SBMPTN Universitas Diponegoro (UNDIP)

Pembahasan Soal SBMPTN 2013

Artikel ini membahas tips untuk persiapan belajar SBMPTN dan berisi kumpulan video pembahasan soal SBMPTN 2013 semua materi TKPA, Saintek, dan Soshum.

Hi Guys! Blog kali ini khusus gua bikin untuk kalian yang sekarang duduk di bangku kelas 12 SMA, terutama untuk kalian yang berencana buat nyoba masuk PTN favorit impian kalian dengan jalur SBMPTN Tertulis. Di tulisan gua kali ini nih, gua mau coba bantu ngarahin lu buat bikin strategi dan nentuin mana prioritas belajar yang harus mulai fokusin dari sekarang.

So, buat kalian yang sekarang duduk di bangku kelas 10 atau kelas 11, mungkin ada baiknya lebih dulu baca tulisan Pras sebelumnya tentang SNMPTN Undangan dan Strateginya. Di sana, kalian bisa tau info lengkap seputar SNMPTN Undangan, gimana mekanismenya, dan juga gimana taktik dan strategi buat ngedapetinnya.

Nah, kalo buat lu yang sekarang di kelas 12 nih, masukan dari gua buat lu cuma satu : Sekarang udah bukan saatnya lagi lu ngandelin SNMPTN Undangan! Lho, tapi kenapa? Gini deh, tiap tahun buanyak banget gua liat anak-anak kelas 12 yang udah terlalu yakin sama nilai rapornya, terus pede aja kalo dirinya masuk SNMPTN Undangan. Begitu hasil pengumuman keluar..

ENG ING ENG !! SURPRISE !! Ternyata lu nggak diterima, terus panik. Mau coba belajar buat SBMPTN tertulis udah terlalu mepet waktunya, dan akhirnya berujung pada kegagalan.

Nah intinya, gua nggak kepengen hal konyol begitu terjadi sama lu. Sekarang kabar baiknya adalah: lu masih punya banyak waktu dan kesempatan supaya hal konyol yang sering banget kejadian di setiap angkatan ini, seenggaknya nggak kejadian sama diri lu .

Oke, terus, gua harus ngapain, donk ?

Gini, saran praktis dari Zenius Education : Buat lu yang sekarang udah kelas 12, mendingan mulai dari sekarang lu bener-bener fokus belajar buat SBMPTN Tertulis! Jangan nunda sampe abis akhir tahun, atau abis beres Ujian Nasional. Mendingan mulai lu cicil dari mulai sekarang, serius deh.. Lu gak akan nyesel sama sekali kalo akhirnya perjuangan dan pengorbanan lu ini akhirnya berbuah manis.

Buset, serius nih belajar dari sekarang?? Cepet amaat… 

Nih coba deh lu tengok Catatan Perjuangan Murid Zenius Menghadapi SBMPTN 2013. Di sana lu bisa liat sendiri di bagian comment bawah artikelnya, bahwa upaya kakak-kakak kelas kalian buat tembus SBMPTN Tertulis itu sama sekali nggak gampang !! Karena nggak gampang itulah, makanya gua namain catatan perjuangan, dan yang perlu digarisbawahi adalah kata “PERJUANGAN”. Di Zenius-X sendiri (Zenius-x itu nama bimbel Zenius) gua ngeliat sepanjang tahun kemaren gimana anak-anak kelas 12 dan alumni bener-bener belajar dengan disiplin, ampe nyubuh segala, bahkan ada yang ampe nginep di zenius berhari-hari. So, setiap hal yang pengen kalian dapetin itu emang butuh perjuangan dan pengorbanan.

Nah, terus kalo Persiapan buat UN gimana donk ?

Sekali lagi, gua langsung aja to the point. Kalo lu udah mulai persiapin diri buat ngejar SBMPTN Tertulis, gua berani jamin kalian otomatis udah jauh lebih siap buat ngerjain soal UN. Kenapa? Simply, karena buat lolos SBMPTN itu jauuh lebih sulit daripada cuma sekedar lulus UN. Mau tau fakta simple-nya? Nih dari data tahun lalu yang coba daftar SBMPTN ada 585.789 siswa… dan coba tebak berapa yang lolos, cuman 109.853 siswa !! Berarti cuma 18,75% kemungkinan setiap siswa untuk lolos SBMPTN tertulis. Bandingin sama persentasi kelulusan UN SMA 2013 yang mencapai 99.48%. Jauh banget bedanya, kan?

Oke, buat lebih jelasnya ttg mana yang perlu diprioritasin antara UN dan SBMPTN, lu bisa baca tulisan gua sebelumnya di blog ini juga tentang Bedanya persiapan buat UN dengan persiapan SBMPTN.

Oke, terus kalo gua mau mulai belajar SBMPTN tertulis harus mulai dari mana donk?? 

Buat lu yang udah jadi member di zenius.net, kalian beruntung banget, soalnya di zenius.net kita udah nyediain Video Pembahasan Lengkap teori dan soal-soal SBMPTN dari tahun 2002–2013 untuk semua mata pelajaran.

sbmptn 2013

Nah, buat langkah awal untuk mempersiapkan diri lu menghadapi SBMPTN nanti, para tutor zenius udah nyiapin seluruh pembahasan soal dari SBMPTN 2013. Berikut ini adalah pembahasan soal SBMPTN 2013 untuk semua mata pelajaran :

Oke deh, sekian dari gua. Moga-moga tulisan gua kali ini bermanfaat buat lu. Sampe ketemu lagi, salam Olahraga!

[ Catatan Editor : Kalo ada yang mau nanya, komentar, atau ngobrol sama Glenn. Bisa langsung tinggalin comment aja di bawah artikel ini. Buat lo yang belum gabung jadi user di zenius.net, lo bisa gabung sama kita secara gratis dengan cara daftar Zenius di sini buat bisa akses seluruh video materi dan pembahasan soal UN maupun SBMPTN tahun-tahun lalu] ]

Bagikan Artikel Ini!