Kata siapa maen game itu gak ada manfaatnya?

Kata siapa maen game itu gak ada manfaatnya?

Video game itu bagus buat lo

Loh, kenapa gitu? Bukannya main video game itu cuma buang-buang waktu ya? Bukannya main video game itu ganggu kita belajar? Bukannya video game itu bikin kita bego ya?

Gue mau bilang di tulisan ini, kalo semua itu salah. Video game itu buruk kalau lo mainnya kebanyakan. Nah, kata kuncinya adalah “kebanyakan”. Kalo kita lihat definisinya, kebanyakan artinya lebih dari yang dibutuhkan. Ya semua hal kalo kebanyakan, gak baik, lah. Contoh, deh. Lo pasti setuju kalo makan atau tidur itu hal yang baik. Iya, lah. tapi, kalo makan atau tidur kebanyakan, gimana? Gak baik. Bukan berarti artinya lo jadinya gak makan atau tidur, kan? Tapi ya akhirnya lo batasin makan atau tidur lo supaya gak kebanyakan.

Nah, trus, bagusnya video game buat kita, apaan sih ?? Oke gua coba jelasin ke lo yah..

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM-SOLVING DAN KREATIVITAS

Video game dapat meningkatkan kecepatan otak memproses informasi, meningkatkan kemampuan reasoning, dan problem-solving. Orang yang maen video game kemampuan kognitifnya 20% lebih tinggi  dibandingkan yang gak maen video game

Kenapa bisa gitu? Sebenernya video game itu isinya serangkaian problem yang harus lo selesein, kan? Untuk namatin sebuah game, lo harus nyelesein masalah-masalah yang ada di situ dulu.

36h95yLo harus nyari informasi, analisis, coba-coba berbagai macam cara, rencanain strategi untuk lewatin sebuah level atau stage. Ditambah, lo harus ngerti peraturan-peraturannya, struktur, gimana hal-hal dalam game itu berinteraksi satu sama lain. Setelah lo ngerti itu semua, lo punya kendali akan hal yang ada di situ. Ini yang sebenernya meningkatkan kreativitas. Gimana cara lo menyelesaikan masalah di dalam game, itu terserah lo, yang penting masalah terselesaikan. Tergantung lo sukanya kayak gimana. Pada akhirnya, lo mengekspresikan hasil pemikiran lo.

Trus, gunanya ini semua buat lo, apa? Jelas.. soal-soal itu kan sebenernya adalah sebuah problem yang harus lo selesein. Intinya, proses berpikir yang lo lakuin ketika ngerjain soal dan nyelesein level atau stage di game itu sama persis. Dengan maen game, proses berpikir itu terlatih sambil lo ngisi waktu luang lo buat have fun !

Buat sarana belajar Bahasa Inggris

Lo bisa belajar bahasa inggris dari video game, men. “Kalo belajar Bahasa Inggris, kan gak harus main video game, bisa yang lain”. Memang belajar bahasa inggris gak cuma bisa dari game, tapi video game punya hal penting yang media lain gak punya, yaitu keterlibatan diri lo. Misal, lo nonton film, walaupun lo gak sepenuhnya ngerti apa yang terjadi, ya ceritanya tetep berjalan. Buku juga kaya gitu. Lo ga sepenuhnya ngerti halaman sebelumnya, tapi ya bisa aja lo lanjut ke halaman selanjutnya. Nah, dalam video game, kalo lo gak ngerti apa yang terjadi, lo harus ngapain dan harus ke mana, ya lo stuck. Gak bisa ngelanjutin ceritanya.

Video game menuntut lo untuk ngerti semua yang terjadi. Lo harus ngerti semua vocab dan grammar yang ada. Salah ngerti, ya gak bisa ngapa-ngapain karena salah informasi dan akhirnya lo salah tujuan. Jadi, dengan maen video game, kalo ada yang lo gak ngerti, lo ada keharusan untuk nyari tau. Dengan gitu, ya lama-lama bahasa inggris lo meningkat, dong.

Note: Hal ini berlaku untuk game yang memiliki cerita, bukan game macam candy crush atau angry birds.

Lo bakal lebih cepet ngambil keputusan

Orang yang maen game memiliki kemampuan mengambil keputusan 25% lebih cepat dari yang tidak maen gameKenapa bisa gitu? Dalam video game sering banget butuh kecepatan lo ngambil keputusan. Lo dikasih suatu masalah, dan harus secepat mungkin nyelesein itu. Kalo enggak, ya kalah. Sebenernya, ini gak jauh-jauh dari nomor 1 di atas. Kemampuan problem-solving dilatih terus-menerus, ya lama-lama ngambil keputusan untuk nyelesein masalah itu akan jadi lebih cepet.

Trus, pentingnya ini buat lo, apa? gini. Kalo lo ngerjain soal, gak ada batas waktunya, ya ini gak ada gunanya. Lo ngambil keputusan cepet -> ngerjain soal lebih cepet.

