Anak Zenius Club Udah 15 kali Try Out SBMPTN, Kamu Gimana?

Artikel ini berisi hasil Try Out pengguna Zenius Club yang rutin diadakan minimal 2x dalam sebulan sepanjang tahun ajaran. Bagi kamu yang tertarik ikut try out online SBMPTN, yuk gabung ke Zenius Club!

Hai semuanya… Mumpung masih suasana tahun baru, gue pengen memberikan suntikan semangat nih kepada para siswa kelas 12 & Alumni SMA/MA/SMK yang akan menghadapi proses seleksi masuk universitas beberapa bulan lagi. Hayooudah sampai mana persiapan lo buat menghadapi SBMPTN nanti? Atau jangan-jangan lo baru melek sama istilah SBMPTN? 😛

Nah, bagi lo para pengguna zenius.net atau yang belum gabung dengan Zenius sama sekali, gue mau sharing sesuatu. Teman-teman lo yang tergabung dengan forum Zenius Club, sudah mempersiapkan belajar SBMPTN lumayan jauh lhoTercatat sejak 28 September 2018 sampai akhir tahun 13 Januari 2019, member Zenius Club udah menjalani TRYOUT SBMPTN sampai 15 kali!

Buat lo yang belum pernah ikut Try out (berikutnya disebut TO) atau bahkan belum mulai belajar sama sekali, jangan sampai ketinggalan dong dengan mereka yang udah mulai belajar dari awal tahun ajaran!

“Wah, emangnya Tryout penting gitu? Gua ikut TO-nya nanti aja deh kalo udah siap belajar”

TO itu penting banget lho dalam persiapan ujian, apalagi ujian yang materinya banyak dan kompleks seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri. TO itu sangat membantu persiapan sebagai sarana simulasi ujian SBMPTN yang sesungguhnya. Semakin sering lo simulasi, semakin lo tahu letak kekurangan dan kecerobohan sendiri. Dengan sering-sering TO, lo jadi tahu apa saja hal yang perlu diperbaiki agar saat hari-H ujian nanti, persiapan lo benar-benar mateng. Berikut 5 manfaat utama dari TO:

  1. Dengan sering TO, lo tau topik materi mana yang masih perlu dievaluasi.
  2. Dengan sering TO, lo jadi terbiasa memanfaatkan durasi ujian dengan efektif.
  3. Dengan sering TO, otak lo jadi terbiasa fokus dengan kepadatan waktu ujian.
  4. Dengan sering TO, mental lo jadi lebih kuat ketika hari-H ujian.
  5. Dengan sering TO, lo bisa lebih realistis milih jurusan kuliah.

Untuk lebih jelasnya, lo bisa baca artikel ini: Penting Gak Sih Tryout dalam Persiapan SBMPTN?

Hasil Try Out SBMPTN – Zenius Club (September 2018 – Januari 2019)

Mungkin lo penasaran dan mau bukti gimana sih hasil TO teman-teman di Zenius Club. Gue akan beberkan hasil TO mereka per mata pelajaran. Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait hasil TO ini:

1. Komposisi soal dan mapel yang diujikan masih mengacu pada komposisi soal SBMPTN yang biasa digunakan pada SBMPTN 2013-2017.

2. Online Tryout Zenius Club sepanjang semester ganjil 2018-2019 dibagi per mata pelajaran dulu. Agenda berikutnya nanti akan dibikin per paket ujian (TKPASaintekSoshum).

3. Online Tryout SBMPTN Zenius Club sudah menggunakan sistem penilaian Item Response Theory (IRT). Skema scoring pada sistem IRT adalah 1 untuk jawaban benar, 0 untuk jawaban salah, 0 untuk jawaban kosong (1, 0, 0). Tidak berhenti sampai di situ, sistem penilaian IRT juga memberikan bobot nilai pada tiap soal, dilihat seberapa banyak peserta yang bisa menjawab suatu soal. Jika banyak yang menjawab benar, soal tergolong mudah sehingga bobot soal kecil. Jika sedikit yang menjawab benar, soal tergolong sulit sehingga bobot soal besar.

