Pembahasan Soal SBMPTN tahun 2013

Hi Guys! Blog kali ini khusus gua bikin untuk kalian yang sekarang duduk di bangku kelas 12 SMA, terutama untuk kalian yang berencana buat nyoba masuk PTN favorit impian kalian dengan jalur SBMPTN Tertulis. Di tulisan gua kali ini nih, gua mau coba bantu ngarahin lu buat bikin strategi dan nentuin mana prioritas belajar yang harus mulai fokusin dari sekarang.

So, buat kalian yang sekarang duduk di bangku kelas 10 atau kelas 11, mungkin ada baiknya lebih dulu baca tulisan Pras sebelumnya tentang SNMPTN Undangan dan Strateginya. Di sana, kalian bisa tau info lengkap seputar SNMPTN Undangan, gimana mekanismenya, dan juga gimana taktik dan strategi buat ngedapetinnya.

Nah, kalo buat lu yang sekarang di kelas 12 nih, masukan dari gua buat lu cuma satu : Sekarang udah bukan saatnya lagi lu ngandelin SNMPTN Undangan! Lho, tapi kenapa? Gini deh, tiap tahun buanyak banget gua liat anak-anak kelas 12 yang udah terlalu yakin sama nilai rapornya, terus pede aja kalo dirinya masuk SNMPTN Undangan. Begitu hasil pengumuman keluar..

ENG ING ENG !! SURPRISE !! Ternyata lu nggak diterima, terus panik. Mau coba belajar buat SBMPTN tertulis udah terlalu mepet waktunya, dan akhirnya berujung pada kegagalan.

Nah intinya, gua nggak kepengen hal konyol begitu terjadi sama lu. Sekarang kabar baiknya adalah : lu masih punya banyak waktu dan kesempatan supaya hal konyol yang sering banget kejadian di setiap angkatan ini, seenggaknya nggak kejadian sama diri lu .

Oke, terus, gua harus ngapain, donk ?

Gini, saran praktis dari Zenius Education : Buat lu yang sekarang udah kelas 12, mendingan mulai dari sekarang lu bener-bener fokus belajar buat SBMPTN Tertulis! Jangan nunda sampe abis akhir tahun, atau abis beres Ujian Nasional. Mendingan mulai lu cicil dari mulai sekarang, serius deh.. Lu gak akan nyesel sama sekali kalo akhirnya perjuangan dan pengorbanan lu ini akhirnya berbuah manis.

Buset, serius nih belajar dari sekarang?? Cepet amaat... 

Nih coba deh lu tengok Catatan Perjuangan Murid Zenius Menghadapi SBMPTN 2013. Di sana lu bisa liat sendiri di bagian comment bawah artikelnya, bahwa upaya kakak-kakak kelas kalian buat tembus SBMPTN Tertulis itu sama sekali nggak gampang !! Karena nggak gampang itulah, makanya gua namain catatan perjuangan, dan yang perlu digarisbawahi adalah kata "PERJUANGAN". Di zenius-X sendiri (zenius-x itu nama bimbel zenius) gua ngeliat sepanjang tahun kemaren gimana anak-anak kelas 12 dan alumni bener-bener belajar dengan disiplin, ampe nyubuh segala, bahkan ada yang ampe nginep di zenius berhari-hari. So, setiap hal yang pengen kalian dapetin itu emang butuh perjuangan dan pengorbanan.

Nah, terus kalo Persiapan buat UN gimana donk ?

Sekali lagi, gua langsung aja to the point. Kalo lu udah mulai persiapin diri buat ngejar SBMPTN Tertulis, gua berani jamin kalian otomatis udah jauh lebih siap buat ngerjain soal UN. Kenapa? Simply, karena buat lolos SBMPTN itu jauuh lebih sulit daripada cuma sekedar lulus UN. Mau tau fakta simple-nya? Nih dari data tahun lalu yang coba daftar SBMPTN ada 585.789 siswa... dan coba tebak berapa yang lolos, cuman 109.853 siswa !! Berarti cuma 18,75% kemungkinan setiap siswa untuk lolos SBMPTN tertulis. Bandingin sama persentasi kelulusan UN SMA 2013 yang mencapai 99.48%. Jauh banget bedanya, kan?

Oke, buat lebih jelasnya ttg mana yang perlu diprioritasin antara UN dan SBMPTN, lu bisa baca tulisan gua sebelumnya di blog ini juga tentang Bedanya persiapan buat UN dengan persiapan SBMPTN.

Oke, terus kalo gua mau mulai belajar SBMPTN tertulis harus mulai dari mana donk?? 