Lo bakal lebih gampang inget dan fokus

Maen video game dapat meningkatkan short-term dan long-term memory, serta fokus.  Gila. Main video game bisa bikin ingatan lo lebih baik, trus bikin lo lebih gampang fokus. Kenapa bisa gitu? banyak hal yang harus lo perhatiin pas main game. Misal darah lo, darah musuh lo, arah tembakan lo, arah gerakan lo, musuh lo ada di mana, skor lo, peluru lo, dll. Lo harus perhatiin semuanya, tapi harus juga tetep fokus ke satu hal, yaitu masalah yang harus lo selesein. Bengong dikit, kalah. Jadi, lo dilatih untuk multitasking, tapi tetep fokus. Lo dituntut untuk inget semua informasi itu, sembari ngejalanin karakter lo.

Trus, pentingnya ini buat lo, apa? jelas banget lah ya buat yang ini. Memory lo jadi lebih bagus, jadi pas ngerjain soal gak bengong-bengong lupa. Fokus? Ya lo ngerjain soal jadi gak gampang terganggu. Bisa lebih cepet, gak dikejar-kejar waktu, deh.

Ningkatin kemampuan membaca

Maen video game selama dua belas jam lebih meningkatkan kemampuan membaca daripada baca buku selama dua belas jam, karena peningkatan attention span.  Nah, sebenernya ini masih ada hubungannya sama nomor 4. Karena bisa lebih fokus, kemampuan membaca lo meningkat. Bahkan lebih meningkat lo main game dibanding lo baca buku, gila gak?

Maksudnya kemampuan membaca meningkat, tuh apa sih? Lo bisa ngerti isi dari suatu bacaan lebih cepet. Trus, gunanya buat apa? waktu lo baca teks-teks panjang jadi gak kebuang. Penting, kan?

Nah satu lagi yang paling penting dan sayang banget kelewat, dengan segudang manfaat yang bisa lo dapet itu, ujung-ujungnya semua itu bisa lo dapet dengan cara fun! Oh ya, satu lagi nih bocoran dari gua, bisa gua bilang semua tutor-tutor zenius yang lo dengerin videonya tuh gamer semua ! Kalo gak percaya coba aja tuh lo tanyain mereka di twitter. Siapa tau ada yang tertarik ngajak ngadu maen game, hahaha..

Gimana? Masih nganggep main game itu buang-buang waktu ? Nah sekarang udah pada beres UTS dan mau liburan kan? Have fun gaming !

[Catatan Editor : Nah biar seru, coba deh lo comment dnk di bawah artikel ini tentang game yang menurut lo keren, ceritain juga kenapa menurut lo game itu keren. Nanti kita bahas, Okei ?? ]

========================================================================

Sumber jurnal ilmiah:
[1] http://www.defense.gov/news/newsarticle.aspx?id=57695
[2] http://dmlcentral.net/sites/dmlcentral/files/resource_files/Olson_Motivations_for_Play_final.pdf
[3] http://rochester.edu/news/show.php?id=3679
[4] http://www.nature.com/nature/journal/v501/n7465/full/nature12486.html
[5] http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0960982213000791
 
 

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Pio adalah Senior Tutor Sosiologi yang juga berkontribusi sebagai pengisi konten Sosiologi, Ekonomi, Bahasa Inggris, Matematika, dan Geografi di zenius.net . Pio mengambil S1 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

 
Follow Twitter Pio at @padrepijo

  • Hendra Bani

    whahahha yang nulis juga maniak game nih wkwkwkk

    • Hendra Bani

      oh yah btw gw mau beri pendapat sedikit berhubung gw seorang gamer nih men..
      1. main game tuh oke banget.. apalagi main bareng sama gebetan.. eitss tapi ingat jangan main "game online" cui.. yang offline aja.. kenapa?
      -1 game online ngebuat lo miskin
      -2 game online ngebuat lo jadi kagak baik dalam interaksi sama orang secara langsung..
      -3 pikirran loe tiap hari game aja tentang char lo itu.. dan malah kepikirrannya yah game online aja..
      -4 game online ngebuat lo gak fokus sama yang lain.. dari belajar, bergaul, bahkan sama keluarga lo bahkan tuhan lo sendiri! yang lo peduliin game doang men tentang karakter yang lo bikin maupun dunianya..

      yah itu aja sih.. mending main game yang offline aja, semua manfaatnya ada di atas (kayak gw aja yang nulis wkwk )apalagi nanti mau muncul ps4 tuh bulan november.. wadoh jangan sampai kelewat!

      • Pio

        main game online gpp, men. yg penting gak berlebihan. empat alasan diatas yang lo tulis kan jelas tuh berlebihan.
        tapi, ya itu sih. ngebatesin main game online emang jauh lebih susah. gue dulu main nexia sama ragnarok juga sampe kelebihan hahahaha akhirnya gak main game online lagi deh.

        yoi PS4. wajib punya!

