Lomba Blog: Kenapa sih kamu milih Zenius?

Halo guys, gak kerasa bentar lagi kita udah memasuki tahun ajaran baru aja nih. Gimana nih liburan lebarannya, seru gak? Oke, dalam rangka menyambut tahun ajaran baru, sekaligus merayakan pergantian tahun ajaran, udah jadi tradisi bagi Zenius untuk mengadakan lomba menulis blog bagi para pengguna zenius! Nah, untuk lomba blog kali ini, temanya adalah #KenapaMilihZenius?

Yak pada kompetisi blog kali ini, gua ingin lo mengupas kenapa lo memilih Zenius sebagai partner belajar lo? Apa sih sisi positif yang dimiliki oleh Zenius hingga akhirnya membuat lo tertarik dan memutuskan untuk belajar bersama Zenius? Sebagai gambaran, lo bisa ceritain bagaimana awalnya lo tau zenius, dan bagaimana pertimbangan lo sampai akhirnya lo memutuskan untuk menjadi pengguna zenius. Selain itu, lo juga bisa mengupas sisi keunikan-keunikan yang dimiliki zenius dibandingkan dengan alternatif layanan belajar yang lain, seperti (misalnya) les privat, bimbel, atau layanan belajar online lainnya! Pokoknya ceritain deh kenapa lo milih pakai zenius! Di sisi lain, lo juga boleh kok menambahkan bagaimana kesannya setelah lo menjadi pengguna (membeli produk) dari Zenius, apakah lo nyesel atau puas dengan zenius? 🙂

Kira-kira jelas ya tema lombanya seperti apa. Oke sekarang mari kita mekanisme lomba dan juga hadiah lombanya!

Konsep Kompetisi Blog Zenius

Mungkin sebagian dari lo ada yang tau kalo zenius secara rutin mengadakan kompetisi nulis blog sejak tahun 2014. Pada prinsipnya sih, konsep lomba kali ini mirip banget dengan lomba-lomba sebelumnya, cuma tema-nya sekarang "#KenapaMilihZenius?". Jadi konsepnya, lo tinggal nulis aja perspektif lo kenapa lo memilih Zenius sebagai partner belajar di halaman blog pribadi lo masing-masing. (terserah dalam format wordpress, blogspot, atau website pribadi)

Zenius cuma ngasih 1 syarat aja untuk kompetisi ini : Lo wajib mencantumkan hyperlink ke domain zenius.net atau zenius.net/blog di dalam artikel yang lo tulis nanti. Hyperlink itu boleh mengarah pada laman salah satu video di zenius.net misalnya: halaman video zenius learning, atau misalnya ke salah satu artikel di blog zenius yang lo pikir udah memberikan manfaat yang positif buat lo. Okay, gampang banget kan syaratnya?

Nah, mungkin sebagian dari lo masih ada yang bingung apa maksudnya "mencantumkan hyperlink ke domain zenius"? atau mungkin lo juga belum tau gimana cara melakukannya. Okay, buat lo yang belum ngerti istilah hyperlink itu apa, berikut penjelasan gue:

kalo lo perhatiin, pada hampir semua tulisan di blog zenius selalu ada kalimat yang berwarna biru, terus kalo di-klik kamu akan diarahkan pada website lain yang merupakan sumber referensi dari kalimat tersebut - Nah, itulah yang namanya hyperlink! Sekarang bagi lo yang belum tau gimana caranya mencantumkan hyperlink, nih gua kasih tau caranya dengan 4 tahap:

Okay, sekarang udah ngerti yah kira-kira maksudnya hyperlink itu apa? Udah kok syaratnya cuma satu itu doang, simpel banget kan? Gak perlu bikin pendaftaran segala macem, apalagi harus bayar lagi ini-itu. Nah, berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait lomba ini:

Informasi terkait Kompetisi Blog Zenius

1. Apa tema tulisan artikel lomba blog zenius kali ini?

Temanya tentang : "#KenapaMilihZenius?". Perlu ditekankan bahwa tema lomba ini bukan (tidak harus) menjadi judul artikel lo nantinya. Lo bebas bikin judul kayak gimanapun juga, misalnya seperti ini "Kenapa belajar di Zenius lebih nyaman dari belajar lewat bimbel?" atau "Untung aja akhirnya gua milih pakai Zenius!". Pokoknya judulnya bebas yang penting isi ceritanya emang terkait dan relevan dengan tema lomba kali ini, yaitu "#KenapaMilihZenius?".

