Panduan Belajar untuk SBMPTN Biologi

Tips belajar untuk persiapan menghadapi SBMPTN Biologi. Dikupas tuntas dari pembedahan materi prioritas, contoh soal, & pembahasan soal-soal tahun lalu.

Oke, artikel blog kali ini gua bikin khusus buat lo yang berencana ngambil paket ujian Saintek SBMPTN. Sekaligus, gua juga mau ngingetin lo betapa pentingnya belajar biologi yang bener dalam persiapan SBMPTN saintek. Pada dasarnya ada 2 alesan kenapa gua ngerasa perlu banget ngingetin lo secara khusus.

  1. Alesan pertama, karena sering banget gua perhatikan peserta SBMPTN yang ngeremehin pelajaran Biologi. Mungkin mereka mikirnya "ya udahlah, biologi belajarnya belakangan aja karena hafalan. Kalo belajar dari jauh-jauh hari nanti malah lupa". Padahal sebetulnya, gua berani bilang hampir ga ada yang perlu dihafalin dalam ilmu biologi.
  2. Alesan kedua, karena menurut gua, justru sebetulnya pelajaran Biologi itu bisa jadi lumbung nilai dalam ujian SBMPTN Saintek nanti. Kenapa Biologi bisa jadi lumbung nilai? Karena sebetulnya kalo lo beneran ngerti konsep Biologi dan bisa ngerjain soal Biologi secara optimal, gua berani bilang lo bisa ngerjain 15 soal Biologi di SBMPTN dalam waktu kurang dari 20 menit. Sementara untuk pelajaran saintek lain, waktu pengerjaan yang dibutuhkan relatif lebih lama. Di sisi lain, lo juga harus inget bahwa tidak ada pembobotan soal dalam SBMPTN. Artinya 1 soal benar dalam Biologi, bobotnya sama dengan 1 soal benar dalam Fisika. Cuma waktu yang lo perlukan dalam mengerjakan 1 soal Fisika, biasanya relatif lebih lama daripada 1 soal Biologi. Itulah kenapa gua berani bilang pelajaran Biologi berpotensi jadi lumbung nilai dalam SBMPTN Saintek.

Oke, itu tadi sedikit opini gua dalam konteks ujian SBMPTN, sekarang enaknya gimana nih belajar Biologi SBMPTN biar efektif? Sebelom lo belajar biologi buat persiapan SBMPTN, supaya belajar lo nanti lebih efektif, sebaiknya tau dulu soal SBMPTN ini ruang lingkupnya apa aja dan soal-soal yang sering keluar itu dari bab mana aja. Nah artikel ini gue buat untuk membantu lo dengan cara memberikan distribusi soal-soal yang muncul di SBMPTN selama 5 tahun kebelakang dan juga memberikan lo gambaran cara belajar biologi yang benar.

Oke langsung aja kita bahas tentang distribusi soal-soal yang keluar 5 taun belakangan, nih coba liat tabel dan grafik di bawah:

Mungkin di antara lo ada yang heran kenapa grafiknya agak beda dengan yang pernah zenius publikasikan di artikel ini. Pada dasarnya sih, sumber data yang gua ambil itu sama aja, yaitu berdasarkan asumsi bahwa 1 soal SBMPTN bisa menguji beberapa materi. Cuma kalo pada artikel blog "materi SBMPTN yang sering keluar", Glenn mengklasifikasikan berdasarkan nama-nama bab dalam kurikulum Indonesia. Sementara pada grafik di atas, gua menggabungkan beberapa bab biologi menjadi 1 topik yang gua anggap "serumpun" dalam ilmu Biologi. Misalnya kalo dalam grafik sebelumnya, topik sel dan metabolisme sel dipisah sementara di grafik versi gua digabung. Pada intinya sih sama aja, cuma beda perspektif aja.

Nah, terus kenapa gua bikin penggabungan beberapa topik Biologi yang serumpun? Nanti gua jelasin alesannya, tapi sebelumnya yuk kita lihat sama-sama 5 topik yang bisa dikatakan sering diuji dalam SBMPTN:

  1. Sel (termasuk metabolisme sel)
  2. Klasifikasi
  3. Ekologi dan biologi lingkungan
  4. Sistem organ manusia
  5. Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Mungkin lo bakal mikir “oke gue bakal fokus aja belajar tentang 5 bab itu dulu, kan yang sering keluar yang itu”. Nah, strategi yang kayak gitu justru menurut gue kurang tepat, apalagi kalau belajar lo cuma dari latihan soal dan pembahasan doang. Karena kalo lo cuma belajar Biologi dari materi yang sering keluar, pemahaman lo tentang Biologi jadi sepotong-potong, padahal ilmu Biologi itu sangat berhubungan satu sama lain. Masalahnya, kalo pemahaman lo sepotong-potong doang, lo gak akan bisa ngerjain soal Biologi yang membutuhkan analisis yang mendalam.

