Zenius Facebook Live: Tips dan Trik Belajar SBMPTN TPA

Zenius Facebook Live: Tips dan Trik Belajar SBMPTN TPA

Zenius Facebook Live adalah ajang di mana kamu dapat bertanya langsung ke tutor Zenius mengenai suatu topik khusus. Acara ini dikemas dalam format talk show dan diadakan secara Live melalui akun resmi Facebook Zenius Education. Artikel ZeniusBlog kali ini akan memberikan rangkuman dari Zenius Facebook Live: Tips Belajar SBMPTN TPA. Diisi langsung oleh Wilo (tutor pengisi konten TPA di zenius.net) dan ditemani oleh Jansen/Ncen (salah satu kontributor konten di zenius.net untuk pelajaran Matematika). Jika kamu tertarik untuk melihat video lengkap saat Zenius Facebook Live: SBMPTN TPA berlangsung, kamu bisa dilihat di sini.

 

PERKENALAN TPA

Buat yang belom tau sama sekali apa itu TPA, gue jelasin dulu dikit dari awal ya. TPA itu kepanjangannya adalah Tes Potensi Akademik. Biasanya jenis tes TPA ini bakal ditemuin kalo kita mau ngambil tes masuk perguruan tinggi negeri, seperti SBMPTN, STAN, dan ujian-ujian mandiri yang biasanya diadain oleh universitas-universitas. Walaupun begitu, gak semua jenis tes masuk PTN ada soal TPA-nya.

Jenis soal TPA itu ada apa aja sih?

Kalo di SBMPTN, TPA itu mulai ada sejak tahun 2009. Dari tahun 2009 sampai 2016 kemarin, ada beberapa tipe soal yang sering keluar. Oke, akan gue sebut satu-satu ya. Ini soal TPA yang umum keluar di SBMPTN.

1. Verbal

Biasanya soal verbal ada sinonim (mencari persamaan kata), antonim (mencari lawan kata), dan analogi (mencari padanan kata). Baca lebih lanjut: Tips Cara Mengerjakan Soal TPA Verbal

2. Logika

- Logika Proposisi: umumnya yang bentuknya “jika-maka” atau “semua-ada”. Baca lebih lanjut: Tips Cara Mengerjakan Soal TPA Logika Kuantor

- Logika Analitik: biasanya kita dikasih satu text dan nanti ada pertanyaan yang harus dijawab yang mengacu ke text tadi. Baca lebih lanjut: Tips Cara Mengerjakan Soal TPA Logika Analitik

3. Pola Barisan

Ada pola barisan angka dan pola barisan huruf.

4. Pola Gambar

Nah, ini bisa macem-macem nih. Ada yang kita disuruh mencari pola kelanjutan, ada pola analogi, ada yang mencari satu gambar yang polanya berbeda dari yang lain, ada yang mencari satu pola lanjutan dari 9 gambar yang ada, dll. Nah, kalo mau lebih lengkapnya, bisa nih liat di blog gue yang dulu. Di sini gue menjelaskan jenis-jenis TPA pola gambar dan contoh soalnya.

5. Aritmetika

Kalo aritmetika di TPA biasanya sederhana. Gak butuh teori aneh-aneh yang baru kayak matdas atau mat IPA. Paling materinya berkisar antara yang udah pernah kita dapet di SD dan SMP. Baca lebih lanjut: Tips Cara Mengerjakan Soal TPA Aritmetika

6. Diagram Venn

Kalo ini, mengelompokkan entitas-entitas atau himpunan yang sama. Baca lebih lanjut: Tips Cara Mengerjakan Soal TPA Diagram Venn

7. Sebab-Akibat

Menentukan sebab-akibat dari dua premis yang ada di soal. Baca lebih lanjut: Tips Cara Mengerjakan Soal TPA Sebab-Akibat

8. Berhitung dengan Tabel

Berhitung sederhana yang membutuhkan skill untuk membaca tabel yang dikasih di soal.

Jenis-jenis soal TPA ini sebenernya GAK SELALU SEMUANYA keluar tiap tahunnya. Tapi biasanya, yaa kombinasinya di seputar ini aja. Untuk no.7 dan 8 itu termasuk materi yang baru banget karena munculnya hanya di SBMPTN tahun 2016 kemaren.

