Panduan Belajar Lengkap USBN dan UNBK SMP

Kompilasi tips belajar, materi belajar, latihan soal, dan pembahasan soal-soal tahun lalu dari USBN dan UN tingkat SMP.

Artikel ini dibuat khusus untuk kamu yang sekarang duduk di bangku kelas 9 SMP yang akan menempuh Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional. Buat kamu yang sekarang duduk di bangku kelas 9, tulisan ini wajib hukumnya untuk di-bookmark dan di-share ke semua temen-temen sekelas karena pada artikel ini saya akan membagikan info penting sekaligus bahan materi belajar untuk UN dan USBN, lengkap dengan pembahasan soal-soal dari tahun-tahun lalu.

 

Mekanisme USBN dan UN SMP tahun ajaran 2017-2018

Sebelum saya share bahan materi belajarnya, saya mau pastikan dulu kamu udah up-to-date tentang mekanisme USBN dan UN pada tahun ajaran yang sekarang (2017-2018). Ada beberapa kebijakan baru dari pemerintah pada tahun ajaran ini, yaitu sebagai berikut.

  • Hanya akan ada 2 tipe ujian, yaitu UN dan USBN.
  • Ujian Sekolah (US) dihapus.

Berikut beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui mengenai pelaksanaan Ujian Nasional (UN):

  • UN mencakup 4 mata pelajaran dengan standardisasi nasional.
  • Khusus untuk UN Matematika, akan ada 10% soal essay.

Sedangkan, ini adalah beberapa poin penting terkait pelaksanaan USBN:

  • USBN akan mengujikan seluruh mata pelajaran, termasuk yang sudah diujikan di UN.
  • 25% soal disiapkan oleh Kemendikbud + 75% disiapkan dari musyawarah guru.
  • 90% pilihan ganda + 10% essay.

Agar lebih mudah dibayangkan, kamu bisa lihat mekanisme UNBK & USBN SMP tahun ajaran 2017-2018 pada tabel di bawah ini:

Berdasarkan tabel di atas, kamu bisa lihat kalo semua pelajaran yang masuk ke UN, akan diujikan juga di USBN. Jadi kamu akan 2x ujian untuk matpel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

 

Jadwal USBN dan UNBK SMP 2018

Untuk jadwal pelaksanaan USBN, pemerintah memberikan kebebasan kepada tiap sekolah. Sekolah diperbolehkan menentukan jadwal USBN sebelum atau setelah UN, dengan pertimbangan guru telah menuntaskan kurikulum atau pembelajaran para siswanya. Terlepas sekolah kamu melaksanakan USBN sebelum atau sesudah UN, pemerintah memberikan rentang waktu pelaksanaan USBN SMP, yaitu antara 9 April – 12 Mei 2018.

Nah, Ujian Nasional SMP sendiri akan dilaksanakan di akhir April. Jadwalnya seperti ini:

 

3 Hal Penting Seputar USBN dan Ujian Nasional SMP

1. Faktor Penentu Kelulusan

Mungkin kamu udah pernah dengar lah ya, dalam 2 tahun terakhir, Ujian Nasional sudah bukan lagi menjadi faktor penentu kelulusan SMP. Berdasarkan kebijakan terbaru, berikut adalah beberapa faktor yang menentukan kelulusan siswa/i SMP untuk tahun ajaran 2017/2018:

  • Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
  • Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik
  • Mengikuti Ujian Nasional
  • Lulus USBN sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sekolah masing-masing

Coba liat deh poin 3. Jangan harap kamu bisa “nakal” ga ikut UN mentang-mentang nilai UN bukan lagi penentu kelulusan. Nilai UN memang bukan lagi penentu kelulusan, tapi “Mengikuti Ujian Nasional” adalah salah satu syarat supaya kamu bisa lulus. Kamu tetap harus “berpartisipasi” di Ujian Nasional.

Lanjut lihat poin 4. Berdasarkan kebijakan baru ini, nilai USBN jauh lebih berpengaruh terhadap kelulusan. Kamu bisa saja dinyatakan tidak lulus kalo nilai USBN kamu tidak mencapai kriteria minimal yang ditetapkan oleh sekolah.