Jadi gimana sih cara belajar biologi yang bener, supaya gak banyak yang diapalin? Menurut opini gue kuncinya adalah belajar biologi dengan urutan yang tepat, dengan demikian lo bakal mendapatkan pemahaman yang menyeluruh dan otak lo dapat mengkaitkan satu bab dengan yang lainnya dengan komperhensif. Oke, terus urutan belajar biologi yang bener kayak gimana? Menurut gue idealnya seperti ini:

  1. Biokimia
  2. Sel
  3. Substansi Genetika dan Persilangan
  4. Klasifikasi
  5. Ekologi dan Biologi lingkungan
  6. Evolusi
  7. Sistem Organ Manusia
  8. Struktur tumbuhan dan Fungsi
  9. Bioteknologi

Mungkin lo bakal mikir “kok beda banget urutannya dengan yang dipelajari di sekolah? Ngaco deh ini”. Buat lo yang bertanya-tanya apa dasarnya gua bikin urutannya seperti ini? Urutan bab ini gua susun =berdasarkan textbook-textbook Biologi dari luar negeri seberti campbell biology, dll tentunya dengan sedikit modifikasi untuk mempermudah belajar SBMPTN. Oke langsung aja yuk kita bahas satu-persatu:

1 - BIOKIMIA

Tema ini memang jarang (atau sedikit) yang keluar jadi soal SBMPTN tapi inget tema ini merupakan tema yang dasar banget kalo lo mau belajar biologi. Di sini lo harus mengerti tentang konsep-konsep dari Karbohidrat, Lemak, Asam amino, Protein dan ditambah Uji protein dan uji karbohidrat. Pelajari materi Biokimia SBMPTN di sini.

2 - SEL

Nah tema ini bisa dibilang yang paling penting dan jangan sampe lo ada yang gak ngerti, karna ini beneran dasarnya biologi. Kalo bab ini udah lo kuasai dengan baik, pemahaman lo tentang ilmu Biologi bakal lancar. Di sini lo mesti menguasai komposisi sel dan organel-organelnya. Mulai dari bakteri, sel tumbuhan, sel hewan dan sel protista. Terus lo harus belajar juga tentang yang namanya pembelahan sel dan juga gimana sel mendapatkan energi. Soal yang bertema sel memiliki proporsi +- 20% dari total soal biologi. Key Points dari tema ini adalah:

A. Sel secara Umum

B. Metabolisme Sel

C. Pembelahan Sel

3 - GENETIKA

Materi ini lo bakal belajar bagaimana sebenernya cara mahluk hidup bekerja, bagaimana DNA manusia dapat diperbanyak dan juga diekspresikan dalam bentuk protein. Selain itu pada topik ini lo juga akan belajar mengenai pola penurunan DNA dan juga mutasi yang menyebabkan abnormalitas manusia.  Key Points dari tema ini adalah:

A. Substansi Genetik

B. Persilangan

C. Mutasi

4 - KLASIFIKASI

Inti dari Taksonomi adalah bukan menghafal, tapi belajar sistem dikotom, yaitu klasifikasi berdasarkan ciri-ciri yang diwariskan dari generasi sebelumnya. Kalau prinsip dasar dari sistem klasifikasi udah pahami, lo bakal dengan mudah menyusun "database" di otak lo untuk menyimpan informasi tentang keanekaragaman hayati makhluk hidup.  Key Points dari tema ini yang harus lo kuasai adalah:

Nah selain itu, pada topik ini sebaiknya lo sekalian belajar ciri-ciri pembeda antara Bakteri, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia. Oke, untuk konteks SBMPTN, memang akan jauh lebih efisien kalo lo nambahin porsi latihan soal, karena memang variasinya banyak banget. Nih gue kasih link-link nya

