Panduan Belajar Soal HOTS Ekonomi

Artikel ini membahas soal HOTS Ekonomi, mulai dari definisinya, strategi belajar soal HOTS Ekonomi, hingga contoh soal HOTS Ekonomi di UN dan SBMPTN.

Selamat datang di semester 2, wahai siswa-siswi kelas XII! Beberapa saat lagi, lo semua akan menghadapi UN dan SBMPTN tahun ajaran 2018/2019. UN dan SBMPTN yang akan lo jalanin nanti bakalan beda dengan UN dan SBMPTN sebelum-sebelumnya *selain sekarang semua udah berbasis komputer sehingga ga ada lagi kasus kertas lo bolong karena terlalu bersemangat ngebulet-buletin.

Hal yang ga kalah penting banget buat lo tahu adalah jenis soalnya. Ya, soal di SBMPTN sekarang akan mengacu pada Higher-Order Thinking Skills atau biasanya disingkat menjadi HOTS. Nah, buat lo yang belum tahu banget tentang HOTS. Gue saranin lo baca dulu penjelasan detil tentang HOTS yang dibikin sama Fanny (Pembahasan Lengkap seputar Soal HOTS).

Kalo lo mantengin Blog Zenius, setiap mata pelajaran tuh udah mulai munculin artikel HOTS-nya masing-masing. Dan dari yang gue lihat, setiap mata pelajaran tuh punya kesamaan dan keunikan masing-masing. Tidak terkecuali pelajaran ekonomi, guys. Nah, berhubung banyak materi yang udah ditulis secara lengkap, gue mau highlight aja kali ya sekarang.

soal hots ekonomi

 

Definisi HOTS di Ekonomi

Secara garis besar, soal HOTS itu pengen nguji seberapa dalam lo mempelajari suatu mata pelajaran tersebut sehingga dibuatlah soal-soal yang membuat lo berpikir lebih dalam untuk menyelesaikan soal jenis HOTS ini. Dalam UN ataupun SBMPTN, jenis soal itu sebetulnya dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu HOTS dan LOTS (Lower-Order Thinking Skills). Baik HOTS ataupun LOTS didasarkan pada konsep pendidikan yang dinamakan Taksonomi Bloom. Jadi soal-soal itu dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan berpikir. Nah, Taksonomi Bloom itu punya 6 tingkat kemampuan berpikir yang bisa lo liat gambarnya di bawah ini:

Soal HOTS dan Taksonomi Bloom
Soal HOTS dan Taksonomi Bloom

Tiga terbawah itu disebut LOTS, yang mana buat ngerjain soal LOTS, lo hanya diminta buat inget (remember), paham (understand) dan nerapin (apply) doang. Jadi, untuk ngerjain LOTS, simpelnya tuh lo cuman tinggal ngapal-ngapalin materi dan latihan soal doang. Dan pastinya soal LOTS ini berbeda dengan HOTS.

Terus gimana dengan HOTS dalam pelajaran Ekonomi? HOTS dimulai dari menganalisis (analysis) suatu masalah Ekonomi, mengevaluasi (evaluate) teori atau kebijakan Ekonomi, dan menciptakan (create) solusi atas permasalahan ekonomi. Pada tahapan HOTS, soal yang sering muncul itu soal yang mengharuskan kita untuk “mikir”. Jadi ga asal masukin rumus pendapatan nasional atau nempelin hukum permintaan doang. Bisa aja soalnya itu menantang lo buat bertanya-tanya, seperti:

“Bener ga sih hukum permintaan berlaku disemua kondisi?”

Nah, biar lo tahu bedanya soal LOTS dan HOTS di Ekonomi, gue akan cantumin contoh soalnya di bawah. Berikut adalah contoh soal LOTS:

Contoh Soal LOTS Ekonomi
Contoh Soal LOTS Ekonomi

Buat ngerjain soal di atas, lo cukup inget kalo konsumen itu ngapain aja. Iya, kan? Gampang beud dah. Nah, sekarang coba deh lo bandingin sama soal di bawah ini:

Contoh Soal HOTS Ekonomi
Contoh Soal HOTS Ekonomi

Hayo… gimana?

Lo ga akan bisa ngerjain soal kedua dengan cara inget doang. Lo harus inget dulu faktor-faktor yang menyebabkan kurva permintaan bergeser ke kanan, abis itu dihubungin sama kondisi up to date masyarakat di Indonesia. Baru deh lo bertanya lagi, “kira-kira apa sih yang paling berpengaruh dari pergeseran kurva permintaan restoran cepat saji di Indonesia?

Untuk soal pertama dan kedua yang udah gue cantumin di atas, gue tunggu jawaban kalian di section comment di bawah ya!

