Pembahasan Soal SBMPTN 2017

Berisi daftar lengkap PDF soal yang bisa diunduh gratis beserta video pembahasan soal SBMPTN 2017 untuk semua kelompok ujian.

Dari 797.738 peserta yang mengikuti seleksi SBMPTN 2017, hanya 148.066 peserta yang dinyatakan lolos atau cuma sekitar 18,56% yang akhirnya bisa menyandang gelar "maha"siswa. Faktanya, persentase kelulusan SBMPTN skala nasional tiap tahunnya hanya 15-18%. Untuk tahun 2017, berarti ada 649.672 peserta SBMPTN yang harus menelan pil pahit kegagalan di jalur ini untuk mendapatkan kursi di PTN pilihannya.

Buat lo yang sekarang masih duduk di kelas 12 atau para alumni yang menyimpan dendam pada SBMPTN 2017 lalu, mungkin agak penasaran dengan tipe soal seleksi universitas skala nasional yang telah menggugurkan hampir 650.000 peserta tersebut. Nah, artikel Zenius Blog kali ini akan mengupas tuntas semua soal SBMPTN 2017, lengkap dengan pdf soal yang bisa kalian donlot GRATIS dan video pembahasan setiap nomornya. Buat lo yang punya tekad bulat untuk mengikuti seleksi SBMPTN 2018, artikel zeniusBLOG kali ini hukumnya sakral banget! Pokoknya sangat-sangat direkomendasikan untuk membaca, bookmark atau minimal catat url-nya supaya nanti lo masih bisa balik ke artikel ini.

TKPA SBMPTN

 

TKD SAINTEK SBMPTN

 

TKD SOSHUM SBMPTN

****

Latihan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya adalah awalan yang bagus supaya lo bisa mulai meraba tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN. Terus, lo juga jadi dapat gambaran sudah sejauh mana lo siap atau tidak siap menghadapi SBMPTN.

Tapi jangan keburu patah semangat duluan ya melihat susahnya soal dan tingkat persaingan SBMPTN. Gue mau kasih kabar baik nih. Setiap tahunnya, Zenius menyebarkan survei melalui media sosial pada H+1 pasca-SBMPTN. Melalui survei ini, kita bisa melihat seberapa banyak pengguna produk Zenius yang berhasil masuk kampus impiannya di Pilihan 1, 2, 3 SBMPTN atau bahkan ga keterima sama sekali. Berdasarkan survei Zenius tahun ini (2016/2017), kami memperoleh data sebagai berikut.

Lumayan banget kan. Sample data menunjukkan bahwa Zenius berhasil mendongkrak persentase kelulusan SBMPTN dari persentase skala nasional yang cuma sebesar 15-18% menjadi sekitar 78%! Angka persentase kelulusan SBMPTN 2017 pengguna Zenius ini naik dari angka tahun 2016 lalu yang "cuma" 75%. Semoga di tahun ajaran ini dan selanjutnya, kami bisa terus mendongkrak angka persentase kelulusan SBMPTN para pembelajar Zenius. Kalo bisa pembelajar Zenius 99.99% lulus SBMPTN semua. Hahaha.

Selain data statistik, Zenius juga telah mengumpulkan ribuan testimoni dari kakak-kakak angkatan lo yang udah mengecap asam garam dunia persilatan SBMPTN. Silakan lo pantengin langsung catatan, cerita, dan pengalaman perjuangan mereka pada link di bawah ini. Itung-itung bisa bakar semangat lo buat tancap gas belajar dari sekarang.

Mencicipi soal SBMPTN tahun lalu, udah. Membakar semangat dengan menyimak cerita pejuang SBMPTN tahun lalu, udah. What's next? Saatnya lo tancap gas belajar SBMPTN dari sekarang bro n sis. Gue amat sangat menyarankan agar lo membaca artikel-artikel ini sebagai bahan renungan dalam mengatur strategi sebelum mulai belajar. Dalam persaingan seketat level SBMPTN, rajin belajar aja tidaklah cukup. Lo butuh strategi yang matang!