        • Hafizul Akbar

          iye game online jarang2 aja , ane lebih suka offline

  • Ze Zee

    wah, terimakasih banyak nih mas 🙂 bermanfaat sekali

    • Pio

      thanks juga udah baca =D

  • Muhammad Salman

    Weh aseli loh bos kerasa sama gue , kata temen baca gue itu super cepet dan bisa nyelesain masalah dengan cepet juga , kalo gue gamenya LS sama PB. dan satu yang mau gue tanyain emang gapapa kalo 20 menit sehari maen game bos ???

    • Glenn Ardi

      20 menit sehari? kurang lama ! hahaha...

      • Angelo Albini

        wkwkw

        • Pio

          20 menit sehari sih geli-geli

  • Hilmy Adam Jieta Pradana

    gue senengnya cuma game yg berbau bau bola. haha 🙂

    • Pio

      ya gpp, men! itu semua manfaatnya ada, kecuali yg bahasa inggris haha

  • Angelo Albini

    Okee" siip lah.

  • Rizky Wahyu Ramadhan

    ngasih saran game nih

    persona 4 (ps2 / PSvita)

    disitu kalian bisa ngerasain kehidupan pelajar sma di jepeng
    belajar, kerja part-time, ekskul dll

    nah uniknya disini ada social link, intinya kalau hubungan kamu makin deket sama temen, jiwa kamu semakin kuat, dan persona mu akan menjadi lebih kuat di battle.
    character developmentnya superb, characternya sangat memorable.

    dan menurut gue, battle game ini lumayan susah, butuh strategi yg tepat.

    dan keputusan yg diambil akan berpengaruh di outcomenya nanti 😀

    review gamespot dapet 9/10
    user score 9.5/10
    http://www.gamespot.com/persona-4-golden/

    • Pio

      gila, gue main nih. keren abis emang ceritanya. trus, time management harus kenceng. soalnya diwaktuin gitu tiap hari perjamnya. edan.

    • Rai

      game ps ini? jadi penasaran ingin main.
      Seringnya main the sims doang sih -,-

    • elfandy

      game favorit ane nih sama suikoden series jg hrs cobain nih.

  • Liiza Diani Manzil K

    Silent Hill tu game gila keren + serem abis. Mana di gamenya nggak ada instruksinya sama sekali cuma cerita singkat sama dialog-dialog doang. Tapi seru + excited banget kalau udah bisa namatin gamenya yg penuh teka-teki hehe ^^

    • Pio

      hahahahahah silent hill berapa yg lo mainin? gue main cuma yg pertama. yoi, gak ada petunjuk. disuruh nyari jalan sendiri. trus, teka-tekinya gila. belom lagi olahraga jantung hahaha game keren lah ini.

      • Liiza Diani Manzil K

        Cuma main yg versi mobile sih soalnya layarnya kecil hehe, ogah deh main yg di PC atau PS. Iya gue nyari walkthroughnya aja masih suka bingung gue haha. Silent Hill baru 1, 2 sama 3 doang

    • BanaNamaApa

      ajib kalo silent hill mah ^_^

      • Liiza Diani Manzil K

        haha bener2 main Silent Hill yg ke berapa?

        • BanaNamaApa

          silent hill 3 ma 4, mo maenin versi yg terbaru tp laptop ga kuat, mo beli yg laptop terbaru dulu deh, hehe.

    • Yoris Garfield

      uda nyoba silent hill origins belom??? sumpah, itu game keren abis,, the best RPG lah 😀 ga kalah ama fatal frame 😀

  • Rasyiqah Fitriyah

    setuju... gue main game sejak kecil, ngerasa banget manfaatnya. yg penting ga berlebihan

    • Pio

      yoiii.. btw, share manfaat yg lo rasain apa aja doong

  • Egy Adhitama

    game yang menurut gue bagus ya catur.

    itu yang online di chess.com.

    Main catur dibatesin waktu 1 menit bener bener nambah kecepatan berpikir.

    boleh nih lawan gue ya. ID Egy_Adhitama. haha <-- cupu asli

    • Glenn Ardi

      @wisnuops ada lawan tanding tuh !

      • William Prasetyo

        yoi caturr ,melatih kemampuan otak untuk berpikir 3-bbrp langkah ke depan melalui imajinasi 🙂 .

        Aku mo lawan tutor2 disini dong ! hahaha

    • Hafizul Akbar

      keren ni

  • barby

    main game itu emang asik, dan benar juga kayak yang disebut di atas.. gua suka banget main game GTA dan sejenisnya yang punya jalan cerita! karna seru aja menurut gua, bisa mengekspresikan diri juga ketika sedang mainin tu game hehehe dan sekarang GTA V uy 😀

    • Pio

      gue main GTA gak pernah tamat, kebanyakan isengnya haahahha lo pernah ada yg sampe tamat?