 

Soal HOTS Ekonomi di UN dan SBMPTN

Btw guys, soal UN dan SBMPTN yang berbasis HOTS itu sebetulnya sudah ada dari zaman baheula, cuman emang ga diberi label kalau soal tersebut adalah soal HOTS. Selain labeling, perbedaan soal yang sekarang dan soal HOTS pada tahun-tahun sebelumnya adalah terkait jumlahnya yang bakalan ditingkatin. Untuk UN tahun 2018, label soal HOTS hanya diberikan pada mata pelajaran matematika saja. Sedangkan untuk UN tahun 2019 ini, dikatakan bahwa soal HOTS akan dilabelkan kepada semua mata pelajaran, ga terkecuali pelajaran Ekonomi.

Nah, gue kasih contoh nih soal HOTS yang ada di tahun-tahun sebelumnya. Berikut adalah salah satu soal HOTS Ekonomi dari UN tahun 2017:

Contoh soal HOTS Ekonomi di UN
Contoh soal HOTS Ekonomi di UN

Soal di atas adalah soal UN yang tergolong HOTS. Nah, coba lo kerjain dan tulis jawabanya di section comment ya.

Kalo di SBMPTN, soal jenis HOTS itu jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlahnya di soal UN. Hal ini karena soal-soal yang diujikan menuntut peserta untuk memahami konsep lebih dalam. Makannya, soal SBMPTN itu jauh lebih susah (meskipun kalimat-kalimatnya mungkin terlihat lebih singkat). Lagi-lagi, hal ini karena SBMPTN memang dirancang agar si penjawab soal mampu untuk menganalisis konsep yang ditanyakan, mampu untuk berpikir kreatif, sekaligus juga mampu untuk menghubungkan konsep-konsep yang dipelajari ke kejadian-kejadian terkini.

Soal-soal SBMPTN juga dibuat susah supaya lebih gampang untuk menyeleksi peserta yang jumlahnya ratusan ribu yang terus meningkat setiap tahunnya. Ini juga salah satu bentuk komitmen pemerintah dan universitas dalam menjaga kualitas calon mahasiswa yang bakalan diterima oleh universitas tersebut.

Nah, berikut ini adalah contoh soal HOTS SBMPTN:

Contoh soal HOTS Ekonomi di SBMPTN
Contoh soal HOTS Ekonomi di SBMPTN

Hayo, coba lo kerjain di kolom komentar ya!

 

Tips mengerjakan soal HOTS Ekonomi

Selamat, akhirnya lo sampai ke bagian tips mengerjakan soal-soal HOTS. Kan lo sedikit-banyak udah paham lah ya tentang karakteristik soal HOTS Ekonomi dari yang tadi abis gue jelasin. Nah, sekarang gue mau bagi-bagi strategi dalam menghadapi soal-soal HOTS.

  1. STOP NGAFALIN rumus atau pengertian dari buku teks doang

Ini jadi kayak semacam common rule kalo lo mau lancar ngerjain soal-soal HOTS. Soal HOTS ga akan bisa dikerjain dengan hanya ngafalin rumus. Kalo ngerjain soal HOTS, lo akan menghadapi soal-soal yang bisa jadi konsepnya itu lintas bab. Jadi lo harus paham dan bisa menggabungkan beragam konsep. Selain itu, konsep-konsep itu pun harus lo kaitkan dengan kondisi sekarang.

Pengertian dari buku teks juga ga cukup buat jadi patokan. Jadi kalo menurut gue, lo ambil poin-poinnya aja. Perilaku lo yang menghafal rumus dan buku teks itu akan ngebuat lo jadi kaku dalam menilai soal sehingga nantinya lo akan kesusahan dalam ngerjain soal HOTS.

  1. Lo harus paham dasar teori dari setiap konsep

Nah, paham itu bukan berarti hafal sesuai teks doang ya. Gue ambil contoh inflasi deh. Kalo dah paham, lo akan bisa ngejelasin pengertian inflasi kayak gini, inflasi adalah:

  • Kenaikan harga barang secara umum, atau
  • Meningkatnya jumlah uang beredar, atau
  • Nilai uang yang menurun dalam satu periode.

Memahami dasar teorinya akan membuat lo lebih mudah dalam menganalisis soal yang akan lo kerjain nanti. Lo akan jadi lebih mudah untuk tahu soalnya ini akan menggunakan konsep yang seperti apa. Kalo ada soal tentang inflasi, kemungkinan pertanyaannya bisa banyak. Misalnya seperti pertanyaan bagaimana dampak inflasi terhadap pendapatan riil, tentang kebijakan moneter, sampai ke kebijakan fiskal dan indeks harga konsumen. Tapi meskipun banyak, pertanyaan-pertanyaan itu pada akhirnya akan balik lagi ke dasar teori dari inflasi. Gue yakin pertanyaan-pertanyaannya akan bisa lo jawab dengan lebih mudah kalo lo udah paham dasar teori dari setiap konsepnya

  1. Jangan cepat bilang, “Ini salah soal!

Kita semua paham kalo manusia bisa aja salah, termasuk yang bikin soal. Nah, siswa itu suka banget bilang kalo misalnya si soalnya itu salah kalo siswa itu nemu soal yang tergolong susah. Dan biasanya soal ini termasuk pada soal kategori HOTS.

