Panduan Belajar untuk SBMPTN Biologi

Tips belajar untuk persiapan menghadapi SBMPTN Biologi. Dikupas tuntas dari pembedahan materi prioritas, contoh soal, & pembahasan soal-soal tahun lalu.

Oke, artikel blog kali ini gua bikin khusus buat lo yang berencana ngambil paket ujian Saintek SBMPTN. Sekaligus, gua juga mau ngingetin lo betapa pentingnya belajar Biologi yang bener dalam persiapan SBMPTN Saintek. Pada dasarnya, ada 2 alesan kenapa gua ngerasa perlu banget ngingetin lo secara khusus.

Alasan pertama: Sering banget gua perhatikan, banyak peserta SBMPTN yang ngeremehin pelajaran Biologi. Mungkin mereka mikirnya,

“Ya udahlah, Biologi belajarnya belakangan aja karena hafalan. Kalo belajar dari jauh-jauh hari nanti malah lupa” 

Padahal sebetulnya, gua berani bilang bahwa hampir ga ada yang perlu dihafalin dalam ilmu Biologi.

Alesan kedua: karena menurut gua, justru sebetulnya pelajaran Biologi itu bisa jadi lumbung nilai dalam ujian SBMPTN Saintek nanti. Kenapa Biologi bisa jadi lumbung nilai? Karena sebetulnya kalo lo beneran ngerti konsep Biologi dan bisa ngerjain soal Biologi secara optimal, gua berani bilang lo bisa ngerjain semua 15 soal Biologi di SBMPTN dalam waktu kurang dari 20 menit. Sementara untuk pelajaran Saintek lain, waktu pengerjaan yang dibutuhkan relatif lebih lama. Waktu yang lo perlukan dalam mengerjakan 1 soal Fisika, misalnya, biasanya relatif lebih lama daripada 1 soal Biologi. Itulah kenapa gua berani bilang pelajaran Biologi berpotensi jadi lumbung nilai dalam SBMPTN Saintek.

Oke, itu tadi sedikit opini gua dalam konteks ujian SBMPTN. Sekarang enaknya gimana nih belajar Biologi SBMPTN biar efektif? Sebelom lo belajar biologi buat persiapan SBMPTN, supaya belajar lo nanti lebih efektif, sebaiknya tau dulu soal SBMPTN ini ruang lingkupnya apa aja dan soal-soal yang sering keluar itu dari bab mana aja. Nah, artikel ini gue buat untuk membantu lo dengan cara memberikan distribusi soal-soal yang muncul di SBMPTN selama 5 tahun terakhir dan juga memberikan lo gambaran cara belajar biologi yang efektif.

 

Distribusi Topik di Soal SBMPTN Biologi dari Tahun ke Tahun

Oke langsung aja kita bahas tentang distribusi soal-soal yang keluar 5 taun belakangan. Nih coba liat tabel dan grafik di bawah:

Mungkin di antara lo ada yang heran kenapa grafiknya agak beda dengan yang pernah Zenius publikasikan di artikel ini. Pada dasarnya sih, sumber data yang gua ambil itu sama aja, yaitu berdasarkan asumsi bahwa 1 soal SBMPTN bisa menguji beberapa materi. Cuma kalo pada artikel blog “Materi SBMPTN yang sering keluar”, Glenn mengklasifikasikan berdasarkan nama-nama bab dalam kurikulum Indonesia. Sementara pada grafik di atas, gua menggabungkan beberapa bab biologi menjadi 1 topik yang gua anggap “serumpun” dalam ilmu Biologi. Misalnya, kalo dalam grafik sebelumnya, topik Sel dan Metabolisme Sel dipisah, sementara di grafik versi gua digabung. Pada intinya sih sama aja, cuma beda perspektif aja.