 

CATATAN EDITOR

Jika ada di antara kamu yang ingin ngobrol atau diskusi dengan Kak Fanny seputar konten materi SBMPTN di zenius, jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • mustika

    kak, akhir2 ini gue lagi mersiapin buat taun depan. tapi kenapa ya makin sini ko kaya yang takut gagal 🙁 kasih motivasi dikit boleh dong :")

    • Fanny Rofalina

      Hi Mustikan,

      Wah bagus tuh kalo kamu udah mulau persiapin SBMPTN dari sekarang.
      Kalo kamu takut, itu wajar. Malah bagus, berarti kamu anggap ini big deal, sesuatu yang penting. Asalkan jangan berlarut-larut ya takutnya.

      Just keep doing your best. Belajarnya jalan terus. Pasang strategi berdasarkan artikel2 zenius. Jangan malah takutnya jadi males belajar.

      And reach out to people. Coba deh kamu punya teman belajar yang suportif. Atau kamu gabung grub belajar di sosmed gitu. Kamu jadi bisa share keluh-kesah kamu, berbagi semangat, jadinya kamu ga merasa sendiri.

      Hope it helps. Semangat ya Mustika 🙂

      • Aulia Firdaus

        ka.. yang indonesia 2017 gaada link downloadnyaa

        • Fanny Rofalina

          Hai Aulia,

          Iya sabar ya. Minggu ini akan kita lengkapi kok pdf soal yang bisa kamu donlot 🙂

  • Shella Dini A

    kak, belajar buat sbmptn bulan2 ini udah pas ga si? udah ideal ato ga? sama ini nih gue kan cerita sama mereka kalo gue ga pengen ngambil univ yang banyak banget peminatnya (ketat) kek UI, gue mau univ lain. kan saingannya banyak tuh. nah terus ortu gue bilang "mereka aja bisa, kenapa kamu engga" gue sih jadi termotivasi, tapi gue mikir2 lagi. agak ga yakin, ya realistis aja, kan peminatnya banyak banget tuh ya banyak yg lebih pinter juga dari gue. gue kan ga mau kecewa nantinya. ga mau ngarep2 eh akhirnya ga dapet. saran dong ka, menurut lo yang baik gimana? 🙂

    • Fanny Rofalina

      Wah, lebih cepat lebih bagus, Shella.
      Banyak lho teman2 kamu di luar sana yang udah mulai belajar bahkan dari bulan Juli.
      https://www.zenius.net/blog/9096/cara-efektif-belajar-sbmptn

      Kalo masalah realistis dan ga yakin, itu kan masih di pikiran kamu aja.
      Apa kamu udah mulai coba ngerjain soal SBMPTN? Coba kamu jajal dulu deh soalnya, jadi kamu tau kesiapan/ketidaksiapan kamu udah sampe mana.

      "Apa gue bisa?"
      Nah, ini sebenernya bisa kamu jawab sendiri nantinya kalo kamu udah on track persiapan SBMPTN. Salah satu strategi persiapan SBMPTN adalah rajin try out. Kamu bisa pantau terus nilai Try Out kamu dari waktu ke waktu. Mungkin awalnya kamu try out cuma dapat 20an. Trus kamu belajar lagi. Naik 30an. Belajar lagi. Hopefully naik sampe 40an atau passing grade jurusan yang kamu incer.

      Kalo sekarang kamu nanya apa kamu bisa bersaing dengan yang lain atau enggak, ya siapa yang bisa jawab, kamu sendiri belum cicipin battleground nya. Istilahnya, bahkan mungkin kamu belum celupin kaki kamu ke kolam, tapi udah takut tenggelam duluan.

      So, stop worrying, start making action. Good luck 🙂

    • Alfinsa EP

      Don't underestimate yourself, Shella. Pendapat gue, dengan lo bilang bahwa 'oke gue realistis aja deh gak ngejar UI' itu namanya pasrah, susah berhasilnya. Turn your mindset to growth-mindset, yakinlah bahwa lo bisa masuk (isi nama PTN). Coba pikir gini, Mark Zuckerberg gak akan sehebat sekarang andai dia mikir realistis aja. Samsung gak akan inovatif sampe bikin Galaxy S8 dengan merendahkan dirinya karena Apple. Begitu pun elo. Elo justru harus bisa buktiin bahwa lo layak dibanding ribuan orang di luar sana.
      .
      Selamat berpikir.

