Persiapan Menghadapi UTUL UGM 9

Persiapan Menghadapi UTUL UGM

Artikel ini berisi informasi terkait jalur Ujian Mandiri UTUL UGM, dari prosedur pendaftaran, jadwal penting, hingga bahan materi belajar dan latihan soal yang lengkap. Bacaan wajib bagi yang ingin kuliah di UGM.

Oke, buat lo semua yang pengen masuk UGM, wajib hukumnya untuk baca artikel ini sampai tuntas. Gua mau ingetin lagi bahwa peluang masuk kuliah lo semakin besar, sangat direkomendasikan untuk tidak hanya mengandalkan jalur SNMPTN dan SBMPTN saja, tapi lo juga perlu mengikuti berbagai Ujian Mandiri yang diselenggarakan. Salah satu ujian mandiri yang setiap tahun dilaksanakan adalah UTUL UGM.

UTUL UGM adalah nama Ujian Mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai UTUL. Kelompok ujian tertulis akan terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek).
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran disesuaikan dengan program studi yang diambil. Mirip seperti SBMPTN ya? Untungnya begitu, jadi sambil lo belajar untuk SBMPTN, lo bisa sekalian belajar juga untuk UTUL UGM. Berikut ini adalah informasi nama program studi, paket ujian yang disyaratkan, serta daya tampung setiap jurusan di UGM.

Berikut adalah adalah beberapa informasi penting yang perlu lo ketahui seputar UTUL UGM.

Panduan belajar UTUL UGM

PERSYARATAN JALUR UTUL UGM 2019

  • Syarat Umum
    1. Warga Negara Indonesia.
    2. Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA, atau sederajat, atau paket C tahun 2019, 2018, dan 2017.
    3. Mempunyai sertifikat hasil UTBK.
    4. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  • Syarat Khusus
    1. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah.
    2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah. Ijazah/SKHUN/SKL wajib dibawa pada saat mengikuti ujian tulis.

PROSEDUR PENDAFTARAN UTUL 2019

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur ujian tulis berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah (upload) semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Lihat petunjuk pembayaran. [table id=38/]
  4.  Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
  5. Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian, sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.

PERHATIAN: Teliti ulang seluruh isian biodata, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran.

KELENGKAPAN DOKUMEN

Siapkan scan dokumen berikut ini untuk diunggah (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas).  [table id=39/]

JADWAL UJIAN UTUL 2019

[table id=40/]

Materi tes tertulis:

  1. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Soshum terdiri atas: Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi;
  2. Tes Potensi Akademik (TPA);
  3. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek terdiri atas: Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia;
  4. Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.

Untuk informasi selengkapnya, lo bisa cek di laman website resmi UGM di sini. Nah, informasinya udah, belajarnya gimana? Tenang, di zenius.net kami sudah persiapkan materi belajar kamu untuk menghadapi UTUL UGM.

Persiapan Materi UTUL UGM

Kumpulan soal UTUL UGM tahun lalu beserta pembahasan kunci jawabannya:

Kumpulan soal latihan & video pembahasan soal UTUL UGM

Nah, lewat link di atas, lo bisa download semua soal-soal UTUL UGM dalam bentuk pdf, GRATIS! Kalo lo ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma UTUL UGM aja, Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS, mulai dari SBMPTN, SIMAK UI, USM STAN dan banyak lagi. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalo lo mau download soalnya, lo bisa download aja di zenius.net ya!

Strategi Menghadapi UTUL UGM

Berikut adalah beberapa tips dari gue untuk menghadapi ujian mandiri yang tingkat kesulitannya bisa jadi lebih sulit dari soal-soal SBMPTN:

Tips 1 : Kerjakan soal ujian dengan tujuan untuk mendulang point sebanyak-banyaknya.

