Pembahasan Soal Ujian Nasional / UN 2013

Pembahasan Soal Ujian Nasional / UN 2013

Hey, ketemu lagi sama gua di minggu yang sama !

Nah kemaren gua sempet nanyain tuh di twitter gimana persiapan kalian buat ujian nasional 2014. Yaaa.. seperti yang udah gua duga lu pade kebanyakan pada belom nyiapin dan belom mulai nyicil buat UN taon depan. -_-

Emang bener sih, sekarang aja masih awal bulan November dan ujian nasional tuh masih jauuuh... banget dan kita masih punya waktu buanyak buat nyiapin segala hal buat menghadapinya. Nah tapi justru karena kita masih punya waktu banyak dari sekarang, makanya gua ingetin lu lagi buat mulai nyiapin dari mulai sekarang. Jangan sampe nih lu nunda-nunda terus (gua tau deh.. kebiasaan nunda belajar tuh emang penyakit kronis kalian, ngaku aje !) akhirnya belajar mepet terus gak maksimal waktu ujian. Jadinya nantinya kayak gini :

exam-meme-funny-reaction copy

Nah selaen dari itu... ada satu alesan lagi kenapa gua saranin mending lu udah mulai cicil dari sekarang - terutama buat kalian yang udah kelas 12 SMA. Gini, gua ingetin aja yah, apa yang akan kalian hadepin di tahun depan tuh bukan cuma ujian nasional doank, tapi juga SBMPTN tertulis, SIMAK UI, atau bisa juga Ujian Mandiri buat masuk universitas. Dan perlu gua tekanin lagi, bahwa SBMPTN tertulis dan UM itu levelnya jauuuh lebih susah daripada Ujian Nasional !

Jadii.. mendingan sih menurut gua lu udah mulai persiapin buat belajar UN dari sekarang, nanti sisa waktunya justru kalian kejar buat nyiapin SBMPTN dan Ujian Mandiri. Nah, buat yang udah kelas 12 SMA, gua saranin banget lu mampir sebentar ke artikel gua sebelumnya tentang "Apa Bedanya Persiapan Belajar buat UN dengan SBMPTN".

 

Oke deh gua coba mulai nyicil dari sekarang, terus gua harus mulai belajar dari mana?

Nah, biasanya kalo lu mulai belajar gimana? dari mulai ngumpulin bahan dari kelas 10 - 11 terus dibikin rangkuman dan catetan, tandain bahan-bahan yang penting, gitu kan? Hati-hati aja lu kalo mau ngerangkum, seringnya ujung-ujungnya malah kayak gini, hehe..

Summarizing-before-an-exam

Yup, untungnya di zenius.net para tutor kalian tuh udah enak banget bikin pembahasan mata pelajaran per bab, jadi kalian tinggal nonton ulang aja deh apa aja pembahasan per bab-nya. Naah, tapi sebelum kalian mulai dalemin materi tiap bab di zenius.net, menurut gua gak ada salahnya lu mulai belajar dengan nyoba nyicipin "battleground" yang akan kalian hadapi dulu, supaya kalian kebayang level kesulitan soal Ujian Nasional.

Buat lo yang udah premium member di zenius.net, nih para tutor zenius kasih hadiah berupa pembahasan lengkap ujian nasional 2013 yang baru aja dihadapi kakak-kakak senior kalian beberapa bulan yang lalu. Langsung aja coba kalian kerjain, terus kalo udah mentok, bisa langsung kalian lihat video pembahasannya. Check this out !

Pembahasan Ujian Nasional SMP 2013

UN Matematika SMP 2013

UN Fisika SMP 2013

UN Biologi SMP 2013

UN Bahasa Indonesia SMP 2013

UN Bahasa Inggris SMP 2013

 

Pembahasan Ujian Nasional SMA 2013

UN Matematika IPA SMA 2013

UN Fisika SMA 2013

UN Kimia SMA 2013

UN Biologi SMA 2013

UN Bahasa Indonesia SMA 2013

UN Bahasa Inggris SMA 2013

UN Matematika IPS SMA 2013

UN Ekonomi SMA 2013

UN Geografi SMA 2013

UN Sosiologi SMA 2013

 

Pembahasan Ujian Nasional SD 2013

UASBN Matematika SD 2013

UASBN Bahasa Indonesia SD 2013

UASBN IPA SD 2013

 

Nah, kalo udah kalian coba ulik pembahasan UN 2013 di atas. Kalian bisa gali lebih dalem lagi pembahasan UN tahun-tahun sebelumnya di zenius.net. Berikut adalah link pembahasan UN dari SD - SMA

Pembahasan UASBN SD dari tahun 2009 - 2013

Pembahasan UN SMP dari tahun 2008 - 2013

Pembahasan UN SMA dari tahun 2002 - 2013

 

Nah, coba lu abisin deh tuh segudang soal & pembahasan yang udah disiapin sama para tutor-tutor kalian yang tercinta . Oya, pastiin lu ngerti konsepnya yah, bukan cuma ngafalin type soal doank. Kalo kalian udah bener-bener paham konsepnya, gua jamin gak akan mungkin deh kalian panik, bingung, stress, atau takut buat menghadapi UJIAN NASIONAL 2014. Oke boss? Salam Olahraga !

About 

Glenn Ardi adalah Inbound Marketing Manager Zenius Education dan editor zeniusBLOG. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • yudhistira

    ada in tryout dunk bro buat member zenius, buat latihan lah ..

    • Glenn Ardi

      Ide bagus tuh ! Nanti gua usahain yah..

    • Muhammad Ali Topan

      bener banget tuh . SETUJUU

    • Alvin Willio

      gw juga setuju banget nihh..

    • yessy

      iya TO dong ka

  • Hasny

    buat smk mana broo :D

  • Rizki

    UN 2013 ada 20 paket soal..kenapa cuma 1 paket ? biar tambah greget tambahin dong. .hehehe :D

    • Rizal

      Setuju, mas bro

    • Glenn Ardi

      Thanks yah masukannya Rizki, nanti kita upayakan buat bahas tipe soal yang lain yah..

  • Union 2014

    izin share ya min

  • Nefia Ayu Prasasti

    UN buat SMK mana??

  • Dian Novitasari

    soal buat UN SMK nya mana nih?

  • aji wardana

    mohon pembahasan soal untuk smk , ane lagi butuh kakak :D

  • fath

    i'm waiting for try out ! bahas dong please :)

  • erwin

    gmn cari kunci jawaban kode 2952

  • nurtriana wulandari

    Maaf ka , mau tanya nih caranya jadi member di ZE ini gmn ?

    • Glenn Ardi

      ZE itu apa yah? maksudnya zenius.net? Soalnya kita juga punya ZeniusEnglish.com yang biasa disingkat jadi ZE. Kalo mau join zenius.net lo bisa ke https://www.zenius.net/sign-up

  • kifly rizaldi

    contoh soal klafikasi makhluk hidup dapat berdasarkan hal-hal,kecuali berserta jawaban