Gagal SBMPTN & SIMAK UI, Gimana Dong ?

Gagal diterima di PTN atau jurusan pilihan? Jangan kecewa. Alasan-alasan yang dapat menghambat menunda kuliah dan cara mengatasi masalah tersebut dibahas.

Masa SMA udah lewat. Di atas kertas, elo-elo pada harusnya sih udah dianggep dewasa dan bisa nentuin masa depan lo sendiri bakal kaya apa n mau jadi apa. Buat elo-elo yang keterima di perguruan tinggi negeri favorit pilihan lo semua entah melalui SNMPTN Undangan, SBMPTN, SIMAK UI, atau UM, gue ucapin selamat. Buat elo yg belum beruntung, gue ucapin selamat juga, karena elo diberi kesempatan sama nasib buat bisa nentuin pilihan buat hidup lo lebih dini ketimbang temen-temen lo yang lolos SBMPTN, SIMAK UI, maupun ujian masuk PTN lainnya, yang otomatis doong mereka langsung daftar ulang ke kampus yang bersangkutan.

Biasanya, anak-anak SMA klo udah lulus, pikirannya cuma satu, kuliah. Mau negeri kek, swasta kek, akademi kek, institut ikatan dinas kek, pokoknya kuliah. Ga keterima negeri, ya gapapa lah masuk swasta. Yang penting nggak nganggur. Padahal, sebelumnya lo jungkir balik mati-matian selama periode intensif buat sebisa mungkin ningkatin kemampuan lo ngerjain soal2 model SBMPTN, demi bisa keterima di PTN pilihan dan jurusan pilihan lo.

Pas nggak keterima, nawar deh.. Swasta gapapa laah, yg penting nggak malu-maluin di depan keluarga dan temen-temen gara-gara nganggur. Yaa sebenernya sih, nggak ada yg salah sama perguruan tinggi swasta. Buat lo-lo pada yg udah memiliki niat teguh kukuh berlapis baja buat masuk PTS yg emang lo idamkan ya sah-sah aja. Toh banyak bgt kok PTS yg bagus. Yang mau kita bahas di sini tuh ya kalo-kalo aja lo masuk PTS dengan keadaan terpaksa, setengah hati, ogah-ogahan, cuma gara-gara biar berstatus sebagai mahasiswa. Lebih parahnya, udah setengah hati masuk PTS nya, ngasal pula ngambil jurusannya. Trus taun kedua mulai males-malesan kuliah, meleng lah, bolos lah, ikut geng motor lah, dsb. Nah klo udah kaya gini nih itungannya lo jadi buang-buang uang, Men. Klo bisa dihindarin, segala tingkah laku yang menuju kepada inefisiensi mbok ya ditinggalkan.

Sebelom kita lanjutin obrolan kita, ada bagusnya lo baca-baca dulu nih tulisan Sabda tentang Alumni : Ngulang ato Nggak ngulang ?. Udah? Yuk lanjut…

Kaget nggak? Mayan yah, abis baca tulisan di atas. Ternyata, banyak banget manfaat yang bisa lo ambil kalo aja lo berani untuk ngambil langkah tegas dalam hidup. Yaitu berani ngorbanin setaun aja waktu demi masa depan yg lebih sesuai impian lo. Nah, sekarang kita bahas aspek yg lain nih, yg berkaitan sama keadaan lo sekarang.

Kira-kira apa sih yg jadi hambatan lo untuk ngulang setaun buat mempersiapkan diri buat SBMPTN sebagai alumni? Yuk, kita kupas atu2:

1. Malu ama ortu, temen, pacar, gebetan

Ini alasan walaupun paling ecek-ecek, tapi paling gede nih kerasa efeknya dalam mental elo2 pada. Gile, mau dikata apa nanti klo gue nganggur nggak ngapa-ngapain sewaktu temen-temen gue yg lain pada sibuk kuliah. Bakal diribetin emak bapak deh ini. Bakal diilfilin pacar atau gebetan deh ini. Bakal dikucilin temen-temen yg pada ngomongin serunya kehidupan kuliah deh ini. Daaaan berbagai macam pikiran-pikiran jorok lainnya yang mungkin nongol di otak elo. Nah, ini dia nih kata-kata kuncinya: “Di otak elo!”. Belum tentu banget pikiran-pikiran itu muncul di pikiran orang-orang yg lo sayangin tersebut. Jangankan setaun, sebulan aja paling mereka udah cuek. Nah, hal ini juga bisa jadi makin maksimal klo lo bisa komunikasiin tujuan, alasan, dan manfaat dari kengangguran lo selama setaun ke mereka. Dijamin deh, mereka makin maklum dan ujung-ujungnya ngedukung pilihan lo.