      • barby

        ada, gta san andreas tamaat 😀

      • Esha Fajar K

        gue biasanya sampe tamat bro hehe
        asik ceritanya aksennya juga kental banget bro.. jadi mengerti aksen2 orang2 luar sana hehe

  • aljabar

    salah satu game yang bikin cepet ngambil keputusan ialah DOTA..telat dikit lo bakal tewas seketika

    • Pio

      yoi, dota. ini game kompleks mikirnya. lo harus analisis temen-temen lo, musuh-musuh lo, item apa aja yg mereka pake, prediksi mereka mau ngapain, dll. trus harus cepet. gokil.

  • Kian Raynaldi

    CSO gan :v
    last soldier (lo prajurit terakhir di team lo) :v Alias lo lawan sisa musuh lo yang pastinya ga cuma 1, bisa 1 vs 7 :v
    apalagi kalo ada yang cheater :v lo bener bener harus punya pengalaman ngelawan cheater supaya bisa tau gerak geriknya :p (gw sok pro banget nih xD)
    dan satu lagi...tembakan lo dilarang meleset :v (kalo mleset berarti kurang pengalaman/ada unsur ga hoki kyk lo ngelag,ato musuhnya yang ngelag)
    jadi misalnya lo jadi last soldier tembakan kaga boleh miss :v..kalo miss ya nambah beban buat diri sendiri -_- kyk ketauan posisi lo dimana :v

    jadi anggepannya lo ngerjain sesuatu harus serba clear dan kaga boleh ada masalah lagi yang ketinggalan.

  • Rocky

    game moba bro.kek DOTA.HON ....itu dibutuhkan pengambilan keputusan yang cepat.... dan kombinasi skill dan strategy utk membnuh lawan lu dengan cepat.

  • Jihan Dawami

    Wah jadi keinget beberapa tahun lalu ni bang waktu ane masih gamer maniak XD
    paling ngena pusing beratnya tu waktu lagi maenin pokemon sekeluarga dari mulai jaman gba ampe nds, sumpah muter otak n terpaksa jadi ngintip2 kamus 😀 tapi gara-gara tu, vocab ane jadi nambah banyak bang, haha. Tips biar lebih ngena problem solvingnya, klo lagi maen game (gak cuma pokemon doang lo) usahain jngan ampe ngintip guide2 game tsb, jadi biar kita sndiri yang berusaha mecahin tu masalah n sekaligus ngubek2 kamus 😀 oke oke! happy gaming

    *sambil download pokemon x and y XD

  • Nurul Tanjung

    gak ngerti game

  • JessenReinhart

    maen Metal Gear Solid bro, itu storylinenya mantep bener (agak convoluted sih apalagi pas MGS2, tp itu game masterpiece buat ane)

    • Prasdianto

      Di MGS2 bagian akhir ada dialog antara Solid Snake dan Boss terakhir. Yg menarik adalah bahasannya ngambil konsep Meme, Gen, Intron, exon dan genetika molekular yg diambil dari buku Selfish Gene. Kojima, pencipta MGS emang fans berat Richard Dawkins, pengarang buku Selfish Gene.

  • Esha Fajar K

    Dota bro, selain kecepatan gerak secara fisik dan otak pun harus cepat dalam melakukan tindakan, dan tindakan dalam game ini fleksibel tidak hanyaseperti itu melulu.... dibutuhkan kreatifitas pula, dan juga jika anda bermain DotA2 dimana playernya adalah (kebanyakan luar) sehingga menggunakan b.inggris yang secara tidak sengaja membuat kita harus mengerti apa yang dia katakan sehingga membuat kita bisa berkoordinir jalannya strategi yang akan kita jalankan hehe

  • RAyumi

    dari SD udah main The Sims.. beberapa tahun yang lalu The Sims3 dan kerasa banyak ngebantu dalam b.inggris, soalnya banyak instruksi mau ngapain, lanjut kemana, sims lagi ngobrol apa & maunya apa. jadi kalo ada yang ga ngerti langsung liat kamus hehe. nambah ilmu buat vocab, slang words & idioms. bisa jadi arsitek & desainer dadakan haha kreatifitas kepancing buat ngedesain rumah / desain interiornya. bukan termasuk game yang butuh kecepatan sih dan gak ada tamatnya juga.. tapi yang bikin seru itu nge-desain dan bikin jalan cerita buat sims sendiri 😀

    • Liiza Diani Manzil K

      Setuju hehe. Jalan cerita, desain interior dll kita sendiri yg nentuin. Gamenya personal banget hihi

  • Kevin Bonardo

    Kalo ada yang doyan make iphone/ipad, gua saranin download game yang namanya Clash of Clans deh. Intinya itu ngebangun markas dan nyerangin markas orang lain. Banyak banget strateginya, dari komposisi & jenis pasukan buat nyerang, planning buat bentuk serangannya, bikin design markas yang efektif supaya susah dijebol, nentuin prioritas upgrade, dan masih banyak lagi. Kerasa kok efeknya. Dari lebih gampang ngatur waktu sampe lebih lancar ngacak2 soal yang ribet.

