Persiapan Menghadapi UTUL UGM

Artikel ini berisi informasi terkait jalur Ujian Mandiri UTUL UGM, dari prosedur pendaftaran, jadwal penting, hingga bahan materi belajar dan latihan soal yang lengkap. Bacaan wajib bagi yang ingin kuliah di UGM.

Oke, buat lo semua yang pengen masuk UGM, wajib hukumnya untuk baca artikel ini sampai tuntas. Gua mau ingetin lagi bahwa peluang masuk kuliah lo semakin besar, sangat direkomendasikan untuk tidak hanya mengandalkan jalur SNMPTN dan SBMPTN saja, tapi lo juga perlu mengikuti berbagai Ujian Mandiri yang diselenggarakan. Salah satu ujian mandiri yang setiap tahun dilaksanakan adalah UTUL UGM.

UTUL UGM adalah nama Ujian Mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Biasanya sih, hari ujian UTUL UGM ini sama dengan pelaksanaan Ujian SIMAK UI. Artinya, lo harus memilih salah satu di antara 2 ujian mandiri ini, alias lo ga bisa ikut dua-duanya.

Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis. Kelompok ujian tertulis akan terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek).
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran disesuaikan dengan program studi yang diambil. Mirip seperti SBMPTN ya? Untungnya begitu, jadi sambil lo belajar untuk SBMPTN, lo bisa sekalian belajar juga untuk UTUL UGM. Berikut ini adalah informasi nama program studi, paket ujian yang disyaratkan, serta daya tampung setiap jurusan di UGM.

Berikut adalah adalah beberapa informasi penting yang perlu lo ketahui seputar UTUL UGM.

PERSYARATAN JALUR UTUL UGM 2018

  • Syarat Umum
    1. Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri tahun 2018, 2017, dan 2016 atau lulusan ujian persamaan atau yang setara lainnya tahun 2017 dan 2016.
    2. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  • Syarat Khusus
    1. Pendaftar lulusan tahun 2017 dan 2016  harus sudah memiliki ijazah.
    2. Pendaftar lulusan tahun 2018 telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap sekolah yang sah.

 

PROSEDUR PENDAFTARAN UTUL 2018

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur ujian tulis berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah (upload) semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Lihat petunjuk pembayaran.
    Kelompok Biaya Pendaftaran
    Soshum Rp 300.000,-
    Saintek Rp 300.000,-
    Campuran Rp 325.000,-
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran Online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
  5. Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.

PERHATIAN: Teliti ulang seluruh isian biodata, perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran.

 

KELENGKAPAN DOKUMEN

Siapkan scan dokumen berikut ini untuk diunggah/upload (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas).

No Dokumen yang diunggah Format
1. Scan Ijazah (untuk lulusan 2017 dan 2016) atau Surat Keterangan Lulus/SKL (untuk lulusan 2018) PDF
2. Scan KTP/Kartu Keluarga PDF

 

JADWAL UJIAN UTUL 2018

Pendaftaran Online
Pembayaran Biaya Pendaftaran
Cetak Kartu Tes
Tes Tertulis
Pengumuman
21 Mei—25 Juni 2018
Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.
6 Juli 2018
8 Juli 2018
18 Juli 2018

Materi tes tertulis:

  1. Tes Potensi Akademik (TPA);
  2. Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU);
  3. Tes Kemampuan Saintek dan/atau Tes Kemampuan Soshum.

Untuk informasi selengkapnya, lo bisa cek di laman website resmi UGM di sini. Nah, informasinya udah, belajarnya gimana? Tenang, di zenius.net kami sudah persiapkan materi belajar kamu untuk menghadapi UTUL UGM.

 

Persiapan Materi UTUL UGM

Kumpulan soal UTUL UGM tahun lalu beserta pembahasan kunci jawabannya:

Strategi Menghadapi UTUL UGM

Berikut adalah beberapa tips dari gue untuk menghadapi ujian Mandiri yang tingkat kesulitannya bisa jadi lebih sulit dari soal-soal SBMPTN:

Tips 1 : Kerjakan soal ujian dengan tujuan untuk mendulang point sebanyak-banyaknya.

