Panduan Belajar SBMPTN Geografi

Artikel ini membahas tentang berbagai tips panduan belajar untuk menghadapi SBMPTN Geografi, Lengkap dengan latihan soal & pembahasannya.

Hai, teman-teman Zenius user! Gimana kabarnya lo hari ini? Wuih, SBMPTN bentar lagi, ya. Deg-degan ga? Udah sejauh mana persiapan lo? Atau jangan-jangan lo lagi cemas karena buanyak banget yang harus dipelajarin? Gak usah khawatir~

Kali ini gue mau nulis tentang panduan buat elo yang mau ambil Soshum di SBMPTN, khususnya mata pelajaran Geografi. Karena ga dikit yang bilang (tepatnya mengeluh, sih) ke gue pas mau belajar SBMPTN Geografi tuh kayak gini:

“Geografi tuh bosenin!! Belajarnya batu-batuan mulu ah”

“Apaan sih Geografi itu gak jelas banget! Semuanya dipelajarin dari gunung api, jumlah penduduk sampe planet juga ada!”

Duh, anggapan ini tuh disebabkan karena belajar Geografinya cuma ngapalin doang dan gak pake konsep. Perlu gue klarifikasi, nih, biar gak keterusan.

Pertama, Geografi itu gak hanya pelajarin batu aja. Pernyataan kayak gitu terlalu menyederhanakan Geografi sebagai ilmu. Pada kenyataannya lo belajar tentang awan (atmosfer), kepadatan penduduk (antroposfer) sampe kecanggihan pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (Peta dan SIG) di Geografi SMA kan? Nah, berarti Geografi itu sebenernya belajar #GakHanyaBatu, dong.

Kedua, Geografi emang seluas itu karena sifatnya yang multidispliner. Apa tuh, maksudnya? Jadi, Geografi itu membutuhkan ilmu-ilmu lain untuk mengkaji bahasannya. Kenapa? Karena pada dasarnya geografi itu ilmu yang mempelajari persebaran segala fenomena yang ada di Bumi dan sekitarnya. Selama segala sesuatu hal itu ada di planet Bumi dan ada kaitannya sama planet kita ini, itu semua adalah bahasan Geografi. Jadi no wonder kalo geografi itu luas banget, kan?

Beredarnya anggapan-anggapan negatif di Geografi ini menurut tebakan gue adalah karena terlalu seringnya bahasan batuan diajarkan di kelas (bahasannya juga sering banget disinggung di awal-awal kelas X) DAN bikin kegiatan belajarnya jadi bosenin di kelas. Jadinya, elo udah keburu males dan kemakan sama asumsi ini duluan. Saran gue: BUANG JAUH-JAUH ASUMSI NEGATIF ITU, OK?

Persiapan SBMPTN Geografi

Terus, gimana dong buat siapin SBMPTN Geografi ini? Langkah pertama yang harus elo lakukan adalah ketahui ‘arena perang’  lo sebagai strategi seperti yang udah dijelasin di tulisannya Glenn. Ya, maksudnya selain elo harus tau soal SBMPTN itu kayak apa dan jenisnya seperti apa aja, elo juga harus tau persebaran topik yang sering keluar di SBMPTN Geografi ini.

Topik / MateriSBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
Hidrosfer31329
Litosfer22228
Atmosfer13217
Interaksi Desa-Kota11125
Biosfer30115
Negara Maju & Berkembang11114
Kependudukan01114
SDA11114
Hakekat Geografi11114
Peta11114
Penginderaan Jauh01012
Wilayah & Perwilayahan00112
Pembangunan Berkelanjutan00011
Bumi01001
Lingkungan Hidup00000
SIG00101


Okay. Kalo dilihat dari data di atas, kita bisa tau kalo kemungkinan materi Hidrosfer, Litosfer dan Atmosfer keluar di soal SBMPTN itu tinggi. Yang ngebedain itu paling cuma jumlahnya. Materi Interaksi Desa-Kota sama Biosfer juga bisa dikatakan sering dengan jumlah yang ga sedikit. Tapi, perlu diinget juga tuh kalo materi Peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) itu juga penting, dan kemungkinannya untuk muncul di soal juga tinggi. Meskipun SIG di data yang gue tampilin keliatannya cuma satu soal aja, tapi soal bahasan ini tuh saling berkaitan satu sama lain dan merupakan salah satu aspek penting untuk diuji di soal sekelas SBMPTN. Selebihnya sih, persebarannya agak tersebar gitu yah, jadi kadang muncul jadi soal di tahun sebelumnya dan kadang di tahun selanjutnya malah engga.