  • BanaNamaApa

    setuju bro, game itu boleh boleh saja, ane dari dulu maen game terutama yg offline dan mengambil keseruan dari jalan cerita, teknik permainan, dan seninya, lebih seru daripada nonton film, kalo nonton film lebih statis tuk mengetahaui jalan cerita dan seninya, kalo maen game lebih dinamis tuk lebih mengetahui jalan cerita dan menikmati seninya karena kita musti memainkan karakternya.

    • Fakhrul Shidqi

      Harvest moon y btn, wlaupun jadul punya brang tapi enak dimaininnya 😀

    • Eka Muliawan

      Permisi kk, intermezo dikit boleh yah. 🙂

      Ingin memperkenalkan game yang mirip banget dengan harvest moon, dan sekarang sudah ada di versi handphone Android dan Ios.

      Game ini merupakan game terbaik saat ini yang menggunakan sistem role playing seperti harvest moon, jadi cara bermainnya gak akan seperti farmville yang ada di FB.

      Game nya jg gak ribet maininya kk, gak perlu install yg lain lain, cukup install game nya udah bisa main deh, di hp Ios dan Android.

      Dengan tampilan yg menarik seperti harvest moon, dijamin deh bakal betah main game yg satu ini.

      Bagi yang penasaran dan ingin mencoba game ini, silahkan search aja

      "Country Life : Harvest Day" buatan ProGaming.

      sudah tersedia di app store(Ios) dan play store(Android).

  • Ery Bureni

    Breath of fire iv (ps1) bro, emang sih.... gamenya udah agak jadul, tapi visual n plot cerita bisa di bilang jauh di atas rata2, pokoknya lebih keren deh dari 4 seri game laennya.... layak di coba deh... bro...

  • ky

    Gan, ijin share ya..

  • Sabda PS

    Seharusnya informasi ini dishare juga nih, Pio btw adalah anggota timnas Indonesia untuk World Championship Counter-strike di Swiss 🙂 So he knows a thing or two about gaming world lah. Btw lagi, di zenius itu gue suka nge-train orang2 lewat game, karena banyak banget yang bisa didapet dari game... my favorite games including (but not limited to) Capitalism II, Civilisations, FM, USM 2, Football director, Will's world (Chips challenge), Economic World, etc

    • Hinsa Simatupang

      Rata-rata game real time strategy semua 😀

    • Yoris Garfield

      suka game RPG nggak???

    • Aziz

      wow gokil jago cs eheeheh hobi gw jg niih!

    • anjir civilisation udah sering muntah gw mainin gituan XD

  • Sitoresmi Elyas

    Kalo gw mainnya:

    1. Medal of Honor. seru banget parah! mainin satu tokoh gitu jadi ini bukan game perang yang bikin peradaban. gw kayak ada di medan perangnya gitu. tapi gw baru main yang pasific assault yang lawannya Jepang, tepatnya ya Perang Pasifik. Paling seru tuh bagian pas masuk hutan nyerbu barrack jepang. terakhirnya itu susahnya ngendaliin pesawatnya. gila ini gw main sambil jejeritan lebay hahaha

    2. Rise of Nations. gw main lagi nih, seru, conquer the world campaign, berusaha nguasain wilayah orang, gw biasanya pake tentara Romans dan sekarang karena ngulang lagi gw baru nguasain benua Afrika. Ada 18 bangsa besar yang perang disini. Ada sistem merchantilisme, cari jajahan baru, dapetin gold&glory deh soalnya ini kayaknya jaman renaisance, memperluas wilayah, dapetin sumber daya sebanyak2nya, terus kalo kita nguasain suatu wilayah bisa dapetin Wonders (bangunan keajaiban dunia) sebagai penentu kekuasaan, upgrade peradabannya, ada diplomasi. utamanya sih menjaga kestabilan ekonomi dan militer yang kuat harus pinter ngatur formasi tentara, yang lambat biasanya gw taro di depan, pemanah di depan dan belakang. bisa battle juga sih kalo cuma pengen main iseng.