2. Materi Ujian Nasional dan USBN untuk Ketiga Kurikulum

Secara umum, kisi-kisi soal UN dari pemerintah (SKL) bisa dikatakan SAMA untuk siswa yang menjalani 3 kurikulum yang berbeda, yaitu Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Revisi. Artinya, soal-soal UN nanti adalah irisan dari materi yang dipelajari dari 3 kurikulum nasional yang berjalan sekarang. Sederhananya, buat kamu yang menjalani Kurikulum 2013 ga usah pusing belajar materi K13 Revisi atau KTSP, begitu juga yang menjalani KTSP, ga usah pusing belajar dari materi K13 atau K13 revisi. Fokus saja dengan kisi-kisi dan materi yang sudah kalian pelajari selama SMP.

Untuk USBN sendiri, pemerintah merilis kisi-kisi per kurikulum, yaitu KTSP dan Kurikulum 2013. Jadi kamu ga perlu mengkhawatirkan kurikulum lain. Kamu pasti mengikuti USBN sesuai dengan kurikulum yang kamu pelajari di SMP selama ini.

3. Nilai USBN dan UN untuk PPDB SMA

Hingga artikel ini dimuat, belum ada pernyataan resmi dari pihak SMA mengenai nilai apa saja yang akan mereka lihat dalam Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA. Biasanya, pemerintah di tiap provinsi punya kebijakan atau dapurnya tersendiri untuk menentukan poin apa saja yang dipakai untuk menyeleksi calon peserta didik baru SMA.

Sebagai contoh, diambil dari informasi yang tertera di halaman Aturan PPDB DKI Jakarta di sini, berikut sistem seleksi PPDB DKI Jakarta tahun ajaran 2016-2017 lalu:

Pada tahun lalu, SMA-SMA se-provinsi DKI Jakarta menggunakan 4 poin di atas dalam menyeleksi calon peserta didik baru dengan urutan seperti di atas. Provinsi lain beda lagi lho aturannya. Ada yang melihat prestasi non-akademik. Ada yang melihat waktu pendaftaran. Ada yang memprioritaskan anak guru. Wah macem-macem deh.

Informasi di atas memang belum di-update dengan informasi terbaru. Saya rasa, informasi yang baru akan tersedia pas pengumuman UN, yaitu sekitar akhir Mei 2018. Namun, ada satu pelajaran yang bisa kita ambil di sini. Pada tahun lalu, Ujian Sekolah masih ada dan masih diperhitungkan dalam seleksi masuk SMA. Nah, prediksi saya sih, ketika tahun ini US sudah tidak ada, saya rasa sekolah akan melihat nilai USBN dan UN dalam seleksi masuk SMA.

Jadi jangan lengah di USBN dan UN kamu. Nilai yang kamu dapatkan di kedua ujian tersebut akan menjadi tiket emas kamu masuk ke SMA favorit yang udah kamu kejar selama ini.

Anyway, kalo kamu mau mempersiapkan strategi lebih awal untuk masuk SMA, kamu bisa simak artikel berikut:

>> 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Daftar PPDB SMA

 

Tips Belajar dan Pembahasan Soal Ujian Nasional SMP 2018

Selain soal mekanisme dan jadwal pelaksanaan, saya yakin kamu juga rada khawatir dengan tipe soal essay yang muncul di UN dan USBN.

"Gimana nih nanti soal essay di USBN dan UN? Soal pilihan ganda aja udah bikin bingung!"

Tenang, kamu ga perlu sepanik itu kok. Kenapa? Pertama, komposisi soal essay di USBN dan UN hanya 10%. Jadi, se-enggak bisanya kamu  ngerjain soal essay, kamu masih punya peluang ngejar nilai di 90% soal pilihan ganda. Kedua, soal essay di UN dan USBN ga akan menuntut kamu untuk menjawab panjang lebar. Soal essay di UN dan USBN hanya meminta kamu memberi jawaban isian singkat. Ketiga, kalo dari awal kamu belajarnya udah bener, mau bentuk soalnya diputer-puter kayak apapun, kamu ga perlu pusing. Kalo beneran paham dengan materi yang akan diujikan, kamu pasti bisa jawab. Intinya, kamu ga usah terlalu panik berlebihan menghadapi soal essay di UN Matematika nanti.