Jadi apa aja yang harus gue pelajari?

Nah, sebelum kita lanjut ke langkah mengenai strategi, di sini gue mau ngasih tau aja bahwa jangan terlalu fokus sama persebaran data mengenai bahasan mana yang sering keluar, nanti malah jadi kelamaan mikir strateginya. You just have to do it now or never! Hal ini dikarenakan tiap soal SBMPTN Geografi itu GAK SELALU mencakup satu materi bahasan. Akan ada beberapa soal yang bahasannya berkaitan satu sama lain dan gak akan cukup kalo lo jawab pake common sense karena risiko kejebaknya bakal tinggi. Sebagai contoh, lo bisa cek salah satu soal SBMPTN 2017, yaitu nomor 12, yang jawabannya itu memerlukan pemahaman mengenai Persebaran SDA, Atmosfer hingga Biosfer.

Okay, terus harus mulai dari mana, nih, belajarnya?

Menurut gue, soal SBMPTN Geografi memang agak dibanding yang lain dalam hal strategi belajar. Kenapa? Karena Geografi banyak banget menekankan analisis keterkaitan satu konsep dengan konsep lainnya. Well, gue gak akan bosen-bosennya bilang buat selalu kuasain konsep. Dengan lo ngerti konsepnya, lo bakal jadi termotivasi untuk belajar lebih dalem lagi. Urutan bahasan juga jadi penting karena ketika lo mau belajar pergerakan air laut misalnya, tapi lo masih ga paham sama konsep pergerakan angin, sih, itu bakal susah pahamnya. So, here you go! Gue akan sarankan beberapa bahasan yang penting buat SBMPTN Geografi ini.

1. Hakikat Geografi

Menurut gue bahasan ini tuh PENTING BANGET buat kerangka berpikir lo di geografi. Jangan remehin bab ‘pengantar’ ini karena bisa jadi gambaran umum lo dalam ber-Geografi ria. Gue harap dengan lo menghayati video ini, lo bisa beneran jatuh cinta sama Geografi yang sebenernya bahasannya tuh #GakHanyaBatu

2. Geosfer: Litosfer, Atmosfer, Hidrosfer, Biosfer, dan Antroposfer.

Nah, lapisan bumi atau Geosfer ini gue akuin memang banyak dan padat banget bahasannya. Tapi, berdasarkan pengamatan gue, soal SBMPTN tuh suka ngeluarin subtopik utama pada masing-masing bahasan di Geosfer ini (kecuali bab Litosfer dan Antroposfer yang unpredictable). Gue saranin benerbener perdalam subtopik ini biar lo mantap dalam ngerjain SBMPTN. Subtopik Atmosfer yang sering banget muncul di SBMPTN adalah mengenai Iklim Köppen dan penerapannya sama fenomena El Niño dan La Niña. Kalo subtopik Hidrosfer lebih ke bahasan mengenai Air Tanah sama serba-serbi tentang Laut. Selain itu, bahasan Biosfer lebih banyak bahas tentang konteks dari persebaran vegetasi dan hewan di Indonesia. Jadi, pastikan lo gak ngeskip subtopik di bab-bab itu, ya!

3. Geografi Praktik: Penginderaan JauhPeta, dan Sistem Informasi Geografis.

Setelah lo pelajari bahasan mengenai lapisan Buminya, alangkah baiknya lo langsung pahami perangkat analisis geografinya yang ada dalam bahasan Geografi Praktik ini. Bahasan topik-topik ini tuh agak kompleks, jadi gue sangat menyarankan untuk perdalam konsepnya dengan riang gembira. Bahasan ini ga punya subtopik khusus yang sering keluar tapi karena udah gue sebut di awal bahwasanya bahasan ini penting so, don’t ever to skip this!