  • Nisful Ardi

    Kak.. Kok sosiologinya gak ada linknya? Belum selesai video pembahasannya atau bagaimana kak?

  • Aulia Firdaus

    kaa.. yang soal indonesia 2017 ko gabisa di download 🙁

  • Ahmad Farhan

    Wah kak mantap, kirain TPA 2017 ga bakal muncul karena katanya TPA nya ga dibagiin ke peserta, mantap Zenius, btw
    kak saya pengen ngelakuin yang disaranin Lord Sabda yang ada di Zenius Learning, yaitu ngebuat foundation (dari awal gitu loh) karena pada dasarnya banyak yang belom kokoh buat materi saintek2 terutama kimia dan biologi, tapi saya juga punya tuntunan ngelanjuti ujian2 sekolah, jadi kira2 gimana ya cara ngatasin hal kaya gini

    • Fanny Rofalina

      Hai Ahmad,

      Soal sekolah vs persiapan SBMPTN, itu emang jadi dilema anak kelas 12 tiap tahunnya.
      https://www.zenius.net/blog/12236/jadwal-kesibukan-kelas-12

      Kembali lagi ke prioritas masing-masing.

      Apakah lo rela menomorsatukan persiapan SBMPTN dan mengikuti jadwal sekolah seadanya? Tentu dengan konsekuensi, nilai lo di kelas 12 ini mungkin bakal biasa2 aja. Kalau mau ikut SNMPTN juga, dilihatnya cuma sampe semester 5. Faktanya, setiap tahun, gue pasti selalu denger cerita anak kelas 12 yang rela menomorduakan kegiatan sekolah supaya bisa fokus SBMPTN.

      Atau lo fokus ke sekolah dan baru ngejar SBMPTN belakangan? Tentu dengan konsekuensi, waktu yang tersisa buat lo belajar SBMPTN jauh lebih sedikit daripada kalo lo belajar sekarang. Nah, apakah lo bisa memanfaatkan waktu yang sedikit itu? Faktanya, ada juga anak kelas 12 yang ambis nilai semester 6 juga kinclong, trus fokus biar nilai UN nya bagus. Tapi kembali lagi lo harus mempertimbangkan, untuk apa nilai semester 6 dan UN kinclong?

      Jadi semuanya ttg bagaimana lo menyusun prioritas sesuai dengan kemampuan lo. Tiap pilihan ada risikonya masing2, terserah lo mau mengambil risiko yang mana. Asalkan ketika lo udah memutuskan, lo harus jalani dengan sungguh2.

  • Nurul Pratiwi

    Temenin perjuangan aku ya zen 🙂

    • Fanny Rofalina

      Siap!1 Semangat ya!

  • Alfinsa EP

    Gak asing ama soal TKPA-nya, kayaknya gue ngerjain kode soal itu deh haghaghag . . .

  • syara zein

    Kakak sekarang aku kuliah disalah satu uin dan jurusannya jauh banget dari yang aku mau, pelajarannya, temen temennya, lingkungannya, jauh dari orang tua, semuanya jadi buat aku ngerasa ini bukan aku banget. Pelajarannya susah untuk diikuti apalagi aku dari SMA dan jurusan IPA sedangkan disini mayoritas anak pondok dan aku masuk jurusan IPS. Rasanya berat banget ngejalanin kuliahnya sampe 24 jam nangis terus. Tadinya gak mau diambil tapi aku gak ada persiapan buat sbm, jadilah aku ambil aja yang ini, karena aku berpikir mungkin emang disini jalanku, dan aku udah yakinin diri nanti pasti bisa ngelewatin semuanya tapi ternyata pas dijaalanin rasanya berat, susah, gak nyaman. Orang orang selalu bilang jalanin aja, sabar. Ini gak segampang yang mereka pikir. Aku udah rencana mau ikut sbm tahun depan, mau belajar sbm sambil kuliah. Tapi aku udah gak bisa bertahan lagi disini dan orang tuaku udah bolehin aku berenti dan ikut sbm tahun depan. Akhirnya kemarin aku serahin surat pengunduran diri, dan bakal berenti setahun buat belajar sbm, aku juga udah mulai nontonin zenius xpedia. Dan 3 hari lagi aku bakal pulang kampung, jujur aku takut sama omongan orang, pasti mereka nganggep aku anak yang gak tau diri, gak kasian sama ortu, diluar sana banyak orang yang pengen kuliah sedangkan aku yang udah dikasih kesempatan malah disia-siain. Menurut kakak keputusanku buat berenti kuliah dan selama setahun ini belajar sbm bener enggak? Maaf kak aku curhat panjang lebar