5 - EKOLOGI 

Apa sih pentingnya memahami ekologi? Memahami konsep ekologi akan membuat lo memahami sistem biologi dalam skala makro. Konsep utama yang dibahas adalah bagaimana interaksi antara faktor biotik dan abiotic di dalam suatu lingkungan. Dalam ekologi pada kenyataannya memang kompleks, karena itulah pola yang terjadi di alam agak sulit dirumuskan dengan gamblang. Nah ilmu lingkungan ini sebenernya adalah pengembangan dari konsep ekologi, jadi setelah lo ngerti ekologi baru deh lo belajar tentang biologi lingkungan. Kalo bisa buat belajar ilmu lingkungan lebih komperhensif, lo bisa baca-baca tentang global warming, pencemaran udara, pencemaran air dan isu-isu lingkungan lainnya dari sumber manapun. Namun, berikut adalah beberapa point kunci yang perlu lo pahami dalam ekologi.  Key Points dari tema ini yang harus lo kuasai adalah:

6 - EVOLUSI

Evolusi merupakan ilmu yang dapat menyambungkan seluruh materi biologi. Selain itu evolusi juga bisa menjelaskan kenapa sih di bumi ini mahluk hidup itu beranekaragam banget. Pada tema ini kalian harus ngerti mekanisme dasar Evolusi yakni Mutasi dan seleksi alam. Key Points dari tema ini yang harus lo kuasai adalah:

7 - MATERI LAINNYA...

Terus, gimana nih nasibnya materi fisiologi manusia dan materi fisiologi tumbuhan yang banyak banget itu? Nah materi tersebut jujur aja terlalu banyak buat dipelajari materinya satu-satu, dan selain itu jumlah total materi fisiologi manusia dan tumbuhan di soal SBMPTN itu sekitar 4 soal setiap tahunnya atau sekitar 26%. Dalam pertimbangan praktis gua sih, agak kurang efisien kalo lo pelajari materi fisiologi, dll itu untuk mengejar 4 soal SBMPTN. Jadi, gua rekomendasikan khusus untuk materi Biologi fisiologi dan lain-lain, untuk memperbanyak latihan soal saja.

Kalo materi dari 6 topik besar Biologi yang gua jabarkan di atas bisa lo kuasai dengan baik, gua berani bilang lo akan dengan cukup mudah menjawab sebagian besar soal-soal di SBMPTN Biologi.

****

Nah, kalo lo udah selesai mempelajari 6 topik besar dan juga latihan soal antar bab, lo bisa mulai try out dan analisis soal-soal SBMPTN Biologi tahun-tahun sebelumnya. Berikut di bawah ini adalah pembahasan soal SBMPTN Biologi sejak tahun 2008-2016, silakan dibedah, dianalisis, serta dijadikan referensi untuk lebih mendalami materi-materi Biologi:

==========CATATAN EDITOR===========

Catatan Editor : Kalo di antara lo ada yang mau ngobrol sama Ijul, langsung aja kasih comment di bawah artikel ini. Buat yang mau serius belajar SBMPTN, pastiin lo juga baca artikel zenius sebelumnya tentang Apa Penyebab Utama Gagal SBMPTN dan 7 Langkah Efektif Belajar SBMPTN.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Safrisal Ihza Al Ghifari

    kak yg klasifikasi itukan materinya buanyak buanget ,sampe kenyang mahamin :v ,ngapalin di kelas x,minta saranya dong kak biar gak kalau materi ini ?

    • zulfikar

      Menurut gue klasifikasi pahami karakter pembeda aja, terus sisanya banyakin latian soal sih.

  • Wira Sukma

    Bang ijul, ngisi di Bio SMA/SBMPTN gak?
    Bang pras dikemanain?
    Bio yg ngisi di Xpedia dan SMA di ganti ya bang, soalnya pemahaman ttg Bio nya sulit dipahami, text book oriented.

    • zulfikar

      Gue ngisi Bio SBMPTN 2016, dan UN bio 2015 2016, terus beberapa bab SMA.
      Naah, si Bang Pras sayang sekali sudah bukan di tim zenius lagi..
      Oiya kalo mau kritik, saran atau mau ada video di ganti boleh banget tuh minta dengan cara email ke CS zenius via: cs@zenius.net oiya kalo ada yang mau diganti tolong sertakan link nya ya

      • Wira Sukma

        Text oriented book gak? :'D susah mahamin soalnya nih :'D
        Kenapa toh bang pras dikeluarkan? Padahal bagus banget penjelasan Bio nya mendalam dan mendasar bgt. Sangat disayangkan sekali..
        Iya nanti di insert link nya ke email..