2. Apa saja aspek-aspek penilaian dalam lomba blog kali ini?

Berikut adalah aspek-aspek yang akan dinilai dalam lomba blog ini:

  • Komprehensif : sejauh mana lo menceritakan alasan-alasan lo sampai memutuskan menjadi pengguna zenius. Di sisi lain, lo juga bisa menceritakan bagaimana kesan-kesan setelah menggunakan produk Zenius.
  • Akurasi : sejauh mana akurasi dari point-point yang lo bahas terkait dengan Zenius. Dalam arti, apa yang tulis memang benar-benar menggambarkan produk/servis dari zenius sebagaimana kenyataannya. Jangan sampai lo salah bilang (misalnya), beli produk Xpedia 2.0 dapet bonus payung cantik, padahal zenius ga pernah ngasih payung.
  • Kreativitas : Sejauh mana lo membut tulisan lo menarik untuk dibaca. Coba lo kemas tulisan lo sekreatif mungkin agar menarik untuk dibaca yak!

PS. Buat lo yang ingin mengulas/review zenius dengan menceritakan proses pengalaman lo belajar bersama dengan zenius itu juga BOLEH kok. Karena dengan bercerita soal pengalaman belajar lo, secara tidak langsung juga lo menceritakan alasan-alasan mengapa lo memilih belajar bersama dengan Zenius.

3. Gue gak biasa nulis di blog nih, tulisan yang bagus itu kayak gimana sih?

Naah.. buat lo yang mungkin kurang pede sama kemampuan menulis lo, atau yang penasaran biasanya penilaian pemenang dari zenius itu berdasarkan hal apa saja. Lo bisa cek kayak gimana kualitas artikel pemenang lomba-lomba sebelumnya di sini :

FYI: Bagi para peserta lomba yang sebelumnya pernah menjadi salah satu pemenang lomba blog zenius sebelumnya, tidak akan dimenangkan kembali pada lomba blog ini.

4. Gimana caranya daftar jadi peserta lomba?

Okay, untuk pendaftaran peserta lomba akan digabung sekaligus dengan form penyerahan artikel dari blog pribadi lo masing-masing. Caranya tinggal ngisi data diri sekaligus kasih link ke artikel buatan lo di sini aja:

Kumpulin Hasil Tulisan Lo Di Sini

7. Kapan batas akhir waktu penyerahan artikelnya?

Batas akhir submit artikel untuk kompetisi blog zenius kali ini adalah MINGGU, 6 AGUSTUS 2017 TEPAT PKL 24:00 MALAM. Satu orang peserta boleh ngirim lebih dari 1 artikel (sebanyak apapun boleh asal artikelnya beda2) tapi satu orang peserta hanya maksimal bisa menang satu kali doang. Sementara pengumuman pemenang akan diberitakan tanggal 13 Agustus 2017.

8. Berapa banyak pemenang dan Apa aja hadiah lombanya?

Zenius akan memilih 5 artikel pemenang dimana masing-masing pemenang akan mendapatkan salah 1 dari 5 hadiah utama yaitu 5 buku impor hardcover full-color berisi bonus tanda tangan dari para tutor zenius. Selain itu, masing-masing pemenang juga akan mendapatkan kaos ekslusif zenius! 5 hadiah utama ini udah gua persiapkan khusus buat 5 orang pemenang lomba blog zenius. Apa aja sih buku-bukunya?

  1. Discovering the Universe by Paul Murdin

  2. the Math Book by Clifford A. Pickover

  3. Big History by Macquaire University Institute

  4. Earth in Human Hands by David Grinspoon

  5. the Gap by Thomas Suddendorf

Buku-buku di atas yang pasti bukan buku sembarangan lho. Tapi buku-buku pilihan zenius yang pastinya kaya akan ILMU buat lo. Di sisi lain, buku-buku ini juga bisa dikatakan termasuk dalam golongan buku-buku premium kelas mewah yang gak sembarangan bisa dibeli di toko buku lho! 🙂

Sedikit Penampakan Hadiah untuk 5 Pemenang Lomba Blog

Keren kan hadiah untuk pemenang lomba blog kali ini, moga-moga bisa jadi penambah semangat lo buat nulis artikel blog tentang kenapa lo milih zenius sebagai partner belajar lo, sekaligus untuk bisa dapetin salah satu di antara 5 hadiah utama tersebut.