    3. MechCommander. Ini Robot Robotan gitu, kita milih pilot yang kita pake di robot, terus bisa milih pake senjata apa aja. selain strategi di medannya pas tempur, kita juga ngatur segala spesifikasi robotnya mulai dari bobot robotnya lebih cocok di medan perang yang mana, yang bisa terbangkah, yang ringankah, atau robot yg berat kayak Atlas, lihat spesifikasi senjatanya apa. jadi harus mengerti banget taktiknya. Terus rumah2nya kecil kecil gitu keliatannya, kayak film Passific Rim keren deh. Dan tentu aja pilot nya bisa mati, nyesek banget kalo yang udah elite terus mati T_T. Game RTT (real time tactics) ya sebutannya? Biasanya taktik gw pake pilot2 yang masih "Green" dulu sampe semuanya jadi "Elite" biar pas levelnya makin tinggi udah jago semua.

    4. The Sims 1-3. nah kalo ini pasti udah pada tau kan, terutama cewek. gw suka karena bisa ngendaliin "hidup". bisa liat perspektif orang orang dengan watak beda2, bisa juga liat2 pekerjaan seseorang, kehidupan sosialnya, dsbnya. ya gimana keseharian orang lah. ini game yang bikin gw kecanduan game lainnya, gw main thesims 1 dari kelas 4SD. gw beli semua expansion packnya dan bangga aja gitu mamerin koleksi game gw ini hehehe, cuma sekarang udah ga beli beli lagi berhubung laptopnya ga kuat :'( (curhat). luas banget ini game dan gak pernah tamat. Bisa nambah vocab, slang, idioms, dll. gw pribadi sih lebih suka thesims 2 daripada thesims 3 terutama yang apartment life.

    5. Praetorians. jadi tentaranya Roman atau Egyptian. kalo ini lebih dominan pinter pinter atur formasi tentaranya. keren gitu ngeliat Gladiator, sekarang susah dicari sih game nya.

    6. Stronghold. jenis game RTS kalo ini serunya karena detail dari gimana kita ngatur pemukimannya, sampe ke strategi perangnya keliatan nyata hehe. biasanya taktik gw bikin tembok besar berliku yang gak pake gerbang tapi diatas temboknya tuh banyak pemanah pake api kadang gw kasih ranjau atau digali jadi sekelilingnya air ga bisa masuk atau lepasin serigala. jadi tentara musuh pada mati sebelum berhasil masuk ke castle lord nya. oya ada juga yang seri crusader, perang salib gitu. paling inget gw sama musuh "Pig" hahaha. pokoknya kita harus bisa menstabilkan ekonomi, menjaga "lord"nya tetep aman, dan menguatkan militernya. terus nyerang musuh (yaiyalah). Kalo yang suka game perang ini gw rekomendasiin banget.

    7. Command and Conquer Generals.

    8. Harvest Moon. udah pada tau juga kan? main jadi petani. gw biasanya nikah sama Karen, tapi agak ngebosenin dikiiiiit, sedikit doang kok hehe karena damai damai aja gamenya.. kalo main ini buat ningkatin bahasa inggris. game game RPG yang ada jalan ceritanya gitu yang otomatis kita harus baca dan mengerti.

    9. Sleepingdog jadi setan jalanan hahaha

    10. Inotia. tapi gak nyelesain karena mainnya di hp android suka lemot.

    11. Neighboor From Hell. ngerjain tetangga yang galak abis, kita masang jebakan jebakan yang bikin tetangga itu kesel. tapi ga boleh ketauan karena kalo ketauan abis deh kita hahaha. Gw lebih suka yang pertama sih gatau kenapa.

    Gw suka game perang sih menarik aja gitu soalnya pake strategi jadi mikir, padahal gw cewek ya dan ga tomboy ._.
    Pengen banget nyobain Civilisations tapi banyak faktor yang bikin gw belum sempet belinya #gamergagal.

    Titip dari Elvin, dia main game tuh FM, Skyrim, Sleeping Dog.

    Kalo dari bokap gw main Call of Duty, Blade and Swords. terus apa ya ntar gw tambahin deh ._.

    • Glenn Ardi

      Buset sekeluarga demen maen game toh, mantab !

      • Sitoresmi Elyas

        eh maap ya gak nyadar ini nulisnya kepanjangan._. btw elvin itu temennya kak Glenn kok

    • Gilang Ardya

      Harvest Moon BTN yang paling sering ane mainin. wakwkak
      nostalgia banget masa-masa sd smp xD

      Stronghold juga, main sampai kena marah, hihi, tapi udah nggak main ini lagi seiring berkembangnya dunia per-gamean.