        • zulfikar

          Ngajar emang harus based on text book kali, mungkin penyampaiannya kali ya maksudnya? Wah kalo penyampaian materi gue terlalu textbook apa engga itu mah gabisa gue nilai sendiri, mesti orang lain yang nilai hehehe..
          Pertanyaan lo yang satu lagi bukan kapabilitas gue untuk menjawab ya hehehe

          • Wira Sukma

            nah ntu, kadang gak maham bgt, ini ngejelasin apa gitu, flat bgt.
            kalo ngebandingin antara 1 tutor dgn yg lain, yg 1 memang seru, happy,
            cuman kita butuh mikir 2x supaya paham inti yg ia jelasin. kalau yg 1
            lagi, flat bgt, tapi terlalu to the point, sehingga misal bab sel, baru
            aja dijelasin sel, udah pindah ke yg lain. jadi butuh penjelasan yg
            lebih dalem lagi gitu. andaikan abang bisa memadukan antara 1 tutor dgn
            tutor lain, jadi to the point, lalu pemahaman nya di stretch lebih luas
            lagi, nah harapannya gitu..

            slow aja bang. anyway, udah di email ke cs, cekidot ya..

            anyway, video yg ngisi nya sama abang, ada link nya gak? pengen coba..

          • Wira Sukma

            nah ntu, kadang gak maham bgt, ini ngejelasin apa gitu, flat bgt.
            kalo ngebandingin antara 1 tutor dgn yg lain, yg 1 memang seru, happy,
            cuman kita butuh mikir 2x supaya paham inti yg ia jelasin. kalau yg 1
            lagi, flat bgt, tapi terlalu to the point, sehingga misal bab sel, baru
            aja dijelasin sel, udah pindah ke yg lain. jadi butuh penjelasan yg
            lebih dalem lagi gitu. andaikan abang bisa memadukan antara 1 tutor dgn
            tutor lain, jadi to the point, lalu pemahaman nya di stretch lebih luas
            lagi, nah harapannya gitu..

            slow aja bang. anyway, udah di email ke cs, cekidot ya..

            anyway, video yg ngisi nya sama abang, ada link nya gak? pengen coba.

          • zulfikar

            thanks loh reviewnya yak

            email lo udah gue liat kok, di catat yak. tapi gue gak bisa janjiin kapan bisa mulai ganti2in karna gue masi mesti banyak latian dan gue sebenernya kerja di business developmentnya zenius juga dan saat ini lagi hectic, jadi mohon pengertiannya yak hehehe..

            rekaman gue bisa diliat di :
            https://www.zenius.net/c/5040/soal-biologi-sbmptn-2016
            https://www.zenius.net/cg/1696/soal-utul-um-ugm-biologi

            Nah kalo mau nge feedback boleh banget tuh ke kirim ke email gue:
            zulfikar.hermawan@zeniuseducation.com

          • Henoch

            wah menurut gua pendapat u salah sob @Wira Sukma
            penjelasan bang ijul enak bgt kok di zenius.net, gua ngerti bgt malah. soalnya kan ada bbrp materi yg ditambahin, justru ngelengkapin materinya bang pras, kea di bab keanekaragaman. jadi kea seolah2 bang pras itu ngasi gambaran besarnya, nah bang ijul ngasi detilnya. karenaaaa sob, soal2 di sbm itu udah mulai berkembang, nanya hal2 detil...
            sebenernya smua pengajar zenius.net enak smua kok, dibandingin lu ngedengerin penjelasan guru yg gabisa diulang wkwkwkw mending nikmatin dah masa2 di zenius yg udah tinggal 2 bulan lagi. soalnya nanti kalo udah kuliah bakalan berhadapan ama textbook tiap hari sob
            semangat ye bang ijul, sering2 ngisi materi di zenius.net bang...
            btw bang ijul di SITH ITB ya dulu? ada belajar biotek ga bang?

          • Wira Sukma

            @Henoch : yg gue review bukan buat bang ijul, tapi kak rofalina, ngisi Bio nya flat bgt, dan dilengkapin sama bang pras. dan gue baru tau kalo bang ijul ngisi Biologi, semoga aja bang ijul bisa ngisi kaya bang pras penjelasannya..
            @Bang ijul : Itu review buat tutor kak rofalina ama bang pras, bisa menilai kok, gak mau ngejudge 😀 dan saya baru tau bang ijul ngisi Biologi 😀

            sepertinya setelah SBMPTN baru dirilis 😀

            otw cekidot ke link zenius 😀

            entar di feedback bang, butuh pendalaman Bio juga soalnya 😀

          • Alfan

            jujur aja seneng punyanya bang pras :/

          • Alfan

            ada sesi ngelucunya lol

          • Wira Sukma

            lol

            andai bang pras jgn keluar dari tim zen, kak rofalina rekam ulang video supaya tidak orientasi nya untuk menghapal, bang ijul sama ikut rekam biologi juga buat lengkapin yg kurang, lengkap sudah yg namanya biologi dihapalin itu hanyalah sebuah mitos.

