Kenapa Menguasai Bahasa Inggris itu Penting?

Belajar Bahasa Inggris banyak manfaatnya. Artikel ini membahas alasan mengapa menguasai Bahasa Inggris sangatlah penting untuk masa depan kamu.

Selama ini pasti seenggaknya kamu pernah belajar bahasa Inggris, entah itu dari pelajaran sekolah, ikut kursus, atau belajar sendiri via twitter atau website tertentu.

Ada yang tujuannya untuk sekedar pengen lulus ujian, ada yang mungkin karena kepengen kuliah di luar negeri, ada yang karena hobi baca, ada yang karena suka dengan aksen British, ada yang merasa lebih nyaman nulis dalam bahasa Inggris, dan lain-lain. Kamu gimana?

Kalo dulu pas pertama serius belajar bahasa Inggris itu pas SD, didaftarin les sama orang tua, katanya penting buat nanti kuliah sama nyari kerja. Pas SMP dan SMA ketemu temen-temen yang hobi baca dan ternyata kalo baca novel bahasa Inggris yang ga diterjemahin itu jauh lebih seru. Trus kalo dengerin lagu bahasa Inggris jadi  lebih bisa menghayati lirik deh hehehe. Pas kuliah, ada seminar yang disampaikan dalam bahasa Inggris, jurnal untuk bahan skripsi juga kebanyakan dalam bahasa Inggris. Seru yang didapet dari belajar bahasa Inggris jadi bikin semangat buat benahin grammar, buat nemu kata-kata baru pas lagi baca, dan pastinya jadi bikin lebih gampang buat dapetin informasi.

Nggak masalah sih apa pun itu, alasannya kita belajar bahasa Inggris, tapi perlu tau juga nih, kenapa sih sebenernya menguasai bahasa Inggris itu penting? Bahkan ada beberapa pihak yang bilang kalo belajar bahasa inggris itu WAJIB BANGET deh buat sekarang ini..

Nah, mungkin ada beberapa orang di luar sana yang bilang alesannya macem-macem, tapi menurut kita bahasa Inggris itu penting banget karena sekarang ini salah satu kekuatan yang paling penting untuk dimiliki oleh setiap adalah INFORMASI. Nah, sekarang untuk mendapatkan informasi itu, kita punya banyak akses terutama dalam bentuk digital, masalahnya informasi yang bisa kita tangkep itu adalah sebatas sejauh mana kita menguasai banyak bahasa di dunia ini. Ludwig Wittgenstein pernah bilang : "The limits of my language means the limits of my world", disini kita setuju banget bahwa dunia kita dibatesin dengan sejauh mana kita menguasai bahasa. Nah, masalahnya, sekarang ini bahasa Inggris bisa kita bilang sebagai "portal" untuk mendapatkan banyak informasi.

Di era sekarang ini, sumber informasi itu banyak banget yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Kayak di internet misalnya, kita ambil contoh Wikipedia. Menurut data akhir tahun 2012 artikel dalam bahasa Inggrisnya mencapai angka 4.000.000 kalo dalam bahasa Indonesia cuman 200.000-an aja.
Beda jauh ya? Belom lagi textbook, e-book, dan jurnal. Itu baru dibandingin secara kuantitas, belum kualitas.

Nah, ketika kita sulit dalam mengakses informasi, apalagi ilmu yang terkini, kita akan merasa terhambat banget dalam belajar. Misal, kamu lagi penasaran akan suatu hal, ambil contohnya penasaran tentang evolusi, atau mau cari tau tentang suatu penyakit, atau mau sekadar ngerjain tugas sekolah, trus pas nyari-nyari di internet, eh kebanyakan dalam bahasa Inggris dan karena nggak bisa bahasa Inggris, kamu jadi males. Di situlah, saat di mana kamu menghambat diri kamu sendiri!

Nah, jangan dianggap sepele nih soal sumber informasi ini. Sebelumnya, kamu udah pernah baca tentang "Pentingnya Science dalam Pendidikan" dan "The Virtue of Liberating Education"? Disitu Sabda dan Wisnu bahas bahwa logika dan cara berpikir kritis itu penting banget buat ningkatin kualitas hidup kamu, dan untuk mendapatkan banyak informasi yang berkualitas buat jadi dasar pengetahuan ilmiah aja kamu masih terhambat karena kendala bahasa, gimana kamu bisa ningkatin potensi kamu ?

Sekarang ini, sumber pengetahuan ilmiah itu didukung oleh adanya internet. Masalahnya informasi yang banyak banget itu, kebanyakan ditulis dengan bahasa Inggris. Nah, gimana juga kita mau nerapin kemampuan berpikir kritis kalo untuk dapetin informasinya aja setengah-setengah karena terhambat bahasa. Padahal, berpikir rasional ini penting lho buat kita dalam mengambil keputusan.

internet-1

"Kok kesannya gembor-gemborin banget sih belajar inggris? Nggak nasionalis deh." Kira-kira sering nggak nih kita denger komentar gini? Menurut kamu, gimana?