Kesannya ini sepele tapi banyak peserta yang lupa bahwa tujuan dari mengerjakan soal ujian adalah mendulang point sebanyak-banyaknya. Kalo dari sejak awal lo betul-betul paham dengan tujuan utama ini, maka semua proses pertimbangan dan keputusan lo dalam ujian jadi jauh lebih clear. Ini beberapa contoh keputusan yang didasari pemahaman bahwa tujuan itu untuk mendulang point:

  • Lo akan fokus mengerjakan soal yang mudah atau topik yang lo kuasai secepat mungkin. Dalam ujian pilihan ganda, bobot soal yang sulit dan soal yang mudah itu sama saja. Lebih baik lo fokus ke soal yang mudah lebih dahulu.
  • Jangan kelamaan buang-buang waktu ngulik 1-2 soal yang sulit. Dalam ujian, tidak jarang ada soal yang salah soal sehingga tidak ada jawabannya. Jangan sampai lo kelamaan buang-buang waktu untuk ngulik soal yang emang salah soal dan ga ada jawabannya.
  • Jangan asal nembak karena setiap soal yang salah itu ada point minus satu (-1). Lebih baik soalnya lo lewati/skip daripada main tembak-tembakan yang hanya akan mengikis point yang udah lo dapatkan di soal yang jawabannya pasti benar

Tips 2 : Jangan ada mata pelajaran yang sengaja dikorbankan

Soal ujian seleksi masuk universitas memang sengaja didesain sedemikian sulit dengan waktu yang sangat terbatas, agar bisa menyaring calon mahasiswa yang benar-benar layak diterima. Artinya, soalnya memang didesain tidak mungkin bisa diselesaikan semua dengan durasi waktu yang disediakan. Jadi ga usah muluk-muluk berupaya ngerjain semua soal. Ingat tujuan utama dalam mengerjakan soal ujian seleksi adalah mendulang point sebanyak-banyaknya.

Tapi terlepas dari itu, banyak peserta ujian yang dengan sengaja mengosongkan satu section pelajaran yang mereka anggap tidak mereka kuasai. Misalnya, peserta ujian A hanya fokus belajar Matematika dan sains saja, tapi ga mau nyentuh soal Bahasa Inggris sama sekali karena memang dirinya merasa gak bisa bahasa inggris, jadi dia ingin fokus memantapkan nilai matematika dan sainsnya saja, tapi mengorbankan section pelajaran Bahasa Inggris. Ini strategi yang salah.

Coba lo bayangkan saja kalau lo berada dalam posisi rektor sebuah universitas. Apa yang lo inginkan dari para calon mahasiswa lo? Tentu lo akan membuat serangkaian tes untuk bisa menyeleksi calon mahasiswa yang layak dan memenuhi kriteria minimal untuk menjadi seorang mahasiswa di universitas yang berkualitas. Sekarang lo bayangin aja kalau lo sengaja mengosongkan section pelajaran bahasa Inggris, secara gak sadar lo memberikan pesan kepada pihak universitas bahwa lo sama sekali gak bisa berbahasa Inggris! Kemudian apakah lo berharap pihak universitas akan menerima calon mahasiswa yang gak memiliki kemampuan bahasa Inggris sama sekali? Tentu tidak.

Begitu juga dengan section pelajaran yang lain, seperti Saintek dan Soshum, mereka dibagi menjadi beberapa section dengan alasan tertentu, bahwa pihak universitas telah membuat kriteria standard bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di universitas tersebut. Dalam hal ini, Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu atau bahkan universitas terbaik di Indonesia. Tentu mereka menginginkan calon mahasiswa berkualitas yang betul-betul layak untuk berkualiah di UGM.

****

Nah, demikianlah informasi sekaligus panduan materi belajar dari zenius untuk persiapan menghadapi Ujian UTUL UGM. Semoga kumpulan link dan tips di atas bermanfaat buat kamu semua, good luck yah ujiannya. Bagi lo yang juga sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti SIMAK UI atau USM STAN, lo bisa belajar juga di zenius.net:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Aksha Febryadi

    Kak Glenn, Calon mahasiswa 2018 kayaknya lagi pada heboh nih kak. Twitter Sekretariat SBMPTN bilang kalo penilaian nya bakal beda dari tahun-tahun sebelumnya. Ada kategori soal mudah, menengah dan sulit. Tapi, akun twitter SIMAK UI malah sebaliknya. Dia bilang tahun ini gaada sistem pengurangan point. Gimana nih tanggapan kak Glenn?

    • @yordanilham

      Iya nih, malah beredar kabar ada yang +9 juga

      • Aksha Febryadi

        kalau +9 gapapa deh anggep aja kalo bener di soal itu hoki abis. Tapi kalo kita kejebak nih, kita nganggep soal itu kategori soal mudah, tapi ternyata masuk kategori soal sulit dan kita jawabnya salah. Langsung dapet -5 kita. Kurang greget apa coba? wkwkw

  • @yordanilham

    Kak kalau untuk saat ini, mending fokus ngerjain soal yang banyak atau masih belajar materi?