 

STRATEGI MENGERJAKAN SOAL TPA SBMPTN DENGAN CEPAT DALAM WAKTU SINGKAT

1. Pahami "Medan Perang" TPA SBMPTN

Untuk bisa mengerjakan soal TPA dengan cepat, kita perlu tau dulu nih battlefield atau medan perang yang akan kita hadapi kayak apa. Di SBMPTN, soal TPA masuknya di bagian soal TKPA. Selain TPA, TKPA juga terdiri dari Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Total soal TKPA adalah 90 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 105 menit. Jumlah soal paling banyak adalah TPA, yaitu ada 45 soal. Tiga pelajaran lain sisanya masing-masing 15 soal.

Udah kebayang?

Jadi, kira-kira supaya bisa jawab banyak dengan waktu yang sempit, 1 soal TPA udah harus bisa dijawab dalam waktu kurang dari semenit!

Sebenernya gak papa lho kalo kita gak menjawab semua soalnya karena kalo diliat dari komposisi soal dan waktunya, harusnya sih gak bakal cukup. Jadi, sebisa mungkin jawab soal yang paling gampang dulu, yang kemungkinan benernya tinggi. Kalo ada soal yang di-skip pun, gak papa kalo emang gak yakin.

2. Metode Berhitung yang Kreatif

Dari pengalaman gue ngajar TPA di zenius-x kemaren, hal yang biasanya bikin kita lama menjawab soal itu adalah metode kita berhitung. Masih banyak anak-anak gue (murid) menghitung pake jari. Hehe, nah ini nih, yang bikin lama! Selain itu juga, alangkah baiknya kalo kita menghindari berhitung dengan cara bersusun ke bawah karena itung-itungan di TPA biasanya sederhana dan bisa dicari triknya. Nah, ada beberapa contoh soal di video di atas, tentang gimana caranya berhitung yang lebih simpel dari bersusun.

Gue tau mungkin hal ini gak natural untuk dilakuin dan susah untuk dibiasain karena dari SD kita udah diajarin metode bersusun dan cara standar lainnya. Tapi, kalo kita mau ngerjain soal TPA dengan cepet, yaa mau gak mau kita mesti mengubah kebiasaan lama. Karena kalo enggak, kita bakal kalah sama teman-teman yang udah terbiasa menggunakan metode berhitung yang kreatif. Selain itu, skill kita jadi gak nambah-nambah dan tetep lama ngerjain TPA-nya. Okee. Jadi dicobain latihan dari sekarang ya untuk nyari cara berhitung yang kreatif yang nantinya bisa dipake tanpa lo harus mencoret-coret kertas.

3. Strategi Belajar untuk TPA SBMPTN

Untuk hal lain yang perlu kita tau juga adalah tentang LOGIKA, khususnya logika proposisi.

Tiap tahun dari tahun 2009, sepengamatan gue, ada aja soal logika proposisi yang ambigu, salah soal, atau gak ada jawabannya. Selalu ada yang gitu, minimal 1 soal. Gimana cara mengatasinya supaya kita ga terjebak berlarut-larut di soal seperti ini?

Saran gue, kita mesti belajar dari teori awal banget, dari dasar, sampe beneran ngerti. Dengan pemahaman basic logika yang oke, kalo nemu soal yang jelek, kita bisa ngambil keputusan sendiri untuk nge-skip soal-nya, bukannya malah pusing lama-lama di satu soal itu. 🙂 Belajar logika proposisi emang butuh waktu yang lumayan panjang dibanding belajar tipe soal TPA lain. Jangan mepet hari ujian yaa kalo mau mendalami logika proposisi. Untuk materi lain, seperti logika analitik, pola gambar, verbal, dll; bisa dipelajari secara paralel.

Hal yang ga kalah penting adalah latihan soal yang buanyak banget! Beneran mesti banyak nih. Semakin banyak kita ter-expose berbagai macam soal, semakin kita familiar dan dapet feeling-nya buat menjawab soal-soal yang dikasih dan waktu untuk menjawabnya jadi cepet.