Skripsi para sarjana yang harusnya merupakan pencetus gagasan untuk memajukan pengetahuan sumbernya aja masih banyak yang dalam bahasa Inggris. Kalo kita mempublikasikan hasil penelitian yang bisa bermanfaat buat khalayak umum, misal tentang obat AIDS atau perawatan kanker, dalam bahasa Inggris pastinya lebih banyak orang di luar Indonesia yang bisa tau dan bisa membantu mengembangkan hal tersebut. Dengan menguasai Bahasa Inggris, nggak cuma kita bisa dapet sumber informasi berkualitas, kita juga bisa mempublikasikan karya kita.

ideas

Setelah penjelasan tadi kira-kira menurut kamu gimana? Enakan jadi orang cerdas dan bermanfaat apa tertutup dan ga maju-maju? Belajar bahasa Inggris bukan berarti bilang Bahasa Indonesia lebih ga guna ataupun supaya kamu berhenti pake bahasa daerah. Berpikiran sempit itu bahaya dan lagi-lagi dengan belajar bahasa Inggris, kamu bisa baca lebih banyak dan bisa denger lebih banyak.

Selain betapa pentingnya menguasai bahasa Inggris seperti yang disebut tadi, banyak juga manfaat lainnya ketika kita mampu berkomunikasi dengan bahasa lain selain "bahasa ibu" (bahasa Indonesia). Verbal skills merupakan salah satu fundamental skills dari jenis pengetahuan. (Kamu bisa baca lengkapnya di "Three Kinds of Knowledge”). Seseorang yang bilingual cenderung mempunyai IQ lebih tinggi dan apabila telah fasih dalam dua bahasa akan lebih mudah mempelajari bahasa asing lainnya. Penguasaan bahasa asing juga membantu kita mengerti konsep yang lebih kompleks.

Banyak keuntungannya dalam keseharian yang bisa kamu dapetin kalo kamu menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Mulai dari dapetin berita internasional terkini, bisa diskusi dengan lebih seru di suatu forum internasional, bisa tonton banyak kursus online, bisa dengan pede ngobrol dengan foreigners, bisa eksplorasi banyak buku-buku menarik dalam bahasa Inggris, bisa ngerti nonton film-film keren tanpa subtitle, bisa lebih mudah dalam ikut tes seperti TOEFL dan A-Level, banyak deh.

Karena penguasaan bahasa Inggris sepenting itu dan banyak manfaatnya, makanya ada Zenius English. Supaya kamu bisa enjoy dalam belajar bahasa Inggris dan semakin tertarik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Niatnya sih, supaya kita jangan males buat terus mengasah skill bahasa Inggris, soalnya kalo jarang digunain bisa menurun nih kemampuan kita, sayang banget kan.

O ya, kamu juga boleh lho share pengalaman kamu belajar bahasa Inggris atau alasan kamu tertarik belajar bahasa Inggris. Kamu bisa langsung post comment di bawah tulisan ini. Siapa tau kita bisa saling motivasi satu sama lain, okeeii?  🙂

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Vivian H. Afifa

    Setuju banget kalo skg ini skill bahasa inggris tuh perlu banget. Saya sendiri suka belajar bahasa inggris karena saya seneng denger lagu2 berbahasa inggris juga menonton film. Ditambah lagi ketika saya sempat masuk kursus ketika sma, saya semangat banget apalagi ketika waktu belajar sm native speaker. Menurut saya, belajar bahasa inggris itu bukan sebuah tuntutan tetapi lebih ke pelengkap hobby saya. Maka dari itu gak ada sama sekali merasa terpaksa belajar bahasa inggris. Sejak itupun saya mulai senang baca2 buku/ majalah berbahasa inggris dan mulai senang nulis di blog pake bhs inggris karena selain untuk melatih writing skill kita juga saya memang lebih nyaman. Ketika nanti di perguruan tinggi pun TOEFL adalah salah satu syarat untuk lulus nanti, bahkan di beberapa perguruan tinggi ada yang mengadakan test TOEFL di awal masuk kuliah. Bagi yang gak belajar mendalam mungkin akan lebih susah apalagi mengejar dalam waktu beberapa hari itu tidak mungkin. Saran saya, nggak ada kata terlambat untuk belajar oleh karena itu khusus untuk adik2 di bangku smp/sma bisa mulai mengasah skill bahasa inggris sedini mungkin. Jika perlu ikut kursus, ikutilah agar pembelajaran kalian bisa lebih maksimal 🙂

    • Alvina Larisa

      Iya, makin sering baca, makin sering nulis, pasti makin penasaran ya buat belajar kata-kata baru, buat ngerapihin grammar juga hehe. 🙂
      Betul banget, ga ada kata terlambat tapi ga ada salahnya mulai lebih awal.
      Thank you ya udah sharing, seneng kalo ada yang emang suka bahasa Inggris dan juga sadar pentingnya penguasaan bahasa asing.