    • Wine Ginia

      gamenya dapet dari mana tuh? kalo downloaddi web mana ya? makasiih

  • Hari Suprihatin

    Call of Duty, nambah ketelitian apalagi klo lagi misi silent kill, the sims dan simscity ngasah kreativitas 😀

  • Alvin Aylwin Dyatman

    game online basis MMORPG, trus play as a support player yg harus merhatiin kondisi sluruh anggota tim, pergerakan momon, kondisi momon itu sendiri (kadang2 kalo darah si momon udah sampe titik tertentu sering ada gerakan kejutan),,,
    banyak deh, ada plajaran organisasinya juga lagi 😀

  • Faizal

    HITMAN !!! itu game bikin gua mikir keras, gimana caranya ngebunuh target secara diam diam dan ga terdeteksi... baru bisa nembus jadi shadow -_-

  • Pingback: Manfaat Bermain Game | d'nandariesstory()

  • faisal sr

    FARCRY 3. Itu adalah game yg bergenre adventure,open world,serta mengajak lo bagaimana survive di tempat yg jauh dari kehidupan lo,ya klo bisa dibilang sih kyk "Ethnic Runaway", disana lo bermain sebagai mahasiswa yg baru lulus dari akademi militer dan lo melepaskan euphoria lo dengan berlibur ke pulau yg indah bersama kakaklo,serta teman2-lo. Pada suatu ketika lo sedang berparasailing dengan teman2 lo, dan pada saat itu pula ada bandits yg menyergap lo dan menguasai isi pulau tsb. Nah,di sanalah yg paling excited bgt, lo ditawan oleh bandit dan lo dan kakaklo mencoba untuk kabur tetapi tidak sempat untuk menyelamatkan yg lainnya,akhirnya lo kabur dari markas bandits tsb dengan kakak lo, tetapi di checkpoint kakaklo tertembak oleh chief bandit, dan lo dibiarkan pergi dan lari dikejar para bandits(menegangkan),dan akhirnya lo jatuh ke sungai tidak sadarkan diri,dan diberi pertolongan oleh penduduk setempat namaya "The Rakyat". Dari sanalah lo dicoba untuk meningkatkan skill lo sementara teman2 lo masih ditawan oleh para bandit. Nah guys, dalam keadaan seperti itu, lo harus mencari tau bagaimana caranya untuk menyelamatkan teman2 lo. OK that's all. Mungkin alangkah lebih enaknya klo lo lanjutin story-nya.Good Luck.Selamat mencoba

  • Adilah Nidaulyumna

    iya bener banget!!
    aku sih main DDtank,
    - sebelum nembak harus nentuin angle & forcenya, waktunya terbatas
    - main strategi nih, level lebih tinggi/senjatanya lebih bagus belom tentu menang
    - latih bahasa inggris juga, soalnya main sama orang luar

  • Try Mefirwan Rachman

    PES bro, kalau kalah kita pasti nyari strategi atau gimana cara main yang bagus supaya menang :D, dan kalo dah masa bursa transfer, kita harus nyari pemain yang hebat dan sesuai dengan karakter main kita di PES...

  • Rabun

    DoTA

  • KcLKcL

    Dari kecil gue emang main game sih, main nintendo warisan nyokap, lalu beberapa tahun setelah PS1 keluar, gw main PS1.
    Dari dulu gue lebih suka game yang fun, lebih ke arah "arcade". Mungkin bisa dibilang gue adalah gamer yang agak casual. Dan, satu lagi genre yang dulu gue suka banget itu ya Racing. Gran Turismo was awesome back then.

    Lalu gue nemu game Dance Dance Revolution, Guitar Hero, O2Jam, dsb. Gue mulai doyan main game musik dari situ. Gue sekarang cuma main game musik macam DDR / Pump It Up, IIDX, maimai, dan yah kadang kadang O2Jam meskipun gamenya udah mati. (Game yg gw sebutin beberapa mungkin cukup asing, silahkan cari di YouTube deh haha)

    Gue sebebernya main game apa aja sih, tapi kalo game selain game musik, gw lebih banyak main buat fun doang, ada sih beberapa kadang gue seriusin, tapi gak pernah lebih niat dari main game musik.

    Gue sendiri gak tau sih game musik berdampak apa sama diri gue sendiri selain dapet fun-nya. Tapi mungkin game musik bisa bikin koordinasi tubuh sama otak gw cukup sinkron. Main game musik juga butuh konsentrasi yang tinggi banget, karena telat mencet / kecepetan mencet skornya beda (gue agak susah konsentrasi jujurnya, makanya skillnya stuck sama yg lebih jago).

    Sebenernya agak tertarik sih sama AOE dan Dota 2, kayanya bisa menambah kemampuan analisa dan berpikir gw kalo main game begituan. But no matter how much I play them, I keep losing. And I didn't even had any fun. Besides, what's the point of playing games if we don't enjoy it?

    (Maaf komen gue panjang banget ya, kayak curhat :v)

  • Wanda Alifia

    1. FINAL FANTASY all series (sekarang udah sampai ke seri 15) gamenya tentang kerajaan, kita bakal menjadi suatu karakter yang berperan sebagai putri, penghianat raja, anggota militer, dll. Game ini LEGENDARIS patut di coba. :3
    2. MEDAL OF HONOR perang, entah perang yang terjadi di EROPA dan lain-lain ~
    3. ALL GAME OF SQUARE ENIX gamenya keren-keren kita memerankan tokoh tertentu, petualangan (RPG), buatan Jepang :3

    • Yoris Garfield

      gue suka banget tuh ama game dari Square Enix,,, hehe,, uda pernah maenin Front Mission belom??? yg robot-robot itu??? 🙂

      • Lizard Hk

        hha blom XD

  • Bentito Zulyan Pamungkas

    Kalo gem macem 7 sins ada manfaatnya jugam gak, ya???