2. Buang-buang waktu

Nganggur setaun?? Sayang gilaa.. Umur makin tua iniiii..
Men, yang namanya Homo Sapiens itu umur rata2nya berkisar 65–75 taun, sukur-sukur lebih. Coba lo bayangin, lo sayang umur setaun trus ngejalanin kuliah yang bukan idaman lo yang berpotensi buat bikin elo males-malesan dan akhirnya malah nggak lulus-lulus, mendingan tahan setaun buat cari strategi biar bisa masuk perguruan tinggi favorit lo. Klo strategi lo bener, kemungkinan lo keterima di taun berikutnya makin gede, karena juga lo udah pernah punya pengalaman sama “pertempuran”nya itu sendiri. Dengan nunda setaun, lo berpotensi nyelametin 40an lebih sisa umur yg elo punya dengan kuliah di bidang n institusi yg lo suka. Dijamin deh, klo lo ngambil jurusan yg tepat di universitas/institut yang berkualitas, pengabdian lo ke masyarakat setelahnya bakal jadi hal yang menyenangkan buat elo. Hepi deh idup.. Beres..

3. Bosen gilaa, nggak ngapa-ngapain setaun

Ladies n Gentlemen, nggak kuliah bukan berarti nggak ngapa-ngapain yah. Banyaaaak banget yang bisa lo lakuin selama setaun. Tapi yg terutama, lo bisa susun strategi lebih mateng buat ngerencanain masa depan lo, tempat kuliah lo, dan cara efektif buat tembus SBMPTN / Ujian Mandiri taun depan. Dan kali ini nggak keganggu PR n tugas sekolah, nggak keganggu guru, nggak harus kepaksa bangun pagi macet-macetan buat sekolah. Free..!!  Sementara waktu setaon itu, lo cari buanyak banget pengetahuan yang nggak akan bisa lo dapet dari sekolah, lo bisa mulai coba aktif di organisasi, cari aktivitas baru, coba hobby baru, baca buku-buku keren, nonton film seru, travelling, pokoknya hal positif apapun yang selama ini mungkin ketunda karena sibuk kegiatan akademis.

Nah, buat elo-elo yang masih aja bermuram durja gara-gara nggak lolos SBMPTN dan SIMAK UI, coba deh kalian liat Catatan Perjuangan Murid zenius. Buat lo yang lolos SIMAK, bisa juga sekalian nulis catatan perjuangan kalian di comment blog itu. Nah, di catatan tersebut, lo bisa liat bahwa yang bisa lulus tuh bukan cuma hoki doank, tapi karena emang persiapan yang bener-bener mateng dan hasil dari perjuangan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Anyway, ini bukan berarti gua bilang kalo perjuangan lo kurang keras yah, cuma emang mungkin belum tepat sasaran aja.

Kayanya secara umum udah semua yah dibahas, apa aja alesan yg bakal muncul di otak lo mengenai penundaan kuliah setaun, dan juga cara2 penanggulangan2nya. Mudah2an bisa ngebantu elo-elo pada dalam menentukan pilihan ke depannya. Nah, sebagai hiburan yang bisa dijadiin pelajaran, lo tonton deh tuh film 3 Idiots. Nyambung, Men. Dan jangan lupa, menunda kuliah bisa banget berarti lo mempersiapkan diri lo buat kehidupan yg lebih menyenangkan, klo strategi yg lo tempuh buat pertempuran taun depan bener dan terarah.

Selamat menempuh pilihan, Guys!

[Catatan Editor : Guys, just want to remind you.. Gua bener-bener harepin banget buat lo baca juga tulisan Sabda tentang SNMPTN Alumni : Ngulang ato Nggak ? dan juga Catatan Perjuangan Murid Zenius ]

=====================================================================

PS. Mumpung baru mulai tahun ajaran baru dan pastinya lo masih punya banyak waktu buat mempersiapkan diri semateng-matengnya untuk Tes PTN tahun depan, gue saranin sih lo hajar nih Xpedia 2.0 atau zenius.net sebagai amunisinya. hehe.
Good Luck!!

Informasi Xpedia 2.0 terbaru untuk thn ajaran 2017-2018
Informasi Zenius.Net (udah ada lebih dari 40.000 video nih)

Oia ini juga ada bbrp tulisan keren yang moga-moga aja bisa ngebantu lo untuk tembusin Tes PTN thn depan : 
7 Langkah Strategis Untuk Belajar SBMPTN

Apa Sih Penyebab Utama Gagal Tembus SBMPTN?

SNMPTN Undangan Dan Strateginya

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.