  • M Y U

    Kalau mau lihat dunia, disamping skill kita saat ini, bahasa inggris juga salah satu pintu kesana.

    • Alvina Larisa

      betul banget! buat dapet banyak info. Mulai dari ilmu pengetahuan, berita, sampe hiburan. trus kalo misalnya mau jalan2 banyak banget kan blog travel atau tips2 backpacking yangg ditulis dalam bahasa Inggris. Kalo kita share sesuatu dalam bahasa Inggris juga jadi ga terbatas yang bisa baca, orang-orang bule juga bisa ikutan sharing hehe.

  • yoga

    Iye bener.. aku lebih suka denger lagu bahasa inggris dan lebih enak nulis2 sesuatu dala bhasa inggris.. lebih nyaman aja.

    • Alvina Larisa

      Kata-kata dalam bahasa Inggris emang banyak yang bagus-bagus kok hehe. Makanya seru aja kalo nemu kata-kata baru pas baca buku, ato nebak-nebak arti lirik lagu.
      Cuman bukan berarti dalam bahasa Indonesia ga bagus, sastra Indonesia ga kalah seru lho. 😉

  • Handika Mahesa

    apa aja sih yg harus dilakuin spaya cepet bisa bahasa inggris selain memperbanyak vocab ?? apaharus ngafalin grammar nya ??

  • Dwi Kurniawan

    bener banget,, saya pengen bisa komunikasi dengan orang " di negara" lain, karena bahasa inggris itu bisa di bilang bahasa pemersatu, yang mayoritas bahasanya banyak di pakai orang" di negara" manapun.
    terutama sekali buat kuliah di luar negeri 🙂

  • Jadi ingat dengan Gayatri, Duta Asean di bidang anak dari Indonesia yang mampu menguasai 11 bahasa secara otodidak. Keterbatasan materi tidak menjadi halangan untuk menguasai bahasa asing, dia hanya mendengar lagu dan menonton film asing, kemudian dia terjemahkan melalui kamus.

  • Riri Aplus

    hmmzz... setuju bangetz tuh... bahasa inggris penting banget,tapi kadang aku sering di katain ga cinta indonesia gara2 sumringah tiap kali ada sesuatu yang berhubungan sma bahasa inggris,dulu waktu masih kelas 7 and kelas 8 SMP aku kesulitan belajar bahasa inggris gara2 gurunya cuma tau ngasih soal doang,sekarang karna di kelas 9 gurunya bukan guru itu lagi,jadi aku lebih mudah ngertinya.soalnya guru yang sekarang S1 jurusan bahasa inggris,aku jadi tambah seneng deh sama bahasa inggris.apalagi aku kan suka bangetz tuh sama yang namanya lagu korea,biasanyakan ga ada translate indonesia,cuma translate bahasa inggris doang.dari situ aku mulai rajin buka kamus,beli alfalink,eh... akhirnya malah ketagihan pengen belajar bahasa inggris lebih dalam lagi.ga ada alasan khusus kenapa aku suka bahasa inggris,tapi yang jelas aku pngen bangetz bisa lancar ngomong bahasa inggris.aku harap dengan bergabungnya aku di zenius.net ini bisa bikin bahasa inggrisku makin berkembang. 😉

  • Dina Alfitri Charina Risman

    sedikit curhat, pertama kali belajar b.ing itu ya kelas 3 sd dan itu udah senang pake banget 😀 bisa ngomong good morning etc sm orangtua dan temen2, dan smpi sekarang bersyukur b.ing adlah salah satu mapel favorit saya. walaupun faktanya aksen saya masing sangat kurang, vocab pas-pasan dan fatalnya grammar yg low bgt. tapi dibalik itu saya menikmati, menikmati utk terus belajar dan mengasah. yah setidaknya sedikit senang kalo temen sering nanya ke saya tentang translate ataupun sering dijadikan korban kalo ado discussion english dikelas -,- krn sering dengerin lagu taylor swift beserta kawan2lah kadang saya jadi bisa lebih tau tentang pelafalan suatu kata, btw aksen British itu bisa dibikin atau muncul dg sendirinya ga ka ? -,,-

  • budianto

    saya dari sekolah SMAN 1 moro dengan ini saya ingin meminta izin untuk mengambil artikel ini untuk menjadi bahan pembelajar Notula

    • Glenn Ardi

      Boleh, tapi tolong pastikan diberikan keterangan sumber dengan alamat url artikel ini. Thanks

  • Sri Murdiani

    Gue pingin banget jago bahasa inggris bust persiapan daftar univ luar negeri, dan biar bisa nfakses informasi yang lebih luas dan berkualitas. Intinya apa yang diomongin di tulisan ini alasan gue banget buat belajar bahasa inggris, so keep going and fighting...