Kalo semuanya udah dikuasai, jangan lupa untuk TRY OUT MANDIRI. Ini penting banget untuk membuat kita aware terhadap waktu sehingga dalam ngerjain soal, kita terbiasa untuk ngerjain cepet.

Udah deh, kalo semuanya udah dilakuin, mudah-mudahan lancaar 🙂

 

SESI TANYA JAWAB

Q1: Apakah soal TPA SBMPTN itu sama kayak soal TPA USM STAN?

Kalo kita belajar TPA untuk persiapan SBMPTN, udah pasti apa yang kita pelajari itu akan membantu untuk ngerjain soal TPA STAN. Tapi menurut gue, bagian itungan-itungan TPA USM PKN STAN itu lebih ribet dibanding TPA SBMPTN. Di STAN, pilihan jawabannya tipis-tipis. Misal, pilihan A bisa 3,54, lalu pilihan B bisa 3,57, dst. Perbedaan pilihan jawaban yang tipis ini membuat kita rada sulit menerka-nerka atau mengeliminasi jawaban yang udah pasti salah. Kita mesti ngitung sampe benar-benar selesai untuk mendapatkan jawaban yang presisi. Jadi, kalo mau ikut tes STAN, skill ngitung kita mesti lebih jago lagi dibanding SBMPTN.

Untuk tipe soal TPA lain, seperti analitik, logika, pola gambar, dll, relatif sama kok, gak beda jauh.

Q2: Mungkin gak di SBMPTN tahun depan muncul tipe soal baru yang belom pernah muncul sebelumnya?

Nah, ada beberapa jenis soal yang munculnya cuma di tahun-tahun tertentu aja. Misalnya Diagram Venn, dari awal muncul soal TPA di 2009, soal Diagram Venn gak pernah ada, Eh baru muncul di SBMPTN 2014. Trus, ilang lagi, belum pernah muncul lagi soal Diagram Venn TPA di SBMPTN.

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
VERBAL201515155070
ARITMETIKA202615108584
POLA BARISAN10111157549
LOGIKA PROPOSISI5127051544
ANALITIK5111145541
POLA GAMBAR0004151534
BASIC MATH001100011
DIAGRAM VENN0007007

Jadi, kalo pertanyaannya mungkin atau enggak ada tipe soal baru? Iya, mungkin aja ada, tapi sebenernya kita juga gak tau.

Nah, daripada lo sibuk pusingin bakal keluar tipe soal baru apa enggak, mendingan pelajari aja semua materinya, gak usah pilih-pilih karena kita gak bakal tau yang nantinya yang keluar yang mana.

Q3: Kira-kira persiapan belajar TPA itu berapa lama?

Sebenernya tergantung masing-masing orang karena kan kecepatan kita belajar beda-beda. Kalo di awal mau fokusin belajar TPA aja, menurut gue kira-kira cukup lah ya, sampe bulan Desember. Baru dari Januari mulai belajar Saintek atau Soshum. Tapi bukan berarti TPA nya ditinggalihn gitu aja. Jangan lupa latihan soal yang banyak sampe menjelang deket-deket hari-H SBMPTN, ya.

Q4: Untuk Alumni, kira-kira butuh belajar TPA lagi gak buat persiapan SBMPTN selanjutnya?

Nah, ini juga tergantung kesiapan masing-masing. Coba cek kemampuan TPA kita dengan try out mandiri. Kalo ternyata udah bagus, udah jago banget, yaudah berarti tinggal latihan soalnya lagi aja supaya gak lupa pas menjelang SBMPTN. Cuma kalo ngerasanya masih kurang, kalo mau mendalami teorinya lagi, boleh banget. Disesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing aja.

Q5: Gimana urutan materi TPA yang harus dipelajari?

Menurut gue, karena dari soal TPA yang ada paling banyak itu berhitungnya, jadi alangkah baiknya kalo kita dalemin bagian itu, yaitu Aritmetika. Langsung latihan soal per-bab juga bisa karena aritmetika di TPA itu biasanya cuma materi yang dasar banget, di SD dan SMP udah pernah dipelajari.