Kesannya ini sepele tapi banyak peserta yang lupa bahwa tujuan dari mengerjakan soal ujian adalah mendulang point sebanyak-banyaknya. Kalo dari sejak awal lo betul-betul paham dengan tujuan utama ini, maka semua proses pertimbangan dan keputusan lo dalam ujian jadi jauh lebih clear. Ini beberapa contoh keputusan yang didasari pemahaman bahwa tujuan itu untuk mendulang point:

  • Lo akan fokus mengerjakan soal yang mudah atau topik yang lo kuasai secepat mungkin. Dalam ujian pilihan ganda, bobot soal yang sulit dan soal yang mudah itu sama saja. Lebih baik lo fokus ke soal yang mudah lebih dahulu.
  • Jangan kelamaan buang-buang waktu ngulik 1-2 soal yang sulit. Dalam ujian, tidak jarang ada soal yang salah soal sehingga tidak ada jawabannya. Jangan sampai lo kelamaan buang-buang waktu untuk ngulik soal yang emang salah soal dan ga ada jawabannya.
  • Jangan asal nembak karena setiap soal yang salah itu ada point minus satu (-1). Lebih baik soalnya lo lewati/skip daripada main tembak-tembakan yang hanya akan mengikis point yang udah lo dapatkan di soal yang jawabannya pasti benar.

Tips 2 : Jangan ada mata pelajaran yang sengaja dikorbankan

Soal ujian seleksi masuk universitas memang sengaja didesain sedemikian sulit dengan waktu yang sangat terbatas, agar bisa menyaring calon mahasiswa yang benar-benar layak diterima. Artinya, soalnya memang didesain tidak mungkin bisa diselesaikan semua dengan durasi waktu yang disediakan. Jadi ga usah muluk-muluk berupaya ngerjain semua soal. Ingat tujuan utama dalam mengerjakan soal ujian seleksi adalah mendulang point sebanyak-banyaknya.

Tapi terlepas dari itu, banyak peserta ujian yang dengan sengaja mengosongkan satu section pelajaran yang mereka anggap tidak mereka kuasai. Misalnya, peserta ujian A hanya fokus belajar Matematika dan sains saja, tapi ga mau nyentuh soal Bahasa Inggris sama sekali karena memang dirinya merasa gak bisa bahasa inggris, jadi dia ingin fokus memantapkan nilai matematika dan sainsnya saja, tapi mengorbankan section pelajaran Bahasa Inggris. Ini strategi yang salah.

Coba lo bayangkan saja kalau lo berada dalam posisi rektor sebuah universitas. Apa yang lo inginkan dari para calon mahasiswa lo? Tentu lo akan membuat serangkaian tes untuk bisa menyeleksi calon mahasiswa yang layak dan memenuhi kriteria minimal untuk menjadi seorang mahasiswa di universitas yang berkualitas. Sekarang lo bayangin aja kalau lo sengaja mengosongkan section pelajaran bahasa Inggris, secara gak sadar lo memberikan pesan kepada pihak universitas bahwa lo sama sekali gak bisa berbahasa Inggris! Kemudian apakah lo berharap pihak universitas akan menerima calon mahasiswa yang gak memiliki kemampuan bahasa Inggris sama sekali? Tentu tidak.

Begitu juga dengan section pelajaran yang lain, seperti Saintek dan Soshum, mereka dibagi menjadi beberapa section dengan alasan tertentu, bahwa pihak universitas telah membuat kriteria standard bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di universitas tersebut. Dalam hal ini, Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu atau bahkan universitas terbaik di Indonesia. Tentu mereka menginginkan calon mahasiswa berkualitas yang betul-betul layak untuk berkuliah di UGM.

****

Nah, demikianlah informasi sekaligus panduan materi belajar dari Zenius untuk persiapan menghadapi Ujian UTUL UGM. Semoga kumpulan link dan tips di atas bermanfaat buat kamu semua, good luck yah ujiannya. Bagi lo yang juga sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti SIMAK UI atau USM STAN, lo bisa belajar juga di zenius.net:

Bagikan Artikel Ini!