Buat lu yang udah jadi premium member di zenius.net atau udah beli Xpedia, kalian beruntung banget, soalnya di zenius.net kita udah nyediain Video Pembahasan Lengkap teori dan soal-soal SBMPTN dari tahun 2002--2013 untuk semua mata pelajaran.

sbmptn 2013

Nah, buat langkah awal untuk mempersiapkan diri lu menghadapi SBMPTN nanti, para tutor zenius udah nyiapin seluruh pembahasan soal dari SBMPTN 2013. Berikut ini adalah pembahasan soal SBMPTN 2013 untuk semua mata pelajaran :

Oke deh, sekian dari gua. Moga-moga tulisan gua kali ini bermanfaat buat lu. Sampe ketemu lagi, salam Olahraga!

[ Catatan Editor : Kalo ada yang mau nanya, komentar, atau ngobrol sama Glenn. Bisa langsung tinggalin comment aja di bawah artikel ini. Buat lo yang belum gabung jadi regular member di zenius.net, lo bisa gabung sama kita secara gratis dengan cara sign up zenius disiniPastiin juga lo dapetin voucher zenius.net buat bisa akses seluruh video materi dan pembahasan soal UN maupun SBMPTN tahun-tahun lalu] ]

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Liiza Diani Manzil K

    kalau untuk ngulang 1 materi biar sampe mantep kira-kira harus berapa lama ya (bulan) ya?

    • Glenn Ardi

      Sebenernya itu tergantung kedisiplinan lu sih. Lagian maksudnya 1 materi tuh gimana, 1 Bab mata pelajaran gitu? Kalo misalnya mau konsisten belajar setiap hari sih harusnya 1-2 minggu cukup yah untuk memperdalam 1 Bab mata pelajaran tertentu.

      • Liiza Diani Manzil K

        iya maksudnya 1 bab bang hehe thanks ya sarannya

  • yazirwan latif

    gue udah kelas 12 ipa nihh,
    mau nyicil dari sekarang .. hhehe
    tapi gue lihat di zenius.net ada teori & soal perbab edisi lama ama yang baru bedanya apa,

    • Glenn Ardi

      Yang edisi baru lebih update aja. Rekaman yang lebih baru gitu. Mending lu abisin dulu yang versi baru. Terus kalo masih sempet baru coba deh tonton yang versi lama.

      • tubagus fahmi

        hallo bang glenn , kalo nanti mau ambil jurusan ekonomi soal sbmptn jenisnya seperti apa ??

  • fifa

    Bang, ak tahun ini gagal, kira2 kalo ak coba tahun depan harus ngulang dr awal(kelas1) ya bang per mata pelajaran, ?solusi bang, thanks

    • Glenn Ardi

      Halo fifa

      solusinya sebenernya emg gak gampang, kalo secara teori sih ya emg lu harus ngulang dari kelas 1-3. Cuma enaknya kalo lu pake zenius, semuanya udah kita ringkes jadi enak banget belajarnya. Solusinya kalo pake zenius ya kamu bisa belajar online dengan zenius.net atau belajar dari DVD Xpedia 2.0. Atau kalo posisi kamu sekarang di Jakarta. Kamu bisa ikut bimbel buat alumni juga di zenius-X.

  • pesjay

    bang, kalo udah kelas 12 mending ngulang belajar soal2 yang kelas1-2 atau langsung ke soal2 sbmptn?

    • Pertanyaannya sama nih sama pertanyaan rizki di halaman ini juga. Udah gue jawab yah.

  • susi

    tpa untuk sbmptn sama tpa soal kedinasan itu beda konsep ya? kalo saya belajar tpa yg ada d zenius bisa jadi bekal ngga untuk ujian kedinasan nnti kira2 ?

    • Konsepnya sih mirip. TPA itu biasanya menguji kemampuan berpikir; kemampuan rasional, matematika, verbal, logika, aritmetika, analitik, dll. Ya pada dasarnya, itu yang kita bahas di TPA di zenius.net.

      Btw, kalau jadi belajar pakai zenius untuk soal kedinasan, mau dong denger hasilnya gimana. Kita beberapa kali terima laporan kalau ada yang suka beli zenius untuk tes Pegawai Negeri dan semacamnya, tapi kita belum terima testimonial pasca pembelian. So, kalau jadi pake, kita pengen banget tau gimana kesannya. Hehehe.. Thanks.

      • susi

        oke bang. semoga pake zenius ny ntar ud ckup buat bekal test tahun depan. ngga pake tmbahan les untuk masuk skolah kedinasan itu lagi. hehehe

  • rizki

    lebih enak ngulang dari kelas 1 apa langsung sbmptn di znet ?

    • Awalnya, cobain dulu kerjain satu atau dua soal SBMPTN asli biar ngerasain "medan tempur" yang akan lo hadapin nantinya. Tapi jangan terus-terusan.