Penasaran gimana sih penampakan bagian dalam buku impor hardcover full-color? Nih beberapa teaser gambar bagian dalam bukunya:

==========CATATAN EDITOR===========

Okay, buat lo yang mungkin masih belum ngerti atau mau nanya-nanya tentang persyaratan lomba, langsung aja tinggalin komen di bawah artikel ini, nanti akan coba dijawab langsung sama Glenn atau Kak Fanny. Buat lo yang udah bikin artikelnya, bisa langsung submit ke link di bawah ini:

Kumpulin Hasil Tulisan Lo Di Sini

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Faridatul Hidayah

    Dikit review kelima bukunya dong bang

    • Sarah Evangelista

      Googling, please.

  • Nurul Pratiwi

    Kak kok aku masih bingung untuk yg naroh hyperlink itu ya?jadi itu hyperlinknya di taruh kolom komentar artikel zenius favorit aku gitu ya kak?

    • Imad

      Numpang nimbrung, hyerlinknya dikasih di artikel lo jg bisa kok. Disela-sela artikel maksudnya 😀

    • maksudnya kamu taruh hyperlink-nya menuju web zenius di artikel yg buat di blog pribadi kamu.

  • putri

    Cara nya ngerangkum pelajaran dri kls 1 sma ampe kls3 gimna yah ?

  • Bisa request hadiah ga ? wkwk

    • boleh, nanti kamu selipkan pesan di artikel blog kamu aja, request hadiah yg mana.

  • rahayuna putra

    Gw pengen ikutan tp gak ngerti cara bikin tulisan di web 😅

  • Wawan Ruswandi

    Sayang ingin nyoba ikutan kak, boleh?

    • realfail 12

      typo apa beneran? serem njirrr

    • boleh dong

  • realfail 12

    sori agak menyimapang dr topik diatas.

    jadi ginikak sy bingung. gimana cara menggunakan xpedia dgn baik dan benar. jadi 1.apa kita menggunakan zenius bersamaan dengan materi di sekolah?. 2.mempelajari bab baru duluan di xpedia sebelum dipelajari disekolah?. 3.Atau mempelajari bab yang disuka aja dulu? wkwk thanks

  • Diah

    Otw nulis 😀

  • Nurul Pratiwi

    Kak bikin artikel tentang akreditasi jurusan dong.jadi kalo jurusan A di univ C akreditasinya B tapi di univ D jurusan A akreditasinya A,padahal univ C lebih favorit dari pada univ D.bingung milih yang mana?

  • pengen ikutan lagi, kemarin kalah -_-

  • Yes kesempatan kedua buat ikutan lagi, semoga bisa belajar dari kekurangan kemarin :3

  • Sarah Evangelista

    Earth in Human Hands dan The Gap tuh menarik bat dari judulnya duuuuuh

  • Afina Fitria

    Ih mauuuu!! Aku udh pernah nulis sih kak tp masih nyerempet2 gitu ke zeniusnya.. gak memfokuskan cerita ke zeniusnya.. tp ke pengalamn aku berjuang cari tempat kuliah.. bisa gak ya kak? (Promo blog ya wkkw http://afinafitria.blogspot.co.id/2017/07/pengalamanku-diterima-itb-dan-ugm.html?spref=fb)

  • Afina Fitria
  • kiky sitinjak

    Gue udah submit tulisan . Tapi gue merasa masih ada yang kurang . Kalau gue edit lagi bisa gakkkk ?

  • nisa fitriamna

    kalau nama blog/alamatnya ga pake nama asli gapapa kan kak?

  • Rick

    kak... aku barusan upload duluan blog aku dan baru skrng mau submit tulisan aku ke zenius :" bodohny aku... kira kira kalau ada yg copyright gimana ya kak? soalny kan cantumin link blog kita doang
    (maklum...gaperna pake blog makannya kudet)

  • Vidia Yuniar

    Bang glen, itu beli hadiahnya dimana ya? Ini cuma jaga-jaga kalau nanti gak menang, soalnya udah pemisis duluan 😂😂😂
    Dan aku bener-bener pengen buku-bukunya.

  • Ini yang boleh ikutang kontesnya umum apa khusus pengguna zenius aja? Tapi saya sering baca2 di zenius

  • aliefalyarham

    hello kak glenn untuk buku yg the math book nya beli dimana ya?? aku cari2 gaada di web unavailable teruuss