4. Untuk menghasilkan nilai menurut perhitungan IRT, tim Zenius menggunakan sebuah aplikasi tetapi tidak secanggih sistem IRT yang digunakan panitia SBMPTN. Meski demikian, hasil tryout di Zenius Club bisa memberikan bayangan umum mengenai persaingan di UTBK SBMPTN nanti.

5. Rentang nilai hasil perhitungan IRT adalah 0-1000. Karena 0 adalah nilai terendah dan 1000 adalah nilai tertinggi, di tiap tryout pasti ada yang dapat nilai 0 dan 1000. Nilai 1000 di sini bukan berarti perfect score si peserta bisa jawab semua lho ya. Bisa saja kok dia jawab salah, tapi lebih banyak benarnya ketimbang peserta lainnya. Begitu juga dengan yang dapat nilai 0, bukan berarti dia ga jawab sama sekali. Bisa saja dia jawab, eh tapi salah semua.

6. Untuk menghargai privasi, gue menyamarkan nama peserta TO Zenius Club dengan nama generik “Peserta 01, Peserta 02, dst”.

7. Ada target waktu pengerjaan untuk TO SBMPTN Zenius Club ini sehingga sehingga peserta yang telat submit ga akan dapet penilaian evaluasi. Biasanya untuk pelajaran yang jumlah soalnya 15 nomor, diberi target waktu 30 menit. Untuk mapel TPA/TPS yang terdiri dari 45 soal, diberi target waktu 60 menit.

8. Setelah tryout, peserta bisa mengakses semua pembahasan soalnya di link berikut: Pembahasan Soal Try Out Zenius Club

9. Walaupun udah 15x TO, gue tampilkan 12 TO pertama aja yang merepresentasikan setiap mata pelajaran.

10. Walaupun semua member Zenius Club memiliki akses untuk mengikuti TO, tidak semua member mengikuti TO ini. Tryout Zenius Club rata-rata diikuti hingga 400 peserta. Padahal total member Zenius Club diperkirakan mencapai sekitar 4000-an member pada Januari 2019 yang terdiri dari semua jenjang kelas.

Berikut hasil online tryout SBMPTN teman-teman Zenius Club sepanjang semester ganjil 2018-2019 lalu.

Oke, udah pada lihat kan hasil TO-nya? Hasilnya variatif ya, ada yang keliatannya udah siap banget. Di tryout Ekonomi, ada peserta yang cuma salah di 2 soal. Bahkan di tryout Matematika IPA, ada seorang peserta yang bisa ngisi 15 soal dengan sempurna. Wow, keren banget!

Eits, tapi ga sedikit juga nih peserta yang jauh lebih banyak jawaban salahnya daripada jawaban benarnya. Bahkan ada yang ga bisa jawab benar sama sekali.

Nah, bagi lo yang nilai TO-nya masih belum bagus, berikut beberapa tips sebagai bahan evaluasi lo dalam ngerjain TO:

  1. Kalo lo ga bisa atau waktu udah hampir habis, jangan asal nembak. Biasakan lu ngerjain TO sebagai simulasi ujian. Kerjakan TO dengan mindset untuk menjawab benar sebanyak-banyaknya. Mengandalkan keberuntungan dengan asal nembak itu hanya akan jadi senjata makan tuan.
  2. Mulai kerjakan TO dengan soal yang lo anggap mudah, kerjakan secepat dan seteliti mungkin.
  3. Kalo ada soal yang lo pikir gampang tapi ga nemu jawabannya, lewatin aja dulu. Jangan buang-buang waktu karena soal SBMPTN memang banyak jebakannya.
  4. Ketahui tipe-tipe soal yang ga bisa lo kerjakan, jadikan itu bahan evaluasi untuk dipelajari kembali materinya.

Baca lebih lanjut: 6 Tips Menjawab soal Ujian dengan Efektif

 

Mau ikutan Tryout SBMPTN juga dong, gimana caranya?