      Berikutanya, cobain latihan teori per bab untuk masing-masing pelajaran SBMPTN. Itu udah ada di zenius.net. Tinggal diikutin aja. Ini bagian paling penting, karena latihan yang bener (yang sesuai konsep deliberate practice) adalah lo fokus untuk improve di bab-bab yang lo masih kurang ngerti. Kalau nggak ngerti di persamaan kuadrat, tonton ulang-ulang bagian itu dan kerjain soal-soalnya. Kalau nggak ngerti di hidrolisis, tonton bagian hidrolisis sampe ngerti banget. Dan seterusnya...

      Nah, kalau dari teori per bab itu masih ngerasa ada yang belum ngerti juga. Misalnya, udah nonton fisika optik nih di teori per bab persiapan SBMPTN, tapi belum ngerti-ngerti juga. Cobain turun ke kelas 10 lagi, di situ ada fisika optik dari dasar. Ulang dari soal yang paling sederhana di situ.

      Gitu aja sih. Nanti kalau semua babnya udah dikuasai maksimal juga makin pede buat tes SBMPTN.

      • rizki

        OK..thanks sarannya..
        aku rasa zenius perlu ngembangin soal2nya..
        karena jika variasi soalnya banyak..konsepnya akan semakin mateng.,,
        saran aja sih..

        • Iya nih, kita tambahin terus kok soal-soalnya. Kadang-kadang kita kasih tau via twitter juga kalau ada update.

          Untuk bab-bab tertentu yang kita rasa udah cukup, nggak ditambah lagi sih. Tapi untuk bab-bab yang kurang, kita tambahin. Soal bab apa aja yang menurut lo masih kurang variatif?

          • rizki

            klo untuk math..aku rasa butuh banget pendalam soal di kalkulusnya.,terus materi yg kluar SBMPTN tapi jarang dibahas di zenius itu..ex dimensi 3, statistika, polinomial,peluang ,himpunan.
            untuk physics, Fismod teorinya dikit + listrik n magnet
            yg bner2 blm ngeh..ngerti konsepnya..
            lainnya blm tau sih..

          • Kalkulus turunan ya? Kalau integral harusnya sih udah banyak ya.

            Kalo fismod ada di dua tempat btw, di simplified physics sama di persiapan SBMPTN.

          • rizki

            limit dan turunan..,
            nah..fismodnya sih teorinya cukup..soalnya yg kurang..
            jadi aku aplikasi ke soalnya yg belum mateng.,,
            terutama relativitas...bagian dilatasi waktu.. 🙂
            pengen banyak variatif aja..

  • Dista.

    Hi kak, menurut kakak jadi sebaiknya lebih digenjot untuk persiapan di SBMPTN ya? Semacam 'persiapan terburuk' kalo semisal SNMPTN Undangannya ngga lolos gitu kah? Thank you!

    • Glenn Ardi

      Sip bener banget Dista. you've got the point !

  • azkaindi

    Biologi gak ada, kak?

    • Glenn Ardi

      Halo Azkaindi, Biologinya nanti menyusul yah ~

      • azkaindi

        hehe sip, kak. Thanks before

    • Glenn Ardi

      Udah ada tuh Biologinya, hehe..
      Sorry yah telat

  • Nauvaldi Ryantama

    Mau minta saran kak buat pejuang sbmptn 2014 tapi yang sekarang udah kuliah di swasta(cadangan) yang tahun ini lulus SMA dan belum dapet PTN tapi disuruh ortu buat kuliah dulu dan ingin coba lagi tahun depan hehe, terimakasih kak

  • M. Isa

    Bang bahas simak ui kemaren dong

    • Glenn Ardi

      Nanti yaa... tunggu tanggal mainnya

  • shofi

    eh aku kan dari jurusan ipa, rencana mau ambil ips murni buat sbmptn. aku mau tanya gmn ya cara belajarnya sama cara bagi waktu buat belajar UN dan sbmptn?kan berarti aku hrs belajar ipa dan ips

  • shofi

    kalo belajar nya fokus dulu ke TPA sampe ngerti atau gimana ya kak?

    • Glenn Ardi

      Boleh juga, gimana kamu enaknya aja dulu. Tapi harus dibuat jadwalnya. Jangan sampe kamu malah keterusan di TPA tapi yg laen justru keteteran

  • Mahesa

    Misi kak, saya kebetulan dari jurusan SMK.
    Ingin kuliah jurusan IT / Teknik Sipil / Arsitektur.
    Dan baru kenal zenius, kira - kira materi yang dipelajari apa ya di zenius?
    SBMPTN langsung?