Kalo kemampuan Aritmetika udah lumayan oke, lanjut ke Logika Proposisi. Biasanya belajar Logika Proposisi butuh waktu rada lama karena kita mesti bener-bener ngerti dari dasar banget, terus latihan soalnya juga harus banyak.

Untuk materi lain, seperti logika analitik, pola gambar, verbal, dll, bisa dipelajari berbarengan.

Q6: Bagian TPA mana yang paling sulit?

Seharusnya soal TPA itu gak ada yang susah karena secara umum kan emang materinya dasar banget, gak butuh teori yang ribet-ribet. Tapi memang ada beberapa materi yang keliatannya susah dan pas hari-H ujian sering gak nemu jawabannya atau bingung ngerjainnya gimana.

Bagian yang mungkin paling sering dianggap susah adalah Logika Analitik karena biasanya kita udah panik duluan baca teks yang panjang-panjang, belom lagi disuru jawab pertanyaan setelah teks tersebut. Seringnya waktunya kurang buat ngerjain logika analitik ini.

Terus, menurut gue, di SBMPTN tahun 2016 kemaren, bagian Pola Gambarnya susah. Susah di sini maksudnya kita mungkin butuh waktu lebih banyak dari biasanya untuk ngerjain 1 soal pola gambar karena gambar kecil-kecil printilannya banyak yang mesti diperhatiin.

Ada juga soal yang biasanya tiap tahun pastii aja ada yang salah, kalo gak ambigu, salah soal, atau gak ada pilihan jawabannya. Nah, seperti yang udah gue sebut di atas, soal yang sering begini itu adalah yang Logika Proposisi. Menurut gue, solusinya adalah dengan belajar teorinya dari dasaaar banget sampe bener-bener ngerti. Jadi, pas hari H ujian, kita bisa bikin decision sendiri kalo ketemu “soal jelek”, enakan di-skip, tetep dikerjain, atau gimana. Nah, karena soal logika proposisi ini suka sering salah, makanya mungkin ini dianggap susah, padahal sebenernya enggak, emang soalnya suka jelek aja. Jadi kita harus belajar yang bener, sampe kalo ketemu soal, kita bisa tau ini sebenernya soalnya betul atau enggak.

Hhmm. Udah sih, paling dari gue gitu aja.

****

Buat kamu yang ga mau ketinggalan Zenius Facebook Live selanjutnya, jangan lupa untuk Like akun resmi Facebook Zenius Education. Kamu akan mendapatkan notifikasi langsung jika Zenius Facebook Live sedang berlangsung. Kamu bisa pantengin acaranya dari awal sampe habis, plus bisa kasih komen dan bertanya langsung ke tutor pengisi acara.

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo masih ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Wilo tentang persiapan belajar SBMPTN TPA, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Buat yang udah geregetan pengen langsung belajar TPA, kamu bisa langsung buka bahan belajar TPA yang udah disiapin Wilo di zenius.net:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Wilona adalah senior tutor TPA di Zenius Education. Wilona mengambil gelar S1 di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.
 
Follow Twitter Wilona at @wilonaarieta

  • Dwi Kurniawan

    Kak Wilo, panutanq

    • Wilona A. Gatraputri

      Ahahahaha 😀

      • Dwi Kurniawan

        Kurang sreg nih sama jawaban soal di video kak wilo yg ini
        Soal no 10 kode 4632
        10. Minggu : Bulan = Liter : ...
        a. Galon
        b. Air
        c. Mililiter
        d. Beras
        e. Volume
        Jawab: Bulan terdiri dari beberapa minggu, jawabnya berarti cari sesuatu yang terdiri dari beberapa liter yaitu galon (A).
        Ini buktinya sekalian. Terima Kasih.

        https://id.wikipedia.org/wiki/Galon

  • Hafiz

    Ka, kalo bisa bikin video tentang materi TPA sebab-akibat,trs jg soal2nya banyakin,karena aku udh ikutan TryOut yg skalanya lumayan besar,dan rata2 soal sebab-akibat tuh sering keluaar,pasti aja ada sekitar 5 ampe 6 soal,Tolong ka,soalnya aku rada ribet di bagian TPA sebab akibat :((.