          • Andre Saputra

            Itu yg di xpedia bukan kak fanny rofalina wir tapi kak rahmi..dan dia udh keluar jg dr zenius

          • zulfikar

            Mau meluruskan aja, fani kagak rekaman biologi znet sma. Mungkin maksudnya rachmi, Rachmi itu tutor dari jaman sebelom pras heuheuheu

          • Wira Sukma

            katanya kak fani -_- huehuehue iya bang entar ganti rekaman ya kalau udah sempat, pemahaman bio nya jauh dari kata sempurna. ada yg bilang gue dari SMA jadi bersyukur belajar bio di xpedia bisa diulang". btw, gue dari SMK jadi kagak tau apa" ttg biologi :'( huhuhu

          • Surya Tresno

            Bang Pras yang mana ngisi videonya ? aku taunya cuman kakak cewek yg ngisi biologi sbmptn

          • Dipadana Putu

            Coba aja buka materi dibawah ini. Ini materi semua, masih kak pras yang ngisi, hehehe:

            Kelas X
            Tips Belajar Biologi (ktsp)
            Biologi sebagai ilmu (ktsp)
            Keanekaragaman hayati
            Virus
            Fungi
            Plantae

            Kelas XI
            Biologi (ktsp)
            Sel (ktsp)
            Jaringan hewan (ktsp)
            Sistem gerak (ktsp)
            Sistem sirkulasi (darah dan kapiler) (k13)
            Sistem pencernaan (k13/ktsp)
            Sistem pernapasan (k13/ktsp)

  • xxxxxxzzz

    Permisi bang ijul, mau tanya.

    Saya ngerasa gk cukup waktu buat mempelajari bab lanjutan taksonomi seperti virus, bakteri, protista, plantae, animalia, fungi, etc.

    Apakah boleh kalau cuma mempelajari konsep taksonominya saja, setelah itu langsung masuk ke bab ekologi?
    TQ

    • zulfikar

      Menurut opini gue belajar konsep taksonominya yang serius. ciri pembeda tiap taksa mah cepet aja (atau baca sekali aja) abis itu banyakin latian soal aja.

      • xxxxxxzzz

        Ok bang, Thanks for response

  • Dreamer

    Bang inikan tinggal 1 stengah bulan lagi buat SBMPTN. Dan menurut abg sendiri msh cukup ga waktunya untuk pelajarin itu semua? Kalo ga cukup, materi mana aja yang harus dipelajarin waktu dekat ini, banyakin soal atau materi? Terget gue sih bisa jawab 8 soal dari 15 soal bio dengan bener. Kan ga cuma biologi aja yang harus dipelajari, melainkan pelajaran lain juga. Mohon direspon bang, makasih. 🙂

    • zulfikar

      yang pasti lo jangan sampe lewat itu sel, metabolisme sel dan genetika itu kalo bisa lo pelajari secara detail (keburu kok), sisanya bisa belajar konsep sambil latian soal perbab, good luck!

      • Dreamer

        Wah thankyou bang.

  • Rifky Achong

    Bab-bab tentang fisiologi manusia sedalem apa sih yg ditanyain? saya sih mendingan belajar gambaran besarnya doank kagak detail"nya soalny materiny banyak bgt padahal cuman 1/2 soal doank. Nah kita" boleh ngak sih blajar kayak gitu?

    • zulfikar

      Nah masalahnya yang ditanya sering dalem banget sih.. Kalo udah sebulan gini dan udah pernah belajar teorinya, langsung latian soal aja sih

      • Rifky Achong

        Soal" seleksi zaman dulu kayak UMPTN sama SPMB cocok ngak sih bwt latihan soal SBMPTN yg tingkat kesulitannya terbilang tinggi?

      • Rifky Achong

        Oh iy ka, walau ngak nyambung, kira" jurusan ap yg yg cocok yg ngarahnya ke bidang pengolahan energi?