    • Putri Zuchairoh

      Halo Syara Zein! Mau bantu kasih semangat aja sih 🙂 Sebenarnya kisah kita nggak jauh beda. Aku dulu juga punya ketakutan sama kata-kata mencemooh dari keluaga (Ex : my parents ofc). Karena aku mutusin untuk gapyear dulu ditahun ini. Kamu tahu, semua keluarga yang ngumpul pas lebaran idul fitri itu kayak ngeliatin aku pakai pandangan ini-anak-emang-nggak-niat-kuliah-emang-mau-jadi-apa-kalau-putus-sekolah tanpa mau nyari tahu alasan aku mutusin untuk nggak mengikuti tes lain selain SBM. Apalagi sepupu aku yang aku nggak pernah ngertiin (karena dia santai-santai aja nggak lulus SBM, yah doi juga katanya mau kuliah dimana aja meskipun di swasta yang bayar mehong). Saat itu, aku nggak pernah menyesal sama keputusan untuk gapyear. Mereka mungkin berpikiran aku ini naif atau ogeb atau gimana, yang jelas aku nggak mau tau sama pendapat 'orang-orang yang nggak pernah berniat ngertiin aku'. Karena emang nggak semua hal yang bisa aja bikin kita jatuh perlu untuk didengarkan. Hidup itu emang punya resiko. Semua keputusan pasti punya akibatnya masing-masing. Aku mutusin untuk gapyear pasti ada efeknya sama pandangan orang terhadap aku (mau dibilang bodoh, nggak punya impian, sampai dibilang nggak punya semangat hidup karena cuma mau jadi pengangguran). But yah balik lagi ke diri kita masing-masing. Karena ini hidup aku, aku punya pilihan sendiri. Kamu pernah nggak sih ngerasain perasaan 'kalau gue disini, kayaknya gue nggak bisa maju dah'. Nah, itu yang aku rasain pas ngedengerin ocehan keluarga-keluarga aku. Hidup juga soal apa yang hati kita omongin. Hati aku bilang, aku emang harus gapyear. Nggak peduli mau tahun ini atau tahundepan, pasti ada jalan dari Allah. So, aku nggak bisa cerita banyak karena mungkin kesannya aku malah jadi curhat sama kamu, yang mau aku omongin cuma sesimple ini : Omongan orang nggak akan pernah bikin kamu berada dititik tertinggi kalau kamu malah mengesampingkan isi hati kamu dan tekad besar kamu.

      Aduh, iya tau bertele-tele, tapi intinya aku cuma nggak mau kamu terlalu mikirin kata orang yang sebenarnya nggak mengenal kamu 🙂 Semangat berjuang!!! Semoga kita bisa menyandang gelar 'maha'siswa tahun depan 🙂

  • Aulia Firdaus

    ka.. yang indonesia tahun 2017 gaada link download .. gimana cara download soalnya:/???

  • Rudi Afandi

    Bikin grup wa yuk....
    Biar enak.

    • Andri Nur

      ayok bikin aja, tapi jgn banyak spam :v

      • Rudi Afandi

        Ayo siapa yg kordinir

    • Ike

      Up

  • Ike

    Kak ini gw lgi pgn banget nyicil materi sbmptn. Tpi slalu gak prnah ada waktu, sklah gw juga udh full day, plang sore trus. Malemnya slalu belajar buat ulangan harian, gila bgt guru gw. Tiap minggu ada aja ujiannya. Gimana nih kak, stress lah.

  • atiyatul maghfiroh

    Kak aku mau belajar sbm nih, kemarin² sih sudah belajar tapi masih abal² gitu dan tadi pagi aku sudah ikut try out Akbar sbm dan aku ngerasa banyak banget yang lupa sama pelajarannya padahal kalau ingat aku bisa ngerjainnya 🙁 tapi tadi lupa jadi gak aku kerjakan, takut salah.
    Jadi kak, aku mau belajar sbm yang beneran :v. Ada saran gak aku harus mulai darimana belajarnya?