Nah, kejadian kayak gini mending lo hindari deh. Lebih baik lo asah tuh pemahaman lo terkait dengan materi dan bab-bab yang mungkin terkait sama materi tersebut. Ingat guys, soal HOTS itu dibuat untuk ngeliat sejauh mana lo bisa mengembangkan materi pelajaran yang udah diberikan selama ini.

  1. Update pengetahuan tentang ekonomi

Soal HOTS ekonomi seringkali melibatkan kebijakan-kebijakan pemerintah, baik yang udah lewat maupun yang sedang dilakukan. Meng-update pengetahuan lo tentang ekonomi akan membuat lo jauh lebih siap dalam menghadapi soal-soal HOTS Ekonomi. Mulai sekarang, lo bisa coba baca-baca aja berbagai sejarah dan kejadian yang berhubungan dengan kebijakan ekonomi yang pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia selama ini.

 

Contoh soal HOTS Ekonomi

Nah, sekarang gue akan ngasih lagi contoh soal HOTS Ekonomi. Lo juga bisa coba praktekin tips yang udah gue bilang di atas.

Contoh Soal HOTS Ekonomi 1

Contoh Soal HOTS Ekonomi 1
Contoh Soal HOTS Ekonomi 1

Nyok, kita bahas cara ngerjainnya:

  1. Untuk ngerjain soal ini, pertama-tama lo harus paham dulu konsep keseimbangan pasar sekaligus dengan bentuk kurva permintaan dan kurva penawaran. Lo juga mesti paham cara baca sumbu vertikal dan sumbu horizontalnya.
  2. Selain itu, lo juga harus bisa untuk melakukan analisis. Kalo perubahan permintaan lebih kecil daripada perubahan penawaran, bentuk keseimbangannya gimana sih jadinya? Nah, cara gampangnya, lo harus bikin kurva kondisi keseimbangannya, baik saat di awal maupun saat terjadi perubahan permintaan dan penawaran.
  3. Kalo udah, maka lo akan nemuin kondisi keseimbangan yang baru, di mana jawabannya adalah… (lo jawab di comment section ya, hehehe)

Contoh Soal HOTS Ekonomi 2

Contoh Soal HOTS Ekonomi 2
Contoh Soal HOTS Ekonomi 2

Oke, kita bahas ya cara ngerjain soal di atas:

  1. Jangan cepat bilang,”ini salah soal!”. Soal di atas bukanlah soal yang salah, kurva permintaan memang bisa berbentuk seperti itu loh!
  2. Nah, biar lo ga bilang salah soal, tentunya lo harus paham kalo kurva permintaan yang biasa itu hanya berlaku untuk barang-barang normal. Lo pasti pernah tahu kan kalo ada barang-barang yang ketika harganya naik, maka permintaannya justru juga meningkat. Nah, untuk kasus ini lo harus update dong, kira-kira barang apa aja yang ketika harganya naik tapi permintaannya juga meningkat.
  3. Perhatiin informasi tersembunyi bahwa barang yang dimaksud adalah bardasarkan tingkat kelangkaannya.

Comment section menunggu buat diisi guys 😉

 

Bahan Latihan Soal HOTS Ekonomi

Akhirnya kita tiba di akhir artikel ini. Ini tanda bahwa sudah saatnya lo mencoba lebih banyak lagi soal-soal HOTS yang ada di zenius.net :). Mengutip kalimatnya Abraham Lincoln,

“Beri aku 6 jam untuk menebang pohon dan aku akan menghabiskan 4 jam pertama untuk menajamkan kapaknya ”.

Jangan lupa untuk asah terus kapak lo biar makin tajam dalam mengerjakan soal-soal HOTS di UN dan SBMPTN nanti.

Nah, lo bisa download soal-soal di atas dalam bentuk pdf, GRATIS kok. Kalo lo mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma soal Ekonomi aja, Zenius juga udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Udah ada soal HOTS juga di link di atas. Kalo lo mau download soalnya, lo bisa download aja soalnya di zenius.net ya.

Demikian artikel dari gue, mudah-mudahan membantu lo supaya lo makin siap menghadapi UN dan SBMPTN. Sukses, guys!

 

—————————CATATAN EDITOR—————————

Jika kamu ingin bertanya lebih lanjut ke Kak Husein seputar soal HOTS Ekonomi, silakan post pertanyaan kamu di kolom komentar, ya! Dan jangan lupa juga untuk menjawab contoh-contoh soal HOTS Ekonomi di atas di kolom komentar. Semangat!


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Daftar Membership Zenius

 

Download Zenius App di sini