4. Geografi Regional: Interaksi Desa-Kota, Wilayah, dan Negara Maju & Berkembang.

Untuk bahasan ini, gue saranin buat pahami secara mendalam mengenai konsep dasar dari Interaksi Desa-Kota terlebih dahulu. Biasanya, soal yang keluar di SBMPTN itu adalah penerapan dari bahasan ini, yang bakal ada kaitannya sama bab Wilayah. Jadi, kedua bab itu penting banget dipelajari konsep dasarnya sebagai konsep awal. Kemudian, soal tentang negara maju dan berkembang itu biasanya tricky karena lebih kepada pengetahuan umum alih-alih bahasan konseptual. Jadi, kalo di topik Geografi Regional ini, mending lo fokus di bahasan Desa-Kota sama Wilayahnya aja dulu. Sisanya lo bisa asah melalui latihan soal.

5. Sumber Daya Alam dan Pembangunan Berkelanjutan

Sebenernya bagian ini tuh lebih ke penerapan dan ga konseptual banget. Soal yang keluar juga nuntut lo untuk punya pengetahuan umum juga, sih. Saran gue, lo ada baiknya kencengin di bagian konsep Geosfer (karena biasanya berkaitan dengan penerapan dari bab tersebut), dan banyakin latihan soal tentang topik ini aja. Oleh karena itu, gue taro bahasan ini di ujung strategi belajar Geografi ini.

Latihan Soal

Nah, kalo lo udah  cukup mantap dengan kelima topik dasar tadi, lo udah bisa langsung hajar berbagai soal yang ada di zenius.net termasuk pembahasan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya buat mengasah pengetahuan Geografi lo. Inget, bahasannya jangan dihafal tapi perlu diasah lewat TO mandiri yang udah sering Glenn sebut di tulisannya. Buat pasokan soal-soalnya, bisa dicek di link di bawah ini. Monggo!

Simpulan

Gimana? Udah kebayang, kan? Materinya emang (hampir) semua yang ada di SMA itu keluar di SBMPTN. Simply karena bahasan Geografi emang banyak. sih. So, gue bikin poin kesimpulan kayak gini buat menutup tulisan gue:

  1. Logical framework di Geografi itu sangat penting. That’s why gue bikin hashtag #GakHanyaBatu sebagai ajakan kepada lo semua untuk perluas mindset lo tentang Geografi. Jangan kemakan asumsi duluan yang nganggep Geografi cuma belajar batuan doang. Geography is more beautiful than that!
  2. Tipe soal di SBMPTN Geografi itu tricky. Tipe-tipe soalnya nuntut lo buat menganalisis keterkaitan satu konsep dengan konsep lainnya. Jangan terlalu habiskan waktu lo buat mikirin materi mana yang bakal keluar paling banyak atau sedikit. Lo sebaiknya mulai belajar dari sekarang. Do it now or never!
  3. Pentingnya belajar dengan konsep secara matang sekaligus memerhatikan urutan bahasan yang strategis. Jangan andalkan common sense doang dalam menjawab soal-soal Geografi ini. Pahami k o n s e p ya, guys!

Finally, asalkan lo tau key points dari masing-masing bahasan dan bisa paham keterkaitan satu bahasan sama lain, sih, menurut gue SBMPTN Geografi lo bakal aman-aman aja! Mungkin ini debatable tapi merujuk dari pengalaman pribadi gue, kerjain aja yang gampang dulu dan yang bener-bener lo bisa kerjain. OK? Segitu dulu aja dari gue. Kalo lo punya pertanyaan, bisa langsung aja tanya ke gue ya. Good luck, para pejuang SBMPTN! ^^

 

—————CATATAN EDITOR—————

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya ke Rifad tentang persiapan SBMPTN Geografi, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.