  • Erfrans MB Vgb

    Kak saya alumni dan udah mulai belajar dari awal pertengahan Juli kemaren, saya tuh belajarnya pake metode task oriented kaya yang disaranin sama Bang Glenn, saya fokusin dulu di TKPA-nya mulai dari TPA, Matdas, B.Indo sama B.Inggris, nah saya suka abisin dulu satu materi tanpa dicampur sama yang lain, misalnya abisin materi sama soal TPA, baru ke matdas. Nah itu metode belajar saya udah bener belum kak? Terus saya kalo belajar suka siang sampe sore, terus dilanjutin abis maghrib, nah jam 9 biasanya beres, baru dilanjut lagi jam setengah sebelasan malam kak, menurut kakak apa itu efektif? Makasih kak, maaf panjang lebar nanyanya hehe 🙂

    • Abdurohman Atsar Q

      hai erfrans, aku juga pengguna zenius xpedia yang berupa 'mantan' alumni yang sekarang alhamdullah udah keterima di salah satu ptn di indonesia . aku mau berbagi pengalaman berkaitan dengan cerita mu diatas. aku juga dulu sama kaya kamu , sukanya task oriented dan belajarnya satu mapel terlebih dulu sampai dikuasai dan akhirnya pindah ke mapel lain. mulai dari tpa-b.inggris-b.indonesia-matematika-fisika-kimia-biologi, dan cara belajar seperti itu beneran work kok, jangan khawatir, tapi tetep hati2 dalam pembagian waktu nya jangan sampe ada mapel yang waktu belajarnya cuman kurang dari sebulan gara2 keasikan sama salahsatu mapel. semua mapel harus sempet kehajarr

      nah mengenai pembagian jam kerja harian, menurut aku kurang baik kalau jam 9 beres terus dilanjut setengah 11 malam, kalau caranya begitu.. tidurnya kapan ? kita sbg manusia biasa yang ingin sehat harus bisa jaga jam tidur sekitar 6-8 jam, ga lebih dan ga kurang, percaya deh tidur sama sekali ga ngerugiin kita malahan bikin kita jadi lebih fresh pas belajar. semakin tubuh mu fit, semakin mantep juga proses belajar dan ngerjain soal. aku pribadi biasanya bangun tidur jam 4 pagi, belajar dari jam 8 pagi - 5 sore, tidur jam 8 malem. but ofc diselangi istirahat jam 10 - 10.30 pagi, sholat, dan makan . sukses ya gapyearnya, kalau kita ngejalananinnya dengan baik , percayalah gap year itu bisa jadi titik balik perubuhan dalam hidup kita *alay bet dah wkwk*.
      oke semoga bermanfaat dan keterima di ptn yang terbaik untuk mu, shinzou sasageyo !

      • Erfrans MB Vgb

        Wah sebelumnya selamat ya atas keberhasilannya masuk PTN. Makasih banget ya Abdurohman udah mau kasih pengalamannya yang berguna banget bagi aku pribadi. Makasih juga buat sarannya, jadi aku bisa ngatur waktu lagi buat belajarnya. Amiin bro mudah-mudahan 😀 Semoga lo juga bisa menjalani masa kuliah dengan baik. Oh iya kalau boleh tau, kamu kalo ngabisin satu materi pelajaran plus soalnya bisa sampe berapa lama? Satu bulan atau berapa lama?

        • Abdurohman Atsar Q

          yoo sama2 , feel free to ask more aja .Aamiin makasih do'a nya hehe

          mengenai durasi per mapelnya, berhubung masih ada datanya aku kasih secara mendetail aja ya, TPA ( TKPA + ing+ indo ) 2 minggu, Matematika 10 minggu, Fisika 7 minggu, Kimia 4 minggu , Biologi 4 minggu. nah kalau kita durasi per mapel nya lama banget ya kan apa ga lupa2 tuh ? nah maka dari itu setiap 1 s/d 2 minggu sekali aku bakal ngeluangin sekitar 3 s/d 4 hari untuk TO mandiri, TO umum ( kalau ada ), dan review total semua materi yang pernah aku pelajari.
          di 4 minggu terakhir menjelang ujian aku pake untuk nambal2 materi yang masih terasa kurang plus TO mandiri & TO umum ( kalau ada ) seminggu sekali.

          kalau masih bingung dan penasaran nih emang gimana sih sebenernya secara keseluruhan, sampe mendetail perharinya ? oke bisa dilihat disini https://drive.google.com/file/d/0Bwx0qv94v4qpRFM0QjJsM09weVU/view?usp=sharing . file ini aku tulis secara real-time bersamaan dengan saat2 belajar sbm.