Nah, terus kenapa gua bikin penggabungan beberapa topik Biologi yang serumpun? Nanti gua jelasin alesannya, tapi sebelumnya yuk kita lihat sama-sama 5 topik yang bisa dikatakan sering diuji dalam SBMPTN:

  1. Sel (termasuk Metabolisme Sel)
  2. Klasifikasi
  3. Ekologi dan Biologi Lingkungan
  4. Sistem Organ Manusia
  5. Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Mungkin lo bakal mikir “oke gue bakal fokus aja belajar tentang 5 bab itu dulu, kan yang sering keluar yang itu”. Nah, strategi yang kayak gitu justru menurut gue kurang tepat, apalagi kalau belajar lo cuma dari latihan soal dan pembahasan doang. Karena kalo lo cuma belajar Biologi dari materi yang sering keluar, pemahaman lo tentang Biologi jadi sepotong-potong, padahal ilmu Biologi itu sangat berhubungan satu sama lain. Masalahnya, kalo pemahaman lo sepotong-potong doang, lo gak akan bisa ngerjain soal Biologi yang membutuhkan analisis mendalam.

Jadi gimana sih cara belajar biologi yang efektif, supaya gak banyak yang diapalin? Menurut gue, kuncinya adalah belajar biologi dengan urutan yang tepat! Dengan demikian, lo bakal mendapatkan pemahaman yang menyeluruh dan lo dapat mengkaitkan satu bab dengan yang lainnya dengan komprehensif. Oke, terus urutan belajar biologi yang bener kayak gimana? Menurut gue idealnya seperti ini:

  1. Biokimia
  2. Sel
  3. Substansi Genetika dan Persilangan
  4. Klasifikasi
  5. Ekologi dan Biologi lingkungan
  6. Evolusi
  7. Sistem Organ Manusia
  8. Struktur tumbuhan dan Fungsi
  9. Bioteknologi

Mungkin lo bakal mikir “kok beda banget urutannya dengan yang dipelajari di sekolah? Ngaco deh ini”. Buat lo yang bertanya-tanya apa dasarnya gua bikin urutannya seperti ini? Urutan bab ini gua susun  di atas adalah berdasarkan textbook-textbook Biologi dari luar negeri, seberti Campbell Biology, Tentunya dengan sedikit modifikasi untuk mempermudah belajar SBMPTN. Oke langsung aja yuk kita bahas satu per satu:

1 – BIOKIMIA

Tema ini memang jarang (atau sedikit) yang keluar jadi soal SBMPTN. Tapi inget, tema ini merupakan tema yang dasar banget kalo lo mau belajar Biologi. Di sini, lo harus mengerti tentang konsep-konsep dari Karbohidrat, Lemak, Asam amino, Protein dan ditambah uji protein dan uji karbohidrat. Pelajari materi:

2 – SEL

Nah tema ini bisa dibilang yang paling penting dan jangan sampe lo ada yang gak ngerti, karena ini beneran dasarnya biologi. Kalo bab ini udah lo kuasai dengan baik, pemahaman lo tentang ilmu Biologi bakal lancar. Di sini lo mesti menguasai komposisi sel dan organel-organelnya. Mulai dari bakteri, sel tumbuhan, sel hewan dan sel protista. Terus lo harus belajar juga tentang yang namanya pembelahan sel dan juga gimana sel mendapatkan energi. Soal yang bertema sel memiliki proporsi +- 20% dari total soal biologi. Key Points dari tema ini adalah:

A. Sel secara Umum

B. Metabolisme Sel

C. Pembelahan Sel

3 – GENETIKA

Di materi ini, lo bakal belajar bagaimana sebenernya cara mahluk hidup bekerja, bagaimana DNA manusia dapat diperbanyak dan juga diekspresikan dalam bentuk protein. Selain itu pada topik ini lo juga akan belajar mengenai pola penurunan DNA dan juga mutasi yang menyebabkan abnormalitas manusia. Key Points dari tema ini adalah:

