Lomba Blog: Nyesel Pake Zenius

Ceritakan penyesalan lo saat pake Zenius! Cerita tergokil akan mendapatkan hadiah bundle buku-buku keren yang dilengkapi dengan tanda tangan para tutor Zenius. Nyesel deh, kalo gak ikutan!

Halo guys, ga berasa bentar lagi udah mau ganti tahun aja, nih. Nah, dalam rangka merayakan pergantian tahun dan menyambut libur akhir tahun, udah jadi tradisi bagi Zenius untuk mengadakan lomba menulis blog bagi para pengguna Zenius! Tema blog kali ini adalah Nyesel Pake Zenius.

Lah, kok nyesel? Eits, jangan salah, maksud dari temanya bukan ngomongin hal negatif tentang Zenius, kok. Nyesel yang dimaksud itu adalah nyesel karena misalnya lo telat beli Zenius, atau nyesel karena lo dulunya gak tahu tentang Zenius, dll. Nanti di bawah bakal kami kasih beberapa contoh penyesalannya, deh, supaya lo dapet gambaran yang lebih jelas. Intinya, kami pengen lo membuat tulisan yang bisa meyakinkan bahwa penyesalan lo itu memberi impact terhadap studi, kebiasaan belajar, pola pikir, bahkan proyeksi karier lo.

Lomba ini gak hanya terbuka untuk lo yang masih pake Zenius aja, ya, seperti biasa, alumni Zenius juga boleh banget ikut lomba blog ini. Sebelum lo mulai menulis, baca dulu artikel ini sampe habis, ya, pastikan lo benerbener paham aturan mainnya dulu. 🙂

 

 

Konsep Kompetisi Blog Zenius

Sejak tahun 2014, Zenius udah rutin ngadain kompetisi menulis blog dengan berbagai tema. Kali ini, tema Nyesel Pake Zenius kami pilih, karena ternyata banyak banget testimoni pengguna Zenius yang menyatakan bahwa mereka nyesel. Beberapa contohnya:

Nah, ngeliat testimoni kayak gini, kami jadi penasaran, nih, apa jangan-jangan selama ini lo juga mengalami hal yang sama. Jadi, kami pengen tahu cerita lo yang mirip seperti testimoni-testimoni di atas.

Zenius cuma ngasih 1 syarat untuk kompetisi ini, yaitu lo wajib mencantumkan hyperlink ke domain zenius.net atau zenius.net/blog di dalam artikel yang lo tulis. Hyperlink itu boleh mengarah pada laman salah satu video di zenius.net, misalnya halaman video Zenius Learning atau ke salah satu artikel di Zenius Blog yang lo pikir udah memberikan manfaat positif buat lo. Gampang banget kan syaratnya?

Nah, mungkin masih ada yang bingung apa maksudnya “mencantumkan hyperlink ke domain zenius?” atau mungkin lo juga belum tau gimana cara melakukannya. Okay, buat lo yang belum ngerti istilah hyperlink itu apa, berikut penjelasannya:

Kalo lo perhatikan, pada hampir semua artikel Zenius Blog, selalu ada kata-kata yang berwarna biruKalo kalimat berwarna biru itu diklik, lo akan diarahkan pada website lain yang merupakan sumber referensi dari kalimat tersebut. Nah, itulah yang namanya hyperlink! Gimana caranya mencantumkan hyperlink-nya? Nih caranya dalam 4 tahap:

Okay, sekarang udah ngerti yah kira-kira maksudnya hyperlink itu apa? Udah kok syaratnya cuma satu itu doang. Simpel banget, kan? Gak perlu ikut pendaftaran segala macem, apalagi harus bayar lagi ini-itu. Nah, berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait lomba ini:

 

Informasi terkait Kompetisi Blog Zenius

 

1. Apa tema tulisan artikel lomba blog Zenius kali ini?

Temanya adalah “Nyesel Pake Zenius“. Perlu ditekankan bahwa tema lomba ini bukan (tidak harus) menjadi judul artikel lo nantinya. Lo bebas bekreasi dalam bikin judul, yang penting isi ceritanya masih terkait dan relevan dengan tema lomba kali ini, dan tentunya kami pengen tahu impact apa yang lo rasakan dari penyesalan yang lo ceritakan.

 

2. Apa saja aspek-aspek penilaian dalam lomba blog kali ini?

Berikut adalah aspek-aspek yang akan dinilai dalam lomba blog ini:

  • Komprehensif : Sebagus apa lo bisa bikin tulisan yang menceritakan pengalaman (penyesalan) lo dengan produk Zenius, serta impact atau efeknya terhadap diri lo sendiri.
  • Kreativitas : Sejauh mana lo bisa membuat tulisan lo menarik untuk dibaca. Coba kemas tulisannya sekreatif mungkin agar pembaca betah membaca sampai habis!

 

3. Gue gak biasa nulis di blog, nih, tulisan yang bagus itu kayak gimana sih?

Nah, buat lo yang mungkin kurang pede sama kemampuan menulis lo atau penasaran biasanya penilaian pemenang dari Zenius itu berdasarkan hal apa saja, lo bisa cek kayak gimana kualitas artikel pemenang lomba-lomba sebelumnya di sini :

FYI: Bagi para peserta lomba yang pernah menjadi salah satu pemenang lomba blog Zenius sebelumnya, tidak akan dimenangkan kembali pada lomba blog ini.

