Pembahasan Soal Ujian Nasional SMA 2017

Berisi PDF soal UNBK SMA 2017 yang dapat diunduh gratis plus video pembahasan soal ujian nasional untuk semua mata pelajaran yang diujikan di UNBK SMA 2017.

Hai hai.. Sesuai judulnya, Zenius mau bagi-bagi link KOMPLET berisi video pembahasan soal UNBK SMA 2017! Selain video, ada juga file pdf soal yang bisa lo unduh gratis tis tis..

Buat lo yang sedang duduk di kelas 12 SMA, sebelum lo sekedar simpan atau bookmark url artikel ini, ada baiknya lo merenungi kehidupan jadwal kegiatan kelas 12 yang bisa lo lihat di artikel ini:

Timeline Kegiatan Kelas 12: Kenapa Lo Harus Belajar SBMPTN dari Sekarang

 .

Kebayang kan betapa super sibuknya kegiatan lo di kelas 12. Oleh karena itu, lo akan sangat diuntungkan kalo bisa menyicil belajar UNBK dari sekarang! Jangan cuma nunggu sampai satu sekolah mulai sibuk persiapan UNBK. Kenapa gitu? Karena UNBK bukanlah akhir dari perjalanan lo sebagai siswa SMA. Kalo lo mau naik tingkat dan menyandang gelar mahasiswa, lo masih harus menghadapi berbagai seleksi masuk universitas. Daann, soal seleksi masuk universitas itu umumnya berkali-kali lipat jauh lebih susah daripada soal Ujian Nasional sehingga menuntut persiapan yang jauh lebih matang daripada persiapan Ujian Nasional.

Buat yang masih santai dan denial kalau dirinya udah kelas 12, saatnya sadar! Cerahkan masa depan lo dimulai dari sekarang.

Nah, lo bisa mulai menyicil persiapan UNBK dengan mengerjakan soal UNBK tahun lalu. Coba lo raba tingkat kesulitan soalnya. Dari situ, lo bisa memetakan pemahaman materi serta menyusun strategi dan jadwal belajar menghadapi berbagai ujian di akhir tahun ajaran. Kuy, langsung aja intip satu per satu soal sekaligus pembahasan UNBK SMA 2017.

PEMBAHASAN SOAL UN SMA 2017

*****

Kalo lo merasa ngerjain soal UNBK 2017 masih belum cukup, nih Zenius sediakan pembahasan soal UN dari tahun-tahun sebelumnya di zenius.net:

Oiya, berhubung pendidikan Indonesia sekarang dengan tiga kurikulum yang berbeda (KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Revisi / Kurikulum Nasional), gue rasa bakal masih ada aja yang bingung,

“UNBK 2018 nanti pake kurikulum apa ya?”

Nah, untungnya tiap tahun pemerintah selalu mengeluarkan kisi-kisi Ujian Nasional. Untungnya lagi, para tutor Zenius yang kece akan membuat artikel khusus di Zenius Blog berisi panduan belajar UNBK 2018 yang akan disesuaikan dengan kisi-kisi atau SKL yang dikeluarkan pemerintah. Tunggu aja tanggal mainnya. 😉

Oke deh, semoga latihan soal di atas cukup untuk membantu lo mulai belajar. Ga bosan-bosannya gue mengingatkan, jangan hanya menghafal tipe soal, tapi pahami juga konsep materinya. Dengan begitu, lo bisa mengandalkan pemahaman tersebut ga cuma di UNBK aja, tapi juga di SBMPTN, bahkan di dunia kuliah. Selamat belajar ya 🙂

CATATAN EDITOR

Jika ada di antara kamu yang ingin ngobrol atau diskusi dengan Kak Fanny terkait konten materi Ujian Nasional di zenius, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.