Pembahasan Soal SBMPTN 2018

Berisi daftar lengkap soal SBMPTN 2018 untuk semua kelompok ujian dalam bentuk PDF yang bisa diunduh gratis dan disertai video pembahasan.

Sesuai dengan judulnya, pada artikel kali ini, gue akan berbagi daftar lengkap pembahasan soal SBMPTN 2018 untuk semua paket ujian dan mata pelajaran. Soal-soal yang ada di sini bisa banget lo gunakan sebagai ajang latihan. Latihan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya adalah permulaan yang baik untuk meraba tingkat kesulitan soal SBMPTN. Lo juga dapat bayangan tentang kemampuan lo saat ini, sejauh mana lo siap atau tidak siap menghadapi SBMPTN.

“Lho, bukannya tahun depan SBMPTN bakal dihapus ya? Bakal #gantisistem dengan Test Center?

Ngapain gue belajar SBMPTN dari jauh-jauh hari, kan ga bakal kepake?!”

Yes, belakangan ini memang beredar isu bahwa sistem SBMPTN bakal dihapuskan di tahun 2019 dan diganti dengan sistem Test Center. Tapi sebenarnya isu ini masih simpang siur sih. Ada pula yang bilang kalo tahun depan SBMPTN tetap ada, bersamaan dengan Test Center. Wah mana yang bener? Belum lagi tentang Test Center itu sendiri. Sampai saat ini belum ada sumber reliable yang bisa menjelaskan dengan pasti dan detil bagaimana sistem Test Center dijalankan sebagai alat untuk seleksi mahasiswa baru perguruan tinggi.

Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab terkait isu Test Center ini. Tapi ada satu pola yang bisa kita pelajari dari sejarah. Dari era 1980-an hingga sekarang, tes/ujian tertulis seleksi masuk perguruan tinggi itu namanya emang rutin berganti. Kalo lo nanya ke ortu atau om/tante, mungkin mereka ngeh dengan UMPTN. Kalo di zaman gue dulu, namanya SPMB (eh ketahuan deh angkatan gue :p). Walaupun namanya terus berganti setiap beberapa tahun sekali, format ujiannya ga akan berubah drastis. Yang ada malah tingkat kesulitan soalnya yang relatif meningkat dari tahun ke tahun.

Jadi kesimpuln apa yang bisa kita ambil dari sini?

  1. Tes/ujian tertulis untuk masuk universitas itu hampir pasti ada tiap tahunnya, walaupun namanya ganti-ganti
  2. Dari tahun ke tahun, tingkat kesulitan tes tertulis ini relatif semakin meningkat

Artinya..

Apapun sistem seleksi yang dipakai tahun depan, LO TETAP HARUS BELAJAR!

Gue berani jamin ga akan rugi kok kalo lo bisa serius mempersiapkan diri untuk tes masuk perguruan tinggi dari sekarang. Hasil belajar lo itu pasti ada gunanya. Kalo lo bisa menaklukan medan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, itu bakal jadi persenjataan yang sangat dapat diandalkan. Lo bakal lebih matang menghadapi apapun bentuk sistem seleksi tertulis tahun depan, sekalipun tingkat kesulitannya meningkat.

Sebaliknya, coba bayangkan kalo sekarang lo cuma panik ga jelas ngikutin isu Test Center ini. Ternyata pemerintah atau panitia seleksi baru memberikan pengumuman resmi di waktu yang mepet dengan pelaksanaan ujian (dan biasanya memang suka begitu :P). Waktu yang tersisa untuk lo belajar tinggal dikit. Kalang kabut kan jadinya…

Jadi jangan jadikan lagi isu Test Center dan SBMPTN dihapus ini excuse buat lo malas belajar. Ga ada gunanya bingung dan cemas ga jelas. Mending lo salurkan dengan aksi yang jelas.

Untuk lebih jelasnya, tim Zenius akan membuat artikel khusus terkait Test Center ini. Tunggu aja tanggal mainnya!

All right, untuk sekarang, silakan cicipi soal yang menggugurkan hampir 700.000 pejuang SBMPTN di tahun 2018 ini. Cekidot guys!

 

SBMPTN – Paket Ujian TKPA

SBMPTN – Paket Ujian SAINTEK

SBMPTN – Paket Ujian SOSHUM

****

Jangan jiper duluan ya kalo lo ngerasa soal SBMPTN di atas susahnya minta ampun. Tenang … Zenius juga telah mengkompilasikan ribuan cerita dari kakak-kakak angkatan lo yang udah lebih dulu merasakan jatuh bangun menghadapi SBMPTN. Cerita-cerita mereka ini berguna banget untuk membakar semangat lo sekaligus melakukan refleksi diri. Kalo lo merasa pusing, cemas, minder, dsb ketika lihat soal SBMPTN 2018, lo ga sendiri kok. Kakak-kakak angkatan lo dulunya juga sempat merasakan hal yang sama 🙂

Okeh, kalau lo udah jajal kemampuan dan membakar semangat, saatnya curi start belajar SBMPTN dari sekarang. Gue menyarankan banget untuk baca artikel-artikel di bawah ini sebagai bahan referensi dalam mengatur strategi sebelum mulai belajar. Dalam persaingan seketat level SBMPTN, semangat belajar aja ga cukup. Lo butuh strategi yang matang!

CATATAN EDITOR

Jika ada di antara kamu yang ingin ngobrol atau diskusi dengan Fanny seputar konten materi SBMPTN di zenius, jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.