A. Substansi Genetik

B. Persilangan

C. Mutasi

4 – KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Inti dari Taksonomi (ilmu pengelompokan makhluk hidup) adalah bukan menghafal, tapi belajar sistem dikotom, yaitu klasifikasi berdasarkan ciri-ciri yang diwariskan dari generasi sebelumnya. Yang penting lo ngerti karakter pembeda antar suatu Kingdom, Divisio, dan Kelas. Kalau prinsip dasar dari sistem klasifikasi udah paham, lo bakal dengan mudah menyusun “database” di otak lo untuk menyimpan informasi tentang keanekaragaman hayati makhluk hidup.  Key Points dari tema ini yang harus lo kuasai adalah:

Nah selain itu, pada topik ini sebaiknya lo sekalian belajar ciri-ciri pembeda antara Bakteri, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia. Untuk konteks SBMPTN, memang akan jauh lebih efisien kalo lo nambahin porsi latihan soal untuk topik ini, karena memang variasinya banyak banget. Nih gue kasih link latihan soalnya:

5 – EKOLOGI

Apa sih pentingnya memahami Ekologi? Memahami konsep ekologi akan membuat lo memahami sistem biologi dalam skala makro. Konsep utama yang dibahas adalah bagaimana interaksi antara faktor biotik dan abiotik di dalam suatu lingkungan. Pada kenyataannya, ekologi memang kompleks, karena itulah pola yang terjadi di alam, agak sulit dirumuskan dengan gamblang. Nah, ilmu lingkungan ini sebenernya adalah pengembangan dari konsep ekologi, jadi setelah lo ngerti ekologi baru deh lo belajar tentang Biologi Lingkungan. Kalo mau belajar ilmu lingkungan lebih komprehensif, lo bisa baca-baca tentang global warming, pencemaran udara, pencemaran air dan isu-isu lingkungan lainnya dari sumber manapun. Namun, berikut adalah beberapa poin kunci yang perlu lo pahami dalam Ekologi.

6 – EVOLUSI

Evolusi merupakan ilmu yang dapat menyambungkan seluruh materi biologi. Selain itu, evolusi juga bisa menjelaskan kenapa sih di bumi ini mahluk hidup itu bisa beranekaragam banget. Pada tema ini kalian harus ngerti mekanisme dasar Evolusi, yakni Mutasi dan Seleksi alam. Key Points dari tema ini yang harus lo kuasai adalah:

7 – MATERI LAINNYA..

Terus, gimana nih nasibnya materi Fisiologi Manusia (Sistem Organ Manusia) dan materi Fisiologi Tumbuhan (Struktur dan Jaringan Tumbuhan) yang banyak banget itu? Nah materi tersebut jujur aja terlalu banyak buat dipelajari materinya satu-satu. Selain itu, jumlah total materi fisiologi manusia dan tumbuhan di soal SBMPTN itu sekitar 4 soal setiap tahunnya atau sekitar 26%. Dalam pertimbangan praktis gua sih, agak kurang efisien kalo lo pelajari materi fisiologi, dll itu untuk mengejar 4 soal SBMPTN. Jadi, gua rekomendasikan khusus untuk materi Biologi fisiologi dan lain-lain, untuk memperbanyak latihan soal saja.

Kalo materi dari 6 topik besar Biologi yang gua jabarkan di atas bisa lo kuasai dengan baik, gua berani bilang lo akan dengan cukup mudah menjawab sebagian besar soal-soal di SBMPTN Biologi.

****

Nah, kalo lo udah selesai mempelajari 6 topik besar dan juga latihan soal antar bab, lo bisa mulai try out dan analisis soal-soal SBMPTN Biologi tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini adalah pembahasan soal SBMPTN Biologi sejak tahun 2008-2017. Silakan dibedah, dianalisis, serta dijadikan referensi untuk lebih mendalami materi-materi Biologi:

 

==========CATATAN EDITOR===========

Catatan Editor : Kalo di antara lo ada yang mau ngobrol sama Ijul, langsung aja kasih comment di bawah artikel ini. Buat yang mau serius belajar SBMPTN, pastiin lo juga baca artikel Zenius sebelumnya tentang:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.