    • Wilona A. Gatraputri

      hmm, sebenernya soal sebab-akibat yang kemaren ada di SBMPTN 2016 itu soalnya ambigu sih, jadi sebaiknya (kalo saran dari gue, gak usah dijawab kalo memang terlalu membingungkan dan terlalu banyak kemungkinannya) udah pernah baca penjelasan gue ttg jenis soal ini belom?
      https://www.zenius.net/blog/13235/sbmptn-tpa-sebab-akibat

  • Nadhif Muhammad

    Mantap

    • Wilona A. Gatraputri

      siip. tengkyuu 🙂

  • sitta

    kak video di zenius.net sama video di dvd xpedia itu beda atau sama aja? soalnya aku bingung mau beli xpedia atau beli voucher aja hehe

    • Dipadana Putu

      hmm, isinya sama aja sih, tapi xpedia itu versi offline, jadi bisa diputar tanpa koneksi internet.

    • Fanny Rofalina

      Halo Sitta,

      Isi video di zenius.net dan Xpedia sebenarnya sama saja.
      Kelebihan Xpedia, seperti kata Dipadana, bisa diputar tanpa koneksi internet.
      Kelebihan zenius.net, karena sifatnya yang online, segala update terbaru (misalnya ada tutor baru kelar rekaman video baru) akan langsung tim zenius lakukan di zenius.net. Hal ini tidak bisa dilakukan langsung di Xpedia yang formatnya DVD, kan harus burn dan packaging dulu.
      Namun, paket Xpedia juga dilengkapi dengan voucher zenius.net. Jadi kalo misalnya kamu lagi ada koneksi internet yang oke, ttp bisa buka zenius.net kan.

  • Yahya Abdan

    kak wilo pos contoh soal tpa yg tipe tabel dong.

  • Maya Sabrina

    Kak Wilo,ak dari bogor dan ikut sbmptn dibogor. bisa g sih ak pilih ptn ny UI semua? banyak yg bilang g bisa,dan katanya salahsatu ptn ny hrs yg berada di jawabarat juga. btw UI masuknya jakarta.. terimakasi 🙂

  • Neni Triana

    Mantap ka... Semangat pejuang SBM'17?

  • Galih Fauzan

    kak maaf agak oot, kalo salah data tahun masuk sma pas isi biodata sbmptn fatal gak? bisa diubah gak kak?

    • Huda Mustakim

      Mending langsung hubungi panitianya aja, segera !

  • Huda Mustakim

    Recommended !!!

  • bukhari martoredjo

    Kak, mau nanya nih..
    Kalo misalnya kita-kita nih pejuang 17 nemu soal TPA yang salah soal atau gaada pilihan jawabannya, itu gimana ya solusinya? Apakah dikosongin aja..?
    Trus

  • Eksa Oktavian

    berhubung gue kehabisan soal latihan TPA sbmptn, kalo gue ambil soal" stan buat latihan, gimana menurut Bu Dr. Wilona?

  • Surya Tresno

    Kak Wilo , kan ada kabar bahwa soal TKPA 2017 gak akan dibagikan ke peserta SBMPTN nya (maksdnya setelah tes selesai ) karena akan dikumpulkan ke pusat untuk dibakar ,lalu bagaimana dengan pembahasan TKPA 2017 buat adik-adik SBM 2018 jadi gak bakal ada dong? dan QC-QC gitu kayaknya gak akan jalan .

  • Vietha

    Apa benar dalam TPA tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban salah??
    Berapa persen TPA menyumbang nilai??

  • Andre Bintang

    Kak mau nanya mungkin agak sedikit melenceng. Gw lulusan tahun 2016 ada niat untuk kuliah di ptn. Nah karena untuk sekarang masih nyari" uang untuk biaya kuliah apakah nanti masih bisa masuk dan ikut sbmptn jika usia lebih dari 23 ?

  • KarinaHarv

    Kak Wilo, request dong video Zenius ditambah TPAnya di bagian sebab akibat dan berhitung dengan tabel, bingung banget soalnya 🙁