Cara mengecek nilai UTBK SBMPTN

Pembahasan Soal SBMPTN 2018

Berisi daftar lengkap soal SBMPTN 2018 untuk semua kelompok ujian dalam bentuk PDF yang bisa diunduh gratis dan disertai video pembahasan.

Sesuai dengan judulnya, pada artikel kali ini, gue akan berbagi daftar lengkap pembahasan soal SBMPTN 2018 untuk semua paket ujian dan mata pelajaran. Soal-soal yang ada di sini bisa banget lo gunakan sebagai ajang latihan. Latihan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya adalah permulaan yang baik untuk meraba tingkat kesulitan soal SBMPTN. Lo juga akan dapat bayangan tentang kemampuan lo saat ini, dan juga sejauh mana lo siap atau tidak siap menghadapi SBMPTN.

Btw, lo pasti udah tahu kan bahwa SBMPTN tahun 2018 itu sistemnya ganti jadi test center? Nah, di SBMPTN 2019 pun sebetulnya ada hal-hal yang baru nih yang mesti lo tahu. Biar lo bisa lebih tahu tentang perubahan di SBMPTN tahun 2019 dan bagaimana perbedaannya dengan SBMPTN tahun 2018, gue saranin lo baca dulu nih artikel yang ditulis oleh Ari tentang “Seluk Beluk UTBK dan SBMPTN 2019”.

All right, untuk sekarang, silakan cicipi soal yang menggugurkan hampir 700.000 pejuang SBMPTN di tahun 2018. Cekidot guys!

Banner Artikel Pembahasan SBMPTN 2018

SBMPTN – Paket Ujian TKPA

SBMPTN – Paket Ujian SAINTEK

SBMPTN – Paket Ujian SOSHUM

****

Nah, lo bisa download semua soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo lo ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma soal SBMPTN aja, Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS, mulai dari USM STAN, SIMAK UI, UTUL UGM, dan banyak lagi. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalau lo mau download soalnya, lo bisa download aja di zenius.net ya!

Jangan jiper duluan ya kalo lo ngerasa soal SBMPTN di atas susahnya minta ampun. Tenang … Zenius juga telah mengkompilasikan ribuan cerita dari kakak-kakak angkatan lo yang udah lebih dulu merasakan jatuh bangun menghadapi SBMPTN. Cerita-cerita mereka ini berguna banget untuk membakar semangat lo sekaligus melakukan refleksi diri. Kalo lo merasa pusing, cemas, minder, dsb ketika lihat soal SBMPTN 2018, lo ga sendiri kok. Kakak-kakak angkatan lo dulunya juga sempat merasakan hal yang sama 🙂

Okeh, kalau lo udah jajal kemampuan dan membakar semangat, saatnya curi start belajar SBMPTN dari sekarang. Gue menyarankan banget untuk baca artikel-artikel di bawah ini sebagai bahan referensi dalam mengatur strategi sebelum mulai belajar. Dalam persaingan seketat level SBMPTN, semangat belajar aja ga cukup. Lo butuh strategi yang matang!

CATATAN EDITOR

Jika ada di antara kamu yang ingin ngobrol atau diskusi dengan Fanny seputar konten materi SBMPTN di zenius, jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Bagikan Artikel Ini!