 

4. Gimana caranya daftar jadi peserta lomba?

Pendaftaran peserta lomba akan digabung sekaligus dengan form penyerahan artikel dari blog pribadi lo masing-masing. Caranya, tinggal ngisi data diri kasih link ke artikel buatan lo di sini aja:

Kumpulkan Hasil Tulisan Lo di Sini

 

5. Kapan batas akhir waktu penyerahan artikelnya?

Batas akhir submit artikel untuk kompetisi blog Zenius kali ini adalah MINGGU, 20 JANUARI 2019 PUKUL 23:59 MALAM. Satu orang peserta boleh ngirim lebih dari 1 artikel (sebanyak apapun boleh asal artikelnya beda-beda) tapi satu orang peserta hanya bisa menang satu kali doang. Sementara itu, pemenang akan diumukan pada tanggal 31 Januari 2019.

 

6. Berapa banyak pemenang dan apa aja hadiah lombanya?

Zenius akan memilih 5 artikel pemenang. Masing-masing pemenang akan mendapatkan salah satu dari 5 bundle buku impor berisi pesan dan tanda tangan tutor-tutor Zenius. Berikut ini kelima bundle hadiahnya:

Buku-buku ini tentang apa, sih? Berikut ini penjelasan singkat tentang buku-buku keren tersebut:

 

The Silk Roads: A New History of the World

Buku ini menceritakan tentang Jalur Sutera, dengan sudut pandang yang menyeluruh. Jalur Sutera bukan hanya menjadi jalur perdagangan barang dan jasa, tetapi juga menjadi sebuah jaringan raksasa yang menjadi fasilitator pertukaran ide dan budaya dari bergabai macam kekaisaran, kerajaan, etnis, serta strata sosial.

Buku yang kami sediakan sebagai hadiah adalah yang versi hardcover dan illustrated. Lo bakal terpukau dengan cantiknya ilustrasi goresan Neil Packer. Pokoknya, lo bakal takjub dengan cerita yang dibawakan oleh Peter Frankopan di buku ini, deh. Lo akan seperti terbawa perjalanan di Jalur Sutera, langkah demi langkah.

 

Economics 101

Buku ini cocok buat pembelajar Ekonomi pemula maupun yang udah expert. Pembahasan dasar mengenai dasar ilmu Ekonomi, uang, dsb. Buku ini memberikan penjelasan yang padat dan singkat. Kalo lo pengen belajar mengenai konsep pendayagunaan resources demi pemenuhan kebutuhan manusia, buku ini asik banget buat lo!

Buku ini juga illustrated, pastinya. Supaya lebih menarik perhatian lo ketika lo mempelajari konsep permintaan-penawaran, investasi, dan berbagai topik dunia perekonomian lainnnya.

 

Genetics 101

Buku ini berisi tentang ilmu Genetika. Kalo lo pernah baca artikel tentang genetika di Zenius Blog, buku ini memberikan penjelasan secara teknis tapi nggak ribet tentang topik tersebut. Pokoknya, say goodbye to kesan lo terhadap complicated-nya ilmu Genetika setelah baca buku ini!

Ilustrasi di buku ini juga keren, loh! Lo akan lebih mudah untuk mempelajari tentang kromosom, pewarisan sifat, dll.

 

Philosophy 101

Siapa bilang Filosofi itu bikin mumet? Setelah lo baca buku ini, lo akan memahami konsep-konsep dasar Filosofi, baik itu berupa cara manusia berpikir, menentukan prinsip ilmu, nilai, dsb. Konsep realita juga dibahas di buku ini, loh! Makanya, menangin lomba blog kali ini supaya realita bahwa buku ini jatuh ke tangan lo bisa terwujud.

Ilustrasi di buku ini juga akan mengubah miskonsepsi lo terhadap abstraknya ilmu Filosofi.

 

Psych 101

Wah, ini buku yang harus banget dimiliki oleh lo yang demen mempelajari human mind. Akal, ingatan, persepsi, tingkah laku, dll. lengkap banget dibahas di sini. Saking komprehensifnya, buku ini sering banget dijadikan referensi di dunia perkuliahan, loh! Gak cuma bagi mahasiswa Psikologi, tapi juga oleh para mahasiswa bidang studi lainnya yang memerlukan referensi tentang ilmu Psikologi.

Tes Rorschach, salah satu tes yang pernah booming banget juga dibahas di sini.

 

World History 101

Nah, ini dia nih, buku yang super keren buat para pecinta Sejarah. Gimana bisa, sejarah manusia sepanjang itu cuma dibahas dalam satu buku? Lo buktikan sendiri aja, karena buku ini memberikan highlight peristiwa peristiwa yang menjadi batu loncatan dalam sejarah manusia. Mulai dari Mesopotamia kuno, sampe NATO pun dibahas di buku ini. Lo bakal nyesel deh kalo gak baca!

Buku ini juga menyertakan foto dan ilustrasi dari jejak-jejak sejarah peradaban dunia yang memukau.

****

Keren-keren, kan, hadiahnya? Kami sengaja nggak mau terlalu banyak jelasin tentang isi buku-bukunya, supaya lo penasaran dan berusaha untuk dapetin buku-buku keren ini melalui lomba blog yang kami adakan di akhir tahun ini. Makanya, ayo berpartisipasi dalam kompetisi ini, serahin tulisan lo ke kami, bikin tulisan sebagus dan sekreatif mungkin. Kalo lo masih ada pertanyaan, silakan aja komentar di bawah, ya. Selamat berpartisipasi, good luck!

 


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Daftar Membership Zenius

 

Download Zenius App di sini