerti konsepnya yah, bukan cuma ngafalin tipe soal doank. Kalo kalian udah bener-bener paham konsepnya, gua jamin nggak akan mungkin deh kalian panik, bingung, stress, atau takut buat menghadapi UJIAN NASIONAL. Oke, boss? Salam Olahraga!

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.