Secara umum, kisi-kisi USBN dan UN yang dikeluarkan pemerintah untuk semua mata pelajaran kurang lebih sama. Jadi, ketika kamu belajar USBN, kamu juga sekalian belajar buat UN. Begitu juga sebaliknya.

Nah, untuk persiapan UN & USBN SMA, saya akan membagi klasifikasinya berdasarkan mata pelajaran. Dalam setiap mata pelajaran, tercantum panduan belajar, materi belajar, dan pembahasan soal UN tahun-tahun sebelumnya. Kamu juga bisa download  PDF soalnya dengan mengklik tombol "Download Soal" pada bagian kiri atas halaman link-link di bawah ini.

PERSIAPAN UNBK / USBN SMP MATEMATIKA

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMP Bahasa Indonesia

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMP Bahasa Inggris

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMP IPA

Khusus untuk UN SMP IPA, tutor Zenius sudah membagi materi belajar dan pembahasan soalnya menjadi Fisika-Kimia dan Biologi. Pemisahan ini dilakukan mengikuti kisi-kisi UN SMP IPA dari pemerintah yang memang sudah terbagi menjadi Fisika, Kimia, dan Biologi.

****

Nah, demikian seluruh referensi dari Zenius untuk persiapan UNBK & USBN tingkat SMP 2018. Sepertinya referensi yang saya kasih di atas itu bisa dibilang lumayan lengkap untuk jadi patokan belajar mempersiapkan UNBK & USBN dengan cukup efektif dan tepat sasaran. Semoga kumpulan link di atas bermanfaat buat kamu semua, good luck yah ujiannya!

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Fanny tentang persiapan Ujian Nasional SMP, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Ayu Septiani

    Maaf kak, itu pembahasan USBN nya mana kak????
    Respond dlam bentuk apapun sangat saya harapkan dari kakak...

    • Fanny Rofalina

      Halo Ayu,

      Thank you ya udah komen.

      Untuk pembahasan USBN, memang kita belum punya. Karena soal USBN memang tidak universal karena sebagian besar soalnya disiapkan oleh musyawarh guru di tiap kota/kabupaten. Jadi ada banyak banget variasi soal USBN di lauar sana, mirip dengan soal UTS/UAS yang tergantung dengan kreativitas guru sekolah.

      Nah, tapi kita bisa lihat dari kisi-kisi USBN yang dikeluarkan pemerintah. Kisi-kisi USBN itu hampir mirip dengan UN. Jadi dengan mempelajari UN dan membahas soal UN, kamu udah sekaligus belajar buat USBN 🙂

      • Ayu Septiani

        Okee kak... Mkasih yaa kak udh di respon..

  • Sultan Fahri Alparizi

    Fanny nya darat gak

  • Sarah Damanik

    Kak.. Berarti point utk soal essay di USBN sama kayak point soal utk pilihan ganda?

    • Fanny Rofalina

      Hai Sarah,
      Iya sama.

  • Adi Mardani 13 Mey

    Mau tanya kak,
    Kalo USBN itu penting lebih penting mana sama UNBK???
    Kalo USBN kecil tapi UNBK nya gede apa ada pengaruhnya???
    Itu aja makasih.

    • Fanny Rofalina

      Halo Adi,

      Untuk kelulusan, lebih penting nilai USBN. Nilai UNBK ga terlalu dilihat.

      Tapi untuk masuk SMA, belum tentu. Sampai saat ini pihak SMA belum membeberkan kriteria yang mereka lihat untuk pendaftaran siswa baru masuk SMA. Bisa jadi nilai USBN dan UNBK sama pentingnya untuk PPDB. Bisa jadi enggak. Infonya baru rilis di awal Juni ini.

  • Black Hawk

    Fanny nya pro gak
    Kalo pro mabar yok

  • Hanif

    Kak.. kalau tentang soal hots gimana tuh ?