  • Zenitha Bernoulli

    maaf oot bang
    bang bahas strategi baru dongg buat pengerjaan(?) SBMPTN tahun ini.
    https://uploads.disquscdn.com/images/6dca00a0f5dc05651634b6c1fdb53041f639d19253fc6420475aa1b3652eebaa.jpg

    • Oke, nanti akan kami agendakan

      • Zenitha Bernoulli

        makasih bangg 🙂

  • Trixie Marsya R

    Kak, bahas tentang sistem penilaian baru sbmptn dong beserta strateginya. Bingung nih gimana ngerjainnya, mau gamau harus ngisi semua karena udah gaada nilai minus. Huaaah takut tinggal 20an hari lagi 🙁

    • Nanti akan kami buat blognya ya, ditunggu 🙂

      • Ke-Ambiguan Logis

        cepettt kak cepettt

  • Gharisa Nur Alam

    ka maunnanya kalo di ujian2 mandiri, penilaian nya berubah juga ga sama penilaian sbm taun ini? atau segimana kebijakan per univ nya?

    • sejauh ini yang secara lisan bilang mengikuti perubahan penilaian SBMPTN baru SIMAK UI. Ujian Mandiri yg lain belum ada statement apa2

  • Fatwah Inna

    kaaak, strategi terbaru SBMPTN 2018 dong!!

  • Yolanda Oktavia

    baru banget mau request tentang penilaian sbmptn yg baru, eeh ternyata udah ada yg request 😀
    iyaa kak bener bingung banget nih jadi gatau mau seneng apa sedih sama sistem penilaian yg baru ini ga ada sistem minus berarti boleh ngasal(?) atau isi aja semuaaa(?) tapi kalo kebanyakan salah soal sulitnya tamat dong:( soalnya yang soal mudah udah ga berarti.. terlalu surprised banget sih ini soalnya udh tinggal sebulan lagi baru diumumin:(;(

  • Anatasya Tata

    Kak, tolong buat artikel buat penilaian SBMPTN tahun ini. Sumpah aku kaget antara kasihan karena kakak kelas 12 tiba2 baru dikasih tahu sama metode penilaiannya sama sedih soalnya bisa jadi metode penilaiannya digunain pas SBMPTN angkatanku :"( tapi klo seandainya gk ada nilai minus, kita bisa main nembak aja dong jawabnya 😀

  • Frans Bastian

    Kak Glen tolong bikin artikel tentang analisis dan strategi zenius perilhal sistem Penilaian terbaru SBMPTN 2018 dong kak. Makasihh ^_^

  • Rtn. Ima

    kak, utul ugm/um lainnya juga ngilangin sistem (-) ga? atau bisa jadi iya?

    • Fanny Rofalina

      Hai Ima,
      Gue bantu jawab ya.

      Yang jelas, SIMAK UI mengikuti sistem penilaian SBMPTN yang baru. Kalo UTUL UGM, sampai saat ini belum ada konfirmasi apa-apa dari pihak UGM. Ada kemungkinan UGM juga ngikut. Kita stand by aja ya mendengar pemberitaannya.

  • nurul muthmainnah

    ka glen, saya lulus di UB jurusan pend. teknologi informasi tapi akredeitasi jrsnnya c, mau daftar sb syang. Critanya mau daftar stan sisa nunggu persetujuan menurut ka glen itu gimana ya? krg sreg sama jurusan snmptn

  • Wijining Putri

    utul nilai salahnya -1?

    • Fanny Rofalina

      Hai Wijining,
      Gue bantu jawab ya.

      Sampai saat ini belum ada konfirmasi apa-apa dari pihak UGM apakah mereka ikut sistem penilai baru seperti di SBMPTN atau tidak. Ada kemungkinan UGM juga ngikut. Kita stand by aja ya mendengar pemberitaannya.

  • Aldi Patria

    Kak glen, mau nanya
    Apakah ada syarat ikut UTUL UGM bahwa pada pilihan SBMPTN harus ada pilihan prodi di UGM?

  • aryani n h

    Kak, mau tanya tingkat kesulitan soal utul itu gimana dibanding sama sbmptn atau simak ui?