Kamu bisa ikutan Tryout SBMPTN menggunakan Tryout Mandiri dengan ribuan paket soal yang bisa kamu akses di zenius.net

Bikin Try Out Mandiri

Mungkin ada yang memandang tryout mandiri untuk SBMPTN 2019 itu agak dilematis. Kenapa? Ini terkait sistem penilaian Item Response Theory (IRT) yang digunakan di SBMPTN 2019. Seperti yang sudah gue sebut sebelumnya, sistem IRT memberi bobot pada tiap soal ujian, dilihat seberapa banyak peserta yang bisa menjawab suatu soal. Jika banyak yang menjawab benar, soal tergolong mudah sehingga bobot soal kecil. Jika sedikit yang menjawab benar, soal tergolong sulit sehingga bobot soal besar.

Masalahnya, pembobotan ini baru bisa dilakukan setelah semua peserta ujian/tryout mengumpulkan jawabannya. Barulah jawaban tiap peserta dibandingkan satu sama lain untuk menentukan mana soal mudah, mana soal sulit. Nah, ini ga bisa dilakukan di tryout mandiri. Mau bandingin jawaban lo sama siapa? Toh lo tryout-nya sendiri 😝

Menurut gue ya, lo bisa mengambil jalan tengah di sini. Lo tetap bisa bikin tryout mandiri. Memang lo ga akan bisa pakai sistem penilaian IRT sendiri. Tapi bukan berarti lo ga bisa ambil faedah dari tryout mandiri. Daripada ribet mikirin sistem penilaiannya bagaimana, lebih baik lo bikin dan kerjain tryout mandiri dengan mindset untuk menjawab benar sebanyak-banyaknya. Harapannya, lo bisa mengoptimalkan kemampuan lo sehingga ga perlu mengandalkan keberuntungan dengan nembak jawaban. 

Okey dokey?!

Nah, bikin TO Mandirinya sendiri gimana ini? Ribet gak sih? Nggak ribet kok karena langkah step by step-nya udah dijelasin oleh Glenn di artikel ini. Kalo lo bingung mau dapetin paket soal TO dimana, lo bisa download gratis puluhan paket soal SBMPTN di artikel ini. Lo juga bisa akses video pembahasan setiap nomornya dengan memasukan kode soal ke kolom yang disediakan di halaman zenius.net seperti pada ilustrasi di bawah ini:

Intinya, kunci dari TO Mandiri adalah PROAKTIF. Ribuan paket soal SBMPTN dan soal Ujian Mandiri bisa lo akses di zenius.net. Tinggal lo mau proaktif atau enggak dalam menyusun komposisi susunan soal dan mengerjakannya dengan target waktu yang sesuai. Nah karena sekarang kita belum tahu pasti gimana rundown pelaksanaan di hari-H UTBK SBMPTN 2019 nanti, lo bisa mengadopsi rundown pelaksanaan hari-H SBMPTN tahun-tahun sebelumnya untuk penyusunan komposisi soal dan durasi TO-nya seperti pada ilustrasi berikut ini:

Kalo lo udah berhasil ngerjain TO Mandiri sesuai dengan komposisi soal dan durasi ujian, lo juga bisa menilai dan evaluasi sendiri hasil TO lo. Seperti yang gue sebut sebelumnya, dalam menghadapi SBPTN 2019, sebaiknya lo fokus hitung jumlah jawaban benar saja.

Contoh Paket Soal SBMPTN untuk Bahan TO Mandiri

Gue kasih 1 contoh paket soal SBMPTN untuk bahan TO Mandiri ya. Untuk selanjutnya, lo bisa proaktif download paket soal SBMPTN di artikel Zenius sebelumnya.

Soal bahan Try Out TKPA

Soal bahan Try Out TKA Saintek

Soal bahan Try Out TKA Soshum

Lo bisa download soal-soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo lo mentok, ada juga kok video pembahasannya. Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Setiap soalnya juga sudah pasti mengandung soal HOTS. Kalau lo mau download soalnya, lo bisa download aja di zenius.net ya!

Baiklah, sekian sedikit suntikan semangat dari gue di awal tahun 2019 ini untuk persiapan belajar SBMPTN. Pastikan semangat belajar tetap konsisten untuk bisa masuk kuliah di jurusan impian lo! Good luck semuanya!

—————————CATATAN EDITOR—————————

Jika kamu ingin bertanya lebih lanjut ke Fanny seputar try out, silakan post pertanyaan kamu di kolom komentar, ya!

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.