  • AnNida Itsna

    Kak, gue kangen blog yang bahas fun facts dunia :' curcol yak... soalnya akhir" ini zen posting tips ujian mulu. Makasih 🙂

    • zulfikar

      Lagi jadwalnya aja kok kan mau sbmptn, nanti abis sbmptn isinya bakalan banyak yang menarik, sabar yak haha

  • Arief Setya

    Seneng bgt kalo bang pras yang ngajar, kagak ngantuk semangat bgt ngomongnya.... kalo aja semua video diisi bang pras, udah kaya cerita aja jadinya... apalah daya sang pahlawan sudah pergi mengembara... aku hargain bgt kerja kerasnya....
    buat penerusnya good luck aja semoga jadi invirator yang lebih hebat lagi.... sukses zenius, hilangkan konsep menghapal dalam pikiran anak anak ttg biologi...

  • wah komplit banget panduannya bang, trimakasih banyak saya ijin share nanti ya

    http:aesthetic.id

  • Desy

    Bang ijul, kapan nih ngisi rekaman buat bab metabolisme sel? Di tunggu ya 😀 Soalnya bab itu yang paling sulit di pahami :') trus di video teorinya based on textbook banget, jadinya sama aja kayak baca buku doank

  • Alif

    Artikel kaya begini nih yg perlu banget sebelum mempelajari tiap-tiap pelajaran. Ada preferensi/saran mana bab yg musti dipelajari pertama dari guru nya sendiri.

  • Ahmad Naufal

    bang mau tanya itu yang di video sel, konsep yang ke 0104, 0105a, dan 0106 gaada atau gmana ya? thanks bang
    https://www.zenius.net/c/2261/sel-teori

  • Anisaa

    bisa kasih kode konten/link gaya deliberate practice yang diajarin si Sabda gak kak? cs gua mepet banget nih kalo harus buka satu-satu thanks

  • Surya Tresno

    makin bersemangat belajar biologi , btw menurut bang ijul bisa gak dalam seminggu 6 bab tadi habis ? maksdnya efektif gak kalo cmn dalam seminggu?

    • zulfikar

      bisa, 1 bab satu-dua hari tuh bisa sebenernya (dengan catatan ga belajar mata pelajaran yang lain)

      • Schleiden Tesla

        iya, aku alumni dan sekarang lagi masanya belajar biologi ,yang lain udah selesai. Btw kang metabolisme dong update materinya ,sama si teteh kurang nempel materinya.

  • Syahid

    ikut menambah aja :v rindu bang Prasdianto, Biologi serasa asik banget nget nget. Tutor yang cewek susah dipahami penjelasannya. padahal bentar lagi SBMPTN -_-

    • Mutia_Rmdhn

      Setuju T.T

  • Ahmad Farhan

    Hiks Bang Pras dikemanain hiks padahal biologi dia bagi gw yang paling top

  • Ahmad Farhan

    Bang ijul, ga mau merendahkan nih tpi saya kurang suka biologi zen yg tutor cwe, ngejelasin e kyk ngapalin, coba abang aja ngerekam ulang jadi materi e ga kaya ngapalin

    • Schleiden Tesla

      betul , bgt.

  • Mutia_Rmdhn

    #ParaPencariBangPrass diakhir SMA T.T need banget!

  • Rifky Achong

    Fisiologi Hewan keluar ngak sihh?

    • Schleiden Tesla

      tahun lalu enggak , tahun 2015 keluar, bisa jadi tahun ini keluar lagi

  • Schleiden Tesla

    bang , kok bahasan SEX LINKAGE gak ada ya? cuman yg AUTOSOMAL nya aja?

    • zulfikar

      Seharusnya ada, nanti gue cek ya

      • Octavian Yudha

        Bang mana sex linkage kaga ada

  • Anisaa

    bang bikin rekaman ulang yang replikasi DNA sama sintesis protein dong, gua nyari di kelas 12 rekaman pras kok gada

    • zulfikar

      Done, paling minggu dpn baru publish

      • Surya Tresno

        udah publishh??

      • Nayho

        udah di upload?

      • Andre Saputra

        bang udh dipublish ? boleh minta linknya gak?

      • Dipadana Putu

        uhh, link nya kak?

  • Yusuf Mulhan

    Jul, metabolisme dimane?

  • Harry Al Qaddafi

    kak, ada blog tentang BIOPORI ? lagi butuh referensi nih, haha. Makasih

  • Drophobia

    hatur nuhun banget dah , walau gw anak IT dan kurang ngerti dasar dasar Bilologi , gw merasa terbantu banget akan konten konten yg lo sampein bang 🙂

  • Reinaldi Fahmi

    kak, kakak lgi program pasca sarjana teknik lingkungan kn? bkin artikel ttg tekling dong, supaya ada gambaran, hehe. 😀