    • Fanny Rofalina

      Kalo dengar2 cerita dari para tutor sih, tingkat kesulitan soal UTUL mirip dengan SBMPTN.
      Kalo SIMAK, emang lebih susah daripada UTUL maupun SBMPTN

      • Khopipah Kh

        Kak mau nanyak nih? Aku ambil jurusan akuntansi, agribisnis sama menejemen terakhir dalam 1 universitas 3 jurusan? Gppkan? Ga akan berpengaruh sama keterimanya nanti? soalnya aku taruh menejemen terakhir. bagaimana?
        Mohon jawabannya

  • Alif Putra Dewantara

    Wah, agak gawat nih kalo tesnya diadain tanggal 8 Juli.
    Persaingan UTUL bakal lebih sengit, karena kita bakalan punya waktu belajar yang jauh lebih panjang dari UTUL tahun kemaren, yang berarti persiapan buat pahamin soal jadi lebih matang.
    Selain itu, hal ini bakalan buat bingung orang2 yang pilihan SBM-nya UGM macam gw, karena kalo udah diterima di UGM lewat SBM, untuk apa ikut UTUL? Sayang juga duit buat pendaftaran plus ongkos (Pengumuman SBM: 3 Juli 2018)

    • Satrio Wistara

      That's called Ikhtiar

  • Farraas Razaan

    kak itu kuota/daya tampung yang ada di link UM UGM itu murni buat jalur mandiri saja atau total daya tampung?

  • Satrio Wistara

    Kak screenshot ttg skema penilaian SBMPTN oleh bimble "tetangga" itu bener gak si kak Glen? masalahnya timpang banget nilai akhir nya. yang jawab salah tidak lebih bagus nilainya daripada yang ngosongin soal. lah kalo kek gini mah apa beda nya sama sistem penilaian sebelumnya? malah sistem yang baru ini menurut gue penilaian minus nya jadi sistem minus kuadrat (yang jawabanya salah). tolong dong kakak2 Zen bantu klarifikasi perihal penilaain baru sbm yang bikin kita gak mau makan :'(
    https://uploads.disquscdn.com/images/650b1fb1ad59d9a9d2f699d1f18e508441543f2ca848e8a7056715afc2bf796b.jpg

    • Erfrans MB Vgb

      bener bro buat bingung aja ya, tapi kayaknya di website resminya kayanya belum ada klarifikasi

    • Fanny Rofalina

      Hai Satrio,

      Tim Zenius udah aware kok dengan screenshot itu. Sabar ya, kak Wilo lagi menulis artikel tentang sistem penilaian baru ini. Hopefully artikelnya bisa naik wiken ini 🙂

  • Rahma

    Ka, kata segelintir orang kalau ikut um itu terkesan 'maksa' itu bener gasih? Terus kalau untuk ntar biaya kuliahnya bakal semahal swasta?

  • Erfrans MB Vgb

    untuk tempat tesnya dimana aja ya bang?

  • Hamba Allah

    Biaya kuliah lewat UTUL mahal gak si zen di UGM.?

    • Zulfikar Setyo Priyambudi

      Gw bantu jwb wkw. Utk ukt utul sama sbmptn sama aja. Gak ad uang pangkal / uang gedung. Kl mau liat ukt nya ugm bisa liat di web nya um.ugm.ac.id

  • Umi Mj

    Kak Glenn mau tanya dong penting banget.
    Gue dari SMK kebetulan kemaren ga bisa ikut snm jurusan teknik sipil di UGM karna di webnya keterangan cuma nerima dari SMA/MA ipa. Nah di SBM kan gak mandang dari mana sekolah gue berasal, gimana kalo di UTUL kak? Apakah gue yang dari SMK bisa milih teknik sipil ugm? 😥🙏

    • Satrio Wistara

      Jangankan dari SMK, dari paket C (IPA & IPS) aja banyak yang masuk top 3 University bro lewat jalur UM. yang penting lo lulus pada saat ujian tulis Saintek nya [dalam hal ini jurusan yg lo pilih Teknik Sipil]

      • Umi Mj

        Mungkin mereka milih jurusan yang nerima dari paket C IPA& IPS mas
        Krn gue udah bulet dengan ftsl ugm. Tapi di webnya cuma kasih keterangan gitu. Kan galao jadinya

  • Khopipah Kh

    Kak mau nanyak nih? Aku ambil jurusan akuntansi, agribisnis sama menejemen terakhir dalam 1 universitas 3 jurusan? Gppkan? Ga akan berpengaruh sama keterimanya nanti? soalnya aku taruh menejemen terakhir. bagaimana?
    Mohon jawabannya

    • Ikhsan Rahmadsyah

      kak jumlah soal tiap mata pelajaran berapa yaa tolong jelasin dong 😉

      • Khopipah Kh

        30 soal

  • Ikhsan Rahmadsyah

    kak jumlah tiap soal di utul ugm berapa ya tolong jelasin dong 🙂

  • obul izat

    Kak, Biaya kuliah lewat jalur UM/ Utul UGM itu gimana sih ka ? Sama aja atau lebih mahal, nah kan sesuai UKT, UKT nya itu sama aja sama jalur lain atau emang jalur UM lehih mahal ? Tolong yang tahu jawab ya penting soalnya

    • obul izat

      Di jawab ya