    • Glenn Ardi

      di zenius kita sedia hampir semua mata pelajaran dari kelas 1 SD - 12 SMA, termasuk persiapan Ujian Nasional, SBMPTN Tertulis, SIMAK UI, dan juga beberapa Ujian Mandiri masuk Universitas

  • LaveniaLestarinaOgi

    Hello ka.. Share donk ada peluang ga ya buat anak SMK masuk PTN ? thanks.

    • Glenn Ardi

      Coba deh kamu liat catatan perjuangan murid zenius tembus sbmptn 2013 Disana kamu bisa liat di comment, ada byk kok yg dari SMK tapi bisa tembus masuk SBMPTN

  • Nada Khaerunnisa

    kak aku anak ipa tapi mau ngambil undangan(snmptn) fe ui 2 tahun kedepan ?itu potensinya gimana ya buat kurikulum 2013 ?

    • Glenn Ardi

      sebenernya kalo snmptn undangan itu ya semua tergantung prestasi akademis kamu dan juga asal sekolah kamu. Agak sulit emang buat prediksi gimana potensi dan peluanganya, tapi kamu coba baca blog tentang snmptn undangan deh, moga-moga bisa kasih gambarannya ke kamu yah

  • nicko

    kak gua anak ipa, tp sbmptn ngambil ips murni, nah jadi persiapan gua buat un sama sbm gimana? kan beda jurusan tuh. gua udah belajar ekonomi sih nyicil

    • Glenn Ardi

      Kalo soal bagi waktu sih emang dilematis, pertama ya lo perlu tau bahan yang lu perlu pelajari, gimana tingkat kesulitannya, gimana peluangnya, dlsb.. istilahnya ngerti dulu "battleground" yg akan lu hadapilah. Abis itu ya baru lu coba bagi waktu lu buat bisa dapetin itu.

      Udah sempet baca tulisan gua tentang time management belom? Coba baca deh, moga-moga bisa ngebantu

  • Ester Hariandja

    kak soal sbm kimia 2013 yg saya alami kemarin lebih susah dibanding yg teposted diatas kak, berupa soal cerita. mohon pembahasannya kak:')

  • Rahmi Afzhi

    buat yang ipsnya kapan keluar kak?

    • Glenn Ardi

      udah tuh, enjoy !

  • Aulia

    kak, aku siswi akselerasi, aku dah buang jauh2 pikiran snmptn undangan, aku selalu mantepin diri sendiri buat tempur SBMPTN ntar... tapi kadang aku ngrasa waktu belajarku gak semateng anak2 kelas reguler laennya, SBMPTN tinggal 5 bulan lg... kasih saran dong kak, biar aku siap mateng di SBMPTN

  • Wulan

    Kak, mau nanyaaa dong. kan aku baru baca blog ini. aku baru sadar 'banget' nya sekarang. kira2 cara mengatur waktu belajar dari skrg hingga hari H sbmptn gimana ya kak? makasih 🙂

  • tari

    Kak gmna caranya jadi member di zenius? Gak ngerti..

  • test

    geografi sbm 2013 ga ada ?

  • ririn

    Kenapa ntuk geografi ga ada pembahasannya?

  • Hartopo Abdul Jabbar

    Biasanya dalam pengerjaan soal kalau yg benar +4, yg salah pengurangan skor -1, dan yg gak dijawab skor 0.
    Jadi mau nanya ni, denger isunya sih. Sistem penambahan dan pengurangan skor itu utk SBMPTN skrg uda dihapuskan ya kak?

  • A

    vidionya bisa gw dwonload kok . suatu saat nanti gw akan sebarkan vidionya secara gratis .

  • Diyyah Lidiya

    kakak setelah sebagian aku download soal snmptn nyaa 🙂 kok gak lengkap ya kak ? kiraa-kira ada gak kak yg lebih lengkap sekaligus pembahasannya ???

  • lia

    soalnya mana kak? kok cuma pembahasan?

  • haq

    kak, mau tanya nih,
    klo mau masuk jurusan Ilmu komputer itu tes SBMPTN nya pelajara apa aja ya ?

    ,trima kash

  • Jesica Amping Rundupadang

    ada tidak yang pembahasannya pakai adobe flash player supaya bisa di tahu cara kerjanya, maksudnya yang secara offline.

  • AYU ANNUR

    Kak, kalau video playlist pembahasan setiap materi itu bisa di-download atau tidak? Terima kasih.

  • dewi

    kan sy daftar ngambil jurusan sosiologi apakah nanti pas tes plajarannya ips saja?

  • Revi Novaliansyah

    sbmptnnya smk gimana om? apa sama kayak anak sma?

    • Glenn Ardi

      iya, soal SBMPTN itu berlaku sama untuk SMA dan juga SMK