  • Bartolomeus Delphito

    Bro, ane minta pendapat..

    Kan banyak nih yang kontra dengan game, karena efek adiktif game. Emang bener sih game kebanyakan itu ga baik, tapi karena efek adiktif tersebut bisa membuat game menjadi buruk karena memaksa pemain untuk bermain kebanyakan. Jadi, apa pendapatnya tentang masalah ini dan solusinya?

  • Muhammad Najieb Haitami

    Kalo game PES gimana? Di HP lagi ._.

  • Robert Tamajaya

    Brigadine bro... Ini game make 100% otak buat maen ini.. kalo gak.. pasti lu kalah strategi sama musuh lu.. walaupun lu milih easy kalo strategy lu kacau.. pasti kalah... ini game yg bikin pecah pala! hahahah di cobaiin deh gan.. game ini itu si game ps1

  • Suwung -_-

    Global Operation keren min! hampir sama kyk CS cmn ini lo bs milih mau jadi posisi apaan (bomber,heavy gunner,captain,recon,sniper,medic). serunya lagi, lo baru bisa berhenti main nih game kalo misi di tempat itu udah selesai. trus klo mnurutku Global Operation ini gk bikin pusing, alias lbh simple

  • setuju! xD

  • ferdiansyah

    kalo ditanya game yg seru banyak,
    tp yg sekarang sering dimainin ini:

    dota, rise of nation, age of empire > ngatur strategi/siasat/rencana lebih matang
    cs, world of tanks > akurasi/ketepatan mengatasi masalah
    seal online, devil may cry > logika/problem solving
    resident evil > adrenalin/nguji keberanian ngadepin masalah

  • Gio

    minta sarannya dong game2 yang membantu meningkatkan kecerdasan. soalnya gua mainnya pb doang sih. 🙂

  • Salma Sadiah

    oh gitu ya ka? tapi aku ga suka game 🙁
    suka game aja paling cuman masak masakan itupun jarang :v hehe
    itu gimana tuh? haha 😀

  • Herman John Z

    sekarang lagi rame nya game coc gan,gmna menurut agan? bagus ga tuh menurut agan gamenya untuk pembelajaran kita?

  • ikbal

    wow To English Verry GOOD

  • ikbal

    wakwaw bapak mana bapak??

  • Indra D. Herdiana

    Setuju. (y)

    Waktu SMP, saya gamers abis, tapi orang tua saya gak ngelarang saya main game / apatis karena prestasi saya di sekolah oke. #BukanSombongYa 🙂

    Intinya manajemen waktu. Harus bisa mengatur antara waktu belajar, bermain, tidur, dll.

  • GTA Extreme Indonesia, Editan sendiri
    Download : http://www.gtaind.com/p/gta-extreme-indonesia.html

  • Галанг Иман Вишаксан

    game dari smp - kuliah . cuman Dota yang paling addicted haha . ini game ngelatih bener otak kita dalam hal strategi kelompok dan decision making . apalagi pake hero "invoker" udah itu mah . skg dota 2 udh ada , jd mkn addicted . wkwkw

  • Aldi Stars Screamz

    bener Banget . aku sih lebih Suka Game Yang Barbau action , Apa Lagi Saat Maen Residen Evil , Seru Abis Deh !!!

  • Aldi Stars Screamz

    Bener Banget , Aku Lebih suka Game Action. Apa lagi saat maen Residen Evil, Seru abis tambah Menegangkan . 😀

  • CC Zamzam

    Kalo yang sarana bhs inggris itu gw football manager gan, kita jadi manager sdangkan interaksinya pake bhs inggris semua..kalo pengalaman gw, main fm lebih ampuh dari pada kursus bahasa inggris :v

  • Arekcsueng Hutahaean

    Bagi rekomendasi video gamenya dong, bang?

  • theo

    Itu bener man , w juga selalu diblngin maen game kga bagik n dll tp apa buktinya tpp aja w rank 1 di kelas padahal baca buku cuma buka buka kya ornh bego aja gtu kga terlalu merhatiin , paling gambil garis besarnya aja , jd maen game kga jd masalah asal faham dan tau posisi n waktunya ..

  • Shine Crossifixio Sianturi

    pertanyaan dari saya : angry birds tidak bisa buat sarana pembelajaran bahasa inggris karena tidak ada kata-katanya. kalau candy crush, kenapa candy crush itu tidak bisa buat sarana pembelajaran bahasa inggris?
    silahkan dijawab