          • Erfrans MB Vgb

            oke bro thank's buat informasinya

          • Jalu Satria Pratama

            Bro ada kontak line? mau tanya tanya seputar belajar nih buat sbmptn
            makasih

          • Abdurohman Atsar Q

            ada, silahkan aja, id line : abdatsar .tapi maaf kalau slowresp soalnya aga sibuk juga

          • Hersaga Dihyan

            Terima kasih banyak Bro Abdurohman 😀

  • Taufiqq

    kak, gue nih anak pondok, jadi kalo mau buka zenius itu sulit banget nget nget, jadi kudu nyuri waktu, entah ke lab komputer sekolah, entah minjem laptop guru, itu juga ga setiap hari, kalo malem juga ga sampe 1 jam, cuma waktu yg luang banget itu hari minggu itu juga dari pagi sampe sore doang, gimana nih strategi belajarnya kak?

  • Said Hafidz

    kak, saya mau nanya donk. tutor di pembahasan soal sbmptn matematika dasar 2017 itu knpa ga kak sabda lgi ? bknnya membandingkn tpi yang sekrngg bahas nya terlalu cepat sehingga konsep yang dia ajar kurang keterima oleh otak saya

  • Tasyaa sasmito

    kak aku akhir" ini jadi ragu buat mau PTN, awalnya aku yakin tapi lama-lama gak percaya diri takut gak lolos SBMPTN . kasih saran dong kak aku harus gimana

  • Chika Meisilia

    Kak,awal awal aku belajar semangat banget buat belajar,sering bangun subuh buat belajar. mungkin sekitar dari sebulan yg lalu.tapi sekarang sekarang ko aku jadi suka males malesan ,jarang belajar subuh bahkan pernah sampe seharian itu ga belajar sama sekali.apa ada saran?:') thankyou

  • Michelle F

    kak, gue sekarang kuliah diploma di salah satu PTN terbaik di Indonesia. Tapi, makin lama gue belajar disini, gue ngerasa kaya kurang cocok di jurusan ini. Padahal jurusan ini dulu jurusan yang gue pengenin banget. Gue malah jadi pengen ikut sbmptn 2018, dengan pilihan univ yang sama (univ gue sekarang). Kalo belajar sbmptn setelah gue uts (sekitar pertengahan oktober ini), apa keburu kak? soalnya jurusan yang bakal gue pilih passing gradenya tinggi banget. Makasih banyak kak, gue sangat butuh motivasi soalnya, hehe.

  • Anatasya Tata

    Kak Fanny, sebelumnya maaf rada oot, tapi aku ngelihat ada kesalahan di pelajaran fisika kelas 11 kurikulum 2013 revisi bab dinamika rotasi di bagian lat. soal no. 1 - 3. Di situ R2 sama R3 nya kebalik sama video pembahasannya. Mohon diperbaiki ya, kak. Makasih. Btw Kode Konten : 5318

  • Feby Riantami.

    Hai kak fanny! gue lulusan 2017 yang lagi ambil cuti setahun untuk persiapan sbmptn dan um tahun berikutnya ni. gue ngerasa tahun kemarin gua blom maksimal bgt..jadi skarang gue bakal siap2in strategi dan amunisi pastinya.
    kak kira2 untuk permasalahan "kerjain materi yang paling kalian bisa" itu gimana ya taktiknya... gini gini, misal gue suka ekonomi..kira2 berapa materi yang seharusnya gua pegang bgt biar bisa mendalami materi2 ekonomi tersebut..sehingga gue gaterlalu terbebani belajarnya karena saking banyaknya materi ekonomi..mohon bantuannya kak, terima kasih :))))))))))))))))))))))

  • Seven Ariyan

    kak jujur aja nih, gua ngikutin cara me-manage waktu yang diajurkan zenius yaitu "task-oriented", gue udah set tuh pas liburan menjelang kelas 3, nah, minggu pertama-kedua tuh lancar2 aja, tapi tugas-tugas dari sekolah ( ex: nyusun laporan praktek, tugas individu, tugas kelompok, dll ) tuh ngalir mulu, sehingga makin keteteran gada waktu, jadi bingung, terutama sistem UN kali ini tuh denger2 berubah, udah gitu gue anak yang melompat dari ipa lari ke soshum nantinya, what shud i do?

  • Furqon Lanang

    bagaimana caranya supaya setiap hari streess ketakutan untuk sbmptn ?? aku tiap hari dapet nilai jelek dan gak ngerasa apa apa , gk streess something wrong with my brains

  • Liaul Faizin

    Kak lokasi tes itu panitia yang menentukan apa peserta ya.lupa aku

  • yuniar wahyu pratama

    Kak Fanny, Aku punya kode soal saintek yang lain (Kode 121), apakah boleh aku unggah ke zenius.net untuk menambah variasi soal terutama di bidang SAINTEK, terimakasih

  • nurul agustin

    kak, kok gue ga bisa buka video pembahasan soal2, kenapa ya kak?

  • yuvitri annisa

    kakkkk gmn sih caranya tahan kuliah di Fasilkom UI, tugas Programmingnya susah bgt dah mana ada satu matkul namanya SDA( struktur data dan Algoritma) itu selalu bikin istigfar mulu tiap abis lab, abis lab pasti ngerasa kalo ngoding tuh bukan gua banget. jujur gue dari dulu pengen jadi dokter tapi gara22 kmrn ga lolos pendok akhirnya nyangkut di fasilkom dan gue udh mau 2 tahun di fasilkom dan 2018 tahun terakhir gue bisa sbm. menurut kaka mending jalanin fasilkom tapi terombang ambing apa mencoba sbmptn fk kak? tapi fk minimal 5 tahun baru kelar dan sedangkan umur saya dah segini kak. tapi kalo diterusin di fasilkom insyaAllah kuat tapi yaa.... nilainya pas-pasan kak karena tidak pakai hati:(((((((:((:(:(:(:( mohon sarannya kak terimakasih

    • Agustina Dzakiyyah R

      yampun gue juga udah 2 tahun kuliah teknik infomatika di salah satu pts dan 2018 incer fasilkom:") saran gue sih, selagi masih ada umur, coba aja daripada lo ngerasa gak kuat dan dipaksa, turn outnya malah kayak "gue 4 tahun ngapain aja?" gitu sih. karena gue mikirnya 2 tahun ini begini, ga kuat di tempat asal dan pengen bgt fasilkom UI. semangat!!!

  • Agustina Dzakiyyah R

    kak, gue kan mau ngulang taun depan nih, fyi gue lulusan 2 taun yang lalu dan otomatis taun depan itu sbm terakhir gue:") gue udah lupa banget materi-materi SMA kayak fisika, biologi, kimia, kecuali matematika krn gue sekarang kuliah di jurusan yang nekanin mat kan. menurut kakak2 disini, gue mulai dari TPA dulu apa ke materi TKD-nya ya?

  • Nando Djawa

    Kak,aku tahun ini gagal dan skrg lagi gap year nih,bingung hrs mulai bljr dr mana.
    Soalny aku dasar2 materi SMA tuh lemah kak bahkan NOL besar (soalnya gurunya gak enk trs aku tdur deh di kls) apa aku hars ngulang dan nguasai materi SMA dlu sampe mantep lalu ke materi SBPTNnya atau langsung ke materi SBMPTNny aja?
    Mohon jawabannya plis.

    • Liaul Faizin

      Menurut pengalamanku sebaiknya langsung praktek soal sbmptn,karena kalo soal sbmptn udah mampu maka soal un pun ringan jadi langsung aja blajar soal soal sbmptn

      • Nando Djawa

        Owh bgt ya kak.
        Makasih buat jawabannya ya kak 😊😊
        Sukses selalu.

  • Erfrans MB Vgb

    disini yang pake voucher siapa aja ya? Kebetulan gw pake voucher, gimana kalo kita bikin group sendiri khusus voucher yg kaya